Cara Mengunci File Excel Agar Tidak Bisa Diedit dan Dicopy, Berhasil!

cara mengunci file excel agar tidak bisa diedit

Cara Mengunci File Excel Agar Tidak Bisa Diedit – Proteksi pada sebuah file terkadang menjadi sebuah keharusan supaya file tersebut tidak bisa diedit dan diotak atik oleh orang lain. Anda bisa mengunci file apa saja termasuk mengunci file excel agar tidak bisa diedit.

Mengunci excel agar tidak bisa diedit caranya sangat mudah sekali, pada postingan ini saya akan mengulas langkah-langkah supaya anda dapat mengunci file excel dengan cepat dan mudah. Yuk ikuti tutorialnya berikut ini.

Read More

Cara Mengunci File Excel Agar Tidak Bisa Diedit

Sebelum mulai mengunci excel pastikan terlebih dahulu anda sudah memiliki sheet aktif yang telah terisi data di excel ya. Simak langkah-langkah mengunci file excel dengan mudah dibawah ini.

1. Buka File Excel yang Ingin Diproteksi

Langkah pertama silahkan buka file excel yang anda proteksi kemudian buka sheetnya. Setelah sheet terbuka silahkan lihat di bar menu, pilih Review => Protect Sheet

cara mengunci file excel agar tidak bisa diedit

2. Masukkan Password Pada Sheet yang Ingin Diproteksi

Selanjutnya klik Protect Sheet lalu akan muncul kotak dialog, masukkan password untuk memproteksi sheet anda, password bebas yang penting tidak terlalu sulit. Setelah password dimasukkan klik Ok

cara mengunci file agar tidak bisa diedit

Nanti akan muncul kotak dialog berikutnya, masukkan password anda sekali lagi, sampai sini selesai, sheet excel anda sudah aman dan tidak bisa diedit oleh orang lain. Jadi fungsi dari proteksi sheet ini adalah mencegah orang lain untuk melakukan tindakan pengeditan sheet dan mengganti format dokumen.

Selain itu anda juga bisa memproteksi workbook excel anda dari gangguan orang yang ingin memindahkan, menghapus atau menambahkan sheet excel. Caranya juga sangat simpel dan mudah. Berikut langkah-langkahnya.

Klik menu Review pada bar menu excel, kemudian pilih Protect Workbook

cara mengunci file excel agar tidak bisa diedit

Setelah itu akan muncul kotak dialog Protect structure and windows yang meminta anda untuk memasukkan password, silahkan centang pada bagian Structure dan Windows. Kemudian masukan password yang anda inginkan.

cara memproteksi file excel

Masukkan kembali password pada kotak dialog yang kedua, lalu klik OK. Fungsi dari proteksi workbook sendiri adalah supaya orang lain tidak bisa memindahkan, menghapus atau menambahkan sheet yang telah ada jadi file excel anda akan lebih aman.

Akhir Kata

Memproteksi file excel adalah sesuatu yang penting, bagi anda yang memiliki file excel yang sangat penting maka saya anjurkan anda untuk menguncinya agar tidak ada tangan jahil yang mengotak atik file excel anda.

Demikian tutorial singkat cara mengunci file excel agar tidak bisa diedit, mudah bukan? baca juga artikel Tutorial menarik lainnya dari Akhmad Saikuddin

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.