Yuk Kenali Obat Asam Lambung Alami Tradisional, Cobain!

Salam Haidunia sahabat, pernahkah sahabat merasakan rasa panas yang keluar dari dalam lambung kemudian terasa melewati esofagus atau kerongkongan? Biasanya kondisi tersebut diiringi dengan kondisi lain seperti bersendawa, mual, muntah, maag atau bisa juga sesak nafas. tidak sedikit juga yang mengeluhkannya dengan mulut terasa asam.

Kenali faktor penyebab asam lambung

hal ini tidak lain adalah gangguan atau penyakit yang dinamakan sebagai penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux diseaseĀ yang disingkat menjadi GERD. Orang yang menderita penyakit ini biasanya akan mengalami keluhan seperti yang tersebut di atas bisa sampai 2 kali dalam seminggu.

Manfaat kunyit

Penyakit ini tidak mengenal usia, penderita penyakit ini bisa dari balita, anak-anak, dewasa dan orang tua. banyak faktor yang menyebabkan penyakit ini bisa muncul, kesemua faktor berikut mempunyai dampak pada melemahnya otot LES sehingga fungsinya akan menurun, otot LES adalah lingkaran otot yang berada pada bagian bawah kerongkongan. Otot ini berfungsi secara otomatis terbuka dan tertutup untuk mencegah asam makanan naik ke kerongkongan.

Diantara faktor-faktor tersebut adalah:

  1. Kondisi menua, atau faktor umur yang sudah tua.
  2. Kondisi hamil.
  3. Obesitas atau terdapat penumpukan lemak dalam jumlah yang banyak di dalam tubuh
  4. Gastroparesis, atau suatu kondisi melemahnya otot dinding lambung yang menyebabkan pengosongan lambung menjadi lambat, hal ini akan menyebabkan gas dalam lambung tidak segera hilang dan akhirnya malah naik ke atas.
  5. Terlalu banyak pikiran, kondisi ini juga bisa menyebabkan fungsi otot LES kurang maksimal.
  6. Hernia Hiatus, kondisi dimana sebagian lambung seseorang akan masuk ke rongga dada.

Untuk gangguan yang terjadi pada bayi, ditandai dengan sendawa pada bayi setelah minum ASI atau makan, namun hal ini wajar mengingat otot LES masih pada masa pertumbuhan, namun perlu diwaspadai atau diperiksakan apabila gangguan tersebut terjadi lebih dari satu tahun.

BACA:  Mewujudkan Indonesia Maju yang Adidaya

Pada saat remaja, dewasa atau tua terdapat beberapa gejala yang biasa dirasakan ketika gangguan ini muncul, diantaranya adalah:

    1. Ada rasa sakit pada dada.
    2. Sulit untuk menelan makanan dan minum.
    3. Batuk yang tak kunjung henti pada malam hari, dan jenis batuknya adalah batuk kering.
    4. Terdapat bau tidak sedap pada nafas.
    5. Muncul kerusakan pada gigi.
    6. Sakit seperti rasa terbakar atau perih pada bagian dada.
    7. Ada asam dan pahit yang muncul pada kerongkongan dan mulut.

Pada dasarnya asam lambung dibutuhkan dalam proses pencernaan, namun apabila produksi dari asam lambung tersebut berlebih dan tubuh tidak bisa untuk mengontrolnya disebabkan faktor faktor yang sudah dijelaskan tadi, maka yang terjadi adalah munculnya gangguan asam lambung. oleh karena itu asam lambung yang berlebih ini bisa dikurangi atau diminimalisir dengan beragam cara.

pada kesempatan kali ini, Haidunia akan membagikan tips bagaimana mengurangi asam lambung berlebih dengan cara tradisional, karena caranya sangat mudah dan tidak membutuhkan biaya yang banyak.

Adalah kunyit bahan yang akan kita gunakan untuk mengurangi asam lambung berlebih di dalam tubuh. Salah satu jenis tanaman rimpang satu ini mempunyai banyak manfaat, tapi sekarang kita akan berfokus pada manfaatnya untuk mengobati asam lambung.

melansir dari Kesehatan.Kontan bahwa belum ada penelitian khusus terkait kunyit yang dapat mengobati penyakit asam lambung ini, tapi pada penelitian tahun 2007 terdapat studi yang menjelaskan kaitan tidak langsung bahwa penyakit ini disebabkan oleh peradangan dan stres oksidatif sehingga untuk menguranginya perlu menggunakan zat yang mengandung antioksidan dan antiinflamasi, dan curcumin yang ada dalam kunyit merupakan antioksidan polifenol

Cara mengobati asam lambung dengan kunyit

Cara paling mudah untuk mengonsumsiya adalah dengan membuat minuman, kunyit yang kering bisa ditumbuk sampai halus, kemudian diseduh dengan air panas. Dosis yang direkomendasikan oleh Kesehatan.Kontan adalah 500mg atau setara dengan setengah sendok teh

BACA:  Obat Herbal Batu Empedu Alami, Terbukti Ampuh dan Manjur

penggunaan berlebih dari dosis yang dianjurkan dapat menyebabkan kondisi mual atau pusing, oleh karena itu sebaiknya tidak berlebihan dalam mengonsumsinya melainkan sedikit tetapi konsisten.

karena tubuh tidak bisa langsung menyerap kunyit maka disarankan untuk menambahnya dengan lada hitam, tetapi sebagian penderita asam lambung bisa sensitif dengan rasa pedas yang ditimbulkan dari lada hitam tersebut.

Sebelum mengonsumsi kunyit ada baiknya kita bertanya atau konsultasi kepada dokter karena kunyit adalah zat pengencer darah alami, dikhawatirkan ada penyakit penyerta kunyit, atau akan melakukan operasi.

demikian tips kali ini yang dapat Haidunia berikan, semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *