Cara Menjawab Pertanyaan Jebakan HRD Saat Interview, Pasti Lolos!

cara menjawab pertanyaan hrd

Cara Menjawab Pertanyaan HRD – Sedang mencoba melamar pekerjaan?, tak cukup hanya CV saja yang perlu dipersiapkan, karena sesi interview lah yang menentukan kamu dapat lolos atau tidak.

Tenang saja berikut beberapa cara menjawab pertanyaan jebakan yang  sering dilontarkan HRD kepada para pelamarkerja.

Coba Sebutkan Kelebihan Anda?

cara menjawab pertanyaan hrd

Maksud dan tujuan HRD :  HRD ingin mengetahui apakah kamu mengenal potensi dirimu sendiri dan tentu saja HRD ingin mengetahui skill dan kemampuan yang kamu miliki apakah sesuai dengan posisi yang dilamar.

Cara Menjawab:  Hindari menyebutkan prestasi ya job seeker seperti berikut:

“ Saya pernah menjuarai lomba ini itu, dsb “

usahakan kamu menjawab kelebihan kamu dalam bidang pekerjaan yang sesuai dengan posisi yang sedang dilamar, contohnya :

“Kelebihan saya sesuai dengan posisi Editor yang saya lamar adalah…..”

Coba Sebutkan Kelemahan Anda ?

Maksud dan tujuan HRD:  HRD ingin mengetahui apakah kamu mengenal kelemahan diri kamu dan ingin mengetahui bagaimana kamu mengatasi dan menemukan solusi atas kelemahan kamu.

Cara  Menjawab : Hindari jawaban “ Saya tidak mempunyai kelemahan…” dsb, Kamu tidak perlu takut gagal jika menyebutkan kelemahan diri kamu, kamu wajib menyampaikan kelemahan kamu dalam bidang pekerjaan sesuai dengan posisi yang kamu lamar, namun kamu juga harus memberikan sisi positif yaitu dengan kemauan dan berusaha memperbaiki kelemahan kamu, jawaban yang tepat contohnya :

“ Untuk kelemahan saya sesuai dengan posisi….saya kurang begitu lancar dalam… namun saya sangat antusias dan mau belajar”

Berapa Gaji Yang Anda Inginkan ?

Maksud dan tujuan HRD: HRD ingin mengetahui apakah gaji sepenuhnya menjadi prioritas anda untuk bekerja, dan ingin mengetahui bagaimana kamu dapat menilai kemampuan dan pengalaman yang kamu miliki dengan materi.

Cara Menjawab: Hindari jawaban pasrah dengan manut-manut saja dengan gaji yang ditawarkan perusahaan, seperti  “Sesuai kebijakan perusahaan saja, saya tidak mencari gaji” alangkah baiknya kamu sudah survey untuk mengetahui standart gaji pada posisi yang kamu lamar, bedakan juga perbandingan gaji fresh graduate dan berpengalaman. Apabila kamu diberi kesempatan untuk negoisasi gaji, maka kamu harus dapat meyakinkan HRD bahwa skill dan kemampuan kamu sangat sesuai dengan apa yang dibutuhkan perusahaan.

Apa Alasan Anda Melamar Di Perusahaan Ini ?

Maksud dan tujuan HRD:  HRD tentunya ingin mengetahui alas an anda memilih perusahaan mereka, tentunya karena ingin mengetahui persiapan anda, factor dan motivasi anda bekerja.

Cara Menjawab: Hindari alasan yang berkaitan dengan benefit karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut ya job seeker, seperti

“ Alasan saya melamar di perusahaan ini karena gaji dan benefit yang diberikan kepada karyawan sangat menarik… ”

Serta hindari juga menjawab bahwa alasan kamu melamar di perusahaan tersebut karena ada teman yang juga bekerja di perusahaan tersebut.

Alasan yang tepat kamu bisa menyebutkan bahwa kamu tertarik atau menyukai produk atau bahkan system kerja dalam perusahaan itu, bisa juga kamu menjawab dengan menceritakan bahwa bekerja di perusahaan tersebut merupakan cita-cita kamu.

Boleh juga kamu menjawab dengan alasan jarak perusahaan dengan tempat tinggal dekat. Contohnya

” Alasan saya melamar di perusahaan ini, karena saya tertarik dan menyukai produk dari perusahaan ini, bekerja disini merupakan salah satu cita-cita saya sejak kuliah, kebetulan jarak dari rumah juga dekat.”

Sudah Melamar Kemana Saja ?

Maksud dan tujuan HRD: HRD ingin mengetahui seberapa besar tekad dan usaha kamu dalam melamar pekerjaan, HRD juga tidak ingin kehilangan kandidat apabila kamu telah memenuhi criteria perusahaan.

Cara Menjawab: Jujurlah dan ceritakan apabila anda telah melamar ke berbagai perusahaan beserta posisi yang anda lamar, setidaknya sebutkan 3 perusahaan, sampaikan apa adanya apabila telahmenjalani proses rekruitmen di perusahaan lain nya, apabila anda diperuntukan untuk memilih maka pilihlah dan terus teranglah dan jawab secara tegas dan berpendirian kuat jangan member jawaban menggantung seperti berikut:

“ Apabila tidak lolos di perusahaan A saya akan bekerja disini”.

Kamu harus bias meyakinkan HRD bahwa kamu ingin bekerja di perusahaan mereka.

Nah itulah beberapa tips cara menjawab pertanyaan HRD saat menjawab pertanyaan interview, semoga bermanfaat ya 😉

loading...
BACA:  Cara Aktivasi EFIN Dengan Mudah Tanpa Harus Datang Ke Kantor Pajak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *