Inilah Tata Cara Menjadi Fisioterapis Bagi Anda Yang Meminatinya

Doctor physiotherapist treating lower back pain patient after while giving exercising treatment on stretching in the clinic, Rehabilitation physiotherapy concept.

Menjadi fisioterapis adalah pilihan bagi Anda yang memiliki minat dengan dunia medis dan menginginkan opsi selain jadi dokter atau perawat. Profesi ini berfokus untuk membantu pasien dengan kondisi khusus yang memerlukan pemulihan organ geraknya. 

Ini adalah pilihan yang lebih spesifik dari cita – cita besar lainnya seperti ingin menjadi dokter. Yang perlu Anda lakukan adalah mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk bisa mewujudkan keinginan tersebut. 

Read More

Hal – Hal Yang Perlu Dilakukan Sebagai Calon Fisioterapis 

Kalau Anda tertarik dengan suatu profesi, cari tahu lebih lanjut tentang pekerjaan tersebut. Anda bisa mengambil gelar melalui jalur akademik, sertifikasi yang menunjang dan keterampilan yang mumpuni. Lanjut membaca untuk melihat contoh cv untuk menjadi seorang fisioterapis. Lakukan hal – hal ini terlebih dahulu.

Tes Minat Dan Kemampuan

Anda mungkin memiliki minat dengan profesi fisioterapi, tapi belum tentu nilai akademik memungkinkan, begitu pula sebaliknya. Anda bisa mengambil tes minat dan kemampuan untuk benar – benar yakin untuk menggeluti bidang tersebut. Tes tersebut bisa jadi validasi kesiapan Anda dan juga dukungan dari orang – orang sekitar. 

Anda dapat mengacu pada kampus yang mengadakan jurusan ini dan tanyakan mengenai persyaratannya. Biasanya, jurusan tersebut memiliki tes masuk atau tes persiapan untuk melihat potensi calon mahasiswa apakah cocok dengan jenis pekerjaan yang diminatinya.

Persiapan SMA 

Kalau Anda memiliki minat untuk melanjutkan pendidikan ke bidang kedokteran maka sejak SMA, nilai Anda perlu dipersiapkan. Hal ini berarti nilai – nilai Anda sejak SMA harus bagus. Usahakan untuk mendapatkan nilai rata – rata sebesar 7 untuk tiap mata pelajaran. 

Persiapan nilai NEM besar juga akan mempengaruhi nilai akhir dan penerimaan pada kampus yang menyediakan jurusan Fisioterapi. Mendapatkan surat rekomendasi atau mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai profesi ini dapat dilakukan sejak SMA.

Jurusan Fisioterapis

Setelah lulus bangku sekolahan, Anda kemudian perlu melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi. Anda bisa mengambil jurusan Fisioterapis di kampus yang menyediakan jurusan tersebut. Masa pendidikan fisioterapi sekitar 4 tahun dan lebih sesuai dengan performa Anda di sekolah. 

Anda dapat memutuskan untuk mengambil program D3 atau D4 yang lebih cepat dan bisa langsung praktek. Ada juga program S1 yang lebih lama dan bisa untuk melanjutkan ke tingkat pendidikan yang lebih tinggi seperti S2.

Memiliki Fisik Yang Prima 

Pekerjaan fisioterapi berfokus untuk membantu pasien untuk bisa mengembalikan fungsi geraknya. Jadi, Anda akan menjadi support mereka untuk berjalan, bangun dan lain sebagainya. Anda akan menjadi tumpuan mereka jadi perlu fisik yang prima untuk bisa bekerja secara optimal. 

Menjadi seorang fisioterapi perlu fisik yang optimal agar bisa membantu pasien. Fisioterapis bisa bekerja di Rumah Sakit atau Klinik atau pusat kebugaran untuk merawat atlit atau tim olahraga. Tiap tempat kerja tersebut memiliki tuntutan fisik yang berbeda sehingga Anda dapat menentukan pilihan seberapa besar pekerjaan fisik yang Anda inginkan.

Sertifikat Fisioterapis

Anda bisa menjadi seorang Fisioterapis profesional dengan mengambil sertifikasi terkait. Durasi kursusnya bervariasi sesuai dengan sertifikat yang diinginkan. Umumnya, masa belajar bisa antara 6 sampai 12 bulan saja. Sertifikasi kerap diikuti dengan program magang untuk menyelesaikan pelajarannya.

Fisioterapi memiliki banyak cabang – cabang lagi, ada fisioterapi pediatri untuk anak, fisioterapi geriatri untuk manula dan masih banyak lagi. Anda jadi perlu mempertimbangkan sertifikasi yang linier untuk profesi Fisioterapis yang Anda jalani.

Mengikuti Pelatihan Dari Fisioterapi Profesional

Profesi Fisioterapis lebih menekankan keahlian tiap individu sebagai tenaga medis profesional. Oleh karena itu, sebelum bisa menangani pasien, berlatih di bawah pengawasan Fisioterapis profesional adalah suatu keharusan. 

Anda bisa bergabung dengan Rumah Sakit atau klinik yang memiliki bagian Fisioterapis. Anda akan bekerja dalam panduan institusi medis tersebut. Untuk bisa membuka praktek sendiri harus ada perizinan dan sertifikasi yang perlu dimiliki.

Kemampuan Komunikasi 

Fisioterapis akan berhadapan dengan pasien yang memiliki keterbatasan fungsi gerak. Jadi, untuk membantu mereka bukan hanya dari sisi latihan saja tapi juga dalam membangun komunikasi yang positif. Anda akan menjadi penyemangat bagi mereka untuk pulih. 

Oleh karena itu, selain pendidikan akademis, Anda juga perlu mengasah kemampuan komunikasi. Anda dapat berlatih selama menjalani pendidikan atau saat pelatihan. Ini adalah kemampuan yang perlu didalami agar bisa menjalani profesi tersebut secara menyeluruh. 

Demikianlah beberapa cara yang Anda perlu dilalui untuk bisa menjadi seorang Fisioterapis. Ikuti jenjang pendidikan yang perlu dilalui dan juga kemampuan penunjang lainnya. Anda bisa mulai melamar pekerjaan di Rumah Sakit atau Klinik yang memiliki bagian Fisioterapi. 

Tidak semua fasilitas kesehatan menyediakan layanan ini. Jadi, saat Anda bersiap untuk mengejar pekerjaan ini, perlu diketahui dimana akan belajar dan kemana saja bisa melamar pekerjaan dengan ijazah tersebut. Dengan demikian, Anda siap dengan semua tantangannya dan bisa menyiapkan diri dengan lebih baik. 

 

Related posts