Soal P3K Guru SD 2021 dan Jawabannya, Terbaru!

contoh soal manajerial P3K
contoh soal manajerial P3K

Soal p3k guru sd 2021 dan jawabannya – Salam semangat para guru! Tidak usah galau jika Anda belum termasuk yang dinyakan lulus pada selesi kompetensi I yang telah diumumkan pada tanggal 08 Oktober 2021 yang lalu. Tetaplah tenang, karena Mendikbud Ristek Nadiem Makarim tetap berkomitmen akan menyelesaikan rekrutmen guru honorer menjadi PPPK sampai terpenuhi kuota 502.252 sebagaimana telah diusulkan oleh Pemerintah Daerah seluruh Indoesia.

Soal p3k guru sd 2021 dan jawabannya  ini adalah sebagai salah satu bentuk dukungan kami untuk Anda yang akan berjuang di seleksi kompetensi II. Meskipun tanggal resmi pelaksanaan belum dirilis akibat proses evaluasi, tetapi tidak ada salahnya Anda tetap mempersiapkan diri sebaik mungkin.

Read More

Jika kita berkaca dari proses seleksi kompetensi I, maka hal yang perlu ditingkatkan oleh para peserta seleksi P3K guru SD adalah dalam hal kompetensi teknis. Tentunya tanpa mengesampingkan tes kompetensi manajerial, tes kompetensi sosio kultural serta tes wawancara.

Melalui laman ini kami hendak berbagai  kumpulan soal P3K guru SD dan jawabannya. Silahkan Anda pelajari dan bisa dijadikan rujukan. Karena soal P3K guru sd dan jawabannya  yang kami bawakan didasarkan pengalaman para peserta seleksi P3K guru SD 2021 kompetensi I yang dilaksanakan 13-18 September 2021.

Anda pun tidak perlu khawatir, karena rejeki tidak akan tertukar. Dan kami di sini berniat membantu Anda semua. Semoga semuanya bisa mendapatkan NIK pada akhir tahun 2021 ini. Aamiin!

Tahapan Pelaksanaan Seleksi Kompetensi II

Tahapan seleksi kompetensi II akhirnya diumumkan pada tanggal 09 November melalui surat Kemdikbud Ristek Nomor 6510/B/GT.01.00/2021 Tentang Penyesuaian Jadwal pelaksanaan Seleksi Kompetensi II ASN-PPK tahun 2021 . Selengkapnya Anda bisa mengaksesnya di sini.

Tahapan Seleksi Kompetensi II P3K guru SD 2021_terbaru
Tahapan Seleksi Kompetensi II P3K guru SD 2021

Sehubungan dengan proses evaluasi menyeluruh pada Hasil Seleksi Kompetensi 1 Guru PPPK Tahun 2021, dengan ini disampaikan penyesuaian jadwal pelaksanaan Seleksi Kompetensi II Guru PPPK Tahun 2021 pada Pengumuman Nomor: 6184/B/GT.01.00/2021 sebagai berikut:

  • Pengumuman dan Pemilihan Formasi II: 15 s.d. 19 November 2021
  • Pengumuman daftar peserta, waktu dan tempat seleksi PPPK Guru II: 2 Desember 2021
  • Cetak kartu peserta seleksi PPPK Guru: 2 s.d. 5 Desember 2021
  • Pelaksanaan Seleksi Kompetensi II: 6 s.d. 10 Desember 2021
  • Pengumuman hasil Seleksi Kompetensi II: 16 Desember 2021
  • Masa sanggah II (masa pengajuan sanggah): 17 s.d. 19 Desember 2021
  • Jawab sanggah II (tanggapan sanggah): 19 s.d. 25 Desember 2021
  • 8 Pengumuman pasca masa sanggah II: 30 Desember 2021

Anda semua dihimbau untuk agar selalu memantau perkembangan informasi pada laman  https://gurupppk.kemdikbud.go.id.

Materi Soal P3K Guru SD 2021

Materi soal P3K guru SD 2021 secara umum adalah sebagaimana dalam tabel berikut:

Kompetensi Teknis Kompetensi Manajerial Kompetensi Sosio Kultural
Pengetahuan, keterampilan dan sikap/perilaku yang dapat diukur dan dikembangkan yang spesifik berkaitan dengan bidang teknis jabatan Pengetahuan, keterampilan. Dan sikap/perilaku dalam berorganisasi yang dapat diamati, diukur, dan dikembangkan terkait dengan:Integritas, kerjasama, orientasi pada hasil, komunikasi, pelayanan publik, pengembangan diri dan orang lain, pengambilan keputusan, mengelola perubahan Pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku dalam berinteraksi dengan masyarakat majemuk dalam hal agama, suku dan budaya, perilaku, wawasan kebangsaan, etika, nilai-nilai moral, emosi dan prinsip, dalam peran memangku jabatan sebagai perekat bangsa yang berkaitan dengan: Kepekaan terhadap perbedaan budaya; Kemampuan berhubungan sosial; Kepekaan terhadap konflik; Pengendalian diri; empati

Materi soal P3K Guru SD 2021 yang sangat membutuhkan perhatian khusus adalah pada tes kompetensi teknis. Pada subtes  kompetensi teknis ini banyak peserta guru SD honorer yang tidak lulus passing grade. Sebagaian besar guru honorer mengeluhkan terlalu banyak materi yang harus dikuasai.

Sesulit apapun tes kompetensi teknis ini tetap harus dilaksanakan dan dilalui oleh para guru SD honorer. Sebagaimana disebutkan dalam Peraturan BKN Nomor 7 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Sertifikasi Kompetensi Teknis Manajemen ASN;

“Standar Kompetensi Teknis Manajemen ASN adalah rumusan kemampuan kerja yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku kerja yang harus dimiliki oleh Pegawai ASN sesuai dengan jenjang dan jenis jabatan yang ditetapkan sesuai peraturan perundang-undangan.”

Berdasarkan pengalaman peserta seleksi kompetensi I, materi soal P3K guru SD bisa kita kelompokkan menjadi dua kelompok materi sebagai berikut:

  1. Kelompok pertama; teori belajar dan teknis pembelajaran (pengelolaan kelas)
  2. Kelompok kedua; kompetensi dasar 5 mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, Matematika, IPA dan IPS)

Mengenai kisi-kisi materi soal P3K Guru SD 2021 sudah pernah kami bahasa dalam laman Kisi-kisi Soal P3K Guru SD 2021 Terbaru . Tentunya Anda juga tidak boleh mengesampingkan materi tes kompetensi manajerial dan sosio kultural, serta tes wawancara juga harus Anda kuasai benar.

Pada laman ini kami akan membagikan Kumpulan Soal P3K dan Jawabannya subtes kompetensi teknis, manajerial dan sosio kultural. Semoga bermanfaat dan bisa Anda jadikan referensi dalam mempersiapkan diri.

Jumlah Soal P3K Guru SD 2021

Jumlah soal P3K guru SD 2021 pada seleksi kompetensi II tentunya belum banyak terjadi perubahan, yaitu terdiri dari 100 soal kompetensi teknis, 25 soal kompetensi manajerial, 20 soal kompetensi sosio kultural, dan 10 nomor soal tes wawancara.

Perhatikan tabel berikut!

Jumlah soal tes kompetensi manajerial PPPK guru 2021
Jumlah soal P3K guru SD 2021

Kompetensi Teknis

Soal P3K Guru SD 2021 kompetensi teknis terdiri dari 100 (seratus) butir soal pilihan ganda. Setiap nomor memiliki 5 pilihan jawaban. Jawaban yang benar akan diberikan skor 5 dan jawaban yang salah akan diberikan skor 0. Sehingga skor maksimal yang bisa Anda peroleh adalah 500. Anda harus menyelesaikan semua soal dalam waktu 120 menit (dua jam).

Kompetensi Manajerial dan Sosio Kultural

Soal P3K Guru SD 2021 kompetensi manajerial terdiri dari 25 butir soal pilihan ganda. Setiap nomor memiliki 4 pilihan jawaban, yang masing-masing jawaban memiliki skor antara 4 sampai dengan 1. Tugas Anda adalah memilih jawaban dengan skor tertinggi, yaitu 4, agar bisa mendapatkan skor maksimal 100.

Soal P3K Guru SD 2021 sosio kultural terdiri dari 20 butir soal pilihan ganda. Setiap nomor soal memiliki 5 pilihan jawaban, yang masing-masing jawaban memiliki skor 5 sampai dengan 1. Jadi jika Anda bisa menjawab semua soal dengan skor terbaik akan mendapatkan skor maksimal yaitu 100.

Soal kompetensi manajerial dan sosio kultural disatukan dalam satu paket soal. Dan waktu yang disediakan adalah 40 menit untuk menyelesaikan 45 butir soal.

Tes Wawancara

Soal tes wawancara P3K guru SD 2021 juga berupa soal pilihan ganda sebanyak 10 butir soal. Anda diminta memilih jawaban terbaik dari 4 opsi yang disediakan. Jawaban terbaik akan mendapatkan skor 4 dan jawaban pilihan dengan skor minimal yaitu 1. Anda hanya diberikan waktu 10 menit untuk menjawab 10 nomor soal tes wawancara.

Soal P3K Guru SD dan Jawabannya sudah banyak kami sajikan. Sebagaimana yang saya sampaikan di atas, para peserta seleksi kompetensi I banyak yang tidak berhasil melewati passing grade pada tes kompetensi teknis.  Oleh karenanya pada laman ini kita akan fokus membahas soal dan kunci jawaban P3K 2021 subtes kompetensi teknis.

Bagi Anda yang membutuhkan latihan soal kompetensi manajerial dan kompetensi sosio kultural bisa merujuk ke pembahasan kami sebelumnya. Begitu juga dengan latihan soal tes wawancara sudah pernah kami bahas. Silahkan Anda merujuk ke halaman-halaman yang sudah kami sebut!

Sekarang mari kita bahas soal P3K guru SD 2021 dan jawabannya! Dan ingat, mungkin di antara saingan Anda telah memiliki sertifikat pendidik. Maka tiada ikhtiar lain, kecuali Anda berupaya sebaik mungkin. Semoga yang kami persembahkan benar-benar membantu Anda!

Soal P3K Guru SD 2021 dan Jawabannya

Soal P3K Guru SD 2021 dan jawabannya ini bisa Anda jadikan referensi utama dalam mempersiapkan diri. Tentunya semakin banyak belajar, maka persiapan Anda akan semakin matang. Selamat belajar!

Soal P3K Guru SD 2021 dan Jawabannya (1)
Di bawah ini kelompok bejar yang sesuai dengan sistem pendidikan SD adalah ….

A. Kelompok terdiri dari usia sama
B. Kelompok terdiri dari kemampuan sama
C. Kelompok terdiri dari kemampuan setara
D. Kelompok yang disesuaikan dengan kebutuhan
E. Kelompok dengan kesamaan gender

Jawaban: D
Dibentuknya kelompok belajar adalah karena adanya kebutuhan.

Soal P3K Guru SD 2021 dan Jawabannya (2)
Manakah yang lebih penting dari aspek pengorganisasian berikut ….

A. Pemilihan ketua kelas
B. Penyusunan jadwal piket
C. Menyiapkan satuan pelajaran
D. Menyusun aturan dan penataan ruang kelas
E. Menyiapkan baris-berbaris

Jawaban: D
Untuk mengorganisasikan kegiatan kelas maka perlu adanya aturan yang jelas dan penataan lingkungan (ruang kelas).

Soal P3K Guru SD 2021 dan Jawabannya (3)
Bimbingan remidial individual yang diberikan guru disesuaikan dengan tingkat ….

A. Kelemahan individu
B. Keberhasilan individu
C. Keterbatasan individu
D. Kesulitan individu
E. Kesalahan individu

Jawaban: D
Bimbingan individual dalam pembelajaran klasikal diberikan jika peserta didik mengalami kesulitan dalam belajar atau kesulitan mengikuti perkembangan teman satu kelas.

Soal P3K Guru SD 2021 dan Jawabannya (4)
Masyarakat Indonesia terdiri dari berbagai suku dengan bahasa yang berbeda-beda. Maka akan sulit berkomunikasi kecuali ada satu bahasa digunakan. Maka dari itu digunakanlah Bahasa Indonesia. Dalam hal ini Bahasa Indonesia memiliki kedudukan dan fungsinya sebagai….

A. Sebagai lambang kebangsaan
B. Sebagai alat pemersatu bangsa
C. Sebagai alat penghubung
D. Sebagai lambang identitas nasional
E. Sebagai bahasa nasional

Jawaban: C
Pada kasus di tas, bahasa Indonesia berfungsi sebagai alat pengantar dalam dunia pendidikan dan sebagai penghubung pada tingkat Nasional.

Soal P3K Guru SD 2021 dan Jawabannya (5)
Anda akan mengajarkan kepada anak-anak kelas 1 tentang nilai tempat suatu bilangan (satuan, puluhan, ratusan, dan ribuan). Media yang tepat untuk Anda gunakan adalah ….

A. Kartu bilangan
B. Blok dienes
C. Loncat katak
D. Papan berpaku
E. Permainan ular tangga

Jawaban: B
Media Block Dienes adalah salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan untuk menanamkan konsep dasar bilangan,nilai tempat, selain itu juga dapat digunakan untuk operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian kepada siswa sekolah dasar.

Soal P3K Guru SD 2021 dan Jawabannya (6)
Anda akan mengajarkan materi dengan beberapa langkah pembelajaran berikut:
1) Menulis permulaan
2) Merangkaikan huruf lepas menjadi suku kata
3) Merangkaikan suku kata menjadi kata
4) Menyusun kata menjadi kalimat

Tahapan di atas adalah teknik menulis permulaan dengan metode ….
A. Metode Eja
B. Metode Kata Lembaga
C. Metode SAS
D. Metode Global
E. Metode Kupas Rangkai Suku Kata

Jawaban: C
Struktural Analitik Sintetik atau yang biasa disingkat dengan SAS merupakan salah satu metode yang dapat digunakan dalam pembelajaran membaca dan menulis permulaan.

Soal P3K Guru SD 2021 dan Jawabannya (7)
Tujuan utama dari pembelajaran IPS di SD adalah ….

A. Pengembangan bakat murid dalam ilmu sosial
B. Membantu murid menentukan cita-citanya
C. Menyediakan kesempatan murid mengekspresikan kehidupan bermasyarakat
D. Memberikan pengalaman hidup bermasyarakat yang telah dialami orang tuanya
E. Mengembangkan karakter unggul dalam hidup bermasyarakat

Jawaban: D
Tujuan pembelajaran IPS di SD yang utama adalah Memberikan pengalaman hidup bermasyarakat yang telah dialami orang tuanya.

Soal P3K Guru SD 2021 dan Jawabannya (8)

Anda ingin menyajikan pembelajaran yang menyenangkan dan mudah dimengerti khusunya pada materi perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah di kelas V. Maka Media yang paling pas untuk anda gunakan adalah ….

A. Video
B. Slide PPT
C. Gambar Corel Draw
D. Radio
E. Audio/ rekaman

Jawaban: A

Cukup jelas, pembelajaran sejarah perjuangan bangsa lebih mudah diimplementasikan dengan pemutaran video/film dokumenter.

Soal P3K Guru SD 2021 dan Jawabannya (9)
Kekayaan sumber daya alam Indonesia telah dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan bangsa Indonesia. Sebagian masih berupa potensi yang belum dimanfaatkan karena berbagai keterbatasan. Dalam pembelajaran tersebut Anda akan menyampaikan bahwasanya ….

A. Mengolah sumber daya alam membutuhkan tenaga ahli asing
B. Alasan mengekspor sumber daya yang masih berupa bahan mentah
C. Perlunya mengirim tenaga kerja untuk studi tiru ke luar negeri
D. Berusaha mengelola sumber daya alam dengan alih teknologi canggih
E. Mengekspor bahan mentah adalah hal wajar bagi Indonesia

Jawaban: C
Anda perlu menjelaskan  alasan dengan luwes mengenai kondisi Indonesia yang belum bisa memanfaatkan sumber daya alam secara optimal dan perlunya mengirim tenaga kerja untuk studi tiru.

Soal P3K Guru SD 2021 dan Jawabannya (10)
Salah satu materi IPA di kelas tinggi adalah tentang gejala-gejala yang terjadi di alam. Menurut anda di bawah ini yang bukan termasuk gejala alam biotik adalah ….

A. Metamorfosis
B. Fotosintesis
C. Penyerbukan
D. Erosi
E. Korosi

Jawaban: D
Gejala alam biotik meliputi hal-hal yang berkaitan dengan makhluk hidup, misalnya fotosintesis, respirasi, pencernaan makanan, pertumbuhan makhluk hidup, dan lain-lain.

Soal P3K Guru SD 2021 dan Jawabannya (11)
Penilaian yang berbentuk penugasan dengan tujuan mengukur kemampuan peserta didik dalam menghasilkan karya tertentu secara berkelompok adalah ….

A. Penilaian proyek
B. Penilaian portofolio
C. Penilaian jurnal
D. Penilaian kinerja
E. Penilaian diri

Jawaban: A
Cukup jelas, penilaian proyek ditujukan untuk menilai keterampilan peserta didik dalam menyelesaikan proyek tertentu yang dilakukan berkelompok

Soal P3K Guru SD 2021 dan Jawabannya (12)
Acuan bagi guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran adalah ….

A. Deskripsi mata pelajaran
B. Buku teks dan LKPD
C. Silabus mata pelajaran
D. Kompetensi Inti
E. Kompetensi Dasar

Jawaban C
Cukup jelas. Silabus berfungsi sebagai pedoman pengembangan perangkat pembelajaran lebih lanjut, mulai dari perencanaan, pengelolaan kegiatan pembelajaran dan pengembangan penilaian.

Soal P3K Guru SD 2021 dan Jawabannya (13)
Contoh aktivitas pembelajaran yang mengasah ketrampilan berfikir tingkat tinggi ….

A. Melihat video tentang perkiraan cuaca hari ini
B. Murid diminta membuat catatan hasil pengamatan cuaca
C. Murid membaca berbagai sumber tentang cuaca dan iklim
D. Murid membandingkan hasil pengamatan cuaca melalui alat manual dan aplikasi
E. Murid merasakan cuaca yang sedang berlangsung di halaman sekolah

Jawaban: D
HOTS  selalu memperhatikan 3 hal utama, yaitu transfer knowledge, problem solving dan critical and creative thinking. 

Soal P3K Guru SD 2021 dan Jawabannya (14)
Perhatikan gambar jaring-jaring makanan berikut!

soal p3k guru sd dan jawabannya no 14
Soal P3K guru SD dan jawabannya no 14

Manakah soal yang memenuhi kriteria HOTS untuk stimulasi berikut ?
A. Hewan apa yang berperan sebagai konsumen tingkat I ?
B. Sawi dan bunga sepatu berperan sebagai apa?
C. Apakah peran burung elang dalam suatu rantai makanan?
D. Jika jumlah ulat menurun drastis, apa yang terjadi pada burung elang?
E. Mengapa katak termasuk amfibi?

Jawaban: D
Opsi A, B, C adalah pertanyaan yang langsung bisa dijawab tanpa siswa melakukan proses bernalar. Opsi D siswa harus bernalar dulu sebelum menjawab pertanyaan.

Demikian pembahasan soal P3K guru SD 2021 dan jawabannya. Untuk lebih menyempurnakan persiapan Anda, silahkan berkunjung ke laman Contoh Soal P3K Guru SD 2021, Contoh Soal P3K Honorer dan Jawabannya, Soal P3K 2021 dan Jawabannya, Kisi-kisi Soal P3K Guru SD 2021 Terbaru, Download Kumpulan Soal P3K dan Jawabannya. Terakhir, kami doakan Anda semua berhasil mendapatkan NIP ASN PPPK tahun ini. Aamin!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.