Perbandingan Matematika [Pengertian Senilai & Berbalik Nilai]

perbandingan matematika

Perbandingan Matematika – Hallo Sobat Matematikawan! Jika kita bicara perbandingan matematika, maka kita juga akan berbicara mengenai pengertian perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai.

Tulisan ini akan mengulas sedikit mengenai perbandingan matematika dari sisi pengertian, jenis-jenis perbandingan serta tinjauan kurikulumnya. Simak sampai tuntas ya!

Perbandingan Matematika: Pengertian & Jenisnya

Materi perbandingan merupakan salah satu bagian dari materi yang mana peserta didik masih kerap mengulangi kesalahan dalam memahami (Raharjanti, dkk., 2016). Padahal penguasaan materi perbandingan sangat penting sebagai dasar penguasaan materi-materi matematika selanjutnya seperti aritmetika (Ruiz, 2009).

Kata perbandingan diterjemahkan oleh Kamus Besar Berbahasa Indonesia (KBBI) sebagai suatu persamaan atau persesuaian dua benda atau dua hal yang berlainan. Dalam pokok bahasan matematika yang dimaksud  dua benda atau dua hal bisa berupa dua bilangan.

Secara umum, perbandingan dibedakan menjadi dua jenis, yaitu perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai.

Lamon (2013) mengungkapkan bahwa perbandingan senilai merupakan perbandingan yang perubahan nilai pada satu kuantitas diikuti oleh perubahan kuantitas lain, dengan nilai perubahan yang sama.

Sebaliknya perbandingan berbalik nilai merupakan perbandingan yang perubahan nilai pada satu kuantitas diikuti oleh perubahan kuantitas lain, dengan nilai perubahan yang berlawanan.

Berdasarkan kedua definisi tersebut, maka dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang berkaitan dengan materi perbandingan senilai dan berbalik nilai, hal-hal yang perlu diperhatikan, yaitu (1) kuantitas yang terlibat, (2) nilai perubahan antar kuantitas (3) pemodelan secara matematis, dan (4) prosedur penghitungan.

Ciri-ciri soal perbandingan senilai dan perbandingan bebalik nilai menurut Sukirman (2010) adalah sebagai berikut:

  1. Perbandingan Senilai

Apabila terdapat korespondensi satu-satu antara 2 kelompok data dengan sifat nilai perbandingan dua elemen di kelompok kiri sama dengan nilai perbandingan 2 elemen bersesuaian yang ada di kelompok kanan maka kedua kelompok data itu disebut berbanding senilai.

Baca Juga:  Tugas Wali Kelas, Guru Kelas, Guru BK & Guru Piket

Ciri dari perbandingan senilai adalah jika nilai atau banyak obyek di kelompok kiri semakin bertambah akan berakibat nilai atau obyek yang bersesuaian di kelompok kanan juga akan semakin bertambah, disamping itu perbandingan dua elemen di kelompok kiri dan kanan sama

  1. Perbandingan Berbalik Nilai

Apabila terdapat korespondensi satu-satu antara 2 kelompok data dengan sifat nilai perbandingan 2 elemen yang bersesuaian di kelompok kedua berbalik nilainya dengan nilai perbandingan di kelompok pertama maka perbandingan antara kelompok pertama dengan kelompok kedua disebut perbandingan berbalik nilai.

Pembelajaran konsep perbandingan diajarkan pada kelas VII semester 2 SMP. Dalam materi perbandingan ini peserta didik akan belajar mengenai rasio dua besaran, perbandingan senilai dan berbalik nilai, serta memecahkan masalah yang berkaitan dengan perbandingan senilai dan berbalik nilai.

Tinjauan Kurikulum

Berbicara tinjauan kurikulumnya, maka kita akan membedah mengenai Kompetensi Dasar dan Pencapaian Kompetensi (IPK). Gambaran umumnya adalah sebagai berikut:

Kompetensi Dasar

3.8 Membedakan perbandingan senilai dan berbalik nilai dengan menggunakan tabel data, grafik, dan persamaan

4.8   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan senilai dan berbalik nilai

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

  1. Membedakan perbandingan senilai dan berbalik nilai dengan menggunakan tabel data, grafik, dan persamaan
  2. Menjelaskan perbandingan senilai dan berbalik nilai
  3. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan senilai
  4. Menyelasaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan berbalik nilai

 

You May Also Like

About the Author: Ageng Triyono

Curriculum Researcher & Developer | Guru Kampung | Penulis Lepas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *