Contoh Soal CPNS Kemampuan Verbal; TIU 2021 dan Pembahasan

Contoh soal CPNS kemampuan Verbal
Contoh soal CPNS kemampuan Verbal

Soal CPNS Kemampuan Verbal CPNS 201 dan Jawaban – Hallo calon abdi negara muda! Kami ucapkan selamat karena Anda telah membuka laman yang pas untuk menambah bekal persiapan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dalam rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun anggaran 2021.

Soal CPNS kemampuan verbal ini memang tepat sekali untuk dipelajari oleh Anda yang akan bersaing memperebutkan kursi sebagai seorang Aparatur Sipil Negara (ASN). Contoh soal CPNS kemampuan verbal ini sengaja kami suguhkan, agar pengetahuan para calon peserta SKD semakin kaya referensi tipe-tipe soal, terutama soal Tes Intelegensia Umum (TIU).

Read More

Tentunya masih hal yang perlu kita telusuri sebelum membahas contoh soal CPNS kemampuan verbal dan jawabannya. Oleh karena itu, alangkah baiknya kita kulik tipis-tipis beberapa hal terkait pelaksanaan SKD CPNS 2021.

Oiya, kami ingatkan sekali lagi! Bahwa sebelum Anda mengikuti TIU-SKD, pastikanlah Anda lulus seleksi persyaratan administrasi terlebih dahulu. Karena ini adalah hal yang mutlak Anda lewati pada tahap pertama!

Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2021

Kompetensi Dasar adalah kemampuan dan karakteristik dalam diri seseorang berupa pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang menjadi ciri-ciri seorang PNS Republik Indonesia. Adapun tujuan dari SKD dijelaskan dalam Pasal 35 Permen-PAN RB Nomor 27 tahun 2021 Penyetaraan Jabatan Administrasi Ke Dalam Jabatan Fungsional, sebagai berikut;

SKD sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan untuk menilai kesesuaian antara kompetensi yang dimiliki oleh pelamar dengan standar kompetensi dasar PNS.

SKD sebagaimana dimaksud dalam tersebut akan dilaksanakan menggunakan sistem Computer Assested Test (CAT) yang diselenggarakan oleh BKN. SKD akan menguji calon ASN dalam tiga hal, meliputi:

  • Tes wawasan kebangsaan (TWK)
  • Tes intelegensia umum (TIU); dan
  • Tes karakteristik pribadi (TKP).

Tes Intelegensia Umum (TIU) CPNS 2021

Tes Intelegensia Umum (TIU) CPNS 2021 disebutkan dalam pasal 37. Bahwasanya TIU bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan;

(1) Kemampuan verbal, yang meliputi; (a) analogi; (b) silogisme; dan (c) analitis

(2) Kemampuan numerik, yang meliputi; (a) berhitung; (b) deret angka; (c) perbandingan kuantitatif; dan (d) soal cerita

(3) Kemampuan figural, yang meliputi; (a) analogi; (b) ketidaksamaan; dan (c) serial

Tes Kemampuan Verbal

Tes kemampuan verbal CPNS 2021 yang menjadi fokus pembahasan kita pada kesempatan kali ini, tercantum dalam pasal 37. Dalam tes kemampuan verbal yang akan diukur meliputi:

(1) Analogi

Dengan tujuan mengukur kemampuan individu dalam bernalar melalui perbandingan dua konsep kata yang memiliki hubungan tertentu kemudian menggunakan konsep hubungan tersebut pada situasi yang lain;

(2) Silogisme

Dengan tujuan mengukur kemampuan individu untuk menarik kesimpulan dari dua pernyataan yang diberikan; dan

(3) Analitis

Dengan tujuan mengukur kemampuan individu untuk menganalisis informasi yang diberikan dan menarik kesimpulan;

Materi Tes Kemampuan Verbal

Materi tes kemampuan verbal yang meliputi kemampuan analogi, silogisme dan analisis tentunya harus benar-benar Anda kuasai agar lulus passing grade yang ditentukan. Berikut ini akan kami uraikan ringkasan materi tes kemampuan verbal yang dapat Anda jadikan sumber belajar.

Tipe Soal Kemampuan Verbal Analogi

Materi tes kemampuan verbal analogi ini akan dapat dikuasai dengan baik jika Anda berhasil menemukan pola korespondensi yang diharapkan oleh soal. Karena analogi sendiri pada dasarnya dapat diartikan sebagai bentuk korespondensi.

Tes kemampuan verbal analogi pastinya akan menguji pengetahuan Anda secara umum, termasuk kemampuan bernalar, dan kemampuan berpikir secara cepat serta akurat. Ada tiga tipe soal kemampuan verbal analogi yang kami jelaskan di laman ini:

Tipe Melengkapi Pasangan Analog

Anda akan diberikan dua buah kata yang terkait satu sama lain dalam hubungan tertentu. Kemudian Anda diberikan juga kata ketiga. Tugas Anda adalah menentukan kata keempat dalam pilihan alternatif jawaban. Sehingga kata ketiga dan keempat memiliki hubungan yang sama dengan kedua kata di awal.

Contoh soal melengkapi pasangan analog:
UNDANG-UNDANG : REVISI RUMAH = RUMAH : ….

A. REGRESI
B. REPARASI
C. RESTORASI
D. RENOVASI
E. REFORMASI

Jawaban: D
Jenis padanan hubungan asosiasi
Revisi merupakan peinjauan (periksaan) kembali untuk perbaikan. Renovasi merupakan pembaharuan; peremajaan; penyempurnaan tentang gedung dan bangunan.

Tipe Memilih Pasangan Analog

Anda akan diberikan sepasang kata yang memiliki hubungan tertentu, kemudian Anda diminta menemukan pasangan kata dalam pilihan jawaban, yang memiliki hubungan serupa dengan pasangan kata yang ditunjukkan dalam soal.

Contoh soal tipe pasangan analog:
CAKRAM : BUNDAR = ….

A. KOIN : PIPIH
B. KERTAS : TIPIS
C. KARTU : PETAK
D. LINGKARAN : BULAT
E. TABUNG : SILINDER

Jawaban: E
Jenis hubungan asosiasi. Cakram merupakan benda pipih, bulat, dan tajam. Tabung  merupakan istilah teknik untuk silinder dalam mesin. Jadi padanan hubungan yang sesuai kata CAKRAM : BUNDAR adalah TABUNG : SILINDER.

Pada kesempatan kali ini kami hanya membahas dua tipe tersebut, karena dua tipe tersebut yang hampir pasti keluar dalam soal-soal psikotes. Tapi kami tetap menyarankan kepada Anda untuk mempelajari tipe yang lain, seperti tipe analogi ganda dan tipe Analogi tiga kata.

Tipe Soal Kemampuan Verbal Silogisme

Tipe soal kemampuan verbal silogisme juga sering menjadi soal yang sulit untuk dilalui oleh para peserta CPNS. Oleh karena itu, kami sarankan agar Anda menambah waktu persiapan untuk mempelajari materi ini.

Silogisme merupakan bagian dari cara penarikan kesimpulan secara logis. Tipe soal ini akan menguji kemampuan Anda mendapatkan fakta-fakta pada suatu pernyataan atau yang biasa disebut dengan premis. Serta akan menguji kemampuan Anda memanipulasi informasi tanpa mengubah maknanya.

Rumus Silogisme

Ada beberapa macam silogisme yang kita kenal. Namun dalam pelaksanaan tes-tes psikotes yang sering muncul dalam soal adalah bentuk silogisme hipotesis, dengan rumus:

Premis 1: p⇒q
Premis 2: q ⇒ r
Kesimpulan : p⇒r

Soal-soal penarikan kesimpulan juga membutuhkan dasar pengetahuan tentang himpunan. Setidaknya Anda menguasai penggunaan diagram Venn untuk menganalisis permasalahan yang disajikan soal.

Sehingga dengan bantuan diagram Venn akan memudahkan Anda menarik kesimpulan secara lebih akurat.

Diagram Venn untuk membantu penarikan kesimpulan dalam tes kemampuan verbal
Diagram Venn memudahkan penarikan kesimpulan dalam tes kemampuan verbal

Contoh soal silogisme:
Semua Rene merupakan Rana, semua Rana merupakan Rono. Kesimpulan:

A. Tidak mungkin ada Rana yang merupakan Rene
B. Tidak mungkin ada Rono yang merupakan Rene
C. Semua Rene merupakan Rono
D. Semua Rono merupakan Rene
E. Semua Rono merupakan Rana

Jawaban: C
Pandang Rene sebagai p dan Rana sebagai q dan Rono sebagai r. Maka dapat ditarik p ⇒ r. Kesimpulan: Semua Rene merupakan Rono.

Persoalan tersebut juga bisa diselesaikan dengan bantuan diagram venn.

Tipe Soal Kemampuan Verbal Analisis

Soal kemampuan verbal analisis biasa digunakan untuk menguji kemampuan seseorang dalam menganalisis suatu masalah dengan syarat-syarat batas tertentu. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengerjakan soal kemampuan verbal analisis:

  • perhatikan jenis soal yang disajikan, apakah menanyakan jadwal, hubungan, denah, atau urutan pemilihan.
  • gunakan syarat batas yang sesuai dan efektif untuk memudahkan proses menjawab soal
  • perhatikan soal dengan baik, karena umumnya soal berikutnya sedikit berbeda dari syarat batas yang disajikan dalam teks utama.

Contoh soal kemampuan verbal analisis:
Enam calon pegawai; Oni, Pade, Qomar, Rian, Susi, Tati akan diwawancara sesuai urutan berikut:

  • Qomar akan diwawancara pada urutan keempat atau terakhir
  • Rian akan diwawancara setelah Oni
  • Pade akan diwawancara sebelum Qomar
  • Tati akan diwawancara sebelum Rian

Pernyataan berikut yang salah adalah ….

A. Tati akan diwawancara di urutan keenam
B. Susi akan diwawancara di urutan keenam
C. Rian akan diwawancara di urutan ketiga
D. Qomar akan diwawancara di urutan keenam
E. Oni akan diwawancara di urutan pertama

Jawaban: A
Sesuai dengan ketentuan soal, maka Tati akan diwawancara sebelum Rian. Jadi kenyataan yang salah adalah “Tati akan diwawancara di urutan keenam (terakhir).”

Sebelum ke pembahasan contoh soal CPNS kemampuan verbal, saya ingatkan Anda untuk bersahabat dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Karena hal ini penting untuk menambah perbendaharaan kata.

Pastinya Anda membutuhkan penguasaan banyak definisi, sinonim dan antonim. Kekayaan kosakata yang Anda miliki akan sangat membantu dalam menyelesaikan tes kemampuan verbal.

Soal CPNS Kemampuan Verbal dan Jawaban

Soal CPNS kemampuan verbal dan jawaban yang kami sajikan telah memuat contoh soal CPNS kemampuan verbal analogi, silogisme, dan analisis sebagaimana yang ditentukan dalam Kemen-PANRB. Silahkan Anda pelajari dengan seksama.

Soal CPNS kemampuan verbal dan jawabannya ini juga bisa Anda jadikan referensi tipe-tipe soal yang akan keluar dalam TIU-SKD. Cobalah Anda memilih jawaban terlebih dahulu sebelum melihat kunci jawaban.

Contoh Soal CPNS Kemampuan Verbal Analogi

Contoh soal CPNS kemampuan verbal analogi berikut terdiri dari 10 nomor, yaitu nomor 1-10. Selamat belajar!!!

Soal nomor 1
ABOLISI : PENGHAPUSAN = ….

A. Kolaborasi : Percampuran
B. Grasi : Pemotongan
C. Sanksi : Hukuman
D. Kelasi : Budak
E. Nisbi : Maya

Jawaban: C
Abolisi berarti penghapusan sebagaimana sanksi yang berarti hukuman. Keduanya memiliki hubungan analogi sinonim.

Soal nomor 2
Belgia : Coklat = ….

A. Indonesia : Garam
B. Malaysia : Minyak
C. Amerika: Tulip
D. Brazil : Tebu
E. India : Kain Sari

Jawaban: E
Belgia merupakan negara yang terkenal sebagai penghasil cokelat sebagaimana India merupakan penghasil kain sari. Keduanya memiliki hubungan analogi ciri khas.

Soal nomor 3
Kertas : Pensil = ….

A. Bendera : Upacara
B. Komputer : Desain
C. Kalender : Tanggal
D. Roda : Mobil
E. Meja : Kursi

Jawaban: E
Jenis padanan fungsi
Kertas digunakan berpasangan dengan pensil, sebagaimana meja digunakan berpasangan dengan kursi.

Soal nomor 4
Drama : Prolog = ….

A. Dokumen : Mukadimah
B. Karya tulis : Abstrak
C. Buku : Resensi
D. Film : Trailer
E. Lagu : Syair

Jawaban: B
Prolog merupakan pembukaan dalam sandiwara (drama), musik, pidato, dan lainnya. Abstrak merupakan ringkasan yang terdapat dalam pembukaan suatu karya tulis.

Soal nomor 5
Nasabah : Privasi = ….

A. Pelanggan : Kenyamanan
B. Akuntan : Kesalahan
C. Perampok : Buron
D. Pejabat : Jabatan
E. Polisi : Tilang

Jawaban: A
Privasi merupakan kebebasan yang dibutuhkan seorang pelanggan (nasabah). Keduanya memiliki analogi kebutuhan sebagaimana pelanggan dan kenyamanan.

Soal nomor 6
Aktor : Bersandiwara : Film = ….

A. Penyanyi : Bernyanyi : Konser
B. Seniman : Memahat : Patung
C. Petani : Membajak : Gandum
D. Pegawai : Bekerja : Honor
E. Tentara : Berlatih : Perang

Jawaban: A
Aktor berperan dalam sandiwara film sebagaimana penyanyi bertugas untuk menyanyi saat konser. Keduanya beranalogi profesi dan fungsi.

Soal nomor 7
Barat daya : Timur laut = ….

A. Tenggara : Barat laut
B. Barat daya : Timur
C. Selatan : Barat
D. Barat : Selatan
E. Utara : Timur

Jawaban: A
Arah mata angin barat daya tepat berlawanan dengan timur laut sebagaimana tenggara berlawanan dengan barat laut.

Soal nomor 8
Kertas : Kayu : Diolah = ….

A. Buku : Pedoman : Dokumentasi
B. Donat : Tepung : Dimasak
C. Pensil : Kertas : Dimasak
D. Kunci : Sakit : Pinggang
E. Kepala : Sakit : Pinggang

Jawaban: B
Kayu dapat diolah hingga menjadi kertas, sebagaimana tepung dapat dimasak hingga menjadi donat.

Soal nomor 9
Bayi : Anak-anak : Remaja = ….

A. Anak : Ayah : Kakek
B. Ulat : Kepompong : Kupu-kupu
C. Malam : Siang : Pagi
D. Besar : Sedang : Kecil
E. Beras : Nasi : Lontong

Jawaban: B
Bayi mengalami pertumbuhan dan perkembangan menjadi anak-anak hingga kemudian menjadi remaja.

Soal nomor 10
Traktat : Negara = ….

A. Undang-Undang : MPR
B. Legislatif : Presiden
C. Amandemen : DPR
D. Doktrin : Para ahli
E. Polisi : Peraturan

Jawaban: D
Traktat merupakan perjanjian antarbangsa oleh suatu negara. Doktrin merupakan pendirian oleh para ahli secara bersistem. Keduanya beranalogi; Keputusan : Pelaku.

Contoh soal CPNS Kemampuan Verbal Silogisme

Contoh soal CPNS kemampuan verbal silogisme yang kami bawakan dalam kesempatan kali ini terdiri dari 5 nomor. Saran saja cobalah mengerjakan tanpa melirik pada pembahasannya terlebih dahulu.

Soal nomor 11
Maat lebih tua dari Meet dan Moot lebih muda dari Meet. Kesimpulan: ….

A. Maat lebih tua dari Moot
B. Maat lebih muda dari Moot
C. Maat seusia dengan Moot
D. Maat lebih muda dari Meet
E. Tidak dapat disimpulkan

Jawaban: A
Moot lebih muda dari Meet sama artinya dengan Meet lebih tua dari Moot. Dari Maat lebih tua dari Meet dan Meet lebih tua dari Moot, dapat disimpulkan bahwa Maat lebih tua dari Moot.

Soal nomor 12
Setiap kelinci pandai melompat
Semua kelinci makan rumput
Kesimpulan: ….

A. Ada kelinci yang tidak pandai melompat

B. Kelinci putih makan rumput

C. Semua kelinci makan rumput dan pandai melompat

D. Ada kelinci yang pandai melompat tapi tidak makan rumput

E. Tidak ada kelinci yang pandai makan melompat sambil makan rumput

Jawaban: C
Kedua pernyataan tersebut dapat digabungkan menjadi suatu pernyataan  mejemuk dengan kata penghubung logika “dan”. Jadi, kesimpulan yang tepat adalah “Semua kelinci makan rumput dan pandai melompat.”

Soal nomor 13
Beberapa pengangguran berbadan kurus
Tidak seorang pun yang berbadan kurus adalah vegetarian
Kesimpulan: ….

A. Beberapa pengangguran adalah bukan vegetarian

B. Tidak ada pengangguran yang bukan vegetarian

C. Kebanyakan vegetarian berbadan kurus

D. Hampir semua pengangguran adalah bukan vegetarian

E. Semua pengangguran adalah bukan vegetarian

Jawaban: A
Dari pernyataan kedua bisa diartikan setiap yang berbadan kurus adalah bukan vegetarian. Dan beberapa pengangguran berbadan kurus. Kesimpulan: beberapa pengangguran adalah bukan vegetarian.

Soal nomor 14
Semua binatang adalah makhluk hidup. Semua makhluk hidup akan mati. Kera adalah binatang yang berekor. Tidak semua binatang yang berekor dapat memanjat. Kesimpulan: ….

A. Kera dapat memanjat pohon
B. Kera tidak dapat memanjat pohon
C. Kera tidak mungkin akan mati
D. Kera akan mati
E. Tidak semua binatang yang berekor akan mati

Jawaban: D
Kera adalah binatang yang berekor, berarti Kera adalah binatang. Semua binatang adalah makhluk hidup, berarti Kera adalah makhluk hidup. Semua makhluk hiudp akan mati, berarti Kera akan mati.

Soal nomor 15
Akhmad adalah orang. Akhmad menjadi buruh di sebuah pabrik. Banyak di antara buruh-buruhnya yang malas bekerja. Badrun adalah teman Akhmad. Kesimpulan: ….

A. Akhmad itu malas
B. Badrun itu malas
C. Badrun mungkin teman sekerja Akhmad
D. Teman-teman Badrun semuanya rajin
E. Teman-teman Akhmad semuanya malas.

Jawaban: C
Badrun adalah teman akhmad. Akhmad menjadi buruh di sebuah pabrik. Dengan demikian dapat disimpulkan Badrun mungkin teman sekerja Akhmad.

Contoh soal CPNS Kemampuan Verbal Analisis

Contoh soal CPNS kemampuan verbal analisis pada bagian ini terdiri dari nomor 16-20 sebagai sampel soal. Selebihnya Anda dapat memperkaya latihan secara mandiri.

Teks berikut untuk menjawab soal nomor 16-18

Contoh Soal CPNS 2021 Kemampuan Verbal Analisis Nomor 21-23
Contoh Soal CPNS 2021 Kemampuan Verbal Analisis Nomor 21-23

Soal nomor 16
Alternatif urutan kunjungan kepala BKN yang benar adalah ….

A. Kendari, Jakarta, Lamongan, Kupang, Manado, Palembang

B. Jakarta, Kendari, Kupang, Lamongan, Pelembang, Manado

C. Palemebang, Kendari, Manado, Lamongan, Jakarta, Kupang

D. Lamongan, Kendari, Palembang, Kupang, Manado, Jakarta

E. Manado, Kupang, Kendari, Palembang, Lamongan, Jakarta

Jawaban: D
Berdasarkan penjelasan, maka disimpulkan; Jakarta harus dikunjungi pertama, Kendari kedua, Palembang kelima, dan Manado terakhir. Sehingga alternatif urutan perjalanan yang mungkin; Jakarta, Kendari, Kupang, Lamongan, Palembang, Manado.

Soal nomor 17
Pernyataan yang benar mengenai perjalanan dinas Kepala BKN tersebut adalah ….

A. Ia mengunjungi Jakarta pada kesempatan pertama

B. Ia mengunjungi Kendari pada kesempatan kedua

C. Ia mengunjungi Lamongan pada kesempatan keenam

D. Ia mengunjungi Manado pada kesempatan keempat

E. ia mengunjungi Kupang pada kesempatan Keenam

Jawaban: A
Alternatif urutan perjalanan yang mungkin; Jakarta, Kendari, Kupang, Lamongan, Palembang, Manado. Jadi jawaban yang benar, “Ia mengunjungi Jakarta pada kesempatan perdana”

Soal nomor 18
Jika Kepala BKN mengunjungi Palembang sebagai yang terakhir, maka alternatif BKD pertama dan ketiga yang mungkin adalah ….

A. Jakarta dan Palembang
B. Jakarta dan Lamongan
C. Lamongan dan Kupang
D. Manado dan Kupang
E. Palembang dan Jakarta

Jawaban: B
Jika palembang berada pada urutan terakhir, maka didapatkan kemungkinan urutan perjalanan berikut: Jakarta, Kendari, Lamongan , Kupang, Manado, dan Palembang.

Jadi, kota yang menjadi kota pertama dan ketiga dalam jadwal kunjungan tersebut adalah Jakarta dan Lamongan.

Teks berikut untuk menjawab soal nomor 19 – 20

Contoh soal CPNS 2021 kemampuan verbal analisis nomor 24-25
Contoh Soal CPNS 2021 Kemampuan Verbal Analisis Nomor 24-25

Soal nomor 19
Bila Asih menyukai tenis, maka pernyataan yang pasti benar adalah ….

A. Cecep menyukai tenis.
B. Entin menyukai badminton
C. Bima menyukai futsal
D. Asih menyukai futsal
E. Bima menyukai basket

Jawaban: C
Jika Asih menyukai tenis, maka didapatkan tabel kemungkinan olahraga kesukaan dari 5 orang anak tersebut seperti di bawah ini.

Nama Jenis Olahraga
Fut
sal
Voli Tenis Bad
minton
Bas
ket
Asih x
Bima x
Cecep x
Dedy x
Entin x

Jadi pernyataan yang pasti benar adalah; Bima menyukai futsal.

Soal nomor 20
Bila Bima menyukai tenis, maka pernyataan berikut yang salah adalah ….

A. cecep menyukai voli
B. Entin menyukai voli
C. Dedy menyukai Basket
D. Asih menyukai voli
E. Dedy menyukai voli

Jawaban: D
Jika Bima menyukai tenis, maka didapatkan tabel kemungkinan olahraga kesukaan dari 5 orang anak tersebut sebagai berikut:

Nama

Jenis Olahraga

Fut
sal
Voli Tenis Bad
minton
Bas
ket
Asih x
Bima x
Cecep x
Dedy x
Entin x

Jadi, pernyataan yang salah adalah; “Asih menyukai voli”

Demikian pembahasan kita mengenai contoh soal CPNS kemampuan verbal. saya sarankan Anda terus monitoring laman hadunia.com ini, karena setelah ini kami berencana berbagi soal-soal CPNS 2021 yang lebih spesifik lagi. Seperti; contoh soal kemampuan verbal analisis, contoh soal kemampuan verbal silogisme dan contoh soal kemampuan verbal analogi. Selain itu Anda juga bisa mempelajari materi kami yang lain seperti materi TWK CPNS 2021 dan contoh soal TKP.  Salam!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.