Cara Mengecek Kecepatan Wifi Internet di Laptop dan HP Android

cara mengecek kecepatan wifi di hp android

Cara Mengecek Kecepatan Wifi – Tentu anda penasaran dengan kecepatan internet yang anda miliki bukan? setelah kemarin haidunia berbagi tutorial cara cek kecepatan internet menggunakan CMD kali ini tim haidunia akan mengulas cara mengecek kecepatan wifi di laptop atau hp android.

Mengetahui seberapa cepat koneksi internet tentu bisa dibilang hal yang urgent karena dengan mengetahui kecepatan wifi yang digunakan kita bisa mengukur seberapa cepat internet wifi kita dan bagaimana cara mempercepat koneksi internetnya jika dirasa lambat.

Cara Mengecek Kecepatan Wifi Internet di Laptop/PC

Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mengecek kecepatan wifi yang anda gunakan, haidunia rangkumkan khusus untuk anda semua.

1. Menggunakan speedtest.net

cara mengecek kecepatan wifi

Cara pertama yang bisa anda gunakan untuk cek kecepatan internet wifi di laptop adalah dengan menggunakan layanan dari situs speedtest.net.

Caranya sangat mudah, silahkan kunjungi situs speedtest.net, setelah masuk ke situs speedtest akan muncul tulisan GO di bagian tengah, anda hanya perlu klik tulisan tersebut maka situs akan bekerja menganalisa kecepatan internet wifi yang anda gunakan.

Setelah proses analisa kecepatan wifi selesai, speedtest akan menampilkan data kecepatan internet wifi yang kita gunakan.

Hasil yang dijasikan berupa data kecepatan upload dan download, selain itu ada data ping juga pada kecepatan internet yang kita gunakan.

2. Menggunakan CBN Speedtest

cara mengecek kecepatan wifi

Untuk mengecek kecepatan wifi di laptop anda bisa juga menggunakan layanan dari CBN speedtest, kunjungi situsnya disini.

BACA:  Cara Menulis Huruf Arab Berharakat di Android, Mudah dan Praktis!

CBN speedtest cara kerjanya hampir sama dengan speedtest.net, kita tinggal mengunjungi situs CBN lalu klik Begin Test, setelah itu situs akan memproses mengecek seberapa cepat internet wifi yang digunakan.

Setelah hasil tes selesai akan muncul data upload, download dan PING pada kecepatan internet. Pastikan laptop atau komputer anda sudah terpasang adobe flash player ya, karena CBN speedtest hanya bisa digunakan di laptop dan PC yang sudah terpasang adobe flash player.

3. Menggunakan Ping-test.net

cara mengecek kecepatan wifi di laptop

Situs yang juga bisa mengecek kecepatan internet wifi adalah ping-test.net, situs ini mampu menganalisa kecepatan internet wifi yang digunakan oleh pengguna internet.

Anda perlu mengunjungi situs ping-test.net atau klik disini untuk melihat seberapa kecepatan internet wifi anda, dari data upload maupun download.

Setelah masuk ke situs ping-test silahkan klik tombol power yang berada di tengah, maka situs akan memproses menganalisa tingkat kecepatan internet.

Setelah analisa selesai situs akan menampilkan hasil analisa kecepatan internet berupa kecepatan upload dan download juga PING pada internet yang digunakan.

4. Menggunakan Layanan Indihome Speedtest

cara mengecek kecepatan wifi di laptop

Indihome juga memiliki fitur untuk mengecek kecepatan wifi yang anda gunakan, terlebih jika anda menggunakan layanan wifi dari indihome.

Hasil cek kecepatan internet wifi di indihome speedtest bisa dikatakan cukup akurat, dari segi tampilan hampir mirip dengan speedtes.net. Untuk memulai tes kecepatan internet anda perlu mengunjungi situs indihome speedtest atau klik disini

Setelah masuk ke situs tersebut klik tulisan GO yang berada di tengah situs, setelah itu indihome akan memproses seberapa cepat internet wifi yang anda gunakan.

Hasil yang ditampilkan juga sama berupa data upload, download dan seberapa banyak ping ketika kita mengakses internet wifi.

BACA:  Begini Cara Mudah Menghapus Akun Kartu Prakerja (100% Berhasil)

Nah itulah beberapa situs yang bisa anda gunakan untuk mengecek kecepatan wifi internet melalui PC, semuanya gratis. Sekarang mari beralih ke cara mengecek kecepatan wifi di hp android.

Cara Mengecek Kecepatan Internet Wifi di HP Android

Untuk cek kecepatan internet wifi di hp android anda perlu menginstal aplikasi pihak ketiga untuk menganalisa seberapa cepat internet yang anda gunakan. Haidunia sarankan beberapa aplikasi berikut untuk cek kecepatan internet wifi (pilih salah satu ya)

1. V-Speed Speedtest

cara mengecek kecepatan wifi di hp

Cara pertama untuk mengecek kecepatan wifi internet dengan menggunakan aplikasi V-Speed speedtest, aplikasi ini bisa anda dapatkan di google playstore.

Dengan menggunakan aplikasi ini anda akan mengetahui kecepatan internet, upload dan download pada internet yang anda gunakan. Mau coba pakai V-Speed Speedtest? download aplikasinya disini

2. Speedtest by Ookla

cara mengecek kecepatan wifi di hp android

Selain tersedia dalam website, speedtest by ookla juga tersedia dalam bentuk aplikasi yang bisa digunakan di hp android. Anda bisa mengecek kecepatan wifi internet menggunakan aplikasi speedtest by ookla.

Download aplikasinya disini jika anda ingin ngetes kecepatan internet yang digunakan. Hasil yang ditampilkan cukup realtime dan cukup akurat, data yang disajikan berupa data upload dan download dan tidak lupa ping pada kecepatan internet yang digunakan.

3. Internet Speed Test

cara mengecek kecepatan wifi di android

Aplikasi android terakhir yang haidunia rekomendasikan untuk cek kecepatan wifi internet adalah internet speed test. Download aplikasinya disini

Setelah download aplikasi silahkan instal aplikasi tersebut di hp android anda, lalu jalankan pengetesan koneksi internet dengan cara klik perform untuk memulai menganalisa kecepatan internet wifi yang digunakan.

Setelah itu aplikasi akan menampilkan seberapa cepat koneksi internet yang didapatkan.

BACA:  Zoom Meeting Tidak Ada Suara? Ini Cara Mengatasi dan Mengaktifkannya

Nah itulah beberapa pilihan cara mengecek kecepatan wifi internet di laptop dan hp android, mudah bukan tidak ada yang ribet?

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *