Cara Mengerjakan Soal Deret Angka Dengan Cepat dan Tepat!

  • Whatsapp
cara mengerjakan tes deret angka dengan cepat dan tepat

Cara Mengerjakan Soal Deret Angka Dengan Cepat dan Tepat – Hallo sobat haidunia! Bagi Anda yang sedang persiapan untuk mengikuti tes seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN) melalui jalur UTBK-SBMPTN, dan juga bagi Anda yang sedang menyiapkan diri untuk menghadapi seleksi tes PPPK-CPNS, pastinya cara mengerjakan soal deret angka dengan cepat ini sangat anda nantikan.

Cara mengerjakan soal deret angka dengan cepat pastinya wajib Anda kuasai. Karena sesi Anda mengerjakan soal psikotes sangat dibatasi oleh waktu. Sedangkan soal deret angka menjadi bagian dari soal psikotes yang sudah pasti muncul sebagai subtes tersendiri dalam tes seleksi masuk kampus UTBK-SBMPTN dan seleksi tes PPPK-CPNS.

Read More

Maka cara mengerjakan soal deret angka dengan cepat dan tepat yang kami sajikan sebentar lagi bisa Anda jadikan referensi. Dan semoga berdampak positif pada persiapan Anda merencanakan kehidupan yang lebih sukses di masa mendatang.

Mengenal Tes Psikotes Deret Angka

Tes psikotes menurut Ma’sum dan Al Afgani (2019) adalah tes untuk mengukur aspek-aspek psikologis, atau tes untuk mengukur aspek individu secara psikis. Ada dua kelompok besar aspek psikogis yang biasa diukur, yaitu aspek kognitif dan aspek non-kognitif.

Salah satu manfaat psikotes adalah untuk mengetahui posisi yang tepat untuk calon pegawai sesuai dengan minat dan kemampuan yang dimilikinya. Untuk tingkat calon mahasiswa, tes psikotes bermanfaat untuk memprediksi kemampuan dasar dengan jurusan atau program studi yang akan dipilih.

Tes psikotes yang digunakan terdiri 4 (empat) subtes, yaitu; (1) Tes Kemampuan Dasar; (2) Tes Deret Angka; (3) Tes Analogi Verbal; (4) Tes Penalaran Analitik. Khusunya tes psikotes deret angka ditujukan untuk mengukur kemampuan matematis, dalam hal ini untuk menganalisis suatu pola bilangan.

Kemampuan para peserta tes dalam menganalisis pola bilangan merupakan refleksi dari kemampuannya menganalisa suatu masalah atau kejadian dalam pekerjaan yang butuh ditemukan pola penyelesaiannya.  Melalui tes psikotes deret angka, Anda harus mencoba melakukan perhitungan angka untuk mendapatkan pola, kemudian kembali menggunakan pola tersebut untuk melakukan perhitungan berikutnya.

Baca Juga:  Tes Deret Angka Psikotes (40 Contoh Soal dan Jawabannya)

Hal tersebut tergambar dalam beberapa contoh test deret angka yang selalu ditemukan di hampir setiap tes psikotes, seperti yang kami capture dibawah ini.

Bentuk-bentuk Tes Deret Angka

1. Menentukan angka terakhir dalam seri angka, contohnya sebagai berikut.

contoh soal psikotes deret angka 1
Contoh tes deret melengkapi seri terakhir

2. Menentukan angka yang hilang dalam seri, contohnya sebagai berikut.

contoh soal psikotes deret angka 2
Contoh tes deret angka melengkapi seri yang hilang

3. Menentukan angka yang hilang dalam seri yang tidak beraturan, contohnya sebagai berikut:

Bentuk tes deret angka
Contoh tes deret angka (acak) menentukan seri angka yang hilang

Cara Mengerjakan Soal Deret Angka Dengan Cepat dan Tepat

Cara mengerjakan soal deret angka dengan cepat ini pada prinsipnya adalah berupaya menemukan pola-pola maupun kecenderungan tertentu dalam wujud deret angka dengan tepat. Tugas kita dalam menjawab akan selalu berhubungan dengan memprediksi hal-hal baru berdasarkan pola jawaban tersebut.

Bebera cara mengerjakan soal deret angka dengan cepat dan tepa yang bisa Anda terapkan di antaranya:

(1) Mencoba mencari pola atau irama dari deret angka yang disajikan soal.

(2) Karena dalam tes ini yang dinilai adalah kemampuan analisa Anda dalam memahami pola-pola atau kecenderungan tertentu, maka segera prediksikan seri angka yang ditanyakan soal dengan operasi bilangan mulai dari penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, pengakaran, dan pengkuadratkan.

(3) Jika dengan sistem operasi bilangan yang normal tersebut tidak juga ditemukan polanya, maka segera ambil inisiasi bahwa pola yang dikehendaki merupakan pola bertingkat atau pola  yang meloncat.

(4) Mengingat banyaknya operasi bilangan yang terlibat dalam satu soal, maka jangan terpaku pada deret hitung atau deret ukur perhitungan matematika pada barisan bilangan terdepan yang disajikan soal.

(5) Jika Anda telah menemukan dua pola deret angka yang konsisten, maka segera terapkan untuk menemukan jawaban yang dikehendaki soal.

Tentunya Anda akan lebih memahami cara mengerjakan soal deret angka dengan cepat dan tepat di atas setelah mempelajari beberapa tipe soal berikut ini.

Contoh Tes Deret Angka dengan Pola Operasi Penjumlahan

Contoh tes deret angka dengan pola operasi penjumlahan ada beberapa bentuk yang biasa keluar dalam tes. Berikut beberapa contoh yang perlu Anda pahami.

Contoh soal 1: Operasi Penjumlahan Konstan 

Isilah bilangan yang terakhir ini

2    5    8    11    14    …    ….

Jawab:

Baca Juga:  Cara Membuat Lembar Kerja Siswa (LKS), Syarat & Kriterianya

Kita coba terlebih dahulu mencari pola/irama-irama bilangan itu:

Bilangan selanjutnya dari barisan di atas diperoleh dengan menambahkan bilangan 3 kepada bilangan sebelumnya. Jadi bilangan terakhir yang dimaksud adalah 17.

Contoh Soal 2: Operasi Penjumlahan Bertingkat

Tentukan bilangan selanjutnya dari barisan:

2    3    5    8    12    …

Jawab:

Kita coba terlebih dahulu mencari pola atau irama bilangan-bilangan tersebut:

cara mengerjakan deret angka dengan cepat

Bilangan selanjutnya dari barisan di atas diperoleh dengan menambahkan 1, 2, 3, …. secara berturut-turut kepada bilangan selanjuntnya. Jadi bilangan selanjutnya dari barisan di atas adalah 17.

Contoh Soal 3: Operasi Penjumlahan dan Pengurangan (selang-seling)

Tentukan dua bilangan selanjutnya dari barisan di bawah ini.

7   10    9    12     11    ….     ….

Jawab:

Kita coba terlebih dahulu mencari pola irama bilangan-bilangan tersebut.

contoh cara mengerjakan soal deret angka no 3

Bilangan selanjutnya dari barisan di atas diperoleh dengan menambah 3 dan -1 secara bergantian kepada bilangan sebelumnya. Jadi kedua bilangan selanjutnya adalah 14 dan 13.

Contoh Soal 4: Operasi Perkalian

Tentukanlah dua bilangan selanjutnya dari barisan bilangan di bawah ini:

5    6    10    12     20     24    …    …

Jawab kita coba terlebih dahulu mencari pola/irama dari bilangan-bilangan tersebut:

contoh cara mengerjakan soal deret angka no 4a

Ternyata skema di atas belum menunjukkan pola yang tegas. Untuk itu kita harus mencoba mencari pola lain. Ternyata pola yang tegas seperti yang ditunjukkan oleh skema di bawah ini.

contoh cara mengerjakan soal deret angka no 4b

Bilangan selanjutnya dari barisan di atas diperoleh dengan mengalikan 2 secara selang-seling kepada bilangan yang sebelumnya. Jadi kedua bilangan yang selanjutnya adalah 40 dan 48.

Seringkali soal barisan bilangan-bilangan tersebut tidak dapat dipastikan bagaimana iramanya. Tetapi karena soal tersebut dalam bentuk pilihan berganda, maka kita harus pintar-pintar melihat jawaban untuk menebak seri angka yang dikehendaki soal. Perhatikan Contoh 5 berikut ini!

Contoh 5: Operasi Kombinasi

Dua bilangan selanjutnya dari barisan bilangan di bawah ini adalah:

15    10    5     20     15      10     …      …

a. 5 dan 15
b. 20 dan 25
c. 100 dan 50
d. 5 dan 10
e. 40 dan 35

Jawab:

Kita coba terlebih dahulu mencari pola/irama dari barisan bilangan-bilangan tersebut:

contoh cara mengerjakan soal deret angka no 5a

Bila kita coba polanya seperti di atas, maka kedua bilangan selanjutnya adalah 25 dan 20. Karena tidak ada pilihan 25 dan 20 berarti pola yang kita coba belum tepat.

Baca Juga:  Contoh Soal Pemahaman Wacana dan Jawabannya

Dengan demikian kita perlu berpikir lagi untuk mencari pola lain yang lebih sesuai, sampai ketemu jawabannya.

contoh cara mengerjakan soal deret angka no 5b

Bila kita buat polanya seperti di atas, maka kedua bilangan selanjutnya adalah 40 dan 35. Jadi jawabannya E.

Cara Mengerjakan Soal Deret Huruf dengan Cepat

Cara mengerjakan soal deret huruf dengan cepat ini pada dasarnya sama dengan cara mengerjakan soal deret angka. Jika Anda sudah mengetahui cara mengerjakan soal deret angka dengan cepat, maka dengan sendirinya Anda pasti sudah mengerti cara menentukan soal deret huruf dengan cepat. Perhatikan contoh-contoh soal deret huruf berikut!

Contoh soal 6: Deret Huruf

Tentukanlah dua huruf selanjutnya dari barisan huruf berikut ini:

b   c   h    k    …    …

Jawab:

Untuk menentukan pola deret huruf-huruf, maka sebaiknya dituliskan semua huruf yang ada dan memberikan tanda dari huruf-huruf yang dimaksud. Perhatikan ilustrasi berikut ini!

contoh deret huruf no 6

Dengan memperhatikan huruf-huruf yang bertanda, maka huruf selanjutnya diperoleh dengan melewati dua huruf sebelumnya. Jadi huruf adalah n dan q.

Contoh 7: Deret Huruf 

Tentukanlah dua huruf selanjutnya dari barisan huruf-huruf di bawah ini:

a    c     f     j     …    …

Jawab:

Kita coba terlebih dahulu  mencari pola atau deret dari barisan huruf-huruf tersebut:

contoh deret huruf nomor 7

Huruf selanjutnya diperoleh dengan melewati 1, 2, 3, … huruf secara berturut-turut. jadi dua huruf selanjutnya adalah o dan u.

Demikian pembahasan kita mengenai cara mengerjakan soal deret angka dengan cepat yang kami lengkapi dengan cara mengerjakan deret huruf. Tentunya sebelum Anda mengerjakan soal tes yang sesungguhnya, sebaiknya lebih banyak berlatih. Sehingga Anda akan mendapatkan gambaran yang lebih utuh mengenai tipe-tipe soal deret angka yang sering muncul pada tes ujian masuk PTN maupun tes PPPK CPNS.

Kami sarankan Anda juga membuka pembahasan contoh soal deret angka psikotes yang telah kami uraikan pada kesempatan sebelumnya. Pesan kami, agar Anda dapat mengerjakan soal dengan baik berpikirlah secara luas. Hal itu bisa Anda latih dengan mempelajari soal-soal psikotes PPPK CPNS di blog ini. Anda kami berharap apa yang kami sampaikan di laman ini berdampak positif bagi kesuksesan Anda!

 

Related posts