Media Pembelajaran Online yang Menarik dan Murah

Media Pembelajaran Online yang Menarik
Media Pembelajaran Online yang Menarik

Media pembelajaran online yang menarik – Hallo Sobat Pembelajar! Masa pandemic covid-19 telah menjadi tantangan baru bagi kita semua untuk menyesuaikan diri dengan pola kehidupan serba online. Salah satunya adalah dalam aktivitas belajar-mengajar.

Media pembelajaran online yang menarik tentunya menjadi kebutuhan pokok dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) tersebut. Bagi guru dan murid, media pembelajaran online di masa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) ibarat cangkul bagi seorang petani.

Ya, media pembelajaran online sudah menjadi perangkat utama dalam aktivitas belajar dewasa ini. Virus Covid-19 telah mengakibatkan pembelajaran tidak boleh dilakukan secara tatap muka, melainkan harus dilakukan dari rumah Oleh karenanya tim haidunia.com merasa berkepentingan untuk mengulasnya di laman ini.

Media Pembelajaran Offline

Media pembelajaran offline tentunya sudah banyak juga yang dikembangkan sebelum Covid-19 menyerang. Media pembelajaran offline adalah media yang dapat digunakan secara offline  yang dilengkapi dengan alat pengontrol / navigasi yang dapat digunakan oleh pengguna (user).

Media ini berjalan secara berurutan dengan alat pengontrol dari pengguna. Presentasi ini dapat berupa compact disk (CD). Karakteristik menggunakan media pembelajaran offline yaitu materi pembelajaran terpadu, waktu pembelajaran tetap atau pasti, dikontrol oleh guru, pembelajaran searah/linier, sumber informasi telah diedit, dan teknologi yang digunakan telah dikenal.

Covid-19 dan Kebutuhan Media Pembelajaran Online

Kebutuhan media pembelajaran online menjadi suatu keharusan ketika pembelajaran harus dilakukan secara daring. Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) menjadi kebijakan yang diberlakukan secara Nasional oleh pemerintah Indonesia sebagai salah satu alternatif solusi.

Pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran dari rumah juga bukanlah hal yang serta-merta dipandang mudah oleh para guru. Termasuk juga bukan hal yang mudah dilakukan oleh murid dan oleh orang tua sebagai elemen pendukung.

Oleh karenanya kebutuhan media pembelajaran online yang praktis dan murah menjadi hal yang sangat urgen untuk ukuran masyarakat Indonesia. Bagaimanapun masyarakat yang mendadak harus melakukan penyesuaian akibat pandemi covid-19 masih memerlukan beragam penyesuaian.

Ada beberapa faktor yang mengakibatkan pembelajaran online sulit untuk dilakukan antara lain;

  1. keterbatasan kemampuan guru dalam dunia teknologi informasi dan komunikasi, dan
  2. sarana dan prasarana yang dimiliki guru dan siswa serta kondisi lingkungan yang kurang mendukung

Namun, hal ini tetap harus dapat kita atasi, khususnya pembelajaran walau dalam suasana dan kondisi Negara kita yang masih dalam keterbatasan. Kementerian pendidikan dan kebudayaan memfasilitasi program Belajar dari Rumah yang ditayangkan di televisi pada Stasiun TVRI.

Program ini ditujukan kepada para siswa dari jenjang PAUD, sekolah dasar, sekolah menegah pertama, sekolah menengah atas, perguruan tinggi bahkan orang tua. Hal ini dilakukan oleh pemerintah dengan maksud untuk membantu masyarakat yang memiliki keterbatasan ekonomi untuk membeli perlengkapan teknologi seperti handphone dan internet.

 media pembelajaran online yang menarik
Guru harus menyiapkan media pembelajaran online yang menarik untuk semua mata pelajaran

Hakikat Media Pembelajaran Online

Media pembelajaran online merupakan media yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna (user) sehingga pengguna dapat mengendalikan dan mengakses apa yang menjadi kebutuhan pengguna, seperti mengunduh ataupun mengupload materi.

Dalam penggunaan media pembelajaran online, pembelajaran bersifat mandiri dan memiliki interaktifitas tinggi sehingga dapat meningkatkan ingatan, memberikan pengalaman belajar melalui teks, video dan animasi yang dibuat sehingga informasi yang akan disampaikan dapat lebih mudah dipahami dan dipelajari oleh siswa.

Selain itu, siswa pun dapat mengumpulkan hasil belajar secara online dengan mudah dan cepat melalui email, mengirim komentar di forum diskusi, chat, dan melakukan video conference.

“Namun di tengah kemudahan yang disajikan media online ada hal yang perlu diantisipasi, yaitu perilaku kurang etik yang bisa saja muncul dari pribadi guru seiring maraknya pembelajaran online. Tidak menutup kemungkinan bahwasanya guru akan sangat mengandalkan media online sebagai ganti tatap muka di kelas tanpa perhatian apapun terhadap muridnya.”

“Atau dengan kata lain peserta didiknya terlantar tanpa perhatian pada saat jam kelas. Tentu jika hal ini tidak diantisipasi  akan berpotensi menciderai profesionalisme seorang guru.”

Kelebihan dan Kekurangan Media Pembelajaran Online

Kelebihan dan kekurangan media pembelajaran online pastilah ada, dan sudah banyak yang memberikan pendapatnya. Berikut adalah beberapa kelebihan media pembelajaran online:

  • Melatih kemandirian murid dalam belajar
  • Murid terlatih menggunakan teknologi informasi sejak dini
  • Menambah wawasan murid tentang dunia digital dan dunia global
  • Waktu dan tempat belajar yang fleksibel
  • Biaya relatif lebih murah dan tentunya dapat diakses dengan mudah

Adapun kekurangan media pembelajaran online di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Kurangnya interaksi antara guru dengan murid
  • Fokus murid mudah terdistraksi
  • Munculnya kendala jaringan dan perangkat pembelajaran
  • Pemahaman materi yang kurang mendalam
  • Guru kesulitan melaksanakan penilaian secara menyeluruh

Media Pembelajaran Online yang Menarik

Media pembelajaran online yang menarik perlu guru ketahui, sehingga bisa menentukan media pembelajaran online yang paling sesuai dengan karakteristik peserta didiknya. Beberapa media pembelajaran online yang menarik dan murah bisa Anda pilih dari beberapa yang kami rekomendasikan berikut ini.

Google Classroom

Media pembelajaran online yang menarik pertama adalah google classroom. Google classroom atau ruang kelas google adalah suatu tempat pembelajaran online yang dapat memudahkan guru daalam memberikan informasi, membagikan materi pembelajaran serta melakukan penilaian.

Dengan google classroom pembelajaran dapat tersampaikan secara maksimal kepada seluruh siswa secara online. Google classroom merupakan layanan berbasis internet yang disediakan oleh google sebagai system elearning.

Service ini didesain untuk membantu pengajar membuat dan membagikan tugas kepada siswa secara online atau paperless. Ini berarti, butuh akses internet untuk dapat masuk ke dalam google classroom.

Selain itu, google classroom juga mempunyai kemampuan untuk membuat salinan otomatis dari tugas yang sudah dibuat oleh siswa. Guru dapat mengecek tugas siswa dan memberikan penilaian secara langsung.

Manfaat google classroom dalam pembelajaran adalah membuat kelas online dengan mudah, hemat waktu, mengorganisasi semua tugas dengan mudah, mengadakan komunikasi dan diskusi dengan cepat serta data akan aman.

Google classroom didesain bagi siswa, guru, wali murid dan administrator. Wali murid dapat memanfaatkan ringkasan email yang memuat tugas siswa dengan melihat informasi tugas yang telah dan belum dikerjakan oleh siswa. Wali murid data menerima ringkasan email melalui akun pribadinya.

Untuk administrator dapat membuat, melihat atau menghapus kelas di domainnya, menambahkan atau menghapus siswa dan guru dari kelas serta melihat semua tugas kelas di domainnya.

Whats app

Media pembelajaran online yang menarik dan merakyat adalah whats app. Whats app merupakan salah satu media komunikasi yang sangat popular saat ini. Whats app dapat dijadikan alternative dalam pembelajaran.

Aplikasi ini dapat melakukan percakapan secara online dengan jumlah partisipan yang tidak terlalu banyak, memasukkan teks, suara dan video. Whats app juga adalah aplikasi yang sederhana, aman dan mudah karena sebagian besar orang menggunakan aplikasi ini.

Zoom

Media pembelajaran online yang menarik yang dewasa ini sangat populer adalah zoom. Zoom merupakan sebuah aplikasi pertemuan gratis dengan video dan berbagi layar hingga 100 orang atau lebih.

Aplikasi ini dapat digunakan dalam berbagai perangkat seluler, laptop atau alat komunikasi lain yang mendukung. Zoom dapat mengadakan pertemuan, dialog dan diskusi langsung dengan orang lain dan berbagi materi yang akan di jelaskan dengan sharing screen.

Selain itu juga, guru dapat membuka ruang chat atau diskusi dengan siswa sehingga pembelajaran menjadi lebih aktif.

Google suite

Media pembelajaran online yang menarik lainnya adalah google suite. Google suite merupakan layanan dari google yang memberikan fasilitas digitalisasi untuk sekolah di Indonesia. Layanan ini menggunakan email sekolah sebagai alamat domain.

Tutorial penggunaan google suite dalam pembelajaran online bisa Anda simak dalam video berikut:

Panduan google suite di atas bisa Anda langsung coba. Semoga membantu!

Demikian kami sajikan media pembelajaran online yang menarik  sebagai alternatif yang dapat Anda gunakan untuk mengajar dari rumah. Tentunya Anda perlu terlebih dahulu memastikan kesiapan perangkat yang dimiliki oleh para murid. Pastikan media pembelajaran online yang Anda pilih memenuhi unsur kepraktisan, mudah dan murah. Sehingga para wali murid pun tidak terbebani dengan proses kegiatan belajar mengajar secara daring yang Anda selenggarakan. Sekian, salam!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

1 comment