Ini Dia Perbedaan Shopee Mall dan Star Seller, Fans Shopee Wajib Tahu!

Perbedaan Shopee Mall dan Star Seller
Fans Shopee Merapat sini!

Ini Dia Perbedaan Shopee Mall dan Star Seller, Fans Shopee Wajib Tahu! – Siapa sih yang belum pernah check-out barang di toko online hari ini? Sepertinya hampir semua orang sudah (minimal sekali) pernah belanja produk online, mengingat jumlah pengguna e-commerce untuk tahun 2021 saja sudah mencapai 148+ juta pengguna menurut CNN.

Ada beberapa e-commerce di Indonesia yang namanya sudah besar dan dapat diketahui dari warnanya seperti hijau untuk Tokopedia dan oren untuk Shopee. Dengan gencarnya promosi dari endorsement dan afiliasinya, toko-toko online tersebut dapat menjaring jutaan pengguna.

Bagi kamu yang sudah terbiasa belanja online, pasti kamu ingin mendapatkan produk yang bagus dengan harga yang terjangkau kan? Ketika kamu memasukkan kata kunci akan ada banyak sekali produk yang ditampilkan di laman pencarian.

Masing-masing produk akan saling bersaing dengan harganya masing-masing, lantas ada faktor apa saja yang dapat kamu jadikan pertimbangan dalam proses belanjamu? Untuk kamu yang variatif dalam memilih barang, jenis penjual mungkin dapat menjadi pertimbangan.

Kali ini kita akan coba bahas jenis penjual antara Shopee Mall dan Star Seller di salah satu e-commerce paling besar di Indonesia yaitu Shopee, yuk langsung saja!

Tingkatan Level Penjual di Shopee

Kalau kamu suka scrolling produk di Shopee, kamu akan tahu ada label di pojok setiap produk yang kamu lihat. Yap betul sekali, itu adalah level penjual di Shopee.

Sampai saat ini ada 4 jenis tingkat penjual di Shopee, yaitu:

  1. Shopee Mall – Di tingkat paling atas ada Shopee Mall, penjual dengan label ini adalah toko resmi dari setiap produk yang dijualnya. Keaslian barangnya sudah tidak diragukan lagi.
  2. Star+ Seller – Tingkat kedua adalah Star plus, produk baru dari Shopee ini baru rilis pada bulan 9 tahun 2020 kemarin. Karena semakin banyaknya penjual Star di Shopee maka Shopee membuat satu kategori di atasnya untuk membedakan dengan penjual Star lainnya, tentunya kriterianya juga lebih sedikit di atas penjual Star.
  3. Star Seller – Di tingkat ketiga ada Star Seller, program ini layaknya reward yang dikasih oleh Shopee untuk para penjual yang berdedikasi dalam hal pelayanan dan kepuasan pelanggan.
  4. Penjual biasa – Posisi terakhir ini adalah untuk siapa saja yang baru gabung untuk berjualan di Shopee.
Perbedaan Shopee Mall dan Star Seller
Penjual Shopee Mall, Star Seller dan Star akan mendapat label sedangkan penjual biasa belum mendapatkannya.

Perbedaan Shopee Mall dan Star Seller

Sebagai pembeli yang rajin masukin barang ke keranjang, kamu perlu tahu perbedaan antara keduanya, kali ini kita akan coba bahas bedanya Shopee Mall dengan Star Seller dari segi pelayanan dan kepuasan pelanggan ya

 Respon Penjual Kepada Pembeli Antara Shopee Mall dan Star Seller

Sebagai penjual tentunya wajib untuk memberikan info produk yang detail kepada pelanggan, customer service adalah orang yang bertugas untuk pelayanan ini. Shopee Mall mempunyai fitur chat 24 jam sebagai bentuk layanan kepada pelanggannya sedangkan Star Seller tidak mengharuskan adanya fitur itu. Kamu hanya bisa bertanya tentang suatu produk di toko dengan label Star Seller pada jam tertentu atau pada jam yang telah ditentukan.

Orisinalitas Produk yang Dijual

Shopee Mall akan mencantumkan label ori yang artinya produk yang dijual asli, Shopee juga Mall akan memberikan jaminan  berupa pengembalian uang apabila barang tidak asli. Kamu tidak perlu khawatir mendapatkan barang KW atau tiruan.

Perbedaan Shopee Mall dan Star Seller
Barang yang dijual di Shopee Mall mempunyai label ori

Untuk penjual Star Seller, belum menjadi keharusan untuk untuk menjual barang ori, tapi produk yang dijual merupakan produk yang berkualitas karena kategori Star Seller adalah para penjual yang dapat memberikan layanan yang baik kepada pembelinya. Maka tidak heran jumlah barang yang telah terjual oleh para penjual Star Seller bisa mencapai puluhan ribu.

Shopee Mall & Star Seller
Jumlah barang yang dijual oleh penjual Star Seller mencapai puluhan ribu

Ketersediaan Barang Antara Shopee Mall dan Star Seller

Sebagai pembeli pasti kamu ingin barang yang kamu pesan segera sampai, hal ini selalu berkaitan dengan ada tidaknya barang yang dilisting di Shopee, Shopee Mall mempunyai syarat boleh untuk melisting barang Pre-order <20% barand dari total produk yang dilisting. Artinya hampir semua barang yang dilisting bisa langsung diproses untuk pengiriman.

Untuk penjual Star Seller, Shopee memberikan syarat barang Pre-order yang dijualnya kurang dari <20% dari total produk selama maksimal 5 hari. Berarti apabila jumlah barang Pre-order di atas ketentuan selama 5 hari, maka Shopee berhak memberikan teguran atau sanksi pada Star Seller.

Gratis Ongkos Kirim Di Shopee Mall dan Star Seller

Pada dasarnya ongkos kirim akan dihitung dari jarak, semakin jauh jaraknya maka akan semakin mahal dan begitu pula sebaliknya. Namun Shopee memberikan fitur pada setiap produk di Shopee Mall dengan label ‘gratis ongkir’ dengan ketentuan syarat minimal belanja.

Belanja Baju anak di Shopee Mall
Terdapat label gratis ongkir di setiap produk yang dijual di Shopee Mall

Untuk penjual Star Seller, Shopee juga memberikan fitur gratis ongkir. Bedanya adalah tidak adanya icon gratis ongkir seperti yang ada di gambar (Shopee Mall) dan juga jumlah minimal belanja yang berbeda supaya bisa mendapatkan gratis ongkir. Biasanya jumlah minimal belanja untuk Star Seller lebih banyak daripada jumlah minimal di Shopee Mall.

Kesimpulan

Secara pribadi dari beberapa perbedaan Shopee Mall dan Star Seller yang sudah dijelaskan di atas, Shopee Mall lebih unggul daripada Star Seller. Tapi dari pengalaman beberapa kali belanja di Shopee, kebutuhan akan barang yang dibeli bisa lebih sesuai dengan budget apabila memperhatikan faktor di atas tanpa melihat apakah barang tersebut dijual di Shopee Mall atau Star Seller.

Selain hal-hal yang disebutkan di atas, masih banyak juga faktor tambahan dalam membeli suatu produk di Shopee, seperti flash sale, diskon toko dan lainnya. Intinya kamu perlu melihat setiap peluang yang ada supaya bisa mendapatkan barang yang bagus, pengiriman cepat dengan ongkir seminim mungkin. Happy Shopping!

Related posts