Cara Update BIOS Laptop dan PC / Komputer Paling Mudah

cara update bios

Cara Update BIOS – Update BIOS adakalanya menjadi penting bagi yang mengerti dunia komputer, BIOS sendiri singkatan dari Basic Input Output System dimana BIOS memiliki fungsi utama dan vital dalam sebuah komputer yang sudah tertanam dalam motherboad komputer.

BIOS sendiri memiliki fungsi menghubungkan sistem operasi dengan hardware komputer.

Kenapa Perlu Update BIOS pada Komputer?

Layaknya perangkat lunak pada komputer, jika selalu diupdate maka performanya akan semakin baik, begitu pula dengan BIOS jika diupdate akan meningkatkan performa dan bisa meningkatkan keamanan komputer.

Namun sebetulnya BIOS tidak tidak diupdate pun tidak masalah, karena jika salah salam mengupdate BIOS maka taruhannya adalah komputer anda akan ngehang.

Jadi sebelum benar benar memutuskan untuk update BIOS fikirkan matang-matang terlebih dahulu, dan jika sudah mantap cara update BIOS komputer harus dilalui dengan cara yang benar agar tidak terjadi eror di kemudian hari.

Cara Update BIOS Pada Komputer dan Laptop

cara update bios

Langkah pertama untuk update BIOS adalah dengan mengetahui terlebih dahulu versi BIOS yang anda gunakan. Untuk mengetahui versi BIOS yang sedang digunakan sebuah komputer adalah dengan mengetik msinfo32 pada kotak pencarian di Windows sebelah bawah kiri.

Lalu setelah itu klik kanan pada System Information, lalu pilih administrator. Oke sampai sini sudah tahu ya versi BIOS yang sedang digunakan? kalau sudah sekarang masuk ke pengaturan BIOS.

Untuk masuk ke BIOS caranya mudah, ketika PC atau laptop baru saja dinyalakan klik tombol F2 atau delete maka akan masuk ke sistem BIOS.

Kemudian cari Update BIOS, ada beberapa cara untuk update BIOS bisa menggunakan USB atau langsung lewat internet alias online.

BACA:  Cara Menghapus Akun Bukalapak Secara Permanen Tuntas Ke Akarnya

Jika menggunakan USB sebagai media update BIOS anda perlu mendownload BIOS dari produsen motherboad terlebih dahulu, jika sudah silahkan masukkan USB ke port USB yang tersedia pada motherboad.

Setelah itu silahkan buka kembali menu update BIOS, kemudian pilih bagian USB Bootable, setelah itu biarkan sistem bekerja untuk mengupdate BIOS komputer anda.

Selain menggunakan media USB anda bisa update BIOS online menggunakan internet, caranya mudah tinggal update BIOS dan tunggu sitem mengupdate BIOS, saran haidunia usahakan koneksi internet dalam kondisi stabil dan cepat agar proses update BIOS lancar tanpa kendala.

Jika update BIOS berhasil maka komputer secara otomatis akan merestart sendiri.

Update BIOS ini berlaku untuk laptop merek apapun, Asus, Acer, Lenovo, MSI, Toshiba, Gigabyte, Asrock, Biostar, dan lain sebagainya.

Nah itulah cara mudah dan simpel update BIOS laptop dan komputer, selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *