Mau Lulus SKD? Download Materi TWK CPNS 2021 Pdf Ini!

ringkasan materi twk cpns 2021 pdf
ringkasan materi twk cpns 2021 pdf

Materi TWK CPNS 2021 Pdf – Hallo sobat Calon Aparatur Sipil negara (ASN) 2021. Pastinya kabar akan dibukanya kembali seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 sudah sampai ke Anda semua. Oleh karena itu sekarang adalah waktu yang pas untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin dengan mempelajari kisi-kisi materi CPNS. Salah satunya adalah materi TWK yang kami bawakan pada laman ini.

Materi TWK CPNS 2021 Pdf yang kami sajikan pastinya akan sangat membantu Anda dalam memahami materi tes seleksi CPNS yang kan Anda hadapi sebentar lagi. Apalagi materi tes wawasan kebangsaan (TWK) adalah materi yang sudah pasti harus dilalui oleh setiap peserta seleksi, apapun itu formasi yang dipilihnya.

Read More

Materi TWK adalah materi pertama yang harus Anda tuntaskan sebelum ke tahap selanjutnya, yaitu seleksi kompetensi bidang (SKB). Ringkasan materi TWK CPNS ini dimaksudkan untuk memudahkan Anda dalam mempelajari.

Semua sub materi yang akan diujikan kami sajikan secara umum, serta link materi pdf selengkapnya yang bisa Anda download cuma-cuma. Tiada lain harapan kami, Anda semua akan berhasil menjadi ASN berprestasi di masa mendatang.

Karena itu kami persilakan Anda segera mempelajari materi yang kami bawakan secara langsung di laman ini. Namun, jika Anda hendak mendownload materi TWK CPNS 2021 Pdf dan menyimpannya terlebih dahulu juga tidak mengapa, dan anda tinggal mengaksesnya melalui link di bagian akhir setiap sub pembahasan.

Materi SKD CPNS 2021

Materi SKD CPNS 2021 pastinya tidak akan jauh berbeda dengan materi tes CPNS periode sebelumnya. Untuk itu kita bisa merujuk pada Permenpan-RB Nomor 23 Tahun 2019 tentang Kriteria Penetapan Pegawai Negeri Sipil dan Pelaksanaan Seleksi Pegawai Negeri Sipil.

Dijelaskan dalam Permenpan-RB tersebut bahwa kompetensi dasar (KD) adalah kemampuan dan karakteristik dalam diri seseorang berupa pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang menjadi ciri-ciri seorang Pegawai Negeri Sipil Republik Indonesia. Sehingga untuk mendapatkan calon pegawai negeri sipil (CPNS) dengan karakter tersebut perlu diuji melalui tes seleksi kompetensi dasar (SKD).

Materi SKD yang diatur dalam Permenpan-RB Nomor 23 tahun 2019 meliputi;

1) Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
2) Tes Intelegensi Umum (TIU), dan
3) Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Pada pembahasan kali ini, kami hanya menyajikan materi tes wawasan kebangsaan (TWK). Adapun materi Tes intelegensi umum (TIU) akan kami bahas secara terpisah. Sedang Tes Karakteristik Pribadi (TKP) telah kami bahas sebelumnya melalui beberapa latihan contoh soal TKP, di antaranya; 30 Soal TKP dan Pembahasan CPNS 2021, Tes Karakteristik Pribadi (TKP); Kriteria & Contoh Soal CPNS 2021, 25 Contoh Soal TKP CPNS 2021. Semua contoh-contoh soal TKP tersebut bisa Anda akses di laman haidunia.com.

Sedangkan materi-materi pokok yang diujikan dalam seleksi kompetensi dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) tercantum dalam Permenpan-RB Nomor 23 tahun 2019.

Permenpan-RB nomor 23 tahun 2019
Permenpan-RB nomor 23 tahun 2019 tentang Kriteria Penetapan Pegawai Negeri Sipil dan Pelaksanaan Seleksi Pegawai Negeri Sipil

Materi TWK CPNS

Materi TWK CPNS dalam Permenpan-RB Nomor 23 tahun 2019 tersebut disebutkan pada poin Poin K. Pelaksanaan Seleksi. Disebutkan bahwa Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dilaksanakan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan:

a) Nasionalisme

Dengan tujuan mampu mewujudkan kepentingan nasional melalui cita-cita dan tujuan yang sama dengan tetap mempertahankan identitas nasional;

b) Integritas

Dengan tujuan mampu menunjukkan sifat atau keadaan yang menjunjung tinggi kejujuran, ketangguhan, kewibawaan sebagai satu kesatuan;

c) Bela negara

Dengan tujuan mampu berperan aktif dalam mempertahankan eksistensi bangsa dan negara;

d) Pilar negara

Dengan tujuan mampu membentuk karakter positif melalui pemahaman dan pengamalan nilai-nilai dalam Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan Bhinneka Tunggal Ika;

e) Bahasa Indonesia

Dengan tujuan mampu menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan yang sangat penting kedudukannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Jumlah Soal TWK 2021 dan Passing Grade

Jumlah soal TWK 2021 dan passing grade (nilai ambang batas) bisa kita dapatkan dengan merujuk pada Permenpan-RB Nomor 24 tahun 2019 tentang Nilai Ambang Batas. Nilai ambang batas Seleksi Kompetensi Dasar adalah nilai minimal yang harus dipenuhi oleh setiap peserta seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil

Jumlah Soal TWK 2021 dan Aturan Penskoran

Disebutkan jumlah soal keseluruhan adalah 100 (seratus) terdiri dari soal TKP 35 (tiga puluh lima) butir soal, soal TIU 35 (tiga puluh lima) butir soal, dan soal TWK 30 (tiga puluh) butir soal.

Perlu catat, penilaian untuk materi soal TIU dan TWK apabila menjawab benar nilainya 5 (lima) dan apabila salah atau tidak menjawab nilainya 0 (nol). Sedangkan Penilaian untuk materi soal TKP apabila menjawab nilai terendah 1 (satu) dan nilai tertinggi 5 (lima) serta tidak menjawab nilainya 0 (nol).

Dengan demikian, nilai kumulatif maksimal adalah 500 (lima ratus) terdiri dari: nilai maksimal untuk TKP: 175 (seratus tujuh puluh lima), TIU: 175 (seratus tujuh puluh lima), dan TWK: 150 (seratus lima puluh).

Passing Grade Nilai CPNS

Passing grade nilai CPNS jika kita merujuk pada Permenpan-RB Nomor 24 tahun 2019 terdiri:

a. 126 (seratus dua puluh enam) untuk TKP;
b. 80 (delapan puluh) untuk TIU; dan
c. 65 (enam puluh lima) untuk TWK.

Waktu Pelaksanaan SKD

Waktu pelaksanaan SKD dan SKB menggunakan CAT masing-masing adalah 90 (sembilan puluh) menit. Adapun jadwal selengkapnya bisa Anda dapatkan setelah pengumuman resmi direlease.

Ringkasan Materi TWK CPNS 2021 Pdf

Ringkasan materi TWK CPNS 2021 kami kutip dari modul-modul pendidikan dan pelatihan yang disusun oleh kementrian/lembaga terkait. Selain gambaran materi secara umum, kami menyediakan link yang memudahkan Anda untuk mendownload format materi TWK CPNS Pdf.

Ringkasan Materi TWK Nasionalisme

Materi TWK nasionalisme dapat memprediksi kemampuan calon  ASN sebagai; pelaksana kebijakan, perekat dan pemersatu bangsa, dan ASN pelayan publik. Secara umum digambarkan dalam bagan berikut:

Materi TWK nasionalisme
Materi TWK Nasionalisme

Materi TWK CPNS 2021 yang harus dikuasai di antaranya:

1) Pemahaman dan implementasi nilai-nilai Pancasila

2) Pemahaman ASN sebagai pelaksana dan berorientasi pada kepentingan publik, serta berintegritas tinggi.

3) ASN profesional dan implementasinya

4) ASN sebagai pemersatu bangsa, dan perannya dalam menciptakan kondisi damai.

Ringkasan materi TWK CPNS 2021 Pdf keempat poin di atas dapat diakses di Modul 1 Nasionalisme.  

Ringkasan Materi TWK Integritas

Materi TWK integritas dapat memprediksi kemampuan calon ASN sebagai pelaksana kebijakan publik dan pelayan publik yang berintegritas tinggi. Materi TWK CPNS 2021 integritas di antaranya:

1) Nilai inti integritas, di antaranya:

(a) Jujur
(b) Tanggungjawab
(c) Disiplin

2) Etos kerja integritas, di antaranya:

(a) Mandiri
(b) Kerja keras
(c) Sederhana

3) Nilai sikap integritas, di antaranya;

(a) Berani
(b) Peduli
(c) Adil

Materi TWK CPNS 2021 Pdf yang berisi poin-poin di atas bisa diakses melalui link; Modul Integritas Umum.

Ringkasan Materi TWK Bela Negara

Materi TWK Bela negara dapat memprediksi sejauh mana kemampuan calon ASN kut aktif berupaya mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Materi TWK CPNS 2021 nilai-nilai bela negara di antaranya:

Cinta Tanah Air

Pengetahuan cinta tanah air di antaranya adalah pengetahuan mengenai negeri yang luas dan kaya akan sumber daya, serta  cara merawat kekayaan NKRI. Serta seberapa besar kesadaran ikut bela negara jika terjadi ancaman dan menjaga nama baik negara.

Kesadaran Berbangsa dan Bernegara

Kesadaran berbangsa dan bernegara adalah sikap ASN yang harus sesuai dengan kepribadian bangsa, yang mana selalu dikaitkan dengan cita-cita dan tujuan hidup bangsanya.

Pancasila

Pengetahuan Anda mengenai materi Pancasila secara teoritis dan normatif, serta pemahaman implementasinya saat bertugas akan diuji melalui TWK. Selain itu fungsi Pancasila sebagai alat pemersatu keberagaman, serta implementasi nilai-nilai Pancasila dalam mencegah perpecahan, ancaman, tantangan, dan hambatan perlu Anda pahami dengan baik.

Rela Berkorban untuk Bangsa dan Negara

Rela berkorban untuk bangsa dan negara dapat memprediksi apakah calon ASN memiliki jiwa patriotisme dan semangat berkorban. Salah satunya jika harus ditugaskan di luar daerah yang mengorbankan waktu lebih banyak demi tugas negara.

Memiliki Kemampuan Bela Negara

Kemampuan bela negara calon ASN dapat diwujudkan dengan menjaga kedisiplinan, ulet, bekerja keras dalam menjalani profesi masing-masing.

Demikian pembahasan mengenai materi TWK bela negara, tentunya halaman ini sangat terbatas jika harus menguraikan seluruh materi dalam poin-poin tersebut. Selengkapnya Anda bisa mengakses melalui link; materi TWK CPNS 2021 pdf.

Ringkasan Materi TWK Pilar Negara

Materi empat pilar negara pastinya terdiri dari 4 (empat) hal yang menjadi pilar berdiri tegaknya Negara Kesatuan republik Indonesia (NKRI), yaitu; Pancasila, UUD 45, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI. Berikut poin-poin penting materi TWK pilar negara:

Pancasila

Pengetahuan Pancasila sebagai pilar negara yang paling pokok di antaranya:

(1) Sejarah perumusan Pancasila
(2) Pengertian Pancasila sebagai ideologi
(3) Pancasila sebagai dasar negara
(4) Pancasila sebagai sumber segala sumber hukum
(5) Implementasi Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

Undang-Undang Dasar 1945

Materi Undang-Undang Dasar 1945 yang terpenting di antaranya:

(1) Kedudukan UUD 1945

Kedudukan UUD 1945 dari sudut hukum merupakan tataran pertama dan utama dari penjabaran lima norma dasar negara (ground norms) Pancasila beserta norma-norma dasar lainnya yang termuat dalam Pembukaan UUD 1945.

UUD 1945 menjadi norma hukum yang memberi kerangka dasar hukum secara umum dan secara khusus sebagai kerangka dasar sistem penyelenggaraan negara, yang mencakup aspek kelembagaan, aspek ketatalaksanaan, dan aspek sumber daya manusianya.

Kedudukan UUD 1945 sebagai konstitusi bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan hukum dasar tertulis dan sumber hukum tertinggi dalam hierarkhi peraturan perundang-undangan Republik Indonesia.

(2) Pembukaan UUD 1945 sebagai Norma Dasar

Pembukaan UUD 1945 sebagai norma dasar, karena di dalamnya terdapat dasar negara Pancasila dan cita-cita luhur berdirinya negara. Dengan begitu pembukaan UUD 1945 tidak dapat diubah, karena akan mengubah bentuk dan cita-cita Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Setiap alinea juga memiliki ide pokok yang harus kita pahami bersama.

Batang Tubuh UUD 1945

Batang tubuh UUD 1945 terdiri dari bab, pasal dan ayat. Selain itu proses amandemennya juga harus Anda pahami. Berikut cakupan pasal demi pasal UUD 1945.

Bab  Pasal demi Pasal Perihal
I 1 Bentuk dan Kedaulatan (Negara)
II 2, 3 Majelis Permusyawaratan Rakyat
III 4, 5, 6, 6A, 7, 7A, 7B, 7C, 8, 9, 10, 11, 12, 13, 14, 15, 16 Kekuasaan Pemerintahan Negara
IV Dihapus Dewan Pertimbangan Agung
V 17 Kementerian Negara
VI 18, 18A, 18B Pemerintahan Daerah
VII 19, 20, 20A, 21, 22, 22A, 22B Dewan Perwakilan Rakyat
VII A 22C, 22D Dewan Perwakilan Daerah
VII B 22E Pemilihan Umum
VIII 23, 23A, 23B, 23C, 23D Hal Keuangan
VIII A 23E, 23F, 23G Badan Pemeriksa Keuangan
IX 24, 24A, 24B, 24C, 25 Kekuasaan Kehakiman
IX A 25A Wilayah Negara
X 26, 27, 28 Warga Negara dan Penduduk
X A 28A, 28B, 28C, 28D, 28E, 28F, 28G, 28H, 28I, 28J HAM
XI 29 Agama
XII 30 Pertahanan dan Keamanan
XIII 31, 32 Pendidikan dan Kebudayaan
XIV 33, 34 Perekonomian  Nasional  dan Kesejahteraan Sosial
XV 35, 36, 36A, 36B, 36C Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara
serta Lagu Kebangsaan
XVI 37 Perubahan UUD

Bhineka Tunggal Ika

Materi bhineka tunggal ika yang terpenting di antaranya:

(1) Makna bhineka tunggal ika
(2) Makna keberagaman dalam kerangka bhineka tunggal ika
(3) Harmonisasi kehidupan dalam keberagaman
(4) Peran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Materi bhineka tunggal ika secara lengkap bisa anda akses dalam format pdf di link: materi TWK CPNS 2021 Pdf. Pahami juga makna dari lambang negara, bendera negara, lagu kebangsaan, serta cakupan dan ragam kebudayaan yang berada dalam wilayah NKRI.

Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

Materi NKRI yang perlu Anda pahami meliputi; (1) bentuk negara berdasarkan UUD; (2) Makna kesatuan dalam sistem penyelenggaraan negara; (3) Perspektif sejarah berdirinya NKRI.

Ringkasan materi TWK Pilar negara juga bisa Anda dapatkan dalam format pdf, melalui link; materi TWK CPNS 2021 pdf.

Ringkasan Materi TWK Bahasa Indoensia

Materi TWK Bahasa Indonesia meliputi; (1) penggunaan huruf/kata; (2) penulisan tanda baca; (3) penulisan gelar; (4) kata/kalimat baku dan non baku; dan (5) analisis wacana.

Agar lebih menguasai materi tersebut Anda bisa mengakses modul ejaan yang disempurnakan (EYD) dan kamus besar bahasa Indonesia (KBBI). Untuk materi EYD anda bisa masuk ke link; materi TWK CPNS 2021 Pdf.

Demikian pembahasan kita mengenai materi TWK CPNS 2021, semoga ringkasan materi TWK CPNS 2021 Pdf yang Anda Download juga dapat berkontribusi postif terhadap persiapan Anda mengikuti tes seleksi SKD. Pada kesempatan berikutnya kami akan menyajikan soal TWK CPNS 2021, dan materi lain yang bersesuaian. Demikian, sukses untuk Anda!

 

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.