Manfaat Ziarah Kubur ke Makam Wali, Bisa Menenangkan Jiwa

manfaat ziarah makam wali

Manfaat Ziarah Kubur ke Makam Wali – Ziarah makam adalah praktik yang melibatkan kunjungan ke makam orang-orang yang telah meninggal dunia. Praktik ini memiliki signifikansi budaya dan agama di berbagai komunitas di seluruh dunia, termasuk dalam tradisi Islam. Artikel ini akan membahas pengertian ziarah makam, dalil-dalil yang mendukungnya, serta manfaat ziarah makam khususnya terkait dengan makam para wali.

Pengertian Ziarah Makam

Ziarah makam atau ziarah kubur berasal dari bahasa Arab, yaitu “ziyarah“, yang berarti kunjungan. Secara umum, ziarah makam mengacu pada kunjungan seseorang ke makam orang yang telah meninggal. Praktik ini mencerminkan rasa penghormatan, mengenang, dan mendoakan orang yang telah meninggalkan dunia. Dalam konteks agama, ziarah makam memiliki dimensi spiritual yang dalam.

Read More

Ziarah sendiri sudah menjadi tradisi yang mengakar di bumi nusantara indonesia. Khususnya bagi masyarakat Muslim dari kalangan NU atau nahdlatul ulama, mereka merupakan kelompok Islam yang melestarikan tradisi ziarah makam sampai hari ini.

Dalil Ziarah Kubur

Dalam Islam, terdapat beberapa dalil yang mendukung praktik ziarah kubur. Salah satu dalil yang paling dikenal adalah hadis Rasulullah SAW yang artinya:

“Aku dulu melarang kamu untuk mengunjungi kubur. Tetapi, sekarang kamu boleh mengunjunginya, karena mengunjungi kubur dapat mengingatkan kematian.” (HR. Muslim)

Hadis ini menunjukkan bahwa ziarah makam memiliki nilai sebagai pengingat akan kematian, yang pada gilirannya dapat mengingatkan manusia akan sifat sementara dunia ini. Melalui ziarah makam, umat Islam diingatkan tentang pentingnya mempersiapkan diri untuk kehidupan akhirat.

Manfaat Ziarah Makam Wali

Ziarah makam menjadi penting, apalagi ziarah kepada makam orang yang telah berjasa dalam hidup kita, misalnya anggota keluarga, mulai dari orang tua, kakek, nenek dan lain sebagainya.

Bagi sebagian masyarakat Islam Indonesia mereka memiliki tradisi ziarah makam wali, yaitu walisongo yang makamnya tersebar dari jawa timur sampai jawa barat.

Ziarah makam wali, yaitu para orang suci yang dianggap memiliki kedekatan dengan Allah karena kehidupan mereka yang saleh, memiliki manfaat yang mendalam dalam kehidupan umat Muslim.

Tentu dengan ziarah ke makam wali ada beberapa manfaat yang akan didapatkan, beberapa manfaatnya antara lain:

  • Sarana Mengenang Akan Kebaikan: Ziarah makam wali adalah kesempatan untuk mengingat dan mengambil teladan dari kehidupan mereka yang saleh. Hal ini dapat memotivasi umat Muslim untuk meningkatkan amal ibadah dan akhlak mereka.
  • Doa dan Permohonan: Makam wali diyakini sebagai tempat yang memiliki kedekatan khusus dengan Tuhan. Dalam ziarah, umat Muslim berdoa dan memohon ampunan serta berkah kepada Tuhan melalui perantara wali.
  • Renungan Spiritual: Ziarah makam wali dapat menjadi momen refleksi diri, memperkuat hubungan spiritual dengan Tuhan, dan mengingatkan tentang tujuan hakiki hidup di dunia ini.
  • Penghubung Generasi: Melalui ziarah makam wali, tradisi dan nilai-nilai Islam yang diwariskan oleh para wali dapat terjaga dan terus diperpetuasi kepada generasi yang lebih muda.
  • Perekat Komunitas: Ziarah makam wali seringkali menjadi ajang berkumpulnya komunitas Muslim. Ini memperkuat ikatan sosial dan kebersamaan di antara mereka.

Dalam mengambil manfaat dari ziarah makam wali, penting bagi umat Muslim untuk memahami bahwa nilai sejati dari praktik ini terletak pada pengembangan spiritual dan moral, bukan sekadar ritual formal.

Kesimpulan

Ziarah makam adalah praktik yang sarat dengan makna dan nilai spiritual, terutama dalam konteks agama Islam. Melalui ziarah makam, umat Muslim mengingatkan diri akan kematian, mengambil pelajaran dari kehidupan para wali, dan memperkuat ikatan spiritual dengan Tuhan. Manfaatnya melampaui dimensi fisik, menginspirasi transformasi dalam kehidupan sehari-hari. Dengan memahami makna, dalil, dan manfaat ziarah makam, umat Muslim dapat mengambil pelajaran berharga untuk menjadi pribadi yang lebih baik dalam pandangan agama dan masyarakat.

Nah itulah beberapa manfaat ziarah ke makam wali, bagi anda yang belum pernah sama sekali ziarah saya sarankan agar segera ziarah ke makam para wali, insyaAllah anda akan mendapatkan ketenangan batin.

Semoga bermanfaat ya.

Baca juga artikel menarik lainnya dari Akhmad Saikuddin, seputar Religi hanya di haidunia.com!

About Author

Baca Juga:  Sholawat Fil Awwalin, Teks Arab & Latin, Khasiat dan Arti Lengkap!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *