11 Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing Paling Menggiurkan

jasa editing video

Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing – Pesaing menjadi salah satu pertimbangan penting bagi seseorang untuk memulai sebuah kegiatan usaha baru. Karena semakin banyaknya pesaing yang berdekatan, dengan jumlah konsumen terbatas, maka peluang untuk mendapat pelanggan juga semakin kecil. Untuk itulah kadang orang perlu mencari tahu dulu jenis peluang usaha yang belum banyak pesaing di daerahnya, agar bisa maksimal. Beberapa contoh peluang tersebut, antara lain: 

1. Bisnis Penjualan Barang Antik

Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing

Read More

Rekomendasi pertama peluang usaha yang belum banyak pesaing adalah bisnis penjualan barang antik. Jika dicermati sepintas, hal ini memang terbilang aneh dan kurang banyak disukai oleh orang-orang khususnya pemula. Namun bila ditelaah lebih dalam, bisa memunculkan sebuah peluang yang besar. Terlebih jika orang yang menjalankan bisnisnya telah menemukan pasar yang tepat, berupa komunitas pecinta barang antik yang bisa jadi pelanggan. 

Bila tertarik untuk menjalankan peluang usaha yang terbilang istimewa ini maka yang diperlukan pertama kali ialah kesabaran. Yakni sabar dalam mengumpulkan benda antik untuk dijual melalui perburuan, baik di media sosial maupun dunia nyata. Selain itu, pengusaha juga harus sabar dalam mencari konsumen potensial dari barang yang ditawarkan. Bisa dengan masuk komunitas pecinta di sosial media, aneka pameran, hingga menawarkan via marketplace yang banyak diakses penggunanya.

2. Jasa Perawat Lansia

Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing

Bagi siapapun yang berjiwa sosial, ide bisnis ini juga sangat menjanjikan. Lantaran, belum banyak orang yang menawarkan jasa perawat lansia. Perlu diketahui, saat ini tidak jarang orang yang sering dihadapkan dengan situasi sulit. Di mana ketika seseorang harus aktif bekerja, sedangkan orang tua di rumah membutuhkan perawatan.

Ketika terjadi hal tersebut, pilihannya hanya satu, yaitu mencari jasa perawat lansia. Bagi siapapun yang memang memiliki kepedulian yang tinggi terhadap orang tua, usaha bisa mulai dijalankan. Tidak hanya bekerja saja, namun juga dapat berkontribusi dalam kehidupan sosial.

3. Usaha Kuliner Khas Negara Asing

Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing

Seperti yang sudah diketahui, bahwa usaha kuliner merupakan usaha yang paling menjanjikan. Banyak orang yang bingung untuk memilih menu makanan karena merasa bosan. Dengan menjual makanan khas negara asing, maka bukan tidak mungkin masyarakat akan penasaran untuk mencicipinya secara langsung.

Hal tersebut menjadikan peluang usaha yang belum banyak pesaing ini cukup menjanjikan. Bagaimana tidak? Seseorang tidak perlu melancong hingga ke luar negeri hanya sekadar untuk mencicipi berbagai kuliner khas negara asing. Beberapa kuliner yang belakangan cukup banyak peminatnya yaitu khas negara Jepang, Korea, Turki, Thailand, Arab, China dan lainnya.

4. Penjualan Produk Kreatif dari Hasil Daur Ulang

Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing

Sebenarnya produk yang dihasilkan dari daur ulang sudah ada sejak dulu. Namun, hingga sekarang, tidak banyak yang menggeluti bidang usaha ini. Padahal modal yang digunakan cukup kecil. Yakni yang dibutuhkan dalam usaha ini adalah kreativitas serta kerajinan tangan. Sehingga, siapapun dapat mendaur ulang barang bekas atau sampah menjadi sesuatu yang baru dengan nilai tinggi.

Sebagai contoh yang belakangan viral di sosial media ialah pengolahan ban bekas menjadi aneka kerajinan tangan yang indah. Mulai dari ayunan, aneka patung karet, tempat sampah cantik, hingga sofa rakitan yang sangat nyaman untuk digunakan. Bahkan tidak hanya sekedar indah saja, namun juga memiliki nilai ekonomis yang besar, yang konon bahkan bisa menembus pasar hingga mancanegara.

5. Seminar Production

Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing

Peluang usaha yang belum banyak pesaing dan terbilang cukup unik adalah seminar production. Dalam bidang usaha ini, maka seseorang harus menyiapkan serta menyelenggarakan seminar-seminar. Umumnya, seminar semcam ini  dipesan oleh sebuah perusahaan atau instansi tertentu.

Sebagai team dari seminar production maka harus merencanakan tema serta isi dari seminar. Selain itu, team juga harus melakukan promosi tiket, menghubungi narasumber, hingga menyiapkan dan menata gedung seminar agar menarik.

6. Pet Grooming

pet grooming

Perawatan hewan peliharaan menjadi peluang usaha yang belum memiliki banyak pesaing namun menjanjikan. Apalagi jika diimbangi dengan pelayanan yang baik, maka bukan tidak mungkin brand dari pet grooming menjadi lebih terkenal. Syaratnya yang paling utama ialah memiliki kecintaan dan ketelatenan dalam menyayangi aneka binatang peliharaan.

Tidak hanya memiliki pesaing yang sedikit, bisnis pet grooming juga memiliki pasar yang lebih spesifik. Bahkan beberapa kalangan yang loyal adalah kelas menengah ke atas. Jadi, yang harus dilakukan pada bisnis ini adalah mengontrol layanan yang diberikan. Dengan memberikan layanan yang baik, maka feedback dari konsumen juga akan baik.

7. Jasa Editing Video

jasa editing video

Saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan video untuk sarana memasarkan produk. Bagi siapapun yang memiliki keahlian dalam bidang edit video, cobalah memanfaatkannya sebagai peluang usaha.

Cukup dengan mengembangkan kemampuan dalam editing video hingga dapat membuat video yang berkualitas. Dengan video yang bagus dan berkualitas, maka semakin banyak perusahaan yang tertarik untuk menggunakan jasa yang ditawarkan.

8. Developer Pembuat Animasi

jasa pembuat animasi

Jika memiliki keterampilan di bidang animator, maka jadikanlah hobi tersebut sebagai peluang usaha yang menjanjikan. Saat ini banyak perusahaan tertentu yang melakukan promosi dengan menggunakan animasi 3 dimensi. Animasi sendiri diperuntukkan di beberapa hal,  mulai dari iklan, content periodik, kampanye, dan lainnya.

Untuk memulai usaha ini dapat dilakukan dengan mempromosikan di komunitas online. Atau dapat juga dipromosikan pada situs freelance. Pastikan untuk membuat fortofolio semenarik mungkin, sehingga client tertarik menggunakan jasa animasi tersebut.

9. Berjualan di Atas Truk Portable

jualan di food truck

Pernah dengar food truck? Aktivitas menjual makanan menggunakan mobil besar atau truk. Di luar negeri usaha ini sangat disukai karena seseorang tidak perlu menyewa tempat usaha. Cukup dengan berjualan di pinggir jalan menggunakan media truk. Namun di sini ini menjadi peluang usaha yang belum banyak pesaing, karena belum banyak dilirik. 

Padahal ini tidak hanya digunakan untuk menjual makanan saja, melainkan juga untuk menjual barang-barang lain. Seperti boneka, baju, aksesoris, paket data, tanaman dan lainnya. Bahkan peluang menariknya adalah dengan membuka jasa pindahan rumah ataupun kos. Cukup mudah bukan?

10. Penjaja Makanan Cepat Saji dan Menyehatkan

makanan cepat saji

Seperti yang terlihat, saat ini sudah banyak penjual makanan cepat saji di sekitar. Bahkan berbagai menu dan rasa yang ditawarkan sangat enak sehingga begitu menggiurkan. Sayangnya, dalam makanan cepat saji tidak mengandung bahan menyehatkan.

Berdasarkan hal inilah, maka usaha makanan cepat saji dan menyehatkan bisa menjadi peluang usaha yang lebih menjanjikan. Tawarkan beberapa paket makanan siap saji dengan kandungan dan gizi yang seimbang. Hal ini juga berlaku untuk produk minuman yang ditawarkan. Dengan promosi yang pas, orang-orang akan mulai beralih untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang menyehatkan tersebut.

11. Pembuat Konten ASMR

pembuat konten asrm

ASMR merupakan konten yang belakangan begitu viral di sosial media. Konten ini berisikan suara-suara tertentu yang bisa memicu respon spontanitas dari pendengarnya. Seperti suara hujan di genting yang menjadikan pendengarnya merasa ngantuk tiba-tiba. Meski sederhana, ternyata ini banyak disukai oleh orang, dan bisa berpeluang dilihat berkali-kali.

Jika dicermati hal ini bisa jadi peluang usaha yang belum banyak pesaing. Padahal ketika konten seperti ini diunggah di Youtube dan diakses oleh banyak orang, maka bisa berpeluang besar untuk mendapatkan viewers. Bahkan tidak menutup kemungkinan akan mendapatkan keuntungan berlipat baik dari endorse maupun adsense. Cukup istimewa bukan? 

Demikian beberapa peluang usaha yang belum banyak pesaing sehingga sangat menjanjikan untuk digeluti. Siapapun dapat memanfaatkan hobi yang dimiliki untuk menjadi sebuah usaha, demi mendapatkan keuntungan. Bagaimana sudah menentukan mau menjalankan jenis usaha yang mana? Pastikan untuk mempertimbangkan matang-matang sebelum memulainya!

Related posts