Makanan Burung Pelatuk yang Paling Disukai, Ada Jangkrik & Kroto!

burung pelatuk

Makanan Burung Pelatuk – Bagi anda pecinta burung khususnya burung pelatuk maka wajib tahu nih apa saja makanan kesukaan burung pelatuk, nah disini haidunia akan berbagi informasi seputar makanan burung pelatuk yang paling digemari, pastinya jenis makanan ini ada di sekeliling anda semuanya.

Burung ini memiliki bentuk paruh yang panjang dan runcing, sehingga tidak menghernakan kalau burung ini suka memelatuk apa yang ada di hadapannya, termasuk batang poho dan ranting.

Read More

Burung pelatuk memiliki nama lain Ordo Piciformes, burung ini sering menggunakan paruhnya untuk membuat lubang baik di pohon maupun tempat lainnya yang biasanya digunakan sebagai sarang. Sarang ini biasanya juga digunakan burung pelatuk untuk menaruh telur-telur yang akan menetas.

Mungkin sebagian dari kalian belum bisa mebedakan mana burung pelatuk dan mana burung lainnya.

Ciri dan Karakteristik Burung Pelatuk

Ada beberapa cirikhas burung pelatuk, adapun ciri dan karakteristiknya adalah sebagai berikut.

  1. Pelatuk memiliki paruh yang lancip dan tajam, paruh ini berfungsi untuk mematuk kulit pohon sehingga terkelupas, tidak jarang pelatuk juga mencari makanan berupa serangga di balik kulit pohon
  2. Mempunyai lidah panjang, berfungsi untuk menangkap makanan serangga
  3. Memiliki cakar kaki yang sangat kuat, sehingga burung pelatuk bisa dengan mudah bertengger di mana saja, termasuk di dahan yang tinggi sekalipun
  4. Memiliki otot kepala dan leher yang kuat, sehingga mampu untuk mematuk pohon dengan sangat cepat
  5. Mempunyai bulu ekor yang kaku, sangaat berguna untuk menjaga stabilitas burung ketika bertengger di dahan pohon

Nah itulah ciri-ciri burung pelatuk yang harus kalian ketahui, nah kalau sudah tahu ciri-cirinya, sekarang haidunia akan berbagi informasi apa saja makanan burung pelatuk.

Makanan Burung Pelatuk yang Paling Disenangi

Ada beberapa makanan yang paling digemari diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Jangkrik

makanan burung pelatuk

Jangkrik adalah salah satu makanan yang disukai burung berparuh lancip ini, jangkrik memiliki protein yang sangat bagus, hampir sama dengan udang dan belalang.

Jangkrik biasanya hidup di area lembab, persawahan sehingga untuk menemukan jangkirk tentu bukan hal yang sulit dilakukan.

Memberik burung pelatuk makanan jangkrik tentu akan bermaanfaat untuk pertumbuhan burung pelatuk itu sendiri

2. Ulat Hongkong

ulat hongkong makanan burung

Makanan berikutnya yang disukai pelatuk adalah ulat hongkong, ulat jenis ini sudah menjadi jenis makanan umum untuk burung. Ulat ini dipecaya memiliki protein yang bagus untuk pertumbuhan burung.

Ulat hongkong yang disajikan tentu yang berkualitas ya, yang sehat, karena kalau ulat hongkong kualitasnya jelek maka bisa berakibat buruk pada kesehatan burung itu sendiri

3. Voer

makanan burung pelatuk

Jenis pakan ini sangat baik diberikan kepada burung pelatuk, selain bermanfaat untuk protein voer juga bisa melatih burung untk berbunyi.

Voer juga memiliki kandungan gizi yang baik dan banyyak, bilaman burung pelatuk belum teriasa memakan voer maka perlu dibiasakan, caranya dnegan mencampurkan voer dengan Ef jangkrik, maupun ef ulat hongkong

4. Kroto

kroto makanan burung pelatuk

Mungkin kalian sudah tahu kalau kroto sangat baik untuk perkembangan burung, kroto membantu burung agar tetap fit dan rajin berbunyi.

Pemberikan makanan berupa kroto sangat bermanfaat untuk pertumbuhan burung, terlebih ketika masih masa pemasteran sangat bermanfaat untuk perkembangan otak.

Selain itu kroto juga sangat bagus untuk mengatasi masalah yang dihadapi oleh burung pelatuk.

Akhir Kata

Mudah bukan mencari makan untuk burung ini? makanan tersebut ada di sekitar anda semuanya. Memberi makan burung memang bukan perkara susah, namun jangan sembarangan juga dalam memberikan makanan kepada burung, karena dapat berakibat fatal.

Semoga informasi seputar makanan burung pelatuk ini bermanfaat untuk para pecinta burung. 😉

Related posts