Syarat Mengikuti UTBK 2022, Catat Agar Lulus SBMPTN!

  • Whatsapp
Syarat Mengikuti UTBK 2022
Syarat Mengikuti UTBK 2022

Syarat Mengikuti UTBK 2022 – Hallo Sobat Calon Mahasiswa Baru 2022! Kalian yang sekarang sudah kelas 12 pastinya sudah tidak sabar lagi untuk mendapatkan informasi mengenai pendaftaran SNMPTN UTBK SBMPTN 2022 dan juga seleksi jalur mandiri kan? Tenang saja, karena materi sosialisasi nya sudah dirilis! Hal yang sama juga tentu dirasakan oleh kalian yang pada tahun 2021 ini belum berhasil lolos masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) alias gap year. 

Syarat Mengikuti UTBK 2022 dan segala tata caranya sengaja kami sampaikan melalui laman ini. Mudah-mudahan saja informasi yang kami sajikan bisa memberikan pemahaman yang lebih detail mengenai gambaran umum persiapan UTBK 2022  kepada kalian.

Read More

Tentunya proses pendaftaran ini bisa kalian laksanakan program SNMPTN dan UTBK SBMPTN sudah resmi dibuka. Oleh karenanya kalian pantau terus website resmi dari LTMPT di ltmpt.ac.id. Baca sampai tuntas ya!

Jalur SNMPTN dan UTBK-SBMPTN 2022 

Jalur masuk pendaftaran PTN 2021 ada tiga, yaitu SNMPTN, UTBK-SBMPTN dan seleksi mandiri, dengan rincian sebagai berikut:

(1) Jalur SNMPTN 2022

Jalur SNMPTN 2022 kuotanya minimum 20%, yang mana proses seleksi didasarkan pada nilai akademik saja atau nilai akademik dan prestasi lainnya yang ditetapkan oleh PTN tujuan. Seluruh biaya ditanggung oleh pemerintah.

(2) Jalur  UTBK-SBMPTN 2022

Jalur UTBK-SBMPTN 2022 kuotanya minimum 40%. Proses seleksi didasarkan pada hasil UTBK saja atau hasil UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN tujuan. Pelaksanaan tes menggunakan komputer dan biaya ditanggung oleh peserta dan subsidi oleh pemerintah.

(3) Jalur Seleksi Mandiri

Jalur seleksi mandiri kuota nya maksimum 30%, proses seleksi dapat menggunakan hasil UTBK, selebihnya diserahkan kepada kampus tujuan.

Catatan:
Bagi PTN Badan Hukum kuota SBMPTN minimum 30% dan kuota Seleksi Mandiri maksimum 50%.

Peserta Pendaftaran UTBK SBMPTN 2022

Peserta pendaftaran UTBK SBMPTN 2022 adalah pelajar lulusan tahun berjalan (2022) dan lulusan 2 tahun sebelumnya. Atau dengan kata lain peserta nya adalah peserta didik lulusan tahun 2020, 2021, dan 2022 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat.

Adapun peserta SNMPTN 2022 sudah jelas pesertanya adalah yang saat ini menjadi murid aktif  di sekolah SMA/SMK. Lalu bagaimana dengan yang lulusan paket C?

Kalian yang lulusan paket C juga memiliki kesempatan yang sama, yang penting lulus paket C nya ditahun 2022, 2021 atau 2020. Silahkan bagi kalian yang tahun lulus nya masih berada pada rentang tahun-tahun tersebut bisa mulai mempersiapkan diri untuk UTBK dari sekarang.

Baca Juga:  Mendidik Mereka yang Memiliki Keterbatasan

Tahapan UTBK-SBMPTN 2022

Tahapan UTBK SBMPTN 2022 bisa kalian perhatikan bagan berikut ini:

Tahapan dan syarat mengikuti UTBK 2022 yang harus dipenuhi
Tahapan dan syarat mengikuti UTBK 2022 yang harus dipenuhi

Pertama
Kalian harus registrasi akun siswa LTMPT menggunakan NISN, NPSN, dan Tanggal Lahir  melalui laman resmi LTMPT (https://portal.ltmpt.ac.id.)

Kedua
Kalian harus login menggunakan username/email dan password ke laman https://portal.ltmpt.ac.id.

Ketiga
Kalian memilih menu Verifikasi dan Validasi Data Siswa untuk mengisi biodata, mengunggah pas foto berwarna terbaru, dan verifikasi biodata.

Keempat
Kalian memilih menu Pendaftaran UTBK. Memilih jenis dan sesi ujian, serta lokasi Pusat UTBK PTN untuk mendapatkan slip pembayaran UTBK.

Kelima
Kalian membayar ke bank yang ditunjuk. Biasanya ke bank pemerintah; Bank Mandiri, BNI, atau BTN menggunakan slip pembayaran kecuali bagi pendaftar beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K). Pembayaran harus dilakukan paling lambat 1 x 24 jam.

Keenam
Kalian login kembali ke laman https://portal.ltmpt.ac.id, memilih menu Pendaftaran UTBK untuk mencetak kartu peserta UTBK.

Ketujuh
Tahap terakhir kalian tinggal mengikuti UTBK sesuai dengan hari, tanggal, sesi, dan lokasi Pusat UTBK PTN yang kalian pilih.

Materi UTBK SBMPTN 2022

Materi UTBK SBMPTN 2022 juga sudah dirilis. Pastinya kelompok ujian pada UTBK SBMPTN 2022 akan menggunakan soal-soal ujian bertipe High Order Thinking Skills (HOTS). Pengembangan soal tes dilakukan untuk mengukur kemampuan dasar yang sudah dimiliki oleh calon mahasiswa dan sekaligus untuk memprediksi keberhasilan calon mahasiswa di semua program studi.

Materi UTBK 2022 sebagaimana dirilis dalam informasi resmi LTMPT,  terdiri dari 3 kelompok materi, yaitu:

(1) Tes Potensi Skolastik (TPS)

Tes Potensi Skolastik (TPS) ditujukan untuk;

“TPS mengukur kemampuan kognitif yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Dalam TPS yang akan diuji adalah Kemampuan Penalaran Umum (PU), Kemampuan Kuantitatif (PK), Pengetahuan dan Pemahaman Umum (PPU), serta kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis (PBM). Kemampuan kuantitatif  akan mencakup pengetahuan dan penguasaan matematika dasar.”

(2) Tes Bahasa Inggris

Tes bahasa Inggris ditujukan untuk:

“Mengukur kemampuan bahasa Inggris yang diperlukan untuk mendukung pembelajaran di perguruan tinggi.”

(3) Tes Kompetensi Akademik (TKA)

Tes kemampuan akademik (TKA) ditujukan untuk:

“Mengukur pengetahuan dan pemahaman keilmuan yang diajarkan di sekolah dan diperlukan untuk seseorang dapat berhasil dalam menempuh pendidikan tinggi. TKA juga mengukur kemampuan kognitif yang terkait langsung dengan konen mata pelajaran yang dipelajari di sekolah. Penekanan tes adalah pada Higher Orger Thinking Skills (HOTS).”

Materi UTBK 2022
Materi UTBK 2022

Syarat Mengikuti UTBK 2022

Syarat mengikuti UTBK 2022 yang harus kalian penuhi ada beberapa hal. Silahkan untuk diperhatikan dan jangan sampai ada yang terlewat! Berikut adalah persyaratan yang harus anda lengkapi dan penuhi:

Syarat Peserta yang Mengikuti UTBK 2022

Syarat peserta yang mengikuti UTBK 2022 ada beberapa hal, yaitu sebagai berikut:

  1. Memiliki akun LTMPT
  2. Kalian merupakan lulusan SMA/MA/SMK/Sederajat tahun 2020 dan 2021 atau lulusan Paket C tahun 2022 dengan umur maksimal 25 tahun
  3. Mengikuti dan memiliki nilai UTBK 2022
  4. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi
  5. Bagi peserta yang memilih program studi seni dan olah raga wajib mengunggah portofolio

Syarat Pilihan Program Studi

Syarat mengikuti UTBK 2022 salah satunya adalah memilih program studi mengikuti ketentuan yang diberlakukan. Ketentuannya adalah setiap siswa diperbolehkan memilih dua program studi pada satu PTN atau masing-masing satu program studi pada dua PTN.

Bagi yang masih bingung memilih jurusan segera eksplorasi & kenali diri. Cari tahu potensi yang akan kamu
kembangkan dan bagaimana target jurusanmu bisa mengoptimalkannya. Mulailah dengan semakin mengenali
hal-hal yang kamu senangi dan kuasai, lalu berlanjut ke hal yang kamu impikan.

Syarat Mengikuti Tes Sesuai Kelompok Ujian UTBK 2022

Kelompok ujian UTBK 2022 terbagi ke dalam tiga kelompok ujian, yaitu: kelompok Saintek, kelompok Soshum dan kelompok campuran atau biasa kalian sebut linjur (lintas jurusan). Berikut adalah penjelasannya secara lebih rinci:

Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek)
Kelompok ujian Saintek akan mengikuti tes  meliputi materi ujian TPS, Bahasa Inggris, dan TKA Saintek (Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi). Dengan alokasi waktu: 195 menit.

Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum)
Kelompok ujian Soshum akan mengikuti tes meliputi materi ujian TPS, Bahasa Inggris, dan TKA Soshum (Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi). Dengan alokasi waktu: 195 menit

Kelompok Ujian Campuran (Saintek dan Soshum)
Kelompok ujian campuran meliputi materi ujian TPS, Bahasa Inggris, TKA Saintek, dan TKA Soshum. Dengan alokasi waktu: 285 menit.

Syarat Mengikuti UTBK 2022 Bagi Peserta Pelamar KIP

Syarat mengikuti UTBK 2022 bagi peserta yang memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP):

Siswa pendaftar harus berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi. Kemudian mengajukan bantuan biaya pendidikan skema Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah). Informasi detail dapat dilihat pada website Pusat layanan Pembiayaan Pendidikan di https://puslapdik.kemdikbud.go.id.

Syarat Membayar Biaya UTBK 2022

Syarat mengikuti UTBK 2022 salah satunya adalah membayar biaya bagi setiap peserta tes.

  • Peserta kelompok ujian Saintek atau kelompok Soshum membayar biaya UTBK sebagai syarat pendaftaran SBMPTN sebesar Rp200.000
  • Peserta kelompok ujian campuran (Saintek dan Soshum) membayar biaya UTBK sebagai syarat pendaftaran SBMPTN sebesar Rp300.000

Jadwal UTBK SBMPTN 2022

Agenda

Tanggal Penting

Pembuatan Akun LTMPT 14 Februari – 17 Maret 2022
Sosialisasi UTBK-SBMPTN 01 Desember 2021 – 15 April 2022
Pendaftaran UTBK SBMPTN 2022 23 Maret – 15 April 2022
Pelaksanaan UTBK Gelombang 1 17-  23 Meni 2022
Pelaksanaan UTBK Gelombang 2 28 Mei – 03 Juni 2021
Pengumuman hasil SBMPTN 23 Juni 2022
Masa Unduh Sertifikat UTBK 25 Juni -31 Juli 2022

Sekarang adalah waktu yang tepat untuk kalian memulai persiapan. Karena sebagian besar yang sudah menjadi mahasiswa saat ini ternyata memulai persiapan sejak 6 bulan sebelum pelaksanaan UTBK SBMPTN.

Langkah Sukses UTBK 2022

Langkah-langkah sukses UTBK 2022 wajib kalian kuasai, sehingga akan memiliki persiapan yang lebih matang.

  1. Cari tau informasi jurusan dan kampus yang ingin kamu tuju
  2. Mulai cicil materi dan latihan soal UTBK
  3. UTBK semakin dekat, latihan soal dan tryout harus lebih giat
  4. Review materi & evaluasi kelemahanmu
  5. Sambil menunggu pengumuman UTBK, kamu bisa manfaatkan untuk ikut ujian mandiri

Sistem Penilaian UTBK 2022

LTMPT menggunakan sistem penilaian IRT (Item Response Theory) dalam pelaksanaan UTBK. Melalui sistem penilaian ini, maka bobot skor yang diperoleh oleh peserta di tiap nomor soalnya bisa jadi berbeda-beda tergantung tingkat kesulitan soal.

Poin penting penilaian IRT (Item Response Theory)

  • Bobot skor yang diperoleh oleh peserta di tiap nomor soalnya bisa jadi berbeda-beda tergantung tingkat kesulitan soal.
  • Tingkat kesulitan soal tersebut tidak ditentukan di awal melainkan setelah semua ujian selesai dan berdasarkan berapa banyak peserta yang menjawab benar/salah di nomor soal tertentu.
  • Sistem penilaian UTBK tidak menggunakan metode skor minus untuk jawaban yang salah.

Strategi Lulus Sistem IRT

  • Jangan ragu untuk mengisi semua soal karena tidak ada nilai minus.
  • Gunakan strategi eliminasi dengan menebak terlebih dahulu opsi jawaban yang paling mungkin salah. Semakin sedikit opsi jawaban tersisa, semakin besar peluang untuk memilih jawaban benar.
  • Tidak perlu memperkirakan tingkat kesulitan soal atau memberi alokasi waktu lebih di tipe soal-soal sulit untuk mengejar skor tertinggi, karena bobot tingkat kesulitan soal baru ditentukan setelah ada pengecekan ke semua peserta dan bukan ditentukan berdasarkan tipe soal.

Penting!
Jangan menelan mentah-mentah strategi UTBK yang belum terbukti. Biasanya akan ada cukup banyak isu beredar terkait hal yang berpengaruh terhadap skor IRT UTBK, misalnya:

  • Nilai IRT UTBK di hari-hari pertama pelaksanaan UTBK berpotensi rendah
  • Potensi menebak opsi pilihan B lebih tinggi dibanding yang lain
  • dan lain-lain

Pastikan waktu kamu lebih banyak digunakan untuk penguasaan konsep dan latihan dibandingkan
untuk mengkhawatirkan hal-hal yang belum terbukti kebenarannya.

Bobot Subtes UTBK

Setiap jurusan akan mempertimbangkan bobot yang berbeda untuk hasil skor tiap subtes, sesuai dengan mata pelajaran primer relevan dengan jurusan tersebut.

Misal: jurusan kedokteran punya kemungkinan akan lebih mempertimbangkan nilai Biologi dan Kimia di TKA serta
Pengetahuan Kuantitatif dan Bahasa Inggris di TPS. Namun sayangnya tidak ada rilis resmi tentang nilai proporsi
masing-masing mata pelajaran untuk setiap jurusan.

Kamu boleh banget kok memberi perhatian lebih pada subtes yang kamu rasa relevan dengan jurusan target, namun penting juga untuk tetap memperhatikan subtes lain agar tidak tertinggal jauh

Dan jangan lupa ya rekan-rekan, untuk informasi resmi dari seluruh proses SNMPTN dan UTBK-SBMPTN 2022 bisa kalian akses dari sini:

  • Informasi resmi pendaftaran UTBK dan SBMPTN 2020 dapat diunduh melalui laman https://www.ltmpt.ac.id.
  • Informasi resmi dapat diakses pada laman https://halo.ltmpt.ac.id dan call center 0804 1 450 450.
  • Informasi resmi juga dapat diperoleh di kantor Humas PTN terdekat.
  • Alamat LTMPT: Gedung BPPT Lantai 23, Jl. MH. Thamrin 8, Jakarta 10340 Email : sekretariat@ltmpt.ac.id Telp. : (021) 3104041 Faks. : (021) 3104042

Syarat Mengikuti UTBK 2022 dan beberapa hal yang sudah kami sampaikan di atas semoga dapat menambah semangat kalian dalam mempersiapkan diri. Pesan kami segeralah persiapan. Karena di luar sana para pesaing kalian sedang persiapan UTBK 2022. Gunakan lah Strategi Sukses UTBK 2022, Tips Agar Lulus SBMPTN!. Sekali lagi segeralah Persiapan SBMPTN 2022 Paling Praktis yang bisa mengenakan jaket kebesaran kampus kebanggaan kalian. Salah sukses untuk kalian!

Related posts