Contoh Soal P3K Honorer dan Jawabannya, Terbaru!

Contoh Soal P3K Honorer dan Jawabannya
Contoh Soal P3K Honorer dan Jawabannya

Contoh Soal P3K Honorer dan Jawabannya – Mari para pejuang ASN PPPK 2021. Bagi Anda yang belum lulus pada pengumuman tanggal 08 Oktober 2021 yang lalu, maka sekarang lah saatnya kita kembali konsentrasi mempersiapkan diri.

Contoh soal P3K honorer dan jawabannya ini akan sangat berarti. Terutama bagi Anda yang telah lama mengabdi sebagai tenaga honorer di pemerintahan. Tes kompetensi II tinggal menghitung hari. Jika sesuai rencana maka akan dilaksanakan pada tanggal 8-12 September 2021.

Read More

Semoga yang kami persembahkan kali ini belum terlambat. Tentunya semua yang kami berikan adalah sebagai respon positif terhadap besarnya presentase yang gagal menembus batas minimal passing grade.

Passing Grade Soal P3K Honorer 2021

Passing grade P3K honorer 2021 awalnya diatur dalam Keputusan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 1127 Tahun 2021 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk Jabatan Fungsional Guru Pada Instansi Daerah.

Selengkapnya mengenai nilai passing grade sebelum terjadi penyesuaian seperti pada tabel berikut;

Passing Grade Soal P3K Honorer
Passing Grade Soal P3K Honorer

Akan tetapi setelah tes seleksi kompetensi I terdapat beberapa penyesuaian demi mengakomodir para guru honorer yang ternyata banyak yang tidak lulus pada seleksi kompetensi I tersebut.

Jumlah Soal Tes P3K Honorer 2021

Jumlah soal tes P3K honorer 2021 yang harus Anda hadapi terdiri dari 100 soal kompetensi teknis, 25 soal kompetensi manajerial, 20 soal kompetensi sosio kultural dan 10 soal tes wawancara. Semua rangkaian tes ini dilakukan dalam 170 menit. Maka persiapkan pula fisik Anda, terutama penglihatan bagi yang berkaca mata.

Seluruh soal berupa pilihan ganda. Soal kompetensi teknis terdiri dari 5 pilihan jawaban, jawaban yang benar akan diberikan skor 5 dan jawaban salah skornya 0. Jika betul semua maka skor maksimal yang Anda dapatkan adalah 500.

Soal kompetensi manajerial terdiri dari 25 soal pilihan ganda dengan 4 pilihan. Semua pilihan memiliki skor antara 4 sampai dengan 1. Pilihlah jawaban dengan skor terbaik, sehingga Anda bisa mendapatkan skor maksimal 100.

Kemudian soal sosio kultural terdiri dari 20 nomor soal pilihan ganda, dengan 5 pilihan jawaban. Semua jawaban memiliki skor antara 5 sampai dengan 1. Jadi jika semua jawaban Anda mendapatkan skor maksimal, Anda bisa mendapatkan skor 100.

Soal tes wawancara juga akan berupa pilihan ganda. Jawablah sesuai dengan hal yang paling sesuai dengan diri Anda sehingga skornya akan maksimal

Penyesuaian Passing Grade

Penyesuaian passing grade dilakukan setelah dilakukan audiensi antara Kemendikbud dan DPR RI. Hasil adalah berupa keputusan penyesuaian passing grade demi membantu para peserta tes P3K honorer yang kesulitan mencapai nilai ambang batas khususnya pada tes kompetensi teknis.

Penyesuaian tersebut bisa Anda akses dalam Surat Keputusan Menteri PANRB No. 1169/2021 tentang Pengolahan Hasil Seleksi Kompetensi I dan Penyesuaian Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Pengadaan PPPK untuk Jabatan Fungsional Guru pada Instansi Daerah Tahun Anggaran 2021.

Adapun isinya secara ringkas:

Nilai ambang batas kategori 1 adalah nilai sebagaimana yang telah ditetapkan dalam Keputusan Menteri PANRB No. 1127/2021 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Pengadaan PPPK untuk Jabatan Fungsional Guru pada Instansi Daerah Tahun Anggaran 2021.

Nilai ambang batas kategori 2, diberlakukan bagi peserta berusia paling rendah 50 tahun pada saat pendaftaran.

Nilai ambang batas kategori 3, hanya disesuaikan untuk seleksi kompetensi teknis. Skor masing-masing ambang batas tiap formasi terlampir dalam surat tersebut.

Trik Agar Lulus Passing Grade

Trik agar lulus passing grade tes P3K honorer bisa dilakukan dengan memprediksi berapa soal yang bisa dikerjakan, disertai skor tiap nomor yang harus dicapai.

Perhatikan tabel berikut!

Kompetensi  Jumlah Soal  Nilai Jawaban Minimal Benar Agar PG
Teknis 64 X 5 320 64 soal yang benar
Manajerial 25 X 3 75 25 soal yang mendapat poin 3
Sosio Kultural 20 X 3 60 20 soal yang mendapat poin 3
Wawancara 10 X 3 30 setiap soal minimal poin 3

Materi Soal Tes P3K Honorer 2021

Materi soal tes P3K honorer 2021 tentunya sudah banyak disosialisasikan. Berikut kami coba bawakan sekali lagi di laman ini.

Kompetensi Teknis

Pengetahuan, keterampilan dan sikap/perilaku yang dapat diukur dan dikembangkan yang spesifik berkaitan dengan bidang teknis jabatan.

Kompetensi Manajerial

Pengetahuan, keterampilan. Dan sikap/perilaku dalam berorganisasi yang dapat diamati, diukur, dan dikembangkan terkait dengan:

  • Integritas
  • kerjasama
  • orientasi pada hasil
  • komunikasi
  • pelayanan publik
  • pengembangan diri dan orang lain
  • pengambilan keputusan
  • mengelola perubahan.

Sosio Kultural

Pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku dalam berinteraksi dengan masyarakat majemuk dalam hal agama, suku dan budaya, perilaku, wawasan kebangsaan, etika, nilai-nilai moral, emosi dan prinsip, dalam peran memangku jabatan sebagai perekat bangsa yang berkaitan dengan: Kepekaan terhadap perbedaan budaya; Kemampuan berhubungan sosial; Kepekaan terhadap konflik; Pengendalian diri; empati.

Dalam pembahasan kita kali ini akan lebih berkonsentrasi pada Contoh Soal P3K Honorer dan Jawabannya untuk tes kompetensi manajerial. Bagi Anda yang menghendaki pembahasan soal P3K kompetensi teknis bisa merujuk ke halaman Pembahasan Soal PPPK 2021 Kompetensi Teknis.

Adapun mengenai contoh soal sosio kultural tes P3K honorer bisa kami contohkan beberapa soal berikut ini!

Contoh Soal P3K Honorer (Sosio Kultural)

contoh soal P3K honorer dan jawabannya ini terdiri dari 5 soal kompetensi sosio kultural. Silahkan Anda pelajari dengan seksama. Tugas Anda adalah memilih satu terbaik dari lima jawaban yang disediakan.

Skor dari masing-masing pilihan jawaban telah kami berikan secara langsung! Selamat Belajar!

Contoh soal 1
Anda adalah salah satu ASN yang ditugaskan di wilayah yang baru pemekaran. Maka Anda bisa menjadi sebab munculnya perubahan sosial di lingkungan tempat kerja tersebut, dengan cara ….

A. Menduduki jabatan baru
B. Kontak dengan masyarakat yang baru di kenal
C. Merekomendasikan sistem pendidikan formal yang maju
D. Mengkritik kebiasaan lama
E. Memperkenalkan teknologi baru untuk melayani masyarakat
Jawaban: 2-3-4-1-5

Contoh soal 2
Meskipun sudah ada peringatan tegas mengenai larangan membuang sampah di pinggir jalan, namun Anda hari ini masih mendapati beberapa orang melanggar peringatan tersebut. Menurut Anda hal ini terjadi karena tidak berlakunya peran nilai dan norma sosial sebagai ….

A. Pelindung khazanah budaya masyarakat
B. Alat pemersatu masyarakat
C. Pelindung bagi pihak yang benar
D. Pengatur status dalam masyarakat
E. Petunjuk perilaku yang benar
Jawaban: 4-1-2-3-5

Contoh soal 3
Indonesia terdiri lebih dari 17.000 pulau dimana hal ini menyebabkan adanya keragaman suku, budaya, dan agama. Menurut Anda keragaman ini membawa dampak positif karena ….

A. Adanya warisan sejarah yang beragam dan diakui dunia
B. Munculnya potensi besar dalam bidang pariwisata
C. Kearifan lokal yang beragam dan dapat menjadi sarana belajar
D. Perbedaan bahasa yang menyebabkan kegagalan komunikasi bahasa
E. Kemampuan masyarakat untuk beradaptasi dengan kebudayaan lain
Jawaban: 3-24-1-5

Contoh soal 4
Menurut Anda pernyataan berikut yang menunjukan adanya partikularisme adalah ….

A. Para pejabat tinggi cenderung merekrut pegawai yang berasal dari satu almamater

B. Para ASN lebih nyaman bergaul dengan sesama ASN dari pada profesi lain

C. Di Kutub Utara Suku Eskimo memilih menikah dengan orang satu suku

D. Anda mendapatkan dua marga sekaligus karena Ayahnya dan ibunya berbeda suku

E. Anda tidak mengizinkan anak menikah selain dengan orang dari suku Jawa

Jawaban: 2-3-4-1-5

Contoh soal 5
Masyarakat Indonesia terdiri dari berbagai macam suku, agama, dan budaya. Kondisi ini yang menyebabkan masyarakat Indonesia disebut multi kultural. Menurut Anda salah satu karakternya adalah ….

A. Memiliki struktur sosial yang homogen
B. Integrasi sosial atas dasar sukarela
C. Kesetaraan dalam keragaman suku bangsa
D. Mampu mencapai konsensus bersama
E. Terjadi hubungan yang sangat harmonis antar etnis
Jawaban: 1-2-5-4-3

Tes Kompetensi Manajerial

Tes kompetensi manajerial sengaja kami bahas lebih lanjut pada laman ini karena memang kebutuhannya sangat urgen. Selain Anda diharuskan lulus passing grade, juga soal kompetensi manajerial akan poin yang sangat penting jika Anda harus bersaing sesama pemilih sertifikat pendidik (serdik). Oke, sekarang kita bahas!

Tes ini ditujukan untuk memprediksi kemampuan kepemimpinan calon pegawai PPPK guru maupun calon pejabat lainnya, apakah memiliki potensi menjalankan tugas pokok dan fungsinya secara efektif.

Sehingga pada akhirnya akan menciptakan produk kerja yang berupa aktivitas pelayanan publik dengan kriteria memuaskan.

Pada dasarnya yang akan dinilai dalam tes kompetensi manajerial adalah kemampuan menguasai manajemen dengan baik, yang diantaranya terdiri dari aspek;

  • Kemampuan konseptual,
  • Kemampuan teknis, dan
  • Kemampuan hubungan industrial (hubungan kerja)

Sekarang mari kita bahas contoh soal P3K honorer dan jawabannya, yang akan menguraikan contoh soal kompetensi manajerial. Adapun kompetensi sosio kultural sudah kami contohkan di atas. Sedangkan Kompetensi teknis sudah banyak kami bahas pada laman sebelumnya.

Contoh Soal P3K Honorer dan Jawabannya

Contoh soal P3K honorer dan jawabannya ini dapat Anda jadikan rujukan utama dalam belajar. Dan kami khusus bagi para guru honorer. Tugas Anda hanya menentukan jawaban terbaik dari 4 pilihan jawaban yang disediakan. Selamat belajar!

Contoh soal P3K honorer dan jawabannya (1)
Tim akreditasi sekolah yang Anda tunjuk sebagai tim inti masih tampak belum kompak. Langkah Anda yang paling tepat adalah ….

A. Mengeluhkan pada anggota tim yang anda percaya
B. Membuat kegiatan keakraban
C. Membiarkan kondisi tim tenang untuk beberapa saat
D. Melakukan pendekatan personal sampai semua saling memahami
Jawaban: 1-2-3-4

Contoh soal P3K honorer dan jawabannya (2)
Alasan para guru mengharapkan adanya kerjasama dengan para wali murid adalah ….

A. Meringankan tugas guru dalam mengajar terutama di masa pandemi

B. Percaya bahwa keterlibatan orang tua meningkatkan kepercayaan diri anak

C. Dapat meningkatkan motivasi anak dalam belajar

D. Orang tua adalah sebagai rekan kerja yang penting dalam pendidikan anak

Jawaban: 1-2-3-4

Contoh soal P3K honorer dan jawabannya (3)
Anda akan membentuk tim riset program SKS. Tim yang Anda bentuk didasarkan pada ….

A. Kesamaan visi
B. Kesamaan latar belakang
C. Mengikuti rekomendasi pihak lain
D. Kesesuaian pengalaman
Jawaban: 4-2-1-3

Contoh soal P3K honorer dan jawabannya (4)
Anda bertugas di meja piket dan sedang memberikan pelayanan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Cara berkomunikasi non verbal dengan sesama rekan disaat jam layanan adalah ….

A. Mimik wajah
B. Gerak tangan
C. Sentuhan tangan
D. Memencet bell
Jawaban: 2-3-4-1

Contoh soal P3K honorer dan jawabannya (5)
Anda harus segera menyerahkan daftar nilai mata pelajaran untuk pengisian raport kepada salah satu wali kelas. Tiba-tiba rekan kantor dari staf tata usaha meminta bantuan. Maka sikap yang Anda pilih adalah ….

A. Memintanya menunggu lebih dulu
B. Menyampaikan kalau anda sedang sibuk
C. Mempersilakan rekan lain untuk membantunya
D. Meninggalkan pekerjaan untuk membantunya
Jawaban: 4-3-2-1

Contoh soal P3K honorer dan jawabannya (6)
Cara Anda membangun hubungan positif dengan wali murid adalah ….

A. Menumbuhkan sikap saling percaya antara guru dan wali murid
B. Mengutarakan minat dan bakat paling baik murid
C. Melanjutkan komunikasi secara terbuka
D. Kerjasama dalam pemecahan masalah murid
Jawaban: 4-2-1-3

Contoh soal P3K honorer dan jawabannya (7)
Dampak perkembangan IT terhadap kualitas layanan pendidikan yang saya berikan adalah ….

A. Tugas administrasi guru cepat selesai
B. Materi belajar lebih cepat di dapat oleh murid
C. Proses pembelajaran lebih baik
D. Guru dapat mengerjakan tugas lain sambil mengajar
Jawaban: 2-3-4-1

Contoh soal P3K honorer dan jawabannya (8)
Anda melihat salah satu rekan guru mendapatkan banyak tanggung jawab melebihi yang lain. Sikap Anda yang paling tepat adalah ….

A. Membantunya setelah menyelesaikan pekerjaan sendiri
B. Menawarkan secara langsung bagian mana yang bisa dibantu
C. Mengajak teman-teman lain untuk membantu pekerjaannya
D. Memberikan semangat kepada dia
Jawaban: 3-4-2-1

Contoh soal P3K honorer dan jawabannya (9)
Salah seorang guru yang sedang tugas belajar sepertinya mengalami kendala untuk menyelesaikan target studinya. Maka sikap Anda sebaiknya adalah ….

A. Membantu menyelesaikan tugas akhir
B. Menunggu arahan kepala sekolah
C. Mengajak berdiskusi tentang kendala yang dihadapi
D. Memberi arahan untuk segera menyelesaikan studinya
Jawaban: 2-1-4-3

Contoh soal P3K honorer dan jawabannya (10)
Anda sedang memimpin tim pengembang kurikulum. Cara kerja tim dirasa kurang efisien terhadap waktu. Sikap Anda yang tepat adalah ….

A. Meminta arahan kepala sekolah
B. Mengajak seluruh anggota tim untuk mengevaluasi hasil kerja
C. Menawarkan time line baru yang lebih efektif
D. Berbicara pada salah satu anggota tim tentang penilaian anda
Jawaban: 2-3-4-1

Contoh soal P3K honorer dan jawabannya (11)
Makna perubahan menurut Anda ….

A. Melakukan hal-hal dengan cara baru
B. Mengikuti pemimpin baru
C. Mengadopsi teknologi baru
D. Memasang sistem baru
Jawaban: 4-1-3-2

Contoh soal P3K honorer dan jawabannya (12)
Salah satu nilai integritas terpenting seorang ASN adalah kejujuran. Tantangan bagi seorang ASN untuk mewujudkan nilai tersebut adalah ….

A. Menjadi ASN yang jujur bukanlah hal yang mudah
B. Banyak tantangan kejujuran dan ASN harus siap menghadapinya
C. Bagaimanapun ASN yang jujur akan lebih dihargai
D. ASN wajib mengutamakan pencegahan tidak korupsi dari pada penindakan
Jawaban: 1-4-2-3

Contoh soal P3K honorer dan jawabannya (13)
Pemimpin masa depan adalah mereka yang bertanggungjawab. Hal ini tercermin dalam tindakan ….

A. Mengemban setiap tugas dengan baik
B. Tidak lari dari tanggung jawab
C. Menerima sanksi dengan lapang dada
D. Mengambil pelajaran dari kesalahan
Jawaban: 4-3-2-1

Contoh soal P3K honorer dan jawabannya (14)
Untuk menjadi pribadi ASN yang disiplin, yang saya perlukan adalah ….

A. Tepat waktu
B. Komitmen
C. Perencanaan pekerjaan
D. Taat pimpinan
Jawaban: 2-3-4-1

Contoh soal P3K honorer dan jawabannya (15)
Di bawah ini sikap yang mencerminkan kemandirian seorang ASN adalah ….

A. Berinisiatif
B. Percaya diri
C. Sikap original/tidak plagiat
D. Berani mencoba
Jawaban: 4-3-2-1

Contoh soal P3K honorer dan jawabannya (16)
Setelah satu tahun pertama mengabdi sebagai guru PPPK, Anda ingin dikenal sebagai sosok yang ….

A. Kreatif dan inovatif
B. Pandai beradaptasi dan ramah
C. Percaya diri, hasil dan mandiri
D. Selalu berinovasi
Jawaban: 4-1-2-3

Contoh soal P3K honorer dan jawabannya (17)
Salah satu wujud integritas adalah pengakuan secara terbuka bahwa telah melakukan kesalahan. Hal itu bisa ditunjukkan dengan cara ….

A. Memohon maaf karena terlambat 5 (lima) menit masuk kelas
B. Merevisi penjelasan materi pertemuan sebelumnya karena ada kekeliruan pemahaman
C. Meminta maaf karena terlanjur membawa HP di saku ke dalam kelas
D. Meminta maaf karena terlambat menyelesaikan koreksi hasil ulangan harian
Jawaban: 1-4-3-2

Contoh soal P3K honorer dan jawabannya (18)
Menurut Anda seorang guru akan dipercaya memiliki integritas jika …..

A. Mengajar sesuai prosedur dan rencana pembelajaran
C. Mengajar sesuai keinginan kepala sekolah
D. Selalu mengikuti arahan kepala sekolah
E. Mengikuti cara mengajar guru senior
Jawaban: 4-1-2-3

Contoh soal P3K honorer dan jawabannya (19)
Di sekolah yang baru ini adalah kesempatan pertama Anda melaksanakan tugas piket. Ternyata rekan-rekan guru Anda terbiasa meninggalkan meja piket dan menyerahkan tugas piket kepada petugas keamanan sekolah. Maka sikap Anda ….

A. Melakukannya hanya jika sedang ada keperluan ke koperasi
B. Terkadang saja melakukan hal tersebut
C. Berusaha semampunya untuk tetap berjaga di meja piket
D. Berjaga di meja piket di saat krusial saja
Jawaban: 2-1-4-3

Contoh soal P3K honorer dan jawabannya (20)
Jika pengawas sekolah hadir untuk melakukan supervisi di kelas Anda, maka Anda merasa ….

A. Harus bersiap jika pengawas menanyakan kelengkapan dokumen RPP

B. Tetap bersemangat, karena tugas pengawas memang melakukan supervisi

C. Merasa senang mendapatkan evaluasi, dan cara mengajar akan menjadi lebih baik

D. Tetap santai karena pembinaan yang disampaikan pengawas selalu bersifat umum

Jawaban: 1-3-4-2

Demikian pembahasan kita mengenai contoh soal P3K honorer dan jawabannya. Untuk lebih lengkap lagi, Anda kami sarankan mempelajari materi Soal P3K 2021 dan Jawabannya, Pembahasan Soal PPPK 2021, Materi Pedagogik Guru SD Pdf.  Dan tentunya kami turut mendoakan agar Anda sukses dengan mendapatkan NIP PPPK diakhir tahun 2021 ini. Aamiin!

About Author

Baca Juga:  Tes Deret Angka Psikotes (40 Contoh Soal dan Jawabannya)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *