Cara Mengikuti Pelatihan Prakerja di Skill Academy

Cara mengikuti pelatihan prakerja di Skill Academy
Cara mengikuti pelatihan prakerja di Skill Academy

Cara Mengikuti Pelatihan Prakerja di Skill Academy – Hallo sobat haidunia.com! Bagi kalian yang sedang menantikan pekerjaan, maka pas sekali waktunya untuk membaca laman ini. Karena pendaftaran kartu prakerja gelombang ke 23 sudah dibuka, dan hari ini saatnya kalian mencari cara paling cocok bagi kalian mengikuti pelatihan prakerja tersebut!

Cara Mengikuti Pelatihan Prakerja di Skill Academy ini sengaja kami bahas, sebagai bentuk dukungan kami untuk ikut menyukseskan program pemerintah mengenai pengembangan kompetensi kerja melalui program kartu prakerja. Disebutkan dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2020 tentang Pengembangan Kompetensi Kerja Melalui Kartu Prakerja, bahwa program pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan/atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Read More

Semoga Anda menjadi salah satu yang beruntung untuk mengikuti program kartu prakerja tersebut ya!, Okey, sekarang mari kita ulas beberapa hal mengenai cara mengikuti pelatihan prakerja.

Apa Sih Tujuan Kartu Prakerja?

Apa sih tujuan pemerintah melaksanakan program kartu prakerja? Dan mengapa tidak dari dulu saja melaksanakan program ini!

Pemerintah tentunya sudah melihat kondisi kompetensi kerja yang dimiliki oleh para angkatan kerja yang saat ini berstatus jobseeker. Setiap perusahaan calon pengguna jasa para tenaga kerja, pastinya mengharapkan kemampuan setiap SDM-nya memiliki kompetensi atau kemampuan kerja dengan kualifikasi minimal yang disyaratkan.

Kemampuan kerja setiap individu di suatu perusahaan itu mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja. Sehingga disini lah pentingnya pelatihan prakerja diprogramkan oleh pemerintah. Pelatihan prakerja ini merupakan keseluruhan kegiatan untuk memperoleh, meningkatkan, serta mengembangkan kompetensi kerja, produktivitas, disiplin, sikap, dan etos kerja pada tingkat keterampilan dan keahlian tertentu.

Secara tegas disebutkan dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2020, bahwa Program Kartu Prakerja bertujuan:

a. mengembangkan kompetensi angkatan kerja; dan
b. meningkatkan produktivitas dan daya saing angkatan kerja.

Siapa Penyelenggara Program Kartu Prakerja?

Siapa saja sih penyelanggara program Kartu Prakerja? Okey, kalian sebagai penerima Kartu Prakerja tentunya berhak mendapatkan bantuan biaya dengan besaran tertentu untuk mengikuti pelatihan yang meliputi; (a) pembekalan Kompetensi Kerja; (b) peningkatan Kompetensi Kerja; atau (c) alih Kompetensi Kerja.

Lalu di mana kita bisa mendapatkan pelatihan-pelatihan tersebut?

Disebutkan kembali dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2020, bahwa pelatihan-pelatihan yang dimaksud diselenggarakan oleh lembaga pelatihan yang dimiliki oleh:

a. swasta;
b. badan usaha milik negara;
c. badan usaha milik daerah; atau
d. pemerintah.

Namun lembaga-lembaga pelatihan di atas, sebagai penyelenggara pelatihan Prakerja harus memenuhi beberapa persyaratan. Paling sedikit syarat yang harus dipenuhi adalah:

a. memiliki kerja sama dengan Platform Digital;
b. memiliki program Pelatihan berbasis Kompetensi Kerja yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja; dan
c. mendapat persetujuan Manajemen Pelaksana (Komite yang anggotanya ditunjuk oleh pemerintah)

Gabung Pelatihan Kartu Prakerja di Skill Akademi

Skill Akademi merupakan salah satu paltform digital yang telah memenuhi syarat untuk menyelenggarakan Program Pelatihan Prakerja tersebut. Yuk, kita simak ada program Pelatihan Kartu Prakerja apa saja di Skill Akademi.

Bentuk Pelatihan Program kartu Prakerja Skill Academy
Bentuk Pelatihan Program kartu Prakerja Skill Academy

Beberapa pilihan kelas prakerja di Skill Akademi di antaranya:

  1. Kelas Populer Prakerja
  2. Kelas Strategi Penjualan dan Pemasaran
  3. Kelas memulai Bisnis UMKM dan Kuliner
  4. Kelas mendapatkan Penghasilan didunia kreatif
  5. Kelas Bekerja di Bidang teknologi

Untuk mengetahui lebih detail mengenai materi dan kurikulum dari kelas-kelas tersebut, silahkan langsung saja kalian berkunjung ke laman skillacademy.com. Oiya, beberapa hal yang juga perlu kami sampaikan di sini, bahwasanya di prakerja kali ini, kelas yang ditawarkan bisa habis (ada kuotanya),  jadi perlu cepat untuk dibeli jika ingin mengikuti pelatihannya.

Nah kebetulan, di Skill Akademy setiap harinya juga ada 1 kelas pilihan yang bakalan kasih bonus pulsa 50 ribu untuk 100 orang pertama yang beli kelas pilihan tersebut di hari tersebut. Silahkan pantau social media Skill Academy  atau event.skillacademy.com/giveaway-harian untuk tahu kelas apa aja yang dipromosikan setiap harinya. Mantap, bukan?

Lalu bagaimana cara mengikuti cara pelatihannya? Tenang, cara mengikuti pelatihan prakerja di Skill Academy bisa kalian simak yang berikut ini!

Cara Mengikuti Pelatihan Prakerja di Skill Academy

Cara mengikuti Pelatihan Prakerja di Skill Akademi amatlah praktis. Perhatikan beberapa tahap berikut ini, pastinya kalian sangat mudah untuk mengaplikasikannya:

Pendaftaran

Tahap pertama tentunya kalian harus mendaftar. Masuklah ke dasboard.prakerja.go.id, kemudian isikan biodata kalian dengan benar dan lengkap. Kemudian tunggu verifikasi yang dikirim melalui email pribadi yang kalian isikan.

Ikuti Seleksi

Ikuti tahapan seleksinya! Proses seleksi tidaklah merepotkan. Kalian hanya akan dites mengenai motivasi dan kemampuan dasar. Namun tes ini tetap harus dikerjakan dengan serius karena menjadi syarat untuk bergabung. Setelah itu, tunggulah pengumumannya.

Pilih Pelatihan yang Dibutuhkan

Pilihlah jenis pelatihan yang benar-benar relevan dengan kebutuhan kalian. Silahkan pilih pelatihan di aplikasi Skill Akademi atau buka website skillakademy.com dan pilih kelas berlabel Prakerja yang dikehendaki. Kemudian klik Beli Kelas Online.

Selanjutnya kalian perlu membayar dengan Kartu Prakerja. Setelahnya kalian akan mendapatkan voucher Skill Academy  dari kelas yang telah dipilih dari mitra platform digital resmi.

Ikuti Pelatihannya

Untuk mengikuti pelatihannya, silahkan kembali ke Aplikasi Skill Academy atau buka website skillacademy.com lalu klik tukarkan kode voucher .

Lalu masukan kode voucher Skill Academy yang sudah didapatkan dari mitra platform. Selanjutnya selesaikan pelatihan online yang kalian pilih, dan dapatkan sertifikat elektronik.

Beri Ulasan dan Rating

Berikanlah ulasan dan rating terhadap pelatihan yang sudah diselesaikan melalui dasboard pelatihan prakerja kalian.

Dapatkan Insentif Pasca Pelatihan

Setelah menyelesaikan seluruh rangkaian pelatihan, kalian akan mendapatkan insentif sebesar 600 ribu/bulan selama 4 (empat) bulan berturut-turut.

Insentif Pasca Survei

Kalian juga akan mendapatkan insentif pasca survei kebekerjaan. kalian hanya diminta mengisi 3 survei yang diberikan pasca pelatihan dan dapatkan insentif Rp50 000 untuk setiap surveinya.

Silahkan kalian coba apa sudah kami uraikan di atas. Semuanya mudah dan semoga saja menjadi berkah bagi kalian yang sedang mencari kerja di tahun 2022 ini!

Demikian bahasan kita mengenai Cara Mengikuti Pelatihan Prakerja di Skill AcademySilakan kalian berkunjung ke laman-laman yang bersesuaian dengan program kartu prakerja. Tentunya kami juga berharap apa yang tersaji di atas dapat membantu kalian mendapatkan masa depan yang lebih berkemajuan. Demikian, salam sukses!

Related posts