12 Cara Mengurangi Nafsu Makan dan Ngemil Secara Alami

Cara Mengurangi Nafsu Makan dan Ngemil Secara Alami
Cara Mengurangi Nafsu Makan dan Ngemil Secara Alami

Cara mengurangi nafsu makan dan ngemil secara alami – Hallo sobat sehat! Apakah kalian ingin kurus, tapi doyan makan? Tentunya ini adalah masalah klasik yang dialami dialami orang.

Cara mengurangi nafsu makan dan ngemil secara alami yang tim haidunia.com bawakan semoga saja bisa membantu Anda untuk mengatasinya. Insya Allah, laman ini akan membahas beberapa cara mengurangi nafsu makan berlebih. Semoga bisa membantu, ya!

Namun sebelum kita membahas lebih jauh mengenai cara mengurangi nafsu makan dan ngemil secara alami, ada baiknya kita urai beberapa hal tentang hakikat makan itu sendiri. Sehingga kita jadi paham, untuk apa tujuan kiata banyak makan di dunia ini? Dan apakah perlu kita makan terlalu banyak?

Adab Makan dan Ngemil

Adab makan dan ngemil perlu kita perhatikan, terlebih dalam lingkungan yang heterogen latar belakang kehidupannya. Jangan sampai kita terlihat menjadi sosok yang paling banyak makan dalam keseharian.

Pada hakikatnya, berat badan yang berlebihan adalah akibat dari tidak diperhatikannya adab makan yang baik. Adab makan dan ngemil tidaklah terbatas pada tata cara makan dan minum kita, namun hakikatnya juga berkaitan dengan makan-makanan yang baik (toyyib) sebagai bentuk rasa syukur kepada pencipta yang telah menghidupkan dan menciptakan beraneka-ragam bahan makanan untuk manusia di dunia ini:

Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar kepada-Nya kamu menyembah” (QS. Al-Baqarah (02): 172).

Agar kebutuhan makan dan ngemil sehari-hari kalian terjaga, coba perhatikan kebutuhan makan kita sehari-sehari yang dikategorikan berdasarkan berat badan, seperti dalam tabel berikut:

Cara Mengurangi Nafsu Makan dan Ngemil Secara Alami
Tabel kebutuhan makan dan ngemil berdasarkan berat badan

Setelah Anda tahu kebutuhan asupan sehari-hari, sekarang perhatikan tata cara makan yang pas dengan adab ketimuran di Indonesia. Terutama bila Anda sering diundang makan bersama sanak famili, keluarga, tetangga, atau keluarga teman-teman. Sekali lagi, jangan sampai orang-orang menikmati makanan terganggu dengan sikap makan kita yang berlebihan.

Berikut ini adalah tatacara saat makan dan ngemil:

(1) Pastikan tangan anda dan wajah bersih saat mendatangi meja

(2) Tetap berada di kursi selagi makan, jangan bolak-balik dan mengganggu ketenangan orang lain yang sedang sama-sama makan

(3) Makan dengan mulut tertutup dan tidak bersuara.

(4) Jika makanan terlalu panas biarkan saja sampai makanannya dingin, tanpa perlu berulangkali kalian tiup

(5) Dilarang untuk  menghirup makanan berkuah, apalagi sampai menimbulkan bunyi seruput-seruput.

(6) Dilarang untuk meludahkan makanan yang tidak disukai ke serbet atau piring, kecuali itu membahayakan, misalnya ada paku di nasinya atau duri tajam di lauknya.

Pola Makan dan Ngemil yang Sehat

Pola makan yang sehat sangat berpengaruh pula terhadap kesehatan tubuh secara umum.  Sebab, pola makan yang keliru dapat menyebabkan terjadinya banyak gangguan pada kesehatan tubuh, terutama menurunnya sistem imun.

Hal ini bisa terjadi karena pola makan yang tidak benar dapat menyebabkan asupan yang dibutuhkan oleh tubuh tidak terpenuhi. Sepintas kebiasaan ini mungkin kelihatan tidak mempunyai pengaruh apapun sebab banyak di antara Anda yang mempunyai pola makan buruk namun masih sehat-sehat saja. Padahal, pengaruhnya akan dirasakan di hari kemudian.

Memang tidak banyak orang yang mau memperhatikan pola makannya, sehingga tanpa disadari banyak penyakit, mulai dari yang paling ringan seperti maag hingga paling berbahaya seperti kanker dan penyakit jantung, kerap datang mengintai.

Kebanyakan orang makan sesuka hatinya. Porsinya pun sudah tidak diperhatikan lagi. Padahal, porsi makan yang selalu banyak itu tidak baik, begitu juga sebaliknya.

Pola makan yang buruk dapat menyebabkan tidak teraturnya jam makan. Selain itu, dampaknya terhadap kesehatan pun cukup buruk.

Orang dengan pola makan yang seperti ini rentan mengalami beberapa gangguan kesehatan, seperti obesitas, perut kembung, dan muntah-muntah karena kekenyangan. Karenanya, mengatur jam makan sangat penting dilakukan untuk menghindari terjadinya hal-hal yang lebih buruk terhadap kesehatan.

Cukup beragam dalam idealnya pola makan yang baik dan sehat, yaitu:

  1. Pola makan dua kali sehari
  2. Pola makan tiga kali sehari
  3. Pola makan lebih dari tiga kali sehari

Untuk memperjelas pola makan tersebut, coba perhatikan tabel jam makan berikut ini:

Pola Makan

Jam Makan

Dua kali sehari
  • Makan pertama: 07.00-10.000
  • Makan kedua: 13.00-15.00
Tiga kali sehari
  • Makan pertama: 07.00-10.000
  • Makan selingan: 10.00-13.00
  • Makan kedua: 13.00-15.00
Lebih dari tiga kali sehari Makan lebih dari tiga kali sehari dilakukan hanya dengan porsi sedikit-sedikit dan dilaksanakan dalam rentang waktu 07.00-15.00

Penjelasan dari masing-masing pola makan di atas adalah sebagai berikut:

Pola Makan Dua kali Sehari

Pola makan dua kali sehari dianjurkan karena didasarkan pada psikologi yang pelik dari tubuh manusia, dimana seseorang yang ingin makan harus mengambil jeda sebelum menyantap makanan berikutnya. Jeda tersebut dimaksudkan untuk menunggu hingga perut telah kosong atau sensasi rasa lapar terasa kembali.

Pola Makan Tiga Kali Sehari

Pola makan tiga kali sehari dapat dilakukan dalam tiga waktu utama, yaitu sarapan, makan siang, dan makan malam. Di antara ketiga jam makan ini, dianjurkan untuk melakukan dua kali makan selingan antara jam 10.00 wib dan jam 15.00 wib.

Hal ini didasarkan atas kondisi irama tubuh yang setiap dua sampai tiga jam gula darah akan mengalami penurunan. Hal ini ditandai oleh kondisi perut yang merasa lapar sebagai isyarat bahwa tubuh perlu mendapatkan asupan. Asupan ini tidak harus berupa nasi namun bisa berupa makanan-makanan sehat lainnya.

Pola Makan Lebih dari Tiga Kali Sehari

Pola makan lebih dari tiga Kali Sehari diyakini dapat meningkatkan metabolisme, mengontrol kadar gula darah, dan menstabilkan berat badan. Lebih dari itu, makan lebih dari tiga kali sehari juga dapat membantu menekan jumlah porsi makan, sehingga tidak lagi makan dengan porsi yang banyak.

Sedangkan pola makan dua atau tiga kali sehari bisa membuat seseorang makan dengan porsi yang besar sehingga dapat menyebabkan terjadinya berat badan berlebih. Pendapat atau anjuran ini didasarkan pada suatu fakta bahwa tubuh memiliki ritme tubuh yang harus diikuti.

Penyebab Nafsu Makan dan Ngemil Meningkat

Penyebab nafsu makan meningkat untuk beberapa orang bisa sama bisa berbeda. Namun secara umum, apa yang menjadi penyebab nafsu makan seseorang meningkat bisa dilihat dalam video melalui link berikut ini:

Sekarang mari kita simak beberapa cara mengurangi nafsu makan dan ngemil secara alami. Ini penting sekali, terutama bagi Anda yang telah memiliki kelebihan berat badan.

Cara Mengurangi Nafsu Makan dan Ngemil Secara Alami

Cara mengurangi nafsu makan dan ngemil secara alami yang kami sajikan terdiri dari 12 cara sederhana yang mudah sekali Anda pratekkan. Tentunya harus dilakukan secara konsisten agar hasilnya optimal. Selamat mencoba!

1. Minum Air Putih

Cara mengurangi nafsu makan dan ngemil secara alami yang pertama dan termudah adalah dengan minum air putih. Terkadang sinyal haus disalahartikan sebagai sinyal lapar oleh tubuh. Oleh sebab itu, cobalah minum air putih ketika timbul keinginan untuk makan lagi. Tunggu beberapa menit, maka hasrat ingin makan akan hilang.

Nafsu makan berlebih juga bisa ditekan dengan meminum segelas air putih yang dilakukan sebelum makan. Hal ini menimbulkan efek kenyang yang lebih cepat, serta membuat tubuh merasa puas makan. Jadi, biasakanlah minum air putih sebelum makan agar terhindar dari makan berlebih.

Selain itu, minum cukup air juga terbukti dapat menurunkan berat badan. Penelitian dilakukan pada 50 wanita yang memiliki berat badan berlebih. Selama 8 minggu mereka rutin minum 1,5 liter air putih perhari. Hasilnya, berat badan dan nafsu makan berkurang secara efektif.

2. Makan Permen Karet

Cara mengurangi nafsu makan dan ngemil secara alami yang kedua adalah makan permen karet. Nafsu makan ternyata dapat dikontrol dengan mengkonsumsi permen karet loh. Menurut penelitian, orang yang mengunyah permen karet berhasil mengurangi rasa ingin ngemil. Nilai kalori makanan yang dikonsumsi di waktu makan juga berkurang.

Permen karet yang dikunyah sebaiknya permen karet bebas gula, agar tidak malah menambah nilai kalori yang dikonsumsi. Sayangnya Sorbitol yang merupakan pemanis buatan pada permen karet tidak baik untuk dikonsumsi secara berlebih. Sebab sulit diserap usus dan dapat berfungsi seperti obat pencahar. Jika terlalu banyak dikonsumsi, bisa menyebabkan diare.

3. Konsumsi Makanan Berprotein Tinggi

Cara mengurangi nafsu makan dan ngemil secara alami yang ketiga adalah konsumsi makanan berprotein tinggi. Protein menyebabkan efek kenyang yang lebih lama pada tubuh. Juga terbukti efektif menekan rasa ingin makan.

Tingkatkan konsumsi protein sebanyak 25% dari total asupan kalori yang dimakan. Penelitian serupa telah dilakukan pada menu diet pria bertubuh gemuk. Hasilnya menunjukkan bahwa berat badan menurun secara efektif.

4. Konsumsi Berserat

Cara mengurangi nafsu makan dan ngemil secara alami yang keempat adalah konsumsi berserat. Selain makanan berprotein, makanan berserat juga telah terbukti dapat membantu tubuh mengurangi nafsu makan berlebih. Makanan berserat memperlambat jalannya proses pengosongan di perut. Akibatnya, rasa kenyang bisa bertahan lebih lama.

Konsumsi makanan berserat juga membuat produksi hormon yang menyebabkan rasa kenyang pada tubuh menjadi bertambah. Kandungan air yang tinggi dalam makanan berserat juga semakin membantu rasa kenyang bertahan lebih lama.

Oleh sebab itu, perbanyaklah makanan makanan berserat tinggi. Misalnya kacang-kacangan, biji-bijian, serta buah dan sayuran.

5. Kunyah Makanan Secara Perlahan

Cara mengurangi nafsu makan dan ngemil secara alami yang kelima adalah kunyah makan secara perlahan. Tubuh tidak akan seketika merasa kenyang setelah makan. Perlu setidaknya 20 menit, untuk tubuh memproses dan memunculkan sensasi kenyang. Oleh sebab itu, kunyah makanan secara perlahan. Jangan terburu-buru apalagi langsung telan.

Dengan mengunyah makanan secara perlahan, otak akan memiliki cukup waktu untuk menangkap dan memproses sinyal kenyang pada tubuh. Dengan demikian, konsumsi makanan yang melebihi kapasitas ideal tubuh bisa dihindari.

6. Biasakan Sarapan

Cara mengurangi nafsu makan dan ngemil secara alami yang keenam adalah biasakan sarapan. Sarapan pagi sering dianggap sepele dan dilewatkan. Padahal sarapan merupakan cara mengurangi nafsu makan berlebih yang paling mudah dan efektif untuk dilakukan. Sarapan pagi juga penting untuk memberi energi pada tubuh, untuk kembali beraktivitas setelah beristirahat semalaman.

Sarapan yang baik sebaiknya terdiri dari makanan berserat, protein, karbohidrat, dan hanya sedikit lemak. Misalnya makan bubur ayam ditambah pisang, atau roti plus telor, sayuran, dan susu. Bisa pula makan ayam goreng, namun tambahkan buah didalamnya.

7. Konsumsi Jahe

Cara mengurangi nafsu makan dan ngemil secara alami yang ketujuh adalah konsumsi jahe. Jahe juga dapat membuat nafsu makan menurun dan rasa kenyang meningkat. Tak perlu repot mengolah jahe tersebut. Cukup konsumsi sedikit bubuk jahe, sudah dapat memberikan efek di atas.

Selain jahe, meminum kopi, teh herbal, serta mengkonsumsi coklat hitam juga dapat menimbulkan efek yang sama. Rasa ingin makan berkurang dan rasa kenyang bertahan lebih lama pada tubuh.

8. Olahraga

Cara mengurangi nafsu makan dan ngemil secara alami yang kedelapan adalah olahraga. Tak perlu berpikir tentang olahraga yang berat. Cukup dengan berjalan kaki di taman selama 15 menit, sudah dapat menurunkan nafsu makan secara efektif. Olahraga yang dapat dilakukan dengan mudah dimana saja ini juga terbukti dapat membuat seseorang merasa kenyang lebih lama.

Segera setelah berolahraga, hormon ghrelin yang berfungsi membuat tubuh merasa lapar menurun. Metabolisme tubuh yang meningkat karena berolahraga juga membuat tubuh merasa lebih cepat kenyang. Oleh sebab itu, rutin berolahraga dapat menurunkan nafsu makan secara efektif.

9. Kurangi Stress

Cara mengurangi nafsu makan dan ngemil secara alami yang kesembilan adalah kurangi stress. Stress merupakan salah satu faktor penyebab munculnya nafsu makan berlebih. Saat stress nafsu makan seseorang bisa meningkat drastis. Makanan yang pilihnya pun umumnya adalah makanan tidak bergizi.

Oleh sebab itu, cara mengurangi nafsu makan berlebih dapat dilakukan dengan mengontrol stress. Jangan jadikan makanan sebagai pelarian dari stress. Lakukan cara lain agar otak dapat refreshing. Misalnya dengan melakukan olahraga ringan seperti berjalan santai dengan rutin, cukup tidur, dan sesekali pergilah berlibur atau hangout dengan teman.

10. Buat Jadwal dan Lakukan dengan Disiplin

Cara mengurangi nafsu makan dan ngemil secara alami yang kesepuluh adalah buat jadwal dan lakukan dengan disiplin. Buatlah jadwal yang teratur terkait kapan waktunya makan. Bukan hanya makanan berat, tapi juga termasuk jadwal untuk ngemil. Selain itu tentukan juga proporsi makanan yang diperbolehkan untuk dikonsumsi.

Terkadang munculnya dorongan untuk makan terjadi akibat rangsangan dari luar. Misalnya ketika melihat makanan atau minuman yang tampak lezat. Ketika ini terjadi, tahan keinginan tersebut. Disiplinlah dengan jadwal dan proporsi makanan yang telah ditentukan.

11. Tanya pada Diri

Cara mengurangi nafsu makan dan ngemil secara alami yang kesebelas adalah tanya diri sendiri. Cara ini menyangkut efek psikologis. Ketika keinginan untuk makan menyerang, cobalah tanya pada diri sendiri. Misalnya ketika ingin makan kue, tanyakan pada diri “Apakah ingin makan kue?”. Tanya kan pula “Apa akibatnya jika makan kue tersebut?”.

Jika tubuh tidak benar-benar lapar dan hanya ngidam ingin makan saja, otak akan menjawab demikian. Ketika rasa ingin makan tetap bertahan meski tidak lapar, tanyakan pertanyaan kedua. Dengan mengetahui konsekuensi jika tetap mengkonsumsi makanan secara berlebih yang tidak diinginkan, nafsu makan berlebih bisa ditekan.

12. Cukup Bayangkan Saja

Cara mengurangi nafsu makan dan ngemil secara alami yang keduabelas adalah cukup bayangkan saja. Seperti disinggung sebelumnya, rasa ingin makan lagi seringkali muncul akibat adanya rangsangan dari luar. Jadi ketika melihat kue coklat yang lezat, atau makanan dan minuman enak lainnya tahan diri untuk membeli.

Cukup bayangkan saja bahwa sedang memakannya. Terdengar lucu memang, tapi cara ini telah terbukti berhasil menekan nafsu makan berlebih dengan efektif loh. Beberapa peneliti membuktikan bahwa orang yang suka makan coklat, akan memakan lebih sedikit coklat setelah membayangkannya. Pastinya cara ini juga sangat mudah dilakukan, dimana saja kapan saja.

Demikian beberapa cara mengurangi nafsu makan dan ngemil secara alami yang mudah untuk diaplikasikan. Selain itu menurut penelitian, mengkonsumsi makanan dengan menggunakan piring yang lebih kecil, atau garpu dan sendok yang lebih besar juga efektif dalam menekan nafsu makan berlebih. Silahkan Anda praktekkan, semoga berhasil ya!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.