90 Contoh Soal Sinonim dan Antonim CPNS 2021 Terlengkap!

contoh soal sinonim dan antonim CPNS 2021

90 Contoh Soal Sinonim dan Antonim CPNS 2021 Terlengkap – Hallo Sobat Hebat! Bagi Anda calon peserta seleksi CPNS PPPK 2021 dan calon mahasiswa peserta UTBK SBMPTN saya ucapkan selamat, karena telah mengakses materi ini. Contoh tes psikotes sinonim dan antonim yang kami bawakan pastinya akan sangat bermanfaat bagi Anda.

Contoh soal sinonim dan antonim beserta jawabannya ini tentunya sangat penting untuk Anda pelajari. Khusunya bagi yang sedang mempersiapkan diri sebagai peserta tes CPNS maupun peserta UTBK SBMPTN 2021. Apalagi dari tahun ke tahun, tes psikotes sinonim dan antonim selalu menjadi bagian dari tes kemampuan dasar (TKD) yang harus dilewati para peserta tes CPNS.

Read More

Sebelum kita menguraikan 90 contoh soal sinonim dan antonim beserta jawabannya, alangkah baiknya kita juga mengenal lebih dulu latar belakang dari kemunculan tipe soal sinonim antonim ini dalam psikotes. Sehingga akan lebih memudahkan Anda dalam mempelajari lebih lanjut.

Mengenal Analogi Verbal

Analogi merupakan sebuah dasar bernalar, mencari sebuah keserupaan, membentuk pola-pola, mencari sebab akibat, melibatkan penggunaan logika serta fleksibilitas berpikir. Analogi verbal dipahami sebagai proses bernalar analogis yang melibatkan kata-kata untuk memecahkan suatu masalah (Duran, Enright, & Peirce, 1987).

Kemampuan analogi verbal yang berupa pemahaman akan hubungan kata, kosakata, dan penguasaan komunikasi lisan dapat dijadikan instument untuk mengukur tingkat intelegensi seseorang. Selain itu kemampuan analogi seseorang juga akan menggambarkan kemampuannya menarik sebuah kesimpulan dengan tepat.

Oleh karenanya dalam proses seleksi calon CPNS maupun calon mahasiswa PTN (UTBK-SBMPTN), selalu menyertakan subtes analogi verbal dalam proses seleksinya. Tes analogi verbal yang digunakan dalam seleksi CPNS dan UTBK SBMPTN berupa tes persamaan kata (sinonim), tes lawan kata (antonim), dan analogi verbal.

Tes ini akan mengukur kemampuan logika para peserta tes dalam memahami sebuah kondisi dan memahami sebab-akibat yang timbul dari suatu permasalahan.

Soal Sinonim dan Antonim

Soal sinonim dan antonim merupakan bagian dari tes analogi verbal sebagaimana penjelasan di atas. Soal sinonim dan antonim akan dijadikan alat untuk mengukur seberapa luas wawasan Anda sebagai calon aparatur sipil negara (ASN) maupun calon mahasiswa PTN terhadap perbendaharaan kosakata.

Dengan asumsi bahwa seseorang yang memiliki perbendaharaan kata dari disiplin ilmu yang beragam akan lebih mampu pula dalam memecahkan beragam persoalan secara logika dan lisan.

Nah, bagi Anda yang merasa kemampuan kosakata nya masih minim, tak perlu berkecil hati karena Anda dapat meningkatkannya secara mandiri dengan cara membuka Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

KBBI Untuk persiapan mengerjakan soal sinonim dan antonim
KBBI untuk persiapan mengerjakan soal sinonim dan antonim

Contoh soal sinonim dan antonim yang kami bawakan juga akan sangat membantu Anda memperkaya kosa kata. Kami pun berharap 100 contoh soal sinonim antonim yang kami bawakan benar-benar berdampak positif bagi kesuksesan masa depan Anda.

Contoh Soal Sinonim dan Jawabannya

Contoh soal sinonim dan jawabannya ini terdiri dari soal nomor 1 -50. Anda bisa mengecek kembali jawaban yang kami sajikan di KBBI agar lebih bertambah luas lagi kosa kata yang Anda kuasai.

Tujuan dari tes persamaan kata atau sinonim adalah untuk mengukur tingkat kecermatan akan indikasi-indikasi suatu permasalahan.

Melalui soal tes sinonim Anda diharapkan dapat untuk mencari persamaan kata yang paling sesuai dengan kata-kata dalam soal.

PETUNJUK: Pilih satu jawaban yang paling dekat artinya dengan kata yang tercetak KAPITAL sebelum Anda melihat pembahasannya!

1. DEDIKASI

A. Track record
B. Pengabdian
C. Pengampunan
D. Karier
E. Pekerjaan

Jawaban: B
Dedikasi artinya pengorbanan tenaga, pikiran, dan waktu demi keberhasilan suatu usaha atau tujuan mulia; pengabdian. Maka sinonim kata dedikasi yang tepat adalah B. Pengabdian.

2. PROVOKASI

A. Menakut-nakuti
B. Adu domba
C. Pancingan
D. Mengundang musuh
E. Promotor

Jawaban: C
Provokasi artinya perbuatan untuk membangkitkan kemarahan; tindakan menghasut; penghasutan; pancingan. Maka sinonim kata Provokasi adalah C. Pancingan.

3. DEHIDRASI

A. Evaporasi
B. Pengairan
C. Kemerosotan moral
D. Penguapan
E. Penyusutan air

Jawaban: E
Dehidrasi artinya kekurangan cairan tubuh. Maka jawabannya adalah E. Penyusutan air (ini adalah jawaban yang paling mendekati).

4. GASAL

A. Aneh
B. Unik
C. Gabah
D. Genap
E. Ganjil

Jawaban: E
Cukup jelas, sinonim kata Gasal adalah E. Ganjil

5.BULAT

A. Bola
B. Lingkaran
C. Bundar
D. Lonjong
E. Oval

Jawaban: C
Bulat memiliki beberapa arti; berbentuk sebagai bola; berbentuk lingkaran; bundar (tanpa bersudut);  tidak terpecah; utuh; tanpa kecuali; seia sekata; sepenuhnya. Sinonim kata bulat yang paling mendekati adalah C. Bundar

6. ALTERNATIF

A. Cara lain
B. Prosedur pemecahan
C. Prinsip dasar
D. Main stream
E. Pedoman

Jawaban: A
Alternatif artinya pilihan di antara dua atau beberapa kemungkinan. Sinonim yang laping mendekati kata alternatif adalah A. Cara lain.

7. BONANZA

A. Perayaan
B. Peternakan
C. Judul sinetron
D. Daerah subur
E. Sumber kesenangan

Jawaban: E
Bonanza artinya sumber keuntungan; sumber kebahagiaan dan kemakmuran. Maka sinonim yang paling mendekati adalah E. sumber kesenangan

8. ZENIT

A. Langit
B. Bintang
C. Puncak
D. Jenis batu
E. Batu

Jawaban: C
Zenit artinya titik khayal di langit yang tegak lurus di atas bumi terhadap cakrawala; titik puncak. Kata sinonim yang paling mendekati adalah E. Puncak

9. KOORDINATOR

A. Ayah
B. Ketua
C. Kepala
D. Manajer
E. Bos

Jawaban: E
Koordinator artinya orang yang melakukan koordinasi; yang mengoordinasi. Kata sinonim yang paling mendekati adalah E. Ketua

10. EKSKAVASI

A. Penggalian
B. Tangga elevator
C. Pertolongan
D. Penggalian
E. Pengangkutan

Jawaban: D
Ekskavasi artinya penggalian yang dilakukan di tempat yang mengandung benda purbakala; tempat penggalian benda purbakala. Kata sinonim yang paling mendekati D. Penggalian

11. KONTRAS

A. Perpecahan
B. Tidak suram
C. Jelas
D. Cerah
E. Perbedaan nyata

Jawaban: E
Kontras artinya memperlihatkan perbedaan yang nyata apabila diperbandingkan; memperlihatkan perbedaan nyata (dalam hal warna, rupa, ukuran, dan sebagainya).

Kata sinonim yang paling mendekati adalah E. Perbedaan nyata

12. NUANSA

A. Anasir
B. Perbedaan makna
C. Aspek
D. Wawasan
E. Cakrawala

Jawaban: B
Nuansa artinya variasi atau perbedaan yang sangat halus atau kecil sekali (tentang warna, suara, kualitas, dan sebagainya); kepekaan terhadap, kewaspadaan atas, atau kemampuan menyatakan adanya pergeseran yang kecil sekali (tentang makna, perasaan, atau nilai)

Kata sinonim yang paling mendekati adalah B. Perbedaan makna

13. EKSODUS

A. Penampungan
B. Pengusiran
C. Penguatan
D. Sisi miring
E. Perampingan

Jawaban: B
Eksodus artinya perbuatan meninggalkan tempat asal (kampung halaman, kota, negeri) oleh penduduk secara besar-besaran, biasanya akibat adanya peperangan.

Kata sinonim yang paling mendekati dari semua pilihan jawaban adalah B. Pengusiran

14. ITERASI

A. Interaksi
B. Identifikasi
C. Perulangan
D. Hubungan
E. Sublimasi

Jawaban: C
Cukup jelas. Iterasi artinya perulangan

15. AMBIGUITAS

A. Makna lugas
B. Denotasi
C. Gamblang
D. Harfiah
E. Makna ganda

Jawaban: E
Ambiguitas artinya kemungkinan adanya makna atau penafsiran yang lebih dari satu. Kata sinonim yang paling sesuai adalah E. Makna ganda

16. BIBLIOGRAFI

A. Daftar pustaka
B. Biografi
C. Otobiografi
D. Taman pustaka
E. Daftar grafik

Jawaban: A
Bibliografi artinya daftar buku atau karangan yang merupakan sumber rujukan dari sebuah tulisan atau karangan atau daftar tentang suatu subjek ilmu; daftar pustaka.

Kata sinonim yang paling mendekati adalah daftar pustaka.

17. INSINUASI

A. Memaki
B. Sinis
C. Intuisi
D. Halusinasi
E. Sindiran

Jawaban: E
Insinuasi artinya tuduhan tersembunyi, tidak terang-terangan, atau tidak langsung; sindiran. Kata sinonimnya dalah E. Sindiran

18. TUNAGRAHITA

A. Cacat mental
B. Tidak mengetahui
C. Cacat tubuh
D. Tak bergairah
E. Tuli

Jawaban: A
Tunagrahita artinya cacat pikiran; lemah daya tangkap; idiot; keterbelakangan mental. Sinonimnya adalah A. Cacat mental

19. NEGOSIASI

A. Perundingan
B. Musyawarah
C. Kongres
D. Konferensi
E. Damai

Jawaban: A
Negosiasi artinya penyelesaian sengketa secara damai melalui perundingan antara pihak yang bersengketa. Sinonimnya adalah A. Perundingan

20. EVOKASI

A. Penyelamatan
B. Evakuasi
C. Menggugah Rasa
D. Provokasi
E. Perasaan

Jawaban: C
Cukup jelas. Evokasi artinya (daya) penggugah rasa. Jadi sinonimnya adalah C. Menggugah rasa

21. BUBUT

A. Potong
B. Urut
C. Cabut
D. Asah
E. Poles

Jawaban: C
Cukup jelas. Bubut salah satu artinya adalah C. Cabut

22. ALGORITMA

A. Alternatif
B. Prosedur Pemecahan
C. Aritmatika
D. Irama Nada
E. Software

Jawaban: B
Algoritma artinya prosedur sistematis untuk memecahkan masalah matematis dalam langkah-langkah terbatas. Kata sinonim yang paling sesuai adalah B. Prosedur pemecahan

23. INSOMNIA

A. Istirahat
B. Tak bisa duduk
C. Tak bisa istirahat
D. Tak bisa tidur
E. Tidur

Jawaban: C
Insomnia artinya adalah keadaan tidak dapat tidur karena gangguan jiwa. Sinonim yang paling mendekati adalah C. Tak bisa tidur

24. PROMOVENDUS

A. Pengajuan proposal
B. Calon Magister
C. Calon Doktor
D. Promotor
E. Teknologi tepat guna

Jawaban: C
Promovendus artinya sarjana yang menyusun disertasi dan mempertahankannya untuk memperoleh gelar doktor di perguruan tinggi. Kata sinonimnya adalah C. Calon Doktor

25. DELIK

A. Sembunyi
B. Duplik
C. Pelanggaran hukum
D. Kasus kriminal
E. Tindak asusila

Jawaban: C
Delik artinya perbuatan yang dapat dikenakan hukuman karena merupakan pelanggaran terhadap undang-undang; tindak pidana. Sinonimnya adalah C. Pelanggaran hukum

26. DISTORSI

A. Nondeskripsi
B. Penyalahgunaan
C. Kesalahpahaman
D. Pengurangan
E. Penyimpangan

Jawaban: E
Distorsi artinya pemutarbalikan suatu fakta, aturan, dan sebagainya; penyimpangan. Maka jawabannya jelas E. Penyimpangan

27. PROMOSI

A. Menjual
B. Menjajakan
C. Kenaikan pangkat
D. Iklan
E. Propaganda

Jawaban: C
Promosi artinya kenaikan pangkat (tingkat); naik pangkat (tingkat). Sinonim yang sesuai adalah C. Kenaikan pangkat

28. INTERPELASI

A. Penyisipan kata
B. Antar sistem
C. Interprestasi
D. Hak bertanya
E. Hak anggaran

Jawaban: D
Interpelasi artinya permintaan penjelasan anggota badan legislatif kepada pemerintah mengenai kebijakan pemerintah di bidang tertentu. Sinonim yang paling mendekati adalah D. Hak bertanya

29. GALAT

A. Batas hitungan
B. Keliru
C. Cacat
D. Pendekatan
E. Hitungan

Jawaban: B
Galat artinya kekeliruan; kesalahan; cacat. Jadi sinonimnya dalah B. Keliru

30. GENJAH

A. Panen masal
B. Keserasian habitat
C. Kesamaan gen
D. Cepat ditanam
E. Cepat berbuah

Jawaban: E
Genjah artinya lekas berbuah (tentang padi, kelapa, dan sebagainya). Jadi jawabannya E. Cepat berbuah.

31. HAYATI

A. Meresapi
B. Menjiwai
C. Biologi
D. Botani
E. Hidup

Jawaban: E
Hayati artinya mengenai hidup; berhubungan dengan hidup. Kata sinonim yang paling dekat adalah E. Hidup.

32. DONASI

A. Peranan
B. Distribusi
C. Bantuan
D. Kontribusi
E. Derma

Jawaban: D
Donasi artinya sumbangan tetap (berupa uang) dari penderma kepada perkumpulan; derma. Cukup jelas. Sinonimnya adalah E. Derma

Contoh Soal Sinonim dan Antonim Beserta Jawabannya (33 – 40)

Contoh soal sinonim dan antonim beserta jawabannya ini mengambil rujukan jawaban langsung dari kamus KBBI online. Jika Anda memiliki waktu luang, Anda bisa merujuk juga ke KBBI online tersebut. Namun dengan mempelajari jawaban yang kami sajikan juga sudah cukup sebagai bahan Anda belajar.

33. KAMPIUN

A. Juara
B. Ahli
C. Bintang
D. Terbaik
E. Lampion

Jawaban: A
Kampiun artinya pemenang terakhir dalam perlombaan atau pertandingan; juara. Kata sinonimnya A. Juara

34. BONUS

A. Tunjangan
B. Diskon
C. Bantuan
D. Premi
E. Hadiah

Jawaban: E
Bonus artinya upah tambahan di luar gaji atau upah sebagai hadiah atau perangsang; gaji, upah ekstra yang dibayarkan kepada karyawan; gratifikasi; insentif.

Kata sinonim yang paling mendekati adalah E. Hadiah

35. IZIN

A. Niscaya
B. Mesti
C. Hak
D. Biar
E. Wenang

Jawaban: D
Izin artinya pernyataan mengabulkan (tidak melarang dan sebagainya); persetujuan membolehkan. Kata sinonim yang paling mendekati D. Biar

36. IDENTITAS

A. Jasmani
B. Jati diri
C. Tauladan
D. Sidik jari
E. Gambar

Jawaban: B
Cukup jelas. Sinonim kata identitas adalah B. Jati diri

37. GAJI

A. Honor
B. Bonus
C. Tunjangan
D. Pekerjaan
E. Pencaharian

Jawaban: A
Gaji artinya upah kerja yang dibayar dalam waktu yang tetap. Sinonim yang paling mendekati adalah A. Honor

38. REGISTRASI

A. Jadwal ulang
B. Pengaturan
C. Register
D. Pendaftaran Kembali
E. Pendaftaran

Jawaban: E
Registrasi artinya pencatatan; pendaftaran (dalam register).  Sinonimnya E. Pendaftaran

39. BOGA

A. Makanan nikmat
B. Resep
C. Menu
D. Pakaian pengantin
E. Pakaian kebesaran

Jawaban: A
Boga artinya makanan; masakan; hidangan; santapan. Sinonimnya makanan nikmat

40. EKLIPS

A. Gerhana
B. Penjepit buku
C. Garis khatulistiwa
D. Gaya gravitasi
E. Lonjong

Jawaban: A

Eklips Artinya penutupan sebagian atau seluruh sinar matahari dilihat dari bumi (apabila bulan berada pada garis antara matahari dan bumi) atau penutupan sebagian atau seluruh pantulan sinar bulan dilihat dari bumi (apabila bumi berada di antara matahari dan bulan); gerhana. Sinonimnya A. Gerhana

Contoh Soal Sinonim dan Antonim Beserta Jawabannya (41-50)

41. MUKJIZAT

A. Takjub
B. Barakah
C. Karamah
D. Safaat
E. Ashifa

Jawaban: C

Mukjizat artinya kejadian (peristiwa) ajaib yang sukar dijangkau oleh kemampuan akal manusia. Sinonimnya karamah, artinya kemuliaan berupa sesuatu di luar logika manusia yang Allah berikan kepada para wali Allah.

42. INTERUPSI

A. Penyelaan
B. Penulisan
C. Penghasilan
D. Penundaan
E. Perlawanan

Jawaban: A

Interupsi artinya penyelaan atau pemotongan (pembicaraan,pidato, dan sebagainya). Sinonimnya penyelaan.

43. KOMITMEN
A. Perjanjian
B. Persamaan
C. Kesepakatan
D. Ketaatan
E. Konsekuen

Jawaban: A

Komitmen artinya perjanjian (keterikatan) untuk melakukan sesuatu; kontrak; tanggungjawab

44. MOBILITAS
A. Melaju
B. Proaktif
C. Kekuatan
D. Daya Gerak
E. Agresivitas

Jawaban: D

Mobilitas artinya kesiapsiagaan untuk bergerak. Arti yang paling mendekati D.

45. KOALISI
A. Persetujuan
B. Perbandingan
C. Persamaan
D. Penggabungan
E. Keselarasan

Jawaban: D

Koalisi kerja sama antara beberapa partai untuk memperoleh kelebihan suara dalam parlemen. Jawaban yang paling mendekati D. Penggabungan partai politik

46. FOBIA 
A. Perasaan
B. Rasa takut
C. Mimpi Buruk
D. Tidak Bisa Tidur
E. Kekuatan

Jawaban: A

Fobia artinya ketakutan yang sangat berlebihan terhadap benda atau keadaan tertentu yang dapat menghambat kehidupan penderitanya

47. AGITASI 
A. Ancaman
B. Permusuhan
C. Hasutan
D. Perlawanan
E. Penyerangan

Jawaban: C

Agitasi artinya hasutan kepada orang banyak (untuk mengadakan huru-hara, pemberontakan, dan sebagainya), biasanya dilakukan oleh tokoh atau aktivis partai politik.

48. SENTRAL 
A. Pokok
B. Pusat
C. Tengah
D. Ujung
E. Penting

Jawaban: B

Sentral artinya di tengah-tengah sekali. Sinonimnya pusat

49. EVALUASI 
A. Ujian
B. Pelajaran
C. Perbandingan
D. Perumusan
E. Penilaian

Jawaban: E

Evaluasi artinya penilaian. Cukup jelas!

50. DEJURE
A. Berdasar Kebiasaan
B. Berdasar Hukum
C. Berdasar Adat Istiadat
D. Berdasar Peraturan
E. Berdasar Kebijakan

Jawaban: B

Dejure artinya berdasarkan hukum (tentang pengakuan atas suatu pemerintahan)

Contoh Soal Sinonim dan Antonim Beserta Jawabannya (51 – 90)

Contoh soal sinonim dan Antonim seringkali menampilkan pilihan jawaban yang bermakna mirip. Harap Anda lebih berhati-hati dan cermat dalam menjawab! Berikut adalah contoh soal antonim beserta jawabannya!

Contoh Soal Antonim dan Jawabanya

Contoh soal sinonim dan antonim pada bagian ini terdiri dari 40 nomor soal antonim yang sudah kami lengkapi dengan penjelasan dari kosakata yang dibahas. Anda tinggal mempelajarinya secara seksama. Selamat belajar!

51. SEKARANG

A. Esok
B. Kemarin
C. Lusa
D. Kapan-Kapan
E. Suatu Masa

Jawaban: A
Sekarang artinya saat ini; kini. Antonimnya esok

52. LEGISLATIF

A. Yudikatif
B. Eksekutif
C. Eksekusi
D. Permusyawaratan
E. Implementatif

Jawaban: C
Legislatif artinya yang berwenang membuat undang-undang. Antonimnya eksekutif; yang melaksanakan undang-undang

53. KEBIJAKAN

A. Keputusan
B. Kebajikan
C. Kekacauan
D. Kerancauan
E. Kecerobohan

Jawaban: E
Kebijakan berasal dari kata bijak. Lawan kata bijak adalah ceroboh

54. KONKLUSIF

A. Eksklusif
B. Persepsi
C. Proposisi
D. Elusif
E. Kolusi

Jawaban: D
Konklusif berkaitan dengan konklusi (simpulan). Antonimnya elusif; sukar dipahami atau diartikan.

55. MAKAR

A. Menutupi
B. Boleh
C. Mengeluh
D. Jujur
E. Muslihat

Jawaban: D
Makar salah satu artinya akal busuk; tipu muslihat. Antonimnya yang paling mendekati adalah kata jujur

56. CURANG

A. Licik
B. Cerdik
C. Cendikia
D. Sportif
E. Masif

Curang artinya berlaku tidak jujur; memiliki sifat tidak lurus hati; tidak adil. Antonimnya sportif.

Contoh cara mencari sinonim dan antonim menggunakan KBBI online
Contoh cara mencari sinonim dan antonim menggunakan KBBI online

57. PASTI

A. Pokok
B. Tetap
C. Spekulasi
D. Kebetulan
E. Nasib

Jawaban: D
Pasti artinya sudah tetap; tidak boleh tidak; tentu; mesti. lawan kata yang paling mendekati adalah kebetulan

58. LONGGAR

A. Disiplin
B. Kecil
C. Sempit
D. Pas
E. Tegas

Jawaban: C
Cukup jelas!

59. BULAT

A. Lingkaran
B. Bola
C. Bundar
D. Lonjong
E. Oval

Jawaban: D
Antonimnya bulat adalah lonjong; berbentuk seperti kerucut; runjung.

60. ABADI

A. Abad
B. Fana
C. Dunia
D. Kecewa
E. Kehancuran

Jawaban: B
Antonim kata abadi adalah Fana. Cukup jelas!

61. AMAL

A. Kebaikan
B. Mal
C. Manusia
D. Janji
E. Perbuatan

Jawaban: D
Amal adalah sesuatu yang telah dilakukan. Sementara janji adalah sesuatu yang belum dikerjakan.

62. BUKIT

A. Sungai
B. Jurang
C. Lembah
D. Tebing
E. Gunung

Jawaban: C
Antonim kata bukit adalah lembah; jurang, kaki bukit, kaki gunung, kanyon, lurah, ngarai, tahang; baruh, dataran rendah, lembang, ranah;

63. SEKULER

A. Duniawi
B. Keagamaan
C. Serikat
D. Ketiga
E. Pemberian

Jawaban: B
Sekuler artinya bersifat duniawi atau kebendaan (bukan bersifat keagamaan atau kerohanian). Antonimnya keagamaan

64. KONVEKS

A. Lensa
B. Optik
C. Kerucut
C. Cekung
D. Cembung

Jawaban: C
Konveks artinya cembung. Antonimnya cekung.

65. ELASTIS

A. Taktis
B. Ceroboh
C. Praktis
D. Kaku
E. Lentur

Jawaban: D
Elastis artinya fleksibel, kenyal, laur, lentur, lentuk, luwes, plastis, variabel. Antonimnya kaku

66. DEDUKSI

A. Intuisi
B. Transduksi
C. Reduksi
D. Konduksi
E. Induksi

Jawaban: E
Deduksi artinya inferensi, kesimpulan, konklusi, penali. Antonimnya induksi

67. MONOTON
A. Terus menerus
B. Berselang-seling
C. Berubah-ubah
D. Berulang-ulang
E. Bergerak-gerak

Jawaban: C
Monoton artinya  ajek, konstan, tunggal nada, seragam, serba sama, tetap, uniform. Antonimnya berubah-ubah

68. MANDIRI

A. Swasembada
B. Mengikuti
C. Bergantung
D. Roboh
E. Berdikari

Jawaban: C
Mandiri antonimnya bergantung. Cukup jelas!

69. CUCU

A. Anak
B. Putri
C. Kakek
D. Cicit
E. Ayah

Jawaban: C
Cucu antonimnya kakek. Cukup jelas!

70. UNIVERSAL

A. Parsial
B. Separatis
C. Lateral
D. Mondial
E. Fakultatif

Jawaban: A
Universal artinya global, internasional, mendunia, mondial, semesta;. Antonimnya Parsial; fragmentaris, sebagian-sebagian, segmental, sepotong-sepotong.

71. PERTEMUAN

A. Do’a Bersama
B. Perceraian
C. Perpisahan
D. Rapat
E. Musyawarah

Jawaban: C
Lawan kata pertemuan adalah perpisahan. Cukup jelas!

72. FONEM

A. Morfem
B. Huruf
C. Aksara
D. Kata
E. Kalimat

Jawaban: C
Fonem artinya abece, abjad, aksara, alfabet, huruf, lambang bunyi. Antonimnya aksara

73. ALPHA 
A. Absen
B. Lalai
C. Hadir
D. Lupa
E. Bolos

Jawaban: C
Alpha antonimnya hadir

74. REAKSI
A. Pasif
B. Aktif
C. Agresif
D. Aksi (Jawaban yang benar D Reaksi><Aksi)
E. Proaksi

Jawaban: D
Reaksi lawan katanya aksi. Cukup jelas!

75. JAMAK 
A. Sedikit
B. Banyak
C. Sekelompok
D. Sebagian
E. Tunggal

Jawaban: E
Jamak; bentuk kata yang menyatakan lebih dari satu atau banyak; penggabungan. Lawan katanya tunggal

76. ILUSI
A. Delusi
B. Halusinasi
C. Bayangan
D. Mimpi
E. Nyata

Jawaban: E 
ilusi lawan katanya nyata. Cukup jelas!

77. KONSISTEN
A. Stabil
B. Ragu-ragu
C. Tetap
D. Berubah-ubah
E. Sama

Jawaban: D 
Konsisten artinya konstan, malar, persisten, stabil, taat asas, tetap. Antonimnya Berubah-ubah.

78. RISKAN
A. Aman
B. Risiko
C. Was-was
D. Tertib
E. Melawan

Jawaban: A
Riskan artinya besar risikonya; berbahaya. Antonimnya Aman.

79. PROTES
A. Ikut
B. Melawan
C. Damai
D. Kompak
E. Setuju

Jawaban: E
Protes artinya keberatan, keluhan, penentangan, penolakan, sesalan;. Antonimnya Setuju

80. PROMOSI 
A. Pasrah
B. Pasif
C. Delusi
D. Demosi
E. Proaksi

Jawaban: B
Promosi artinya aktif memperkanalkan usaha, perdagangan. Lawan katanya pasif.

81. APATIS
A. Pasrah
B. Peduli
C. Pesimistis
D. Giat
E. Tekun

Jawaban: B
Apatis artinya acuh tak acuh, beku, cuek, dingin, tebal telinga. Lawan katanya peduli.

82. AKTIF 
a. Dinamis
b. Statis
c. Pasif
d. Inisiatif
e. Kreatif

Jawaban: C
Cukup jelas!

83. CANGGIH
a. Ruwet
b. Kompleks
c. Berbelit-belit
d. Sederhana
e. Ringkas

Jawaban: d
Lawan kata canggih adalah sederhana. Cukup jelas!

84. MONOTON
a. bergerak-gerak
b. berulang-ulang
c. berubah-ubah
d. berselang-seling
e. terus menerus

Jawaban: C
Monoton artinya tetap. Lawan katanya berubah-ubah

85. KONTEMPORER
a. modern
b. maju
c. ketinggalan zaman
d. klasik
e. kuno

Jawaban: D
Kontemporer artinya baru, modern, modis, mutakhir. Antonimnya klasik

86. MUTUALISME
a. Amutualisme
b. Simbiosisme
c. Ekosistem
d. Parasitisme
e. Konyugasi

Jawaban: D
Mutualisme artinya hubungan timbal balik yang saling menguntungkan antara dua organisme. Antonimnya prarasitesme; hubungan organisme yang hidup bersama-sama, tetapi hanya menguntungkan salah satu pihak.

87. LAHIR 
a. Mati
b. Keguguran
c. Batin
d. Jiwa
e. Roh

Jawaban: A
Lawan kata lahir adalah mati. Cukup jelas!

88. PANGKAS  
a. Sambung
b. Potong
c. Tambah
d. Kurang
e. Patah

Jawaban: A
Pangkas lawan katanya sambung. Cukup jelas!

89. PENAWARAN 
a. Permintaan
b. Pembelian
c. Pemesanan
d. Pengembalian
e. Pemenuhan

Jawaban: A
Penawaran lawan katanya permintaan. Cukup jelas!

90. IMIGRASI 
a. Migrasi
b. Emigrasi
c. Transmigrasi
d. Pemukiman
e. Kampung

Jawaban: B
Imigrasi artinya perpindahan penduduk negara lain ke negara tertentu untuk menetap. Lawan katanya emigrasi; pindah dari tanah air sendiri ke negeri lain untuk tinggal menetap di sana.

Demikian pembahasan kita mengenai contoh soal sinonim dan antonim serta jawabannya. Besar harapan kami, bahwa apa yang kami bawakan dapat memperkaya pengetahuan kosakata Anda. Sehingga keberhasilan Anda dalam mengerjakan soal psikotes lebih berpeluang. Untuk pembelajaran lebih lanjut, Anda kami sarankan membuka materi kami pada laman ini. Di antaranya; 50 Contoh Soal Psikotes Sinonim dan Antonim dan Jawabannya, 60 Soal Analogi Verbal Contoh Tes Padanan Hubungan Kata & Jawaban, 60 Contoh Soal PPPK Guru SD Honorer Tes Bakat Skolastik, dan masih banyak materi lainnya di laman haidunia.com. Semoga sukses selalu mengiringi Anda!

Related posts