Cara Cepat Move On dari Mantan Menurut Psikolog, Sini Yang Lagi Galau!

Cara Cepat Move On

Cara Cepat Move On dari Mantan Menurut Psikolog – Patah hati karena putus dari pasangan memang pengalaman yang sangat menyakitkan. Rasanya tidak obat yang bisa menghilangkan rasa sakit itu. Tetapi, jika terpaksa patah hati ini mesti dialami, rasanya tak ada yang lebih baik dari pada menghadapinya kemudian move on. Move on sendiri artinya pindah. Jadi cara cepat move on dari mantan adalah beralih secepatnya.

Cara cepat move on yang bisa dirangkum dari beberapa psikolog di artikel ini menyarankan beberapa jalan keluar untuk beralih dari rasa sakit hati ini. Cara-cara berikut ini tidak akan menghilangkan rasa sakit dalam sekejap. Setelah melakukan cara-cara ini, perlu waktu untuk menyembuhkan luka.

Read More

Langkah Cepat Move On Dari Psikolog

Beberapa langkah yang ada ini disarikan dari kisah dan pengalaman yang diperoleh dari Psikolog, sehingga mungkin bisa jadi sesuai dengan keadaanmu ataupun tidak sesuai. Kamu dapat mengambil mana cara terbaik untukmu. Berikut langkah-langkah yang dapat kamu pilih:

Menyeimbangkan Kenangan Bersama Mantan

Saat seseorang baru saja putus cinta, pasti orang itu masih teringat akan mantannya. Saran dari psikolog, cara cepat move on dari mantan, jika ada hal-hal atau kenangan tentang mantan yang terlintas dalam pikiran, seimbangkan ingatan itu antara kenangan indah dan kenangan buruk.

Cara Cepat Move On
Ilustrasi telur yang seimbang

Jangan hanya mengingat kenangan indah saja yang akan membuat tambah sedih. Kenangan buruk akan membuat lega bahwa sekarang pasangan sudah berpisah. Contoh mengingat kebersamaan saat malam minggu di waktu yang lampau hanya akan membuat orang yang patah hati menjadi marah dan sedih.

Menghentikan Sikap Membuka Akun Media Sosial Mantan

Seseorang yang patah hati hendaknya tidak berulang kali mengecek akun media sosial mantannya. Jika bisa sama sekali jangan membuka akun media sosial mantan dengan melakukan unfollow atau memblokir akun WA mantan supaya bayangan mantan hilang dari pikiran.

Jika orang yang patah hati tidak berhenti membayangkan mantannya, cara move on dari mantan akan cukup sulit untuk dicapai.

Menerima Kenyataan bahwa Hubungan telah Berakhir

Orang yang patah hati harus berhenti berpikir dan bertanya-tanya mengapa hubungannya dengan mantan berakhir. Melakukan hal ini akan membuat orang tersebut selalu teringat mantannya dan bersedih hati. Cara cepat move on dari mantan adalah menerima kenyataan bahwa hubungan antara diri dengan mantan telah berakhir.

Mengambil Pelajaran dari Kesalahan

Cara cepat move on dari mantan berikutnya ialah membuat daftar kesalahan yang pernah dipebuat tetapi seharusnya hal itu tidak pernah dilakukan. Pada masa lalu kesalahan ini dilakukan demi sang mantan. Rasa jera akan membantu untuk melihat hubungan dengan mantan lewat pandangan yang lebih jernih.

“Melepaskan bukan berarti kamu tidak peduli tentang orang itu lagi. Artinya adalah kamu menyadari kalau orang yang bisa kamu kendalikan hanyalah dirimu sendiri.” – Deborah Reber​

Menghabiskan Waktu dengan Keluarga

Cara Cepat Move On
Keluarga adalah tempat dimana ada yang memikirkanmu

Melewati waktu bersama keluarga ialah cara move on dari mantan yang cepat serta mudah untuk dilakukan. Anggota keluarga baik atau buruk adalah orang-orang yang senantiasa ada bagi seseorang. Umumnya anggota keluarga tidak akan menambah rasa sedih anggota keluarga yang sedang patah hati. Keluarga normalnya akan memberi dukungan dan hiburan.

Melakukan Hal-hal Menyenangkan Meskipun Mood Buruk

Seorang yang patah hati sebaiknya mencoba untuk melakukan kegiatan yang biasanya dapat membuat gembira dan bersemangat. Cara cepat move on dari mantan yang ini bisa dilakukan, walau hal itu tidak terasa menggembirakan dan mood sedang buruk. Berusaha move on dengan cara seperti ini untuk melihat kenyataan bahwa hidup harus tetap berjalan.

Menyingkirkan Barang-Barang Kenangan

Sebaiknya barang-barang kenangan disingkirkan sejauh-jauhnya terutama barang berwujud dari mantan seperti boneka, foto, atau baju pemberian mantan. Jika mungkin, sumbangkan barang-barang itu atau berikan kepada teman atau kemenakan yang tidak tinggal di satu rumah. Ini cara cepat move on dari mantan yang bisa cepat dilakukan.

Memanfaatkan Dukungan Sahabat

Cara cepat move on dari mantan bisa dilakukan dengan menghubungi para sahabat dekat dan meminta dukungan secara emosional. Tidak ada salahnya menumpahkan perasaan atau curhat dengan sahabat dekat atau orang-orang yang disayangi. Seseorang akan merasa lebih baik bila mengatakan dengan jelas apa yang dirasakannya dan didengar oleh orang lain.

Menghindari Hasrat Sesaat

Sah saja seseorang yang patah hati mengganti model atau warna rambut, berusaha mendapatkan pacar baru secepatnya, atau pun melakukan hal-hal yang belum dibayangkan sebelum ini. Tetapi sebaiknya hal-hal itu dilakukan saat kondisi mental telah stabil. Ada baiknya hasrat sesaat yang sempat timbul dipelajari, terutama hal-hal impulsif, gelap dan marah.

Menulis Buku Harian

Ada baiknya seorang yang patah hati membuat jurnal, menulis buku harian atau membuat blog pribadi, baik online maupun ditulis tangan sebagai cara cepat move on dari mantan. Bagi beberapa orang ini sangat membantu. Tapi psikolog menyarankan curhatan perasaan yang ditulis sebaiknya menjadi catatan secara pribadi saja.

Cara Cepat Move On
Menulis salah satu kegiatan yang positf

Tujuannya supaya tidak timbul kesalahpahaman dan membuat suasana panas. Ada pasangan yang baru berpisah saling serang di media sosial atau bahkan menyerang mantan secara terbuka. Hal itu memang bisa membuat lega tetapi justru sulit membantu penyembuhan hati yang terluka.

Mengevaluasi Hubungan

Cara cepat move on dari mantan dapat dilakukan dengan mengevaluasi hubungan dengan cara menuliskan apa yang telah didapat dari hubungan dengan mantan saat itu. Membuat daftar apa yang bisa dipelajari dari hubungan dengan mantan akan membuat kuat alasan mengapa perpisahan perlu dilakukan.

Sediakan waktu untuk refleksi diri bila ternyata ada kesalahan yang telah dilakukan. Ini membantu menemukan kenyataan tentang mantan yang tidak disukai. Jadi membuat move on lebih cepat serta pikiran lebih terbuka lagi.

Memperbaiki Hidup dan Melakukan Hal yang Disukai

Terkadang seseorang terlalu memaksa dirinya untuk mencintai orang yang belum pasti membalas cintanya, sehingga lupa bahwa dia juga perlu mencintai dirinya sendiri. Setelah perpisahan terjadi hendaknya orang menjadi sadar untuk lebih mencintai dirinya sendiri.

Kegiatan bersyukur atas semua anugerah yang pernah didapat akan membantu proses penyembuhan. Bertepuk sebelah tangan hanya akan menjadi masa lalu yang harus dilupakan. Semoga di masa depan ditemukan pasangan yang lebih baik. Segala luka serta pengalaman buruk ini biarlah jadi pelajaran penting di dalam hidup.

Gunanya membuat sadar bahwa ada hal-hal yang lebih urgent untuk dilakukan saat ini. Inilah saatnya orang yang patah hati menekuni dan menyibukkan diri dengan hobinya sebagai cara move on cepat dan mudah. Lebih baik lagi jika melakukan hal-hal yang disukai seperti berwisata, fotografi ataupun menulis sebuah buku.

Menghindari Lagu Galau

Cara Cepat Move On
Orang lagi senang akan mendengarkan lagu dan yang sedih akan mendengarkan lirik

Cara cepat move on dapat dilakukan dengan menghindari mendengarkan lagu-lagu bernada dan berlirik galau. Mungkin secara tidak sadar, orang yang patah hati sering mendengar lagu sedih yang sesuai dengan suasana hatinya. Ubah lagu-lagu sedih itu dengan lagu yang temponya cepat, ceria, bisa memberi semangat dan membuat mood meningkat.

Itu tadi cara cepat move on dari mantan yang disarankan oleh para psikolog. Semua cara ini berangsur-angsur akan menyehatkan jasmani dan rohani orang yang patah hati. Seseorang yang baru berpisah dengan mantannya boleh melakukan salah satu atau beberapa cara sekaligus. Hindarkan perilaku yang menyakiti atau menjerumuskan diri. Lakukan saja hal-hal positif dan temukan segera jodohmu yang sebenarnya.

Related posts