Cara Makan Soto Endes yang Sehat Ala Zaidul Akbar

Cara Makan Soto Sehat

Hallo Sobat! Tahukah kalian, jikalau kuah soto yang dipanaskan berjam-jam akan mengalami miskin enzim. Nah, agar soto endes kalian tetap nikmat dan sehat kali ini tim haidunia.com akan berbagi cara makan soto paling sehat ala dr Zaidul Akbar.

Baca sampai tuntas ya!

Bagi masyarakat Indonesia, soto termasuk menu yang melegenda. Ini bisa ditandai dengan beragamnya nama-nama soto tiap daerah. Beberapa sebutan diantaranya menyebutnya sroto, sauto, taoto atau coto. 

Ada juga yang menyematkannya pada nama daerah asalnya. Seperti; Soto Semarang, Soto Kudus, Soto Surakarta. Atau ada juga yang sebutannya sesuai isinya, seperti; soto ayam, soto  babat, soto sapi, soto sekengkel (soto isi daging kaki sapi). Tapi pada dasarnya semaua adalah sop yang terbuat dari kaldu dan bahan lainnya.  

Dakwah Makan Sehat dr Zaidul Akbar

Nama besar Ust. dr Zaidul Akbar pasti sudah kalian dengar, terlebih bagi para pecinta pengobatan thibbun nabawi. Ya, beliau adalah salah seorang pakar herbal kenaamaan yang bangsa kita miliki. Dr Zaidul, demikian para jamaah kajiannya menyapa beliau, juga tercatat sebagai Ketua Asosiasi Bekam Indonesia.

Dakwah Sang Penggagas Jurus Sehat Ala Rasulullah (JSR) ini sudah sangat bertebaran di media online maupun siaran televisi. Salah satu tema kajian yang belio dakwahkan dan akan kita bahas di sini adalah cara makan soto yang sehat. Sehingga tidak sekadar merasakan endes di lidah, tapi juga akan membawa efek yang baik pada kesehatan tubuh kita.

Melalui salah satu kajian beliau, sekarang kita jadi tahu mengapa hampir di setiap meja makan sebuah warung soto disajikan jeruk nipis. Ternyata, inilah jawabannya. Cara makan soto yang sehat adalah dengan menambahkan perasan jeruk nipis pada kuah soto yang hendak kita nikmati.

BACA:  Cara Masak Nasi Goreng Sehat yang Praktis

Tentunya dr Zaidul Akbar mengungkapkan hal itu, setelah melalui  beragam kajian ilmiah yang mendukung. Bagi kalian yang ingin mengikuti statemen belilau langsung bisa cek di link ini:

 

Cara Makan Soto Sehat: Plus Jeruk Nipis

Kita yang masih belum menyadari keberadaan potongan jeruk nipis di atas meja warung soto, pasti akan bertanya-tanya apa sih manfaat dari air perasan jeruk nipis itu bagi konsumen soto. 

Ya, selain sebagai penambah nikmat cita rasa, air perasan jeruk nipis memiliki fungsi untuk memperbaiki enzim pada kuah soto yang rusak akibat dipanaskan secara berlebihan. Pada umumnya memang para pemilik warung soto akan terus memanaskan kuah tersebut sepanjang waktu jualan. 

Secara rasa, kuah soto yang dipanaskan tersebut mungkin semakin nikmat, alias ‘endes’ bahasa anak sekarang. Namun jika ditinjau dari sisi ilmu gizi hal tersebut kurang pas. Itu sebabnya, air jeruk nipis hadir untuk melengkapi kekurangannya. 

Dalam salah satu ceramahnya, dr Zaidul Akbar menyampaikan alasan mengapa orang makan soto harus menggunakan jeruk nipis;

“Karena enzim pada soto sudah habis akibat dipanasin dan dikasih santan dengan segala macamnya.”

“Maka harus diberi beginian (jeruk nipis) supaya kita dapat enzimnya.” Begitu kira-kira statemen beliau. 

Dokter lulusan UNDIP ini juga menambahkan; bahwa dalam jeruk nipis terdapat banyak enzim. Jika enzim dalam tubuh kita baik dan dalam jumlah yang cukup, ia akan menyeimbangkan kolesterol. itu sebabnya, bagi yang kolesterolnya tinggi disarankan minum jeruk nipis dengan ditambahkan madu. Begitu penjelasan dr Zaidul lebih lanjut.

Jadi, mulai sekarang, bagi anda pengusaha warung soto, jangan ragu untuk menyiapkan potongan jeruk  nipis ya! Dan bagi kalian yang hendak menikmati soto agar tetap endes dan sehat, jangan malu pula untuk memeras jeruk nipisnya. Okey?

BACA:  Resensi Buku: Sistem Energi, Antropometri, dan Asupan Makan Atlet

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *