Cara Bayar Pajak Online dan Offline di Yogyakarta

Cara Bayar Pajak Yogyakarta

Cara Bayar Pajak Di Yogyakarta – Pandemi Korona memberikan banyak sekali perubahan dalam kehidupan sehari-hari, dari segi pendidikan, wisata, kuliner, jasa dan lain sebagainya. Kali ini tim Haidunia akan mengulik satu dari sekian perubahan dalam hal pembayaran, proses pembayaran yang dulu masih bisa menggunakan uang tunai, banyak sekarang yang mulai beralih menggunakan uang non-tunai atau cashless, diantaranya adalah bayar pajak.

Pemerintah belum lama ini meluncurkan aplikasi bernama ‘samolnas’ atau singkatan dari samsat online nasional. Sosialisasi sudah dimulai dari bulan September tahun 2019, diharapkan dengan adanya aplikasi ini pembayaran pajak di Indonesia akan semakin rapi dan lancar.

Cara Bayar Pajak Yogyakarta
Cara Bayar Pajak Yogyakarta

Cara Bayar Pajak Online dan Offline di Yogyakarta

Tahapan-tahapan untuk membayar pajak melalui aplikasi Samolnas adalah:

  1. Pastikan aplikasi samolnas sudah terinstall, apabila blom anda bisa download aplikasi tersebut di sini.
  2. Masuk ke aplikasi Samolnas, kemudian daftar, setelah mengklik daftar kita akan diinfo bahwa TBPKP/SKPD dan stiker pengesahan STNK akan dikirim ke alamat yang tertera di STNK. selanjutnya silahkan mengisi data-data berupa nomer polisi kendaraan, NIK atau nomer KTP, 5 digit nomer rangka terakhir, nomer telpon dan alamat e-mail.
  3. Setelah tahap 2 selesai, kita akan mendapatkan kode pembayaran, kode ini hanya berlaku selama 2 jam, kita dapat menyelesaikan pembayaran dengan memasukkan kode pembayaran ini melalui ATM kita, selain dari ATM kita bisa memilih apabila ingin membayar melalui Indomaret, Alfamart atau pilihan lainnya. Biaya administrasi untuk pembayaran ini adalah 5 ribu.
  4. Setelah pembayaran selesai, kita akan mendapat tandak bukti pelunasan yang terdapat di menu E-TBPKB. Pada menu E-Pengesahan STNK kita juga mendapat pengesahan STNK secara elektronik yang berlaku selama 1 bulan.
  5. Terakhir, kita tinggal menungguTBPKB/SKPD dan stiker pengesahan STNK yang dikirim melalui ekspedisi ke alamat sesuai yang tertera pada STNK.

Untuk warga DIY, bagi yang sudah mempunyai akun di bank BPD DIY dapat mengakses Samolnas karena ketika pendaftaran NIK yang didaftarkan harus sudah terdaftar di Samsat dan juga BPD DIY, sampai artikel ini dibuat belum ada info lagi terkait apakah sudah bisa bagi yang tidak mempunyai akun di bank BPD atau belum.

Baca juga Cara Daftar Mitra InDriver Mobil dan Motor

Cara Bayar Pajak dengan Aplikasi LinkAja

Selain dari aplikasi Samolnas, dilansir dari Tribunnews, aplikasi LinkAja sekarang sudah bisa melakukan pembayaran pajak online. Caranya adalah sebagai berikut:

Cara Bayar Pajak Yogyakarta
Cara Bayar Pajak Yogyakarta
  1. Silahkan download aplikasi LinkAja apabila belum punya di Playstore, silahkan daftar dan kemudian isi saldo.
  2. Di menu utama, pilih menu lainnya, kemudian pilih menu Pajak, kemudian pilih pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor berdasar Domisili.
  3. isi NIK sesusai KTP, Nomer Polisi Kendaraan dan Nomer mesin.
  4. Setelah itu akan ada informasi muncul terkait detail kendaraan dan biaya yang harus dibayar, bila informasi tersebut sudah benar, masukkan PIN LinkAja.
  5. Apabila pembayaran berhasil, akan ada notifikasi dari SMS yang berisi bukti pajak sudah dibayar dan bukti pengesahan elektronik.

Selain online, pembayaran offline ada yang baru di Samsat Sleman Yogyakarta, yaitu bisa bayar dengan drive-thru. Artinya tidak perlu turun mengambil antrian, menunggu di loket dan sebagainya seperti biasanya. caranya adalah:

  1. Silahkan datang ke Samsat Sleman, kemudian langsung mengarah ke bagian belakang, terdapat tulisan Drive-Thru.
  2. kemudian tinggal menyerahkan KTP dan STNK di loket antrian
  3. Petugas akan memberi tahu jumlah pajak yang harus dibayarkan, silahkan membayar dan pajak selesai.

Selain itu juga ada fasilitas Night Thru dan Tebar salam, Tebar Salam sendiri artinya adalah Terima Bayar Sampai Malam, inisiatif ini untuk mensiasati pekerja siang yang tidak punya waktu untuk bayar pajak pada siang hari, faslisitas ini tersedia dari jam 4 sore sampai jam 7 malam setiap hari senin sampai jumat.

Demikian artikel tentang bayar pajak kendaraan, semoga bermanfaat!

Baca Juga:  Cara Screen Record di Laptop dan PC Paling Mudah Tanpa Aplikasi!

You May Also Like

About the Author: Deany Januarta Putra

Menyelami dunia SEO dan bersahabat dengan alam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *