Kisi-kisi Soal P3K Guru SD 2021 Terbaru dari Tes Tahap I

Kisi-kisi Soal P3K Guru SD 2021 Terbaru Berdasarkan Tes Tahap I – Hallo pejuang ASN PPPK! Bagi Anda yang belum lulus tes seleksi tahap I atau pun bagi Anda yang sedang mempersiapkan diri untuk tes seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) pada tahap ke II dan tahap III, sudah tepat sekali membuka laman ini.

Kisi-kisi Soal P3K Guru SD 2021 yang kami sajikan di laman ini merupakan hasil  sintesis dari beberapa group telegram yang di dalam terdapat para peserta seleksi tes P3K guru tahap I. Dari banyak informasi yang disampaikan mengenai soal-soal yang muncul maupun materi yang menjadi dasar penyusunan soal di tahap I kami coba rangkum dan disajikan kepada Anda yang hendak kembali berjuang mengikuti tes seleksi P3K guru pada tahap II dan tahap III.

Tentunya kami juga harus berterima kasih kepada para peserta tes seleksi P3K guru yang telah berkenan membagi informasinya kepada kami. Secara tidak langsung, Anda juga telah membantu sejawat Anda yang sedang bersama-sama berjuang untuk lulus ASN 2021 melalui jalur seleksi P3K ini.

Namun sebelum kita mengulas kisi-kisi materi P3K 2021 yang telah kami rangkum, ada baiknya juga kita kulik sedikit mengenai beberapa perubahan ketentuan dalam pelaksanaan rekrutmen guru P3K yang terbaru.

Tambahan Afirmasi Bagi Guru Honorer Pasca Tahap I

Tambahan afirmasi terpaksa kembali diberlakukan bagi guru honorer dikarenakan presentase kelulusan tes P3K guru pada tahap I relatif sangat kecil jika dibandingkan dengan jumlah peserta. Sehingga hal ini juga mendapat perhatian dari para anggota DPR RI.

Hari jumat, 08 Oktober 2021 kemarin telah diumumkan peserta-peserta tahap I yang lulus dengan perhitungan afirmasi yang terbaru. Perhitungan atau penyesuaian afirmasi yang terbaru ini diatur melalui Keputusan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 1169 Tahun 2021 Tentang Pengolahan Hasil Kompetensi I dan Penyesuaian Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Pengadaan PPPK untuk Jabatan Fungsional Guru Pada Instansi Daerah Tahun Anggaran 2021.

Baca Juga:  Macam macam Makna Kata dan Relasi Makna Beserta Contohnya
Perhitungan afirmasi setelah tes p3k tahap I
Penyesuaian Nilai Ambang Batas (afirmasi) Seleksi Kompetensi P3K Tahap I

Selengkapnya mengenai penyesuaian nilai ambang batas tersebut Anda bisa merujuk langsung ke Permenpan RB yang dimaksud.

Jumlah Soal P3K Guru SD 2021 dan Aturan Skoring Tahap II dan III

Jumlah soal tes P3K guru SD 2021 untuk tahap II dan tahap III akan tetap sama dengan jumlah soal pada tahap I. Tes kompetensi teknis terdiri dari 100 nomor butis soal pilihan ganda dengan 5 pilihan jawaban. Jawaban yang benar akan diberikan skor 5 dan jawaban yang salah diberikan skor nol. Jika Anda menjawab semua dengan benar makan skor maksimal dari tes kompetensi teknis ini adalah 500.

Anda juga perlu memperhatikan alokasi waktu yang disediakan. Yaitu 120 menit untuk mengerjakan 100 butir soal tes kemampuan teknis. Kemudian tes kemampuan manajerial terdiri dari 25 butir soal pilihan ganda dengan 4 pilihan jawaban. Setiap jawaban akan memiliki skor masing-masing, yaitu 1, 2, 3, dan 4. Jadi tidak ada skor 0 jika Anda mengisi jawaban semua soal tes manajerial.

Sedangkan tes kompetensi sosio kultural terdiri dari 20 butir soal pilihan ganda dengan 5 pilihan jawaban. Setiap pilihan jawaban memiliki skor dari 1-5. Jadi setiap jawaban Anda akan diberikan nilai dan tidak ada skor 0 selama Anda mengisi jawaban. Soal tes kompetensi manajerial dan sosio kultural dikerjakan dalam satu sesi, yaitu 40 menit untuk menyelesaikan 45 nomor soal.

Adapun soal tes wawancara akan lebih mudah lagi Anda taklukan. Karena hanya terdiri dari 10 nomor soal dan berupa pilihan ganda dengan 4 pilihan jawaban. 10 nomor soal tes wawancara sangat cukup untuk Anda selesaikan dalam 10 menit.  Silahkan Anda cek selengkapnya dalam tabel berikut ini:

Jumlah soal P3K guru SD 2021
Jumlah soal P3K Guru SD 2021

Kisi-kisi Soal P3K Guru SD 2021

Kisi-kisi soal P3K guru SD 2021 yang kami sajikan pada bagian ini, disusun berdasarkan pengalaman tes yang disampaikan oleh peserta tes seleksi P3K guru SD tahap I pada tanggal 15-18 September 2021. Adapun Materi soal P3K 2021 secara umum sebagaimana telah disosialisasikan oleh banyak pihak seperti tabel berikut:

Kompetensi Teknis Kompetensi Manajerial Kompetensi Sosio kultural
Pengetahuan, keterampilan dan sikap/perilaku yang dapat diukur dan dikembangkan yang spesifik berkaitan dengan bidang teknis jabatan. Pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku dalam berorganisasi yang dapat diamati, diukur, dan dikembangkan terkait dengan: (1) integritas; (2) kerjasama; (3) orientasi pada hasil; (4) komunikasi; (5) pelayanan publik; (6) pengembangan diri dan orang lain; (7) pengambilan keputusan; (8) mengelola perubahan. Pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku dalam berinteraksi dengan masyarakat majemuk dalam hal agama, suku dan budaya, perilaku, wawasan kebangsaan, etika, nilai-nilai moral, emosi dan prinsip, dalam peran memangku jabatan sebagai perekat bangsa yang berkaitan dengan: (1) Kepekaan terhadap perbedaan budaya; (2) Kemampuan berhubungan sosial; (3) Kepekaan terhadap konflik; (4) Pengendalian diri; (5) empati.
Baca Juga:  Tes Deret Angka Psikotes (40 Contoh Soal dan Jawabannya)

Namun dari beberapa pengakuan peserta tes seleksi P3K guru SD, kisi-kisi soal P3K guru SD di atas masih bersifat sangat umum. Terutama dalam materi tes komptensi teknis. Oleh karenanya kisi-kisi soal P3K guru SD 2021 yang kami bawakan di sini benar-benar dari pengalaman peserta tes tahap I.

Materi Tes P3K Guru SD 2021 Menurut Peserta Tahap I

Kisi-kisi materi tes P3K guru SD 2021 yang menjadi konsen kita di sini adalah kisi-kisi materi tes kompetensi teknis guru SD. Karena bagaimana pun tes kompetensi teknis ini yang paling butuh perhatian.

Selain itu, sebagian besar peserta yang belum lulus pada tahap I adalah karena skor tes kompetensi teknisnya tidak mencapai passing grade (PG). Beikut adalah kisi-kisi soal P3K guru SD 2021 yang berhasil kami himpun dari peserta tes seleksi Tahap I. Kisi-kisi ini kami kumpulkan dan kami olah group telegram, serta melalui wawancara langsung dengan peserta.

Kisi-kisi soal P3K guru SD 2021 Materi Bahasa Indonesia

Kisi-kisi soal P3K guru SD 2021 untuk materi bahasa Indonesia berdasarkan pengalaman peserta tahap I adalah sebagai berikut:

(1) Cara penulisan daftar pustaka yang benar sesuai EYD

(2) Memahami isi bacaan

(3) Imbuhan dan akhiran (soal berupa pemahaman tentang peleburan pada imbuhan)

(4) Penggunaan bahasa baku dan non baku (soal berupa penggunaan bahasa baku yang benar)

(5) Teks Prosedur (soal berupa pemahaman tentang urutan struktur teks prosedur yang tepat)

(6) Membuat kesimpulan dari wacana (diberikan sebuah teks wacana dan diminta menarik kesimpulan)

(7) Cara menulis huruf latin sesuai kaidah EYD

Kisi-kisi Soal P3K Guru SD 2021 Materi IPA

(1) Perubahan energi (studi kasu perubahan energi pada dinamo dinamo sepeda)

(2) Gaya gravitasi (diberikan sebuah gambar ilustrasi kemudian diminta menentukan letak gaya gravitasi yang yang paling kuat)

(3) Melakukan perhitungan menggunakan rumus gaya dan usaha.

Baca Juga:  Urutan Langkah-langkah Menulis Teks Berita yang Tepat

(4) Metamorfosis (siklus metamorfosis pada katak)

Kisi-kisi Soal P3K Guru SD 2021 Materi IPS

(1) ASEAN (peran indonesia pada konflik Kamboja dan kerjasama dalam bidang pendidikan) 

(2) AFTA (pengertian, tujuan dan pengaruhnya)

(3) Peristiwa penting seputar kemerdekaan Indonesia(Kronologi peristiwa sebelum kemerdekaan, persiapan menjelang proklamasi, upaya mempertahankan proklamasi  kemerdekaan; agresi militer belanda, peristiwa hotel Yamato surabaya, pertempuran di Manado dan serangan umum 1 Maret)

Kisi-kisi Soal P3K Guru SD 2021 Materi Matematika

(1) Aritmetika Sosial

Soal:  Masing-masing 1iswa menyumbang 1 lusin buku, jika jumlah siswa adalah 250, dan direncanakan akan menyumbang buku ke 30 daerah. Perhitungan penyelesainnya yaitu….

a.12 x 250: 30          b. 1 × 250: 30     c. …..         d. ….

(2) Satuan ukur (satuan berat dan cara mengukur berat dengan timbangan dengan benda

(3) Jarak, Waktu dan Kecepatan;

– Menghitung jarak tempuh seorang pelari yang berlari di lapangan berbentuk persegi. Pelari tersebut 3x kali mengelilingi lapangan yang sudah diketahui luasnya. 

– Mengurutkan waktu kedatangan dari 3 orang jika diketahui jarak, kecepatan, dan waktu berangkatnya.

Kisi-kisi Soal P3K Guru SD 2021 Materi PKn

(1) Isi dari pasal 31 UUD RI 1945

(2) UU Guru dan Dosen

(4) Ide pokok tiap paragraf dalam UUD 1945

(5) Makna lambang-lambang Pancasila

(6) Butir-butir Pancasila

Demikian kisi-kisi soal P3K guru SD 2021 yang kami rangkum dari para peserta tes seleksi P3K guru SD 2021 tahap I. Anda juga kami harapkan mempelajari soal-soal P3K lainnya yang telah kami kembangkan di laman ini. Di antaranya  Kumpulan Soal P3K dan Jawabannya 2021 Pdf!, Materi Pedagogik SKB PGSD dan Materi Pedagogik Guru PPPK (P3K) 2021 Tes Kompetensi Teknis. Teriring doa semoga Anda lulus ASN PPPK Guru SD pada tahun 2021 ini. Aamiin.

You May Also Like

About the Author: Ageng Triyono

Edutech Enthusiast|Curriculum Researcher & Developer|Independent Learner of History|Founder Kontenpositif.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *