10 Jurusan yang Banyak Peluang Kerjanya dan Bergaji Tinggi

10 Jurusan yang Banyak Peluang Kerjanya dan Bergaji Tinggi – Memilih jurusan kuliah tentu tidak boleh sembarangan. Selain menyesuaikan dengan minat dan bakat, prospek lulusannya juga perlu diperhatikan. Pasalnya, jurusan yang banyak peluang kerjanya tentu lebih menjanjikan untuk dipilih. Apalagi jika gaji yang dihasilkannya cukup besar, seperti beberapa jurusan di bawah ini:

1. Kedokteran

10 Jurusan yang Banyak Peluang Kerjanya dan Bergaji Tinggi

Siapa sih yang tidak membutuhkan dokter? Dari zaman dahulu hingga sekarang profesi ini selalu dibutuhkan di mana-mana. Menjadi seorang Dokter juga memiliki nilai moral yang tinggi, sebab bisa menolong banyak orang untuk sembuh dari penyakitnya.

Gaji seorang dokter pun tak perlu dipertanyakan lagi. Sudah rahasia umum jika profesi ini bisa menghasilkan banyak uang. Tidak aneh, jika jurusan ini selalu menjadi pilihan favorit. Sebagai gambaran, untuk dokter umum di rumah sakit, gaji yang bisa diperoleh mencapai angka 12 hingga 15 juta rupiah per bulannya. Sedangkan untuk dokter spesialis, penghasilannya bisa mencapai 45 juta rupiah.

2. Psikologi

10 Jurusan yang Banyak Peluang Kerjanya dan Bergaji Tinggi

Hampir semua perusahaan membutuhkan lulusan jurusan psikologi, terutama untuk mengisi jabatan HRD pada perusahaan-perusahaan berskala besar. Pilihan lain lulusan jurusan ini, bisa memilih untuk menjadi Psikolog yang membuka layanan konsultasi pribadi. Lalu menjadi guru BK atau dosen psikologi juga merupakan peluang kerja yang bisa diambil oleh para lulusan.

Gaji lulusan psikologi bermacam macam. Misalkan untuk HRD, gaji yang didapatkan bergantung skala perusahaan yang ditempatinya bekerja. Untuk HRD berskala multinasional, gaji yang diperolehnya bisa mencapai 35 hingga 45 juta per bulannya.

Guru psikologi mendapatkan gaji yang lebih rendah, yaitu berkisar 2 hingga 8 juta rupiah. Untuk dosen, gaji yang didapatkan lebih tinggi, antara 7 hingga 15 juta rupiah, dengan konsekuensi jenjang pendidikan yang dijalani juga harus lebih tinggi. Lalu untuk Psikolog sendiri, penghasilan yang dperolehnya berkisar 5 jutaan.

3. Manajemen

10 Jurusan yang Banyak Peluang Kerjanya dan Bergaji Tinggi

Manajemen merupakan salah satu jurusan yang banyak peluang kerjanya. Lulusan jurusan ini sangat dibutuhkan oleh berbagai bidang perusahaan baik skala kecil maupun besar. Misalnya, dalam posisi staff atau manajer marketing, keuangan, HRD, atau staff dan manajer operasional.

Selain bekerja di perusahaan, lulusan manajemen juga bisa menjadi konsultan bisnis, atau menjadi pengajar seperti guru dan dosen manajemen. Lulusan manajemen bahkan memiliki potensi untuk menjadi seorang entrepreneur. Dengan demikian dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi diri sendiri, serta menambah peluang pekerjaan untuk orang lain.

Terkait gaji, lulusan manajemen yang mengambil posisi sebagai staff atau manajer dalam perusahaan bisa mendapatkan penghasilan mulai dari 2 juta hingga 12 juta per bulannya. Sedangkan untuk dosen manajemen, gajinya berkisar 8 hingga 20 juta rupiah dan untuk entrepreneur, penghasilannya tak tebatas.

4. Hukum

10 Jurusan yang Banyak Peluang Kerjanya dan Bergaji Tinggi

Semua urusan perusahaan yang berkaitan dengan hukum dikelola oleh Legal officer. Jadi sudah pasti bahwa peluang lulusan Hukum akan diperlukan banyak perusahaan. Lulusan hukum juga dapat memilih untuk mengambil pfrofesi sebagai pengacara atau hakim yang bekerja di pengadilan.

Pilihan lain lulusan jurusan Hukum bisa menjadi analis kebijakan publik atau konsultan bisnis.  Untuk konsultan junior range gaji berkisar 5 hingga 10 juta. Pengacara junior bisa memperoleh penghasilan 10 sampai 20 juta rupiah per bulan.

5. Ilmu Komunikasi

10 Jurusan yang Banyak Peluang Kerjanya dan Bergaji Tinggi

Cakupan peluang kerja jurusan ilmu komunikasi cukup luas. Lulusannya bisa bekerja dalam berbagai bidang, mulai dari bidang administrasi hingga pembuatan iklan. Selain itu, lulusan ilmu komunikasi juga memiliki peluang untuk bekerja sebagai staff administrasi perusahaan dan staff atau manajer produksi. Hingga bagian lain seperti staff atau manajer pemasaran, sales periklanan, public relation, sampai produser Televisi.

Untuk gaji, secara umum lulusan ilmu komunikasi bisa menghasilkan 2 juta hingga 12 juta per bulannya.  Misalnya untuk staff pemasaran pada perusahaan, gajinya sekitar 2 sampai 4 juta sebulan. Namun untuk posisi manajerial, gaji yang diperolehnya tentu lebih tinggi.

6. Teknik Informatika

10 Jurusan yang Banyak Peluang Kerjanya dan Bergaji Tinggi

Jurusan yang banyak peluang kerjanya serta bergaji tinggi lainnya adalah teknik informatika. Bisa dibilang, jurusan ini sangat menjanjikan dengan semakin meningkat dan berkembangnya penggunaan internet dalam berbagai bidang.

Lapangan pekerjaan di bidang informatika sangat luas. Misalnya, di bidang teknis seperti menjadi developer aplikasi android atau iOS, game developer, web designer, data scientist, software enginer, atau network engineer. Juga bidang lain seperti menjadi Computer Forensic Investigator, konsultan IT, dosen, atau pengusaha.

Untuk gaji seorang IT pada perusahaan, bisa mencapai 15 hingga 27 juta rupiah per bulannya. Penghasilan yang didapatkan tersebut tentu bisa lebih tinggi jika berhasil menjadi pengusaha yang sukses di bidang IT.

7. Teknik Elektro dan Robotika

10 Jurusan yang Banyak Peluang Kerjanya dan Bergaji Tinggi

Di masa depan, tenaga kerja manusia diprediksi akan banyak diganti oleh tenaga komputasi robotik. Ini mungkin ancaman bagi pekerja lainnya. Namun, bagi lulusan teknik elektro dan robotika hal ini merupakan peluang besar.

Lulusan teknik elektro banyak diperlukan oleh berbagai perusahaan. Utamanya, pada perusahaan teknologi dan industri. Misalnya menjadi Project Engineer, System Engineer, Analis sistem, pengembang perangkat, atau bekerja dalam BUMN.

Kisaran gaji yang didapatkan lulusan elektro yang bekerja pada perusahaan teknologi di Indonesia umumnya berkisar 6 sampai 15 juta rupiah. Namun, untuk skala internasional, teknik elektro termasuk jurusan dengan gaji tertinggi.

8. Ilmu Komputer

Jurusan Ilmu Komputer

Ilmu komputer merupakan salah satu jurusan yang banyak peluang kerjanya sehingga semakin banyak diminati. Penggunaan komputer saat ini semakin luas dan digunakan dalam hampir semua bidang pekerjaan. Oleh sebab itu, lulusan ilmu komputer akan selalu dibutuhkan dalam berbagai perusahaan.

Untuk seorang ahli komputer yang bekerja di perusahaan, kisaran penghasilan yang diperolehnya adalah 6 hingga 30 juta rupiah per bulannya. Jika berfprofesi sebagai ilmuwan peneliti dan pengembangan ilmu komputer, pastinya penghasilan yang didapat bisa lebih besar sesuai keberhasilan penelitiannya.

9. Teknik Mesin

Jurusan Teknik Mesin

Sama seperti teknik elektro, lulusan jurusan teknik mesin juga merupakan jurusan yang akan terus dibutuhkan. Perusahaan akan membutuhkan ahli mesin untuk menjaga mesin-mesin perusahaan tetap beroprasi dengan baik dan menangani kerusakan minor yang terjadi.

Pendapatan yang bisa diperoleh lulusan teknik mesin juga beragam. Untuk yang bekerja di perusahaan, umumnya memperloreh penghasilan sebesar 7 hingga 20 juta rupiah setiap bulannya.

10. Aktuaria

Jurusan Aktuari

Jurusan ini mungkin belum banyak dikenal seperti jurusan-jurusan lain yang berada pada daftar ini. Aktuaria merupakan jurusan yang mempelajari ilmu tentang resiko keuangan di masa depan. Prospek lulusan aktuaria di masa depan cukup menjanjikan. Pasalnya, sama seperti akuntansi atau manajemen, jurusan aktuaria akan banyak dibutuhkan oleh berbagai perusahaan.

Ketika baru lulus dan menjadi Actuarial Analyst, gaji lulusan aktuaria berkisar 4 hingga 7 juta per bulan. Namun, setelah lolos sertifikasi dan mencapai posisi Associate di level ASAI, penghasilannya akan meningkat hingga 10-25 juta per bulan. Tingkat paling atas, yaitu Chief Actuary bahkan memungkinkan lulusan jurusan ini memperoleh penghasilan setingkat direktur.

Demikianlah informasi 10 jurusan yang banyak peluang kerjanya dan bergaji tinggi, yang bisa menjadi acuan dalam memilih jurusan. Perlu diingat, jangan hanya terpukau pada gaji besarnya saja. Akan tetapi, pertimbangkan pula minat, bakat, serta kemampuan pribadi, agar tidak sampai salah memilih.

Baca Juga:  4 Kompetensi yang Harus Dimiliki Guru PPPK & CPNS Profesional

You May Also Like

About the Author: Akhmad Saikuddin

Penikmat kopi | Penggemar teknologi | #PejuangKeluarga |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *