Keutamaan Dzikir Pagi dan Petang yang Wajib Diketahui Seorang Muslim

keutamaan dzikir di pagi dan petang

Keutamaan Dzikir  Pagi dan Petang – Sebagai seorang Muslim kita diperintahkan untuk dzikir, yang dimaksud dzikir disini adalah mengingat Allah melalui kalimat-kalimat dzikir thoyyibah yang diajarkan Rasulullah SAW melalui haditsnya.

Dzikir kepada Allah adalah kewajiban bagi seorang Muslim baik laki-laki maupun perempuan, dimanapun dan dalam kondisi apapun, baik ketika senggang atau sempit, baik ketika kaya atau ketika tidak memiliki apa-apa. Berdzikir kepada Allah merupakan bentuk penghambaan kita sebagai makhluk kepada sang Khaliq.

Read More

Kita diperintahkan untuk dzikir baik di waktu pagi maupun petang, karena terdapat banyak keutamaan didalamnya. Allah sendiri memerintahkan kita untuk dzikir di waktu pagi dan petang. Sebagaimana tercantum dalam firman-Nya dalam surat Al-Ahzab ayat 42-43 yang artinya sebagai berikut:

Dan bertasbihlah kepadanya di waktu pagi dan sore hari. Dialah yang memberikan rahmat kepadamu dan malaikat-Nya (memohonkan ampunan untukmu), agar Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan menuju cahaya, dan Dia lah maha penyayang kepada orang beriman. 

Allah juga berfirman dalam surat Ar-Rum ayat 17:

Maka bertasbihlah kepada Allah di waktu kamu berada di sore hari dan di pagi hari

Manfaat Dzikir Pagi dan Petang

keutamaan dzikir di pagi dan petang

Ada beberapa keutamaan dan manfaat dzikir di waktu pagi dan sore hari diantaranya adalah sebagai berikut seperti yang dilansir dari berbagai sumber.

Mendapatkan Perlindungan Allah SWT

Orang yang senantiasa menjaga lisannya untuk berdzikir maka ia akan selalu dijaga dan dilindungi Allah SWT. Bagi orang yang berdzikir di waktu pagi dan sore hari maka pada dua waktu itu dia akan mendapatkan perlindungan Allah dari segala marabahaya.

Hal ini sebagaimana termaktub dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA yang artinya sebagai berikut:

Barangsiapa yang mengucapkan dzikir ini di waktu sore hari sebanyak tiga kali, maka ia tidak akan mendapat bahaya racun di malam tersebut (HR Ahmad)

Mendekatkan Diri Kepada Allah

Berdzikir adalah aktivitas yang bisa mendekatkan kita kepada Allah, orang yang senantiasa membasahi bibirnya untuk dzikir maka ia akan selalu merasa dekat dan diawasi oleh Allah, sehingga tidak akan melakukan perbuatan maksiat.

Dengan dzikir kepada Allah kita juga bisa mengingat akan segala kebesaran dan kehebatan ciptaan-Nya.

Masuk Syurga-Nya

Mengignat dzikir adalah amalan yang amat dicintai Allah maka ganjarannya pun tidak main-main, bagi yang melanggengkannya maka akan diganjar syurga.

Sebagaimana yang tercantum dalam hadits yang diriwayatkan oleh Syadad bin Aus bahwa Rasulullah bersabda yang artinya sebagai berikut:

Barangsiapa yang mengucapkan dzikir di waktu siang hari dengan penuh keyakinan, dan meninggal pada hari tersebut sebelum sore hari, maka ia termasuk penghuni syurga. Barangsiapa yang mengucapkan dzikir di malam hari dengan penuh keyakinan lalu meninggal sebelum subuh, maka ia termasuk penghuni Syurga (HR. Bukhari)

Dicukupi Segala Kebutuhan

Manfaat lain bagi orang yang terbiasa melantunkan dzikir adalah akan dicukupi segala kebutuhannya. Dzikir bisa membuka pintu rezeki, dengan dzikir segala urusan dunia maupun akherat akan dilancarkan.

Selain itu hati anda akan dipenuhi rasa syukur, sehingga akan terhindar dari perasaan serakah dan tamak.

Memberikan Ketenangan Jiwa

Ketenangan hati maupun jiwa tidak akan diraih kecuali lewat lantunan dzikir kepada Allah. Jika hati dan perasaan anda tengah dirundung kegalauan maka obat terbaik adalah berdzikir kepada-Nya.

Tidak ada obat yang lebih manjur selain dzikir, sebagaimana termaktub dalam firman-Nya.

Hanya berdzikir kepada Allah maka hati akan tenang

Nah itulah beberapa keutamaan dan manfaat dzikir di waktu pagi dan petang, mudah-mudahan kita termasuk golongan orang yang senantiasa mendawamkan dzikir kapanpun dan dimanapun.

Related posts