Pelatihan Drone untuk Optimasi Operasional di PT Archi Indonesia oleh Terra Drone Indonesia

Terra Drone Indonesia baru-baru ini mengadakan sebuah kursus intensif bertema drone dan pemetaan udara, yang diikuti oleh tim dari PT Archi Indonesia Tbk (Archi), perusahaan terkemuka di sektor pertambangan emas di Indonesia dan Asia Tenggara. Lokasi pelatihan terpilih adalah area operasional Archi di Minahasa, Sulawesi Utara, di mana kegiatan ini berlangsung selama lima hari.

Dalam pelatihan ini, para peserta mendapatkan pelajaran komprehensif tentang drone, mulai dari klasifikasi dan komponen utama, hingga fungsi dan regulasi penggunaannya di Indonesia. Lebih dari sekadar teori, sesi praktik lapangan juga menjadi bagian penting dari kursus, di mana peserta berkesempatan untuk langsung mengendalikan drone. Mereka praktik melakukan pemetaan dengan GNSS, membuat peta digital, serta menghadapi situasi darurat dan mengelola risiko operasional yang mungkin timbul.

Kegiatan ini diharapkan akan membawa peningkatan signifikan dalam efisiensi, keamanan, dan produktivitas penggunaan drone di lingkungan kerja Archi. Seluruh materi pelatihan telah dirancang sedemikian rupa agar sesuai dengan standar kurikulum yang ditetapkan oleh DKPPU, menjamin bahwa peserta pelatihan mendapat persiapan terbaik sebagai pilot drone yang terampil.

Kegiatan praktik lapangan menerbangkan drone

Kegiatan praktik lapangan menerbangkan drone

Melalui teknologi drone, Archi dapat memperbaiki kualitas pemantauan area kerjanya, memanfaatkan analisis data secara real-time, dan mengidentifikasi potensi risiko dengan lebih akurat. Semua manfaat ini berpotensi untuk meningkatkan produktivitas dan mengurangi biaya operasional, sambil tetap menjunjung tinggi prinsip-prinsip operasional berkelanjutan.

Mario Sahat Tua Simbolon, Surveyor Supervisor dari PT Archi, mengungkapkan pengalamannya, “Sebelum pelatihan ini, pengoperasian drone di tim kami masih tergolong standar dan kurang memperhatikan aspek penting lainnya. Namun, berkat pelatihan dari Terra Drone, kami sekarang menjadi lebih kompeten dalam membuat rencana penerbangan yang efektif, melakukan pemeliharaan drone, serta memahami regulasi yang ada. Ini semua sangat meningkatkan kualitas pekerjaan kami dalam survey menggunakan drone.”

Baca Juga:  Dari Pasir ke Pantai: Peluang Investasi Dubai di Indonesia

Dengan rangkaian pelatihan yang komprehensif ini, Terra Drone Indonesia terus berkomitmen untuk mendukung industri dalam meningkatkan efisiensi dan keamanan operasional dengan penerapan teknologi drone yang canggih.

About Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *