Soal Kompetensi Teknis P3K (PPPK) Guru SD 2021, Terbaru dari Tahap I !

Soal Kompetensi Teknis P3K Guru SD 2021 dan Jawabannya – Hallo calon ASN PPPK guru dan pejuang pendidikan! Bagi Anda yang kemarin gagal melewati tes kompetensi tahap I  pada tanggal 13-18 September tentu sedikit banyak ada rasa ketidakpuasan.  Tenang saja, bahasan kita kali ini adalah dalam rangka membantu Anda mempersiapkan diri untuk tes di tahap II.

Soal kompetensi Teknis P3K Guru SD 2021 dan jawabannya ini didasarkan pada pengalaman para peserta tes kompetensi PPPK tahap I kemarin. Soal kompetensi Teknis P3K Guru SD 2021 yang kami susun berasal dari informasi yang beredar di beberapa group teleggram maupun wawancara kami langsung dengan peserta tahap I.

Materi contoh soal kompetensi teknis sebelumnya pernah kami posting pada tanggal 6 Maret 2021, namun pada akhirnya harus kami lakukan editing. Tiada lain agar kami lebih akuran dalam membantu Anda. Serta apa yang Anda pelajarri dari laman ini juga lebih tepat. Dan Anda tidak kecewa.

Oiya, tidak lupa kami mengucapkan selamat bagi Anda yang telah diumukan lulus pada tangga 8 Oktober 2021 kemarin. dan saya ucapkan selamat mengikuti pemberkasan.

Pasca diundurnya pengumuman tahap I, yang mana seharusnya dilakukan pada tanggal 24 September 2021, tetapi karena masih banyak pertimbangan Akhirnya diundur. Perihal ini juga kemudian menjadi pembahasan di DPR RI.

Mundurnya pengumuman tersebut disampaikan melalui Surat Pengumuman Kemenetrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Nomor 5363/B/GT.01/2021 Tentang Penundaan Pengumuman Hasil Seleksi Kompetensi 1 Guru ASN-PPPK 2021.

Penundaan Pengumuman Hasil Seleksi Kompetensi 1 Guru
Penundaan Pengumuman Hasil Seleksi Kompetensi 1 Guru

Mundurnya pengumuman tersebut kemudian menghasilkan beberapa penyesuaian utamanya besaran passing grade dengan beberapa kategori. Selengkapnya mengenai penyesuaian ambang batas atau passing grade pasca pengumuman tahap 1 bisa Anda akses di Keputusan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 1169 tentang Pengolahan Hasil Seleksi Kompetensi 1 dan Penyesuaian Nilai Ambang Batas Pengadaan PPPK 2021. Silahkan Anda bisa download di sini.

Jumlah Soal Kompetensi Teknis

Jumlah soal kompetensi teknis P3K guru SD masih sama dengan tahap I karena memang tidak ada perubahan. Perubahan hanya dikenakan pada besaran passing grade untuk kategori guru tertentu.

Jumlah Soal Kompetensi Teknis P3K Guru SD 2021
Jumlah Soal Kompetensi Teknis P3K Guru SD 2021

Jumlah soal kompetensi teknis yaitu seratus butir soal pilihan ganda. Ini berlaku bagi guru maupun kategori non guru. Skor jawaban hanya ada 2, yaitu 5 poin untuk jawaban benar, dan diberikan skor 0 untuk jawaban yang salah.

Sehingga skor maksimal yang akan didapatkan adalah 500. Tes kompetensi teknis ini adalah yang paling berat dan menentukan. Apalagi jika Anda tidak memiliki hak afirmasi. Maka Anda harus siap bersaing dengan para guru yang telah memiliki sertifikasi pendidik (serdik)

Materi Kompetensi Teknis P3K Guru SD 2021

Materi kompetensi Teknis P3K Guru SD secara umum tentunya sudah banyak disosialisasikan. Tetapi materi tersebut masih sangat umum.

Materi Kompetensi Teknis

“Pengetahuan, keterampilan dan sikap/perilaku yang dapat diukur dan dikembangkan yang spesifik berkaitan dengan bidang teknis jabatan.”

Beberapa materi khusus yang kami rangkum berdasarkan para peserta tes P3K tahap satu akan saya bawakan di halaman ini. Namun sebelumnya perlu Anda ketahui pula, bahwasanya soal tes kemampuan teknis guru bisa dikelompokkan menjadi 2 (dua):

(1) Kelompok teori dan teknis pembelajaran

Soal dalam kelompok ini akan menguji pengetahuan Anda mengenai teori-teori belajar, model, pendekatan, metode dan teknik pembelajaran, serta sintaks yang digunakan.

Selain itu Anda juga harus menguasai gaya-gaya belajar peserta didik dan teknik konseling murid.

(2) Kelompok konten pembelajaran

Kelompok soal ini akan menguji pengetahuan Anda mengenai isi dari mata pelajaran yang sehari-hari Anda ajar. Maka saran saya segera pelajari kembali materi pelajaran bahasa Indonesia, IPA, Matematika, IPS, dan PKn.

Kelompok soal ini bisa mencapai 80%. Sedangkan kelompok yang pertama hanya sekitar 20% atau dua puluh nomor saja.

Dalam laman ini kami hanya akan membawakan Soal Kompetensi Teknis P3K Guru SD kelompok yang pertama. Adapun di halaman yang lainnya, kami telah membahas kelompok soal yang kedua.

Berikut adalah sedikit ringkasan materi untuk kelompok soal teori belajar dan teknik pembelajaran:

Kisi-kisi Soal Kompetensi Teknis P3K Guru SD

Beberapa materi penting yang sudah kami himpun di antaranya adalah sebagai berikut:

Kerucut Edgar Dale

Kerucut pengalaman yang dikemukakan oleh Edgar Dale itu memberikan gambaran bahwa pengalaman belajar dapat melalui proses perbuatan atau mengalami sendiri apa yang dipelajari, proses mengamati, dan mendengarkan melalui media tertentu dan proses mendengarkan melalui bahasa.

Teori Maslow

Teori hierarki kebutuhan Maslow adalah teori yang diretas oleh Abraham Maslow. Beliau beranggapan bahwa kebutuhan-kebutuhan di tingkat rendah harus terpenuhi atau paling tidak cukup terpenuhi terlebih dahulu sebelum kebutuhan-kebutuhan di tingkat lebih tinggi dibuat menjadi hal yang memotivasi.

Baca Juga:  Materi Pedagogik Guru SD Pdf, Terbaru PPPK (P3K) Tahap I!

Macam-macam Gaya Belajar

Auditori → suara/ musik
Viisual → gambar/ video
Kinestetik → gerak/ perilaku

Mengenai materi macam-macam gaya belajar, Anda bisa merujuk ke artikel kami dengan judul Gaya Belajar Peserta Didik dan Cara Mengajarnya.

Sintak Discovery

Discovery dilakukan melalui observasi, klasifikasi, pengukuran, prediksi, penentuan, dan inferensi. Proses di atas disebut cognitive process. Langkah kerja (sintak) model Discovery Learning dalam pembelajaran penyingkapan/penemuan adalah sebagai berikut:

1) Pemberian rangsangan (stimulation);
2) Identifikasi masalah (problem statement);
3) Pengumpulan data (data collection);
4) Pengolahan data (data processing);.
5) Pembuktian (verification); dan
6) Menarik simpulan/generalisasi (generalization)

Sintak Inquiry

a. Orientasi
Pada tahap ini guru melakukan langkah-langkah untuk membina suasana atau iklim pembelajaran yang kondusif. Hal yang dilakukan guru dalam tahap orientasi ini antara lain:

  • Menjelaskan topik, tujuan, dan hasil belajar yang hendak dicapai
  • Menjelaskan pokok kegiatan yang harus dilakukan murid
  • memberikan motivasi belajar siswa.

b. Merumuskan masalah

c. Merumuskan hipotesis
Hipotesis adalah jawaban sementara dari suatu permasalahan yang dikaji. Sebagai jawaban sementara, hipotesis perlu diuji kebenarannya.

d. Mengumpulkan data
e. Menguji hipotesis
f. Merumuskan kesimpulan

Sintak Problem Based Learning

Langkah kerja (sintak) model Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran adalah sebagai berikut:

  • Orientasi peserta didik pada masalah;
  • Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar;
  • Membimbing penyelidikan individu maupun kelompok;
  • Mengembangkan dan menyajikan hasil karya; dan
  • Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.

Teori Belajar Ausubel (Bermakna)

Teori belajar Ausubel adalah teori belajar mengajar yang dapat mengakibatkan seseorang bisa belajar bermakna. Sehingga dengan belajar bermakna informasi (pengetahuan) yang diperoleh mempunyai daya tahan yang lebih lama.

Teori Belajar Gagne (Pengalaman)

Teori pembelajaran Gagne. Teori ini sebagai bentuk rangkaian langkah belajar yang mengategorikan situasi belajar berdasarkan peristiwa belajar, kemampuan belajar, dan pembagian tipe hasil belajar.

Teori Belajar Piaget

Teori perkembangan kognitif Jean Piaget atau Teori Piaget menunjukkan bahwa kecerdasan berubah seiring dengan pertumbuhan anak.

  • Sensori motor, 0-2
  • Pra operasional konkret, 2-7
  • Operasional konkret, 7-12
  • Operasional formal, 12-18

Reinforcement (Penguatan)

Pemberian reinforcement (penguatan) dalam pembelajaran kelihatannya sederhana saja yaitu tanda persetujuan guru terhadap tingkah laku peserta didik yang biasanya dinyatakan dalam bentuk kata-kata membenarkan, kata-kata pujian, senyuman atau anggukan, namun mempunyai pengaruh yang sangat penting bagi peserta didik.

  • Reinforcement positif → menyenangkan, membuat perilaku/ respon makin kuat
  • Reinforcement negative → tidak menyenangkan, tetap membuat perilaku/ respon makin kuat

Demikian, beberapa ringkasan materi yang kami dapatkan dari para peserta tes P3K guru SD tahap I. Berikutnya mari kita sama-sama ulas contoh Soal P3K Guru SD Tes Kompetensi Teknis Pedagogik.

Soal P3K guru SD tes kompetensi teknis pedagogik ini terdiri dari 25 nomor soal dengan disertai kunci jawaban. Sehingga sangat memudahkan anda dalam mempelajarinya.

Sebagaimana kita ketahui materi tes kompetensi teknis pedagogik ditujukan untuk mengukur bagaimana kemampuan seorang calon PPPK guru SD ini dalam menerapkan teori belajar, merencanakan pembelajaran, dan kemampuan teknis pengelolaan kelas, serta kompetensi nya dalam melaksanakan program evaluasi.

Soal Kompetensi Teknis P3K Guru SD 2021 dan Jawabannya

Soal kompetensi teknis P3K Guru SD 2021 dan jawabannya ini kami persilahkan untuk dijadikan salah satu rujukan Anda dalam persiapan tes P3K guru SD tahap II. Selamat belajar!

Soal nomor 1:
Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dengan mengintegrasikan teknologi merupakan kompetensi inti pedagogik pada aspek ….

A. Penguasaan terhadap karakteristik peserta didik
B. Penguasaan pada teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran
C. Pengembangan kurikulum
D. Penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik
E. berkomunikasi pada peserta didik

Jawaban: B

Soal nomor 2:
Teori ini memandang belajar sebagai hasil dari pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan balasan dari siswa (response) yang dapat diamati. Semakin sering hubungan (bond) antara rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya (law of exercise).

Teori belajar yang dimaksud adalah ….
A. Behaviorisme
B. Kognitif
C. Humanistik
D. Sibernetik
E. Kontruktivisme

Jawaban: A

Soal nomor 3:
Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error). Kemudian dilanjutkan dengan mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu.

Hal ini merupakan penerapan teori belajar….
A. Sibernetik
B. Kognitif
C. Humannistik
D. Behaviorisme
E. Konstruktivisme

Jawaban: E

Soal nomor 4:
Seorang guru yang mengembangkan tujuan pembelajaran untuk menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensinya dimuat dalam….

A. Silabus
B. RPP
C. Silabus dan RPP
D. SKL
E. Lembar penilaian

Jawaban: B

Soal nomor 5:
Dalam mempersiapkan pembelajaran seorang guru akan selalu bertemu dengan istilah silabus dan RPP. Silabus dan RPP sama-sama sebagai rencana proses pembelajaran, perbedaannya adalah sebagai berikut ….

Baca Juga:  30 Soal TKP dan Pembahasan CPNS 2021, Contoh Paling HOTS!

A. Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan rpp mengarahkan kegiatan belajar untuk mencapai kompetensi dasar

B. Silabus bersumber dari standar isi dan standar lulusan, sedangkan RPP bersumber dari standar kompetensi lulusan

C. RPP dibuat oleh setiap guru, sedangkan silabus dibuat oleh tim guru

D. RPP dan silabus keduanya disusun oleh setiap satuan pendidikan.

E. Dalam silabus dijelaskan metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah- langkah pembelajaran, evaluasi secara rinci

Jawaban: A

Soal nomor 6:
Model pembelajaran yang mempunyai keunggulan antara lain; berpikir dan bertindak kreatif, memecahkan masalah yang dihadapi secara realistis, merangsang perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan tepat, adalah….

A. Role Playing
B. Inquiry
C. Problem Solving
D. Picture and Picture
E. Kontektual

Jawaban: C

Soal nomor 7:
Seorang guru mengajukan pertanyaan kepada siswa dengan tujuan agar siswa tersebut mengingat kembali materi pelajaran yang sudah dipelajari sebelumnya, hal tersebut termasuk kegiatan….

A. Memberikan acuan
B. Melaksanakan tes awal
C. Memberikan bimbingan
D. Membuat kaitan
E. Meningkatkan motivasi

Jawaban: D

Soal nomor 8:
Seorang guru menjumpai kebiasaan belajar yang kurang tepat yang dilakukan oleh salah seorang siswanya sehingga kesulitan dalam mengikuti pelajaran.

Langkah awal yang tepat untuk mengatasi kesulitan belajar demikian yaitu….

A. Tunjukkan akibat atau dampak kebiasaan belajar yang salah terhadap prestasi belajar

B. Berikan kesempatan kepada siswa untuk mendiskusikan aspirasinya secara rasional

C. Ciptakan iklim sosial yang sehat antara guru dengan siswa dan antar siswa di dalam kelas

D. Susun aturan dan batasan-batasan dalam proses pembelajaran

E. Berikan kesempatan memperoleh pengalaman yang menyenangkan atau memperoleh sukses dalam belajar meskipun prestasinya minimal

Jawaban: E

Soal nomor 9:
Faktor yang penting dipertimbangkan oleh seorang guru dalam melaksanakan diskusi pemecahan masalah pada proses pembelajaran adalah….

A. Waktu yang tersedia untuk melaksanakan diskusi
B. Rumusan masalah yang harus didiskusikan
C. Jumlah peserta didik yang mengikuti pembelajaran
D. Motivasi belajar siswa
E. Ruang yang tersedia

Jawaban: B

Soal nomor 10:
Seorang guru menjumpai kelas yang motivasi dan prestasi belajarnya rendah.
Hal utama yang menyebabkan motivasi dan prestasi belajar rendah adalah ….

A. Suasana kelas kurang kondusif karena tidak tersedia sarana belajar yang lengkap

B. Siswa pasif dalam belajar dan lebih senang bermain

C. Siswa tidak mendapat bimbingan belajar dari orang tua

D. Pembelajaran kurang menghargai perbedaan individu siswa

E. Siswa cenderung lebih suka belajar dalam kelompok

Jawaban: D

Soal nomor 11:
Pada saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru dapat menyusun strategi pembelajaran dan menentukan media yang akan digunakan dalam pembelajaran tersebut. Kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang guru terkait dengan keterampilan memilih media pembelajaran adalah….

A. Guru harus mengetahui latar sosial budaya siswa dan sekolah

B. Guru mengetahui cara mengevaluasi pembelajaran dengan media

C. Guru harus memahami karakteristik dari media pembelajaran tersebut

D. Guru harus menyesuaikan diri dengan kemampuan sekolah

E. Guru menyesuaikan dengan materi pembelajaran

Jawaban: C

Soal nomor 12:
Seorang guru harus mampu memanfaatkan media pembelajaran dan sumber belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran utuh.

Pernyataan berikut yang benar terkait dengan media pembelajaran adalah….

A. Media pembelajaran yang paling baik adalah media yang berbasis TIK

B. Sebuah media dapat digunakan untuk semua kegiatan pembelajaran

C. Semua media pembelajaran sama cara pemanfaatannya

D. Media dapat digunakan sebagai pembawa pesan dalam suatu kegiatan pembelajaran

E. Memilih media tidak perlu banyak pertimbangan agar tidak merepotkan

Jawaban: D

Soal nomor 13:
Setiap materi pembelajaran memiliki tingkat kesukaran yang bervariasi. Untuk memudahkan siswa memahami materi yang memiliki tingkat kesukaran tinggi guru sering memanfaatkan media pembelajaran. Misalnya, media gambar atau tayangan video yang berisi sistem peredaran darah. Fungsi media pada pernyataan tersebut adalah….

A. Menampilkan objek yang terlalu besar
B. Menampilkan obyek yang sulit diamati
C. Membuat konkrit konsep yang abstrak
D. Menampilkan objek yang tidak dapat diamati dengan mata telanjang.
E. Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar

Jawaban: C

Soal nomor 14:
Jika guru melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya, dimulai dengan memunculkan pertanyaan penuntun (a guiding question) dan membimbing peserta didik berkolaboratif yang mengintegrasikan berbagai subjek (materi) dalam kurikulum.

Pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru merupakan strategi pembelajaran….

A. Projek based learning
B. Kontektual
C. Discovery Learning
D. Problem Based Learning
E. Inquiry learning

Jawaban: A

Soal nomor 15:
Seorang guru melaksanakan pembelajaran yang mengakomodasi semua anggota kelompok mengungkapkan pendapat, ide, dan tanggapan terhadap skenario secara bebas, sehingga dimungkinkan muncul berbagai macam alternatif pendapat.

Kegiatan yang dilakukan guru tersebut merupakan implementasi strategi pembelajaran ….
A. Project based learning
B. Inquiry learning
C. Discovery learning
D. Kooperatif
E. Problem based learning

Baca Juga:  25 Contoh Soal TKP CPNS 2021 Tes karakteristik Pribadi dan Jawabannya

Jawaban: E

Soal nomor 16:
Seorang guru mengajak siswa melakukan kunjungan ke suatu lembaga, namun sesampai di lembaga tersebut belum ada petugas dan nara sumber yang melayani. Untuk mengisi kekosongan waktu guru tersebut memulai pembelajaran dengan memilih menggunakan strategi pembelajaran ekspositori, pertimbangan guru memilih strategi tersebut yaitu….

A. Waktu belajar cukup banyak
B. Sumber belajar hanya dimiliki pendidik
C. Sedikitnya jumlah guru
D. Ruang kelas yang terbatas
E. Tidak ada sumber belajar dan media pembelajaran

Jawaban: B

Soal nomor 17:
Berikut ini merupakan langkah-langkah pembelajaran dengan model pembelajaran project based learning:

1) Penentuan Pertanyaan Mendasar,
2) Mendesain Perencanaan Proyek,
3) Menyusun Jadwal (Create a Schedule),
4) Memonitor peserta didik dan kemajuan proyek (Monitor the Students and the Progress of the Project),
5) Menguji Hasil (Assess the Outcome),
6) Mengevaluasi Pengalaman (Evaluate the Experience).

Urutan yang benar adalah ….
A. 1-2-3-4-5-6
B. 1-2-4-3-5-6
C. 1-3-2-4-5-6
D. 1-3-2-5-6-4
E. 1-2-3-5-4-6

Jawaban: A

Soal nomor 18:
Perhatikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang masih acak berikut ini!
1) Mengorganisasi siswa dalam belajar
2) Orientasi siswa pada masalah
3) Membimbing penyelidikan siswa secara mandiri atau kelompok
4) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Jika langkah-langkah tersebut disusun mengikuti urutan model pembelajaran

Problem Based Learning, urutan langkah yang tepat adalah ….
A. 1-2-3-4
B. 1-3-2-4
C. 2-3-1-4
D. 3-2-1-4
E. 2-3-1-4

Jawaban: C

Soal nomor 19:
Siswa melakukan kegiatan dengan berpedoman pada langkah-langkah yang telah ditetapkan guru, yaitu mengamati fenomena sosial di sekeliling sekolah dan hasil pengamatan ditulis, disusun menjadi laporkan serta didiskusikan bersama guru dan teman sekelas, pilihan strategi yang digunakan….

A. Discovery
B. Heuristik
C. Pemecahan Masalah
D. Belajar Aktif
E. Projek Based Learning

Jawaban: A

Soal nomor 20:
Seorang guru ingin membelajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif. Maka urutan tahapan yang tepat pada model pembelajaran kooperatif adalah….

A. Orientasi, bekerja kelompok, kuis, penghargaan kelompok

B. Kuis, penghargaan kelompok, bekerja kelompok, orientasi

C. Kuis, bekerja kelompok, orientasi, penghargaan kelompok

D. Orientasi, penghargaan kelompok, bekerja kelompok, kuis

E. Orientasi, pengamatan, bekerja kelompok, kuis, penghargaan kelompok

Jawaban: A

Soal nomor 21:
Kriteria keberhasilan belajar siswa ditentukan dengan menggunakan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Kreteria Belajar Minimal (KBM).
KKM/KBM adalah rata-rata setiap unsur dari kriteria yang ditentukan. Untuk menentukan KKM diperlukan faktor-faktor….

A. Kompleksitas indikator, daya dukung, dan kemampuan guru

B. Kemampuan guru, sarana/prasarana, dan intake siswa

C. Daya dukung, tingkat kesulitan, dan kemampuan guru

D. Kompleksitas indikator, daya dukung, dan intake siswa

E. Kemampuan guru, tingkat kesulitan kompetensi dasar, dan intake siswa

Jawaban: D

Soal nomor  22:
Seorang guru harus menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)/ Kriteria Belajar Minimal (KBM). Berikut merupakan fungsi KKM/KBM, kecuali….

A. Sebagai acuan peserta didik dalam menyiapkan diri mengikuti penilaian mata pelajaran

B. Merupakan target satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap mata pelajaran

C. Dapat digunakan sebagai bagian dari komponen dalam melakukan evaluasi program pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah.

D. Untuk bahan laporan dan kelengkapan administrasi sekolah

E. Sebagai kegiatan pengambilan keputusan yang dapat dilakukan melalui metode kualitatif atau kuantitatif.

Jawaban: E

Soal nomor  23:
Pada proses pembelajaran seorang guru ingin melakukan penilaian terhadap perilaku siswa, maka Instrumen yang digunakan dalam proses pembelajaran tersebut adalah….

A. Pedoman observasi
B. Kuesioner
C. Tes tulis
D. Pedoman wawancara
E. Tes hasil belajar

Jawaban: A

Soal nomor 24:
Setiap kali di akhir pembelajaran seorang guru akan melakukan proses penilaian. Sebelum guru menyusun soal-soal untuk menilai hasil belajar siswa, manakah yang pertama kali harus dipelajari….

A. Buku sumber yang digunakan
B. Kurikulum dan silabus
C. Karakteristik siswa
D. Indikator pencapaian kompetensi
E. Kemampuan awal siswa

Jawaban: D

Soal nomor 25:
Upaya merancang pengayaan bagi peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut….

A. Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda

B. Memberikan test tambahan dengan tingkat kesukaran lebih tinggi

C. Memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument testnya yang sesuai

D. Diberi soal serupa untuk memastikan tingkat keberhasilan belajar

E. diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal- soal yang memiliki kesulitan tinggi

Jawaban: E

Demikian bahasan kita mengenai Soal Kompetensi Teknis P3K Guru SD 2021 dan Jawabannya. Saya sarankan Anda juga merujuk laman pendukung yang lain dari kami, seperti Kisi-kisi Soal P3K Guru SD 2021 TerbaruContoh Soal Kompetensi Manajerial PPPK (P3K) Guru 2021 Terbaru, Contoh Soal Tes Wawancara P3K (PPPK) 2021. Dan saya doakan Anda sukses mendapatkan NIP tahun 2021 ini!

You May Also Like

About the Author: Ageng Triyono

Edutech Enthusiast|Curriculum Researcher & Developer|Independent Learner of History|Founder Kontenpositif.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *