Contoh Soal P3K Pilihan Ganda dan Jawabannya Untuk Guru 2021

25 Contoh Soal P3K Pilihan Ganda dan Jawabannya Untuk Guru 2021 – Hallo, Calon ASN! Waktu pelaksanaan tes seleksi CPNS – PPPK (P3K) 2021 sudah semakin dekat nih! Maka, bagi Anda yang berminat dan bercita-cita menjadi aparatur sipil negara (ASN) di masa depan sudah harus mempersiapkan diri sebaik mungkin.

Contoh soal P3K pilihan ganda dan jawabannya untuk uji kompetensi teknis guru ini pada nantinya akan sangat membantu Anda mempersiapkan diri. Oleh karena itu Anda adalah orang yang beruntung telah berkunjung ke laman haidunia.com. Pada laman ini pula Anda dapat mempelajari banyak materi serta kumpulan soal P3K 2021 dan jawabannya. Kami sendiri telah banyak mengupas contoh soal P3K guru 2021 pada kesempatan sebelumnya.

Tapi sebelum kita menguraikan contoh soal P3K guru, ada baiknya di sini kita bahas terlebih dahulu beberapa hal yang harus dipahami dan Anda persiapkan sebelum mengikuti tes Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2021.

Proses Pendaftaran P3K 2021

Proses pendaftaran P3K 2021 untuk kategori guru dan non-guru honorer yang sebentar lagi digelar tentu perlu Anda monitor proses dan prosedurnya. Sehingga jika pengumuman telah dibuka secara resmi, Anda jauh lebih siap untuk mengikuti seluruh prosesnya. Sebagaimana telah banyak beredar di media, bahwasanya pemerintah pada tahun 2021 ini akan merekrut tidak kurang dari 1 (satu) juta aparatur sipil negara (ASN) melalui jalur PPPK (P3K). Terdiri dari P3K guru dan non-guru honorer.

Jika kita merujuk pada peraturan BKN Nomor 1 Tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Pengadaan PPPK, maka sebelum proses pendaftaran harus sudah dilalui dengan pembentukan panitia seleksi nasional pengadaan PPPK, panitia seleksi instansi pengadaan PPPK dan instansi pembina Jabatan Fungsional (JF). JF inilah yang bertanggungjawab menyusun soal tes P3K 2021 dan jawabannya, termasuk salah satunya soal P3K pilihan ganda seperti yang akan kami contohkan di laman ini.

Peraturan BKN Nomor 1 tahun 2019 Tentang Petunjuk Teknis Pengadaan P3K
Peraturan BKN Nomor 1 tahun 2019 Tentang Petunjuk Teknis Pengadaan P3K

Setelah pembentukan panitia seleksi terlaksana, barulah kemudian dilanjutkan dengan tahapan-tahapan berikut; (a) perencanaan; (b) pengumuman lowongan; (3) pelamaran; (4) seleksi dan pengumuman hasil seleksi; (5) pengangkatan menjadi calon; dan (6) pengangkatan menjadi PPPK. Jika Anda ingin mendapatkan info lebih lengkap mengenai proses pendaftaran PPPK bisa merujuk pada Peraturan BKN Nomor 1 tahun 2019 di atas.

Rencana Proses Seleksi P3K 2021

Rencana proses seleksi P3K 2021 selengkapnya bisa Anda perhatikan pada time line berikut ini.

Tahapan seleksi P3K 2021
Tahapan seleksi P3K 2021

Silahkan tahapan seleksi P3K 2021 di atas Anda catat, dan dijadikan acuan dalam mempersiapkan diri, sehingga Anda akan lebih terstruktur dalam mempelajari contoh soal P3K 2021 dari berbagai sumber yang ada. Dan yang tidak kalah penting adalah Anda mulai mempersiapkan berkas pendaftaran yang disyaratkan.

Materi Tes PPPK 2021

Materi tes PPPK 2021 dapat kita rujuk dari Permenpan Nomor 14 Tahun 2019 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja Untuk Guru, Dosen, Tenaga Kesehatan, dan Penyuluh Pertanian. Dalam Permenpan tersebut disebutkan seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) meliputi:

(a) seleksi administrasi;

(b) seleksi kompetensi; dan

(c) seleksi administrasi

Seleksi administrasi yang dimaksud pada pin (a) adalah mencocokkan persyaratan administrasi dan kualifikasi dengan dokumen lamaran. Sedangkan seleksi kompetensi yang dimaksud pada poin (b) terdiri atas:

(a) seleksi kompetensi teknis

(b) seleksi kompetensi manajerial; dan

(c) seleksi kompetensi sosial kultural

Seleksi kompetensi teknis yang dimaksud ditujukan untuk menilai kesesuaian kompetensi manajerial, kompetensi teknis, dan kompetensi sosial kultural. Sedangkan seleksi wawancara ditujukan untuk menilai integritas dan moralitas sebagai bahan penetapan hasil seleksi.

Passing Grade P3K Soal Pilihan Ganda

Passing grade P3K 2021 juga bisa kita rujuk dari Permenpan Nomor 14 tahun 2019 tentang Ambang Batas Seleksi PPPK. Selama belum ada ketentuan baru yang  diberlakukan, maka dari Permenpan tersebut kita bisa mengetahui jumlah soal pilihan ganda dan juga nilai ambang batas atau passing grade yang digunakan.

Baca Juga:  Download Soal P3K Guru SD Pdf, Agar Lulus PPPK 2021!

Disebutkan dalam pasal 6, bahwa jumlah soal dan pembobotan nilai seleksi Kompetensi meliputi:

a. kompetensi teknis terdiri dari 40 (empat puluh) soal dengan bobot jawaban benar bernilai 3 (tiga) dan salah bernilai 0 (nol);

b. kompetensi manajerial terdiri dari 40 (empat puluh) soal dengan bobot jawaban benar bernilai 1 (satu) dan salah bernilai 0 (nol);

c. kompetensi sosial kultural terdiri dari 10 (sepuluh) soal dengan bobot jawaban benar bernilai 2 (dua) dan salah bernilai 0 (nol); dan

d. wawancara berbasis komputer terdiri dari 10 (sepuluh) soal dengan bobot jawaban benar bernilai 3, 2, dan 1, tidak dijawab bernilai 0 (nol).

Adapun perhitungan passing gradenya bisa dilihat dalam tabel Standar Passing grade PPPK berikut:

Tabel Passing grade PPPK dengan Soal P3K pilihan ganda
Tabel Passing grade PPPK dengan Soal P3K Pilihan Ganda

Soal Pilihan Ganda P3K dan Jawabannya

Contoh soal P3K pilihan ganda dan jawabannya ini akan fokus pada uji kompetensi teknis guru. Hampir semua contoh soal P3K 2021 dan jawabannya yang direkomendasikan memang berupa contoh soal P3K pilihan ganda, terkecuali contoh soal tes wawancara P3K.  Karena pada praktiknya nanti semua soal akan diintegrasikan melalui sistem computer assisted test (CAT).

Contoh soal P3K guru yang kami sajikan ini terdiri dari 25 soal pilihan ganda dan jawabannya. Kami persilakan Anda untuk menjawab terlebih dahulu sebelum melihat kunci jawaban. Selamat belajar!

Contoh Soal PPPK Guru 2021

Contoh soal pilihan ganda P3K dan jawabannya untuk guru ini kami sajikan dalam beberapa submateri. Di antaranya contoh soal P3K guru materi evaluasi & penilaian hasil belajar, perangkat pembelajaran, perkembangan peserta didik, dan kompetensi guru. Dan, sekali lagi kami ucapkan selamat belajar!

Materi Evaluasi Pembelajaran

1. Anda adalah seorang guru olah raga. Pada suatu hari Anda mengadakan penilaian praktik memukul bola tenis. Maka prinsip penilaian yang harus Anda gunakan sebagai guru olah raga adalah ….

A. sahih
B. obyektif
C. menyeluruh
D. sistematis
E. beracuan kriteria

Jawaban: A

Ada beberapa prinsip penilaian, salah satunya adalah prinsip sahih, yaitu penilaian harus di dasarkan pada data yang diukur. Data yang diukur dalam soal tersebut adalah kemampuan murid dalam berenang.

2. Sebagai seorang guru Anda harus dapat memberikan penilaian berdasarkan prosedur dan kriteria yang jelas. Serta tidak boleh dipengaruhi oleh subjektivitas pribadi. Dalam hal tersebut, Anda melakukan penilaian dengan prinsip ….

A. terbuka
B. menyeluruh.
C. bermakna
D. adil
E. Obyektif

Jawaban: E

Prinsip penilaian yang dimaksud dalam soal nomor 2 adalah prinsip obyektif, yaitu didasarkan pada prosedur dan kriteria yang jelas, tidak dipengaruhi subjektivitas penilai.

3. Dalam setiap kali penilaian Anda harus menyiapkan rubrik penilaian yang berisi kriteria dan aturan penskoran sebagai cerminan kompetensi yang diukur. Maka yang Anda persiapkan sesuai dengan prinsip ….

A. Sistematis
B. beracuan kriteria
C. menyeluruh
D. sistematis
E. akuntabel

Jawaban: B
sebelum melakukan penilaian guru akan membuat soal disertai dengan rubrik penilaian. Hal ini sesuai dengan salah satu prinsip penilaian, yaitu prinsip beracuan kriteria. Artinya setiap melakukan penilaian harus didasarkan pada ukuran pencapaian kompetensi yang ditetapkan.

4. Esensi dari pengertian penilaian portofolio adalah ….

A. kumpulan hasil karya siswa.
B. rekaman hasil karya siswa
C. rangkaian hasil karya siswa
D. kumpulan nilai siswa
E. Kumpulan Siswa

Jawaban: A
Portofolio adalah kumpulan hasil karya seorang peserta didik, sebagai hasil pelaksanaan tugas kinerja yang ditentukan oleh guru atau oleh peserta didik bersama guru, sebagai bagian dari usaha mencapai tujuan belajar, atau mencapai kompetensi yang ditentukan dalam kurikulum.

5. Tugas dan kewenangan satuan pendidikan dalam proses penilaian hasil belajar adalah seperti berikut, kecuali….

A. Menetapkan Standar ketuntasan belajar
B. Menetapkan kriteria kenaikan kelas
C. Menetapkan kriteria kelulusan peserta didik
D. Melakukan penilaian akhir dan ujian sekolah
E. Menjadi panitia pelaksana ujian nasional tingkat satuan pendidikan

Jawaban: E
unit satuan pendidikan tidak berwenang menjadi panitia ujian nasional, karena panitia pelaksana ujian nasional ditetapkan oleh dinas pendidikan setempat.

Materi Perangkat Pembelajaran

6. Saat Anda menyusun perangkat pembelajaran maka akan merumuskan indikator pencapaian kompetensi dan tujuan pembelajaran. Hal ini termuat dalam ….

Baca Juga:  Tes Deret Angka Psikotes (40 Contoh Soal dan Jawabannya)

A. Silabus pembelajaran
B. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
C. Rencana penilaian pembelajaran
D. Analisis KI dan KD
E. Program semester

Jawaban: B
Indikator dan tujuan pembelajaran adalah komponen dari rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).

7. Dalam menentukan jumlah alokasi waktu pada RPP yang perlu Anda pertimbangkan adalah beberapa aspek berikut ini, kecuali ….

A. Jumlah minggu efektif
B. Jumlah dan keluasan KD
C. Kedalaman dan tingkat kesulitan KD
D. Tingkat kepentingan KD
E. Jangka waktu penggunaan media.

Jawaban: E
Jangka waktu penggunaan media tidak dicantumkan karena bersifat fleksibel.

8. Dalam menyusun instrumen penilaian tertulis, hal yang tidak perlu Anda perhatikan adalah ….

A. Materi
B. Bahasa
C. Relevansi
D. Kaidah penulisan
E. Konstruksi

Jawaban: C
Relevansi adalah kaidah dalam menyusun instrumen penilaian proyek

9. Perilaku yang dapat diukur untuk menujukan ketercapain kompetensi dasar tertentu, dan menjadi acuan penilaian mata pelajaran adalah ….

A. Kompetensi Inti
B. Standar kompetensi lulusan
C. Indikator
D. Standar Isi
E. Standar Proses

Jawaban: C
Menurut Standar Proses pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 41 Tahun 2007, indikator pencapaian kompetensi adalah perilaku yang dapat diukur dan/atau diobservasi untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran.

10. Alokasi waktu mengajar setiap kompetensi dasar termuat dalam ….

A. Silabus
B. RPP
C. Program tahunan
D. Standar Kompetensi lulusan
E. Program semester

Jawaban: B
Identitas sekolah dan alokasi waktu setiap KD terdapat dalam RPP dan dicantumkan pada bagian atas. Sementara alokasi waktu dalam pembukaan, kegiatan inti dan penutup KBM terdapat di bagian kegiatan pembelajaran RPP.

11. dalam pengembangan silabus ada beberapa prinsip yang perlu diperhatikan. Cakupan indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian yang dituangkan dalam silabus harus menunjang pencapaian kompetensi dasar. Hal ini sejalan dengan prinsip ….

A. Ilmiah
B. Relevan
C. Sistematis
D. Memadai
E. Konsisten

Jawaban: D
Prinsip-prinsip pengembangan silabus di antaranya:

(1) Ilmiah: Logis dan benar dapat dipertanggungjawabkan isinya

(2) Relevan: sesuai perkembangan peserta didik

(3) Sistematis: saling terkait dengan kompetensi

(4) Memadai: cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar

(5) Konsisten: Adanya konsistensi masing masing komponen silabus

Materi Perkembangan Peserta Didik

12. Berikut ini adalah sikap guru agar kegiatan belajar mengajar dapat berjalan efektif, kecuali ….

A. Mendorong siswa untuk membuat keputusan sendiri
B. Memberi balikan dan pengayaan sebagaimana diperlukan
C. mengusahakan suasana belajar yang menyenangkan
D. Memasukkan unsur yang tidak diperkirakan sebelumnya
E. Mendorong siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran

Jawaban: D 
Memasukkan unsur yang tidak diperkirakan sebelumnya

13. Kriteria atau acuan dasar dalam menentukan pencapaian minimal hasil belajar peserta didik dinamakan ….

A. Standar kompetensi lulusan (SKI)
B. Standar batas minimum kelulusan
C. Ambang batas minimum lulus
D. Nilai ketuntasan minimal
E. Kriteria ketuntasan minimal (KKM)

Jawaban: E
Cukup jelas: Kriteria ketuntasan minimal (KKM)

14. Aspek yang berkaitan dengan perasaan, emosi, sikap, dan derajat penerimaan atau penolakan terhadap suatu obyek peserta didik adalah ….

A. Afektif
B. Kognitif
C. Psikomotorik
D. Emotif
E. Sensitif

Jawaban: A
ranah afektif merupakan segala sesuatu yang berhubungan dengan emosi peserta didik. Seperti penghargaan, nilai, perasaan, semangat, minat, dan sikap terhadap sesuatu hal.

15. Kemampuan yang dapat dilakukan atau ditampilkan untuk satu kompetensi dalam mata pelajaran tertentu dan harus dikuasai peserta didik disebut ….

A. Kompetensi dasar
B. Standar kompetensi
C. lndikator
D. Kompetensi Iulusan
E. Kecakapan hidup

Jawaban: B
Standar kompetensi merupakan rumusan tentang kemampuan yang harus dimiliki oleh peserta didik untuk melakukan suatu tugas atau pekerjaan dengan didasari pengetahuan dan keterampilan, serta sikap yang disyaratkan.

16. Dengan memperhatikan perkembangan peserta didik, maka perlu dipertimbangkan prinsip-prinsip dalam penyusunan RPP berikut ini, kecuali ….

A. Memperhatikan perbedaan individu
B. Mendorong partisipasi aktif peserta didik
C. Memberikan umpan balik dan tindak Ianjut
D. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi
E. Keterkaitan dan keterpaduan isi dengan silabus

Baca Juga:  40 Contoh Soal P3K Honorer dan Jawabannya 2021 Tes Kompetensi Manajerial

Jawaban: E 
Keterkaitan dan keterpaduan isi dengan silabus

Kompetensi Guru

17. Di bawah ini yang bukan merupakan 4 kompetensi yang harus dimiliki oleh guru professional adalah ….

A. Kompetensi pedagogik
B. Kompetensi kepribadian
C. Kompetensi profesional
D. Kompetensi sosial
E. Kompetensi keahlian

Jawaban: E
Cukup jelas: Kompetensi keahlian

18. Di bawah ini yang tidak termasuk dalam karakteristik kecerdasan interpersonal peserta didik adalah ….

A. Mampu bermain dalam kelompok
B. Mampu menjadi pemimpin
C. Mudah berkonsentrasi
D. Peka terhadap teman

Jawaban: C
Cukup jelas: Mudah berkonsentrasi

Materi Kebijakan Pendidikan

19. Berikut ini adalah beberapa inovasi pendidikan yang pernah dicetuskan oleh pemerintah, kecuali ….

A. Calon belajar siswa aktif (CBSA)
B. Guru pamong
C. Sistem belajar jarak jauh
D. Sekolah Alam
E. Sekolah kecil

Jawaban: D 
Cukup jelas: Sekolah Alam

20. Undang undang yang mengatur tentang sistem pendidikan nasional adalah ….

A. Undang-undang RI Nomor 9 tahun 2003
B. Undang-undang RI Nomor 11 tahun 2003
C. Undang-undang RI Nomor 20 tahun 2003
D. Undang-undang RI Nomor 14 tahun 2003
E. Undang-undang RI Nomor 25 tahun 2003

Jawaban: C
Undang undang RI Nomor 20 tahun 2003

21. Peraturan menteri pendidikan Nomor 20 tahun 2007 mengatur tentang ….

A. Standar penilaian pendidikan
B. Standar proses belajar mengajar
C. Penilaian berbasis kelas
D. Sertifikasi guru
E. Guru dan dosen

Jawaban: A
Cukup jelas: Standar penilaian Pendidikan

22. Kedudukan dosen sebagai tenaga profesional ditetapkan dalam ….

A. Bab ll pasal 3 uu guru dan dosen no. 14 tahun 2005
B. Bab II pasal 3 uu guru dan dosen no. 4 tahun 2005
C. Bab ll pasal 3 uu guru dan dosen no. 20 tahun 2005
D. Bab I pasal 2 uu guru dan dosen no. 14 tahun 2005
E. Bab I pasal 3 uu guru dan dosen no. 14 tahun 2005

Jawaban: A
Cukup jelas: Bab ll pasal 3 UU Guru dan Dosen Momor 14 tahun 2005

23. Prinsip profesionalitas yang harus dimiliki dosen atau guru sesuai amanat UU Guru dan dosen adalah sebagai berikut, kecuali ….

A. Memiliki bakat, minat, panggilan jiwa dan idealisme sebagai pendidik
B. Memiliki komitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan, keimanan, ketaqwaan dan akhlak mulia
C. Mampu mengenal karakteristik setiap siswa/mahasiswa di perguruan tinggi/sekolah
D. Memiliki kualifikasi akademik dan Iatar belakang pendidikan sesuai dengan bidang tugas
E. Memiliki kompetensi yang diperlukan sesuai dengan bidang tugas

Jawaban: C
Mampu mengenal karakteristik setiap siswa/mahasiswa di perguruan tinggi/sekolah

24. Di bawah ini yang termasuk kewajiban seorang guru dan dosen adalah ….

A. Melaksanakan pendidikan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat
B. Memperoleh penghasilan di atas kebutuhan minimum dan jaminan kesejahteraan sosial
C. Mendapatkan promosi dan penghargaan sesuai dengan tugas dan prestasi
D. Memperoleh perlindungan dalam melaksanakan tugas dan hak atas kekayaan intelektual
E. Memiliki kebebasan dalam memberikan penilaian dan penentuan kelulusan peserta didiknya

Jawaban: A
Melaksanakan pendidikan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat

25. Di bawah ini yang tidak termasuk aspek evaluasi kurikulum adalah ….

A. Evaluasi hasil implementasi kurikulum
B. Evaluasi implementasi kurikulum
C. Evaluasi dokumen kurikulum
D. Evaluasi reflektif
E. Evaluasi komprehensif

Jawaban: E
Evaluasi komprehensif

Demikian pembahasan kita mengenai contoh soal P3K pilihan ganda dan jawabannya untuk uji kompetensi teknis guru. Kami sarankan Anda tetap mempelajari materi soal P3K 2021 dan jawabannya yang telah tersedia di laman haidunia.com. Di antanranya kami telah menyajikan contoh soal P3K honorer dan jawabannya, soal P3K guru SD 2021, contoh soal P3K guru 2021, contoh soal tes wawancara P3K 2021, contoh soal SKB guru PAI, dan masih banyak materi lain yang kami sajikan untuk mendukung persiapan Anda. Terakhir, kami akan selalu turut mendoakan untuk kesuksesan Anda sebagai aparatur sipil negara yang berprestasi di masa depan. Sekian!

You May Also Like

About the Author: Ageng Triyono

Edutech Enthusiast|Curriculum Researcher & Developer|Independent Learner of History|Founder Kontenpositif.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *