Pengobatan Herbal Ala Dr. Zaidul Akbar, Solusi Pengobatan Sesuai Alqur’an dan Sunnah

Posted on

Deany Januarta Putra – Kesehatan

People are fed by the food factory which pays no attention to health, and are treated by the health industry, which pays no attention to food – Wendell Berry

haidunia.com – Manusia diberi makan oleh pabrik makanan yang tidak memerhatikan kesehatan, dan dirawat oleh industri kesehatan yang tidak memerhatikan makanan. Melihat pernyataan tersebut, manusia akan memberikan pertanyaan sekaligus heran, apakah selama ini kita tidak merasakan itu terjadi?

Tulisan ini disarikan dari penjelasan tentang kesehatan oleh Dr. Zaidul Akbar, beliau adalah dokter umum yang kemudian berpindah ke pengobatan herbal karena melihat di dunia ini baru sedikit yang berkecimpung di dunia tersebut. Dalam salah satu sesi pengobatan herbal yang beliau sampaikan, dijelaskan bahwa manusia itu diciptakan dari sari pati tanah.

Semua bagian penyusun komponen manusia bahkan yang terkecil sekalipun telah disediakan oleh tuhan di muka bumi ini, berangkat dari dasar pikiran tersebut. Dr. Zaidul Akbar mengulas berbagai macam aspek tentang kesehatan dan pengobatan manusia kaitan dengan unsur unsur yang mendukung dan dibutuhkan untuk tiap jenis penyakit yang diderita oleh manusia.

Semua obat telah disediakan di alam

Beliau menganalogikan ibarat tubuh ini sebagai pabrik mobil Toyota yang ingin memasarkan produknya di Eropa, maka pabrik Toyota juga akan membangun cabang dengan kerjasama untuk menyediakan spare part mobil tersebut disana, guna memenuhi kebutuhan yang diperlukan apabila mobil mengalami kerusakan sampai bisa digunakan kembali sebagai alat transportasi, artinya tuhan telah menyediakan spare part untuk kebutuhan semua bagian tubuhnya di alam, manusia yang tinggal mencari bagian mana yang rusak dan spare part yang sesuai.

Beliau merujuk pada ajaran agama Islam dari apa yang ada di kitab sucinya Al Quran dan Sunnah yang dilakukan oleh nabinya Muhammad SAW. Secara garis besar penyakit yang diderita oleh manusia berasal dari hatinya, karena hati manusia berpengaruh besar dalam menentukan kesehatan manusia, ada dua jenis sebab yang menimbulkan berbagai macam penyakit, pertama adalah syubhat dan yang kedua adalah syahwat.

Yang pertama adalah hal hal yang meragukan, artinya hal hal yang meragukan kadar kesehatannya agar lebih baik ditinggalkan dan tidak perlu dimakan, yang kedua adalah syahwat, artinya adalah nafsu untuk makan yang tidak sesuai dengan porsinya atau lebih banyak dari porsinya. Sebagai contoh, beliau menjelaskan bahwa orang yang sakit stroke, coba ditanyakan ke mayoritas orang yang mengidapnya, apakah dia menjaga makanannya, apakah banyakkah atau sedikitkah, mayoritas akan bilang tidak menjaga makanannya, maka dari situ bisa diambil kesimpulan bahwa sebab mereka yang mengidap penyakit stroke karena syahwat, tidak bisa menjaga syahwat makanan yang terlalu besar.

BACA:  Resensi Buku: Sistem Energi, Antropometri, dan Asupan Makan Atlet

Dr. Zaidul Akbar menekankan pada jenis makanan yang dikonsumsi manusia, apakah makanan tersebut benar benar dibutuhkan oleh tubuh kita? Apakah jumlah makanan berikut gizi, protein, mineral dll sudah sesuai dengan kebutuhan tubuh kita atau malah berlebihan? Jawabannya akan kembali ke syubhat dan syahwat tadi.

Lain dari factor hati, hal lain yang menjadi penyebab sakit yang diderita manusia adalah makanan. Kenapa makanan? Untuk penggambaran, makanan adalah energi yang dibutuhkan oleh tubuh, namun apakah kita pernah menyadari kenapa kita malah mengantuk setelah makan? Berarti ada yang salah dengan makanan kita. Maka mulai dari sekarang mari kita memilah milih makanan yang akan kita makan, tidak hanya berdasarkan kebutuhan mulut namun juga kebutuhan perut.

Fix what you eat!

Oleh: Deany Januarta Putra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *