Jenis Pertunjukan Kesenian Khas Indonesia yang Patut Dilestarikan

pertunjukan seni khas indonesia

Indonesia memiliki banyak keragaman budaya, termasuk dalam hal pertunjukan kesenian. Ada banyak pertunjukan kesenian yang bisa kamu nikmati di berbagai pagelaran kesenian. Pertunjukan-pertunjukan tersebut biasanya dilaksanakan di gedung pertunjukan dan panggung teater.

Galeri Indonesia Kaya mempunyai beragam deretan jenis pertunjukan kesenian khas Indonesia yang bisa kamu nikmati saat liburan. Penasaran apa saja jenis-jenis pertunjukan kesenian tersebut? Lebih baik langsung simak ulasannya berikut ini.

Read More

Pertunjukan Kesenian Khas Indonesia

Pada pembahasan kali ini, ada beberapa jenis pertunjukan kesenian yang biasa ditampilkan di depan publik sebagai bentuk hiburan dan pelestarian budaya. Daripada semakin penasaran, lebih baik langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

Tari Barong

Pertama, ada tari Barong. Tari Barong ialah salah satu pertunjukan seni tari yang berasal dari Bali. Apabila kamu berkunjung ke Bali, tentu sudah tidak asing lagi dengan pertunjukan kesenian yang satu ini bukan?

Tari Barong sudah ada sejak abad pra-hindu, dan tarian ini menggambarkan suatu pertarungan antara dharma (kebaikan) dengan adharma (kebatilan). Barong memiliki lambang kebaikan yang bertarung melawan Rangda yaitu kejahatan.

Pada akhir tarian Barong, akan ditampilkan pula Tari Keris yang turut mengiringi. Ini adalah tarian yang dimana beberapa orang penari pria akan menusukkan keris ke dalam tubuhnya tanpa terluka.

Baca Juga:  Merk Tas Branded Dibawah 500 Ribu, Penasaran? Cek Aja Yuk!

Pertunjukan Angklung

angklung

Selanjutnya ada pertunjukan Angklung. Angklung adalah nama alat musik yang terbuat dari bambu dan berasal dari Jawa Barat. Ini adalah salah satu alat musik tradisional yang hingga saat ini melegenda dan sering ditampilkan di berbagai pertunjukan.

Perlu diketahui, angklung kini semakin mendunia dan banyak turis-turis mancanegara yang tidak ragu untuk mencoba memainkan alat musik yang satu ini. Hal ini karena angklung dapat mengeluarkan alunan suara yang merdu, dan indah apabila dipadukan dengan nada-nada lainnya.

Uniknya, alat musik angklung ini harus dimainkan dalam jumlah yang banyak dan terdiri dari banyak nada agar bisa menghasilkan musik yang enak didengar. Selain itu, biasanya saat pertunjukan angklung, juga dipadukan dengan alat musik lainnya seperti jimbe, bass, atau akom.

Wayang

wayang

Pertunjukan kesenian selanjutnya adalah wayang. Wayang ada banyak jenisnya, mulai dari wayang kulit, wayang golek, hingga wayang orang. Penampilan wayang orang mungkin akan lebih menarik bagi sebagian orang karena terkesan lebih nyata dan realistis.

Perlu kamu ketahui, wayang orang pertama kali diciptakan oleh Raja Sultan Amangkurat I sekitar pada tahun 1731. Pada umumnya, kelompok kesenian wayang orang ini mengadakan pertunjukan dengan cara berkeliling desa.

Hingga saat ini, karya seni wayang masih selalu dinantikan kehadirannya di berbagai pertunjukan seni. Apalagi di dalam pertunjukannya, selalu memiliki kesan, makna, atau amanat tersendiri dalam cerita yang disampaikannya.

Tari Kecak

tari kecak

Selanjutnya ada tari kecak. Tari Kecak berasal dari Bali, sama dengan Tari Barong. Karya seni dan budaya tari ini sudah terkenal sejak lama sampai seantero dunia. Tari Kecak adalah sebuah destinasi wisata ritual rohani sekaligus budaya lokal di wilayah Pulau Dewata, Bali.

Baca Juga:  Persamaan & Perbedaan Iklan, Slogan dan Poster Beserta Contoh

Awal munculnya tari kecak ini ialah sebuah ritual kuno suku Bali yang biasa disebut sebagai Sanghyang, yang merupakan ritual dengan tujuan untuk mengusir kehadiran roh jahat.

Sampai saat ini, tari kecak selalu dinantikan kehadirannya apabila mengunjungi galeri pertunjukan kesenian. Selain itu, tari kecak juga mengandung cerita tokoh pewayangan yang terkenal yaitu Ramayana.

Reog Ponorogo

pertunjukan seni khas indonesia

Sesuai namanya, karya seni Reog Ponorogo berasal dari Ponorogo, Jawa Timur. Ini adalah salah satu karya seni yang terkenal dan selalu menjadi perhatian banyak orang. Ciri khas dari Reog Ponorogo ialah pada kostumnya yang besar, lebar, dan berat hingga mencapai 50 kg.

Tidak hanya itu, kehebatan dari tarian ini yaitu pemain Reog akan menggunakan gigi-gigi mereka untuk mengangkat kostum tersebut. Ada beberapa negara yang menyatakan kekagumannya dengan pertunjukan Reog Ponorogo, di antaranya Amerika Serikat, Malaysia, Korea, dan Spanyol.

Reog Ponorogo juga biasa ditampilkan pada saat acara-acara tertentu. Beberapa acara tersebut misalnya seperti pernikahan mewah, festival seni, perayaan ulang tahun kota, dan masih banyak lagi. Reog Ponorogo selalu mendapatkan perhatian lebih dari masyarakat yang menontonnya.

Sewa Gedung Pertunjukan di Galeri Indonesia Kaya

Dari uraian di atas, kini kamu sudah mengetahui beberapa jenis pertunjukan kesenian yang biasa diadakan di berbagai acara pertunjukan. Apabila kamu mempunyai atau akan mengadakan acara pertunjukan kesenian, kamu bisa menyewa tempat di Galeri Indonesia Kaya.

Galeri Indonesia Kaya adalah ruang edutainment budaya dari Bakti Budaya Djarum Foundation yang berbasis teknologi digital. Di sini, terdapat banyak informasi menarik mengenai kekayaan budaya nusantara.

Galeri Indonesia Kaya menyediakan berbagai ruangan teater dan pertunjukan untuk menunjang aktivitas pertunjukan karya seni. Selain itu juga menyuguhkan berbagai macam pertunjukan yang dapat ditonton oleh masyarakat.

Baca Juga:  12 Cara Mengurangi Nafsu Makan dan Ngemil Secara Alami

Semoga bermanfaat ya.

About Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *