Contoh Kalimat in Order To dan So That Beserta Artinya Komplit

contoh kalimat in order to dan so that

Contoh Kalimat in Order To dan So That – Ada dua istilah dalam bahasa inggris yang terkadang seringkali membuat kita bingung, yaitu penggunaan istilah in order to dan so that. Sebenarnya apa sih perbedaan keduanya dan bagaimana meletakkan keduanya dalam sebuah kalimat yang utuh.

Disini saya akan menjelaskan apa itu in order to dan so that, berikut juga saya akan memberikan contoh kalimat in order to dan so that. Yuk baca sampai tuntas agar lebih paham.

Read More

Beda in order to dan So that

1. in order to

“In order to” adalah ungkapan yang digunakan untuk menyatakan tujuan atau niat di balik suatu tindakan. Ungkapan ini digunakan sebelum menyebutkan tindakan yang ingin dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut.

Contoh Kalimat In Order To:

In order to succeed in life, one must work hard. (Untuk berhasil dalam hidup, seseorang harus bekerja keras.)

I’m studying every day in order to pass the exam. (Saya belajar setiap hari agar lulus ujian.)

She saved money in order to buy a new car. (Dia menabung uang untuk membeli mobil baru.)

They are planting trees in order to improve the environment. (Mereka sedang menanam pohon untuk memperbaiki lingkungan.)

Baca Juga:  Bagaimana Budaya Etos Akademik Seorang Mahasiswa Muslim?

In order to be healthy, it’s important to eat nutritious food. (Agar sehat, penting untuk makan makanan bergizi.)

2. So That

“So that” adalah ungkapan lain yang digunakan untuk menyatakan tujuan atau alasan di balik tindakan. Sama seperti “in order to,” “so that” juga digunakan sebelum menyebutkan tindakan yang ingin dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut.

Contoh Kalimat So That:

She’s going to the gym early in the morning so that she can stay fit. (Dia pergi ke gym pagi-pagi agar tetap sehat.)

I turned off the lights so that I could save energy. (Saya mematikan lampu agar bisa menghemat energi.)

They are studying hard so that they can get good grades. (Mereka belajar keras agar bisa mendapatkan nilai yang baik.)

He’s learning to cook so that he can prepare his own meals. (Dia belajar memasak supaya bisa menyiapkan makanannya sendiri.)

We’re planting flowers in the garden so that it looks beautiful. (Kami menanam bunga di taman supaya terlihat indah.)

Perbedaan Antara “In Order To” dan “So That

Meskipun keduanya digunakan untuk menyatakan tujuan atau niat, ada perbedaan mendasar antara keduanya. “In order to” cenderung digunakan ketika tujuan atau niat tersebut lebih eksplisit atau ketika pembicara ingin menekankan pentingnya tujuan tersebut. Sementara itu, “so that” cenderung lebih umum digunakan dan memberikan alasan atau tujuan yang lebih kontekstual.

Contoh Kalimat Lainnya “In Order To” dalam Bahasa Inggris:

He’s learning Spanish in order to travel to Spain next year. (Dia belajar bahasa Spanyol untuk bepergian ke Spanyol tahun depan.)

We need to save money in order to buy a new house. (Kita perlu menabung uang untuk membeli rumah baru.)

She’s taking a cooking class in order to improve her culinary skills. (Dia mengikuti kelas memasak untuk meningkatkan keterampilan kuliner.)

They are working late in order to meet the deadline. (Mereka bekerja lembur agar bisa menyelesaikan tenggat waktu.)

In order to protect the environment, we should reduce our use of plastic. (Untuk melindungi lingkungan, kita harus mengurangi penggunaan plastik.)

Contoh Kalimat “So That” lainnya:

She’s wearing a raincoat so that she doesn’t get wet in the rain. (Dia mengenakan mantel hujan supaya tidak basah saat hujan.)

I’m setting an alarm so that I wake up on time for the meeting. (Saya mengatur alarm agar bangun tepat waktu untuk pertemuan.)

They cleaned the house so that it would be spotless for the guests. (Mereka membersihkan rumah agar bersih sempurna untuk tamu.)

He’s practicing meditation so that he can reduce stress. (Dia berlatih meditasi supaya bisa mengurangi stres.)

We need to plan our budget so that we can save money for our vacation. (Kita perlu merencanakan anggaran agar bisa menabung uang untuk liburan kita.)

Penggunaan “In Order To” dan “So That” dalam Kehidupan Sehari-hari

Kedua ungkapan ini dapat ditemui dalam percakapan sehari-hari dan dalam berbagai konteks. Contohnya bisa dalam pembicaraan tentang pekerjaan, pendidikan, tujuan pribadi, dan bahkan dalam pembuatan rencana atau tindakan sehari-hari. Menggunakan “in order to” atau “so that” dengan benar dapat membantu kita menyampaikan niat atau tujuan kita dengan lebih jelas.

Misalnya, ketika Anda menjelaskan mengapa Anda memutuskan untuk berolahraga, Anda bisa mengatakan, “I exercise every day in order to stay healthy.” Ini menunjukkan bahwa tujuan utama Anda berolahraga adalah untuk menjaga kesehatan.

Di sisi lain, jika Anda ingin menjelaskan mengapa Anda mematikan komputer ketika tidak digunakan, Anda bisa mengatakan, “I turn off the computer so that I can save electricity.” Dalam kasus ini, Anda menggunakan “so that” untuk memberikan alasan mengapa Anda melakukan tindakan tersebut, yaitu untuk menghemat listrik.

Akhir Kata

Dalam bahasa Inggris, “in order to” dan “so that” adalah dua ungkapan yang digunakan untuk menyatakan tujuan atau niat di balik suatu tindakan. Meskipun keduanya memiliki arti yang serupa, “in order to” lebih eksplisit dan menekankan tujuan tersebut, sedangkan “so that” memberikan alasan atau tujuan yang lebih kontekstual. Kedua ungkapan ini dapat digunakan dalam berbagai konteks dalam kehidupan sehari-hari untuk menjelaskan mengapa kita melakukan tindakan tertentu.

Nah itulah penjelasan saya seputar contoh kalimat in order to dan so that, semoga dengan membaca artikel ini bisa menjadi lebih paham ya. Jangan lupa bagikan juga ke teman-teman agar mereka mendapatkan manfaat.

About Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *