Soal Figural CPNS 2021 dan Jawabannya, Contoh TIU HOTS!

Soal figural CPNS 2021 dan jawabannya
Soal figural CPNS 2021 dan jawabannya

Soal Figural CPNS 2021 dan Jawabannya – Hallo Calon ASN Muda! Bagi Anda yang pada tahun 2021 ini akan mengikuti tes seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) jangan sampai melewatkan materi yang akan kami bahas pada laman ini.

Soal Figural CPNS 2021 dan jawabannya yang kami bawakan sangatlah penting bagi keberhasilan Tes Intelegensia Umum (TIU) yang harus Anda hadapi dalam rangkaian proses Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Materi ini sengaja kami suguhkan untuk mendukung sukses Anda melewati tes seleksi CPNS.

Read More

Kami berharap, yang kami sampaikan di sini semuanya dapat berdampak positif. Dan kami doakan Anda berhasil menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun ini. Aamiin!

Macam-Macam Tipe Soal Figural

Soal figural juga disebut sebagai instrumen tes kecerdasan spasial. Karena soal figural secara umum digunakan untuk mengukur kecerdasan spasial (ruang) seseorang.

Sebelum kita membahas tipe soal figural yang digunakan dalam instrumen Tes Intelegensia Umum (TIU) SKD CPNS, berikut kami sajikan macam-macam tipe soal figural untuk menambah pengayaan pengetahuan kita semua.

1. Tes Figural Ketaksamaan

Tes figural ketaksamaan biasa juga disebut tes pengelompokkan gambar. Gambar yang dikelompokkan adalah gambar yang memiliki pola tau ciri sama. Selanjutnya Anda diminta untuk menemukan sebuah gambar yang tidak mengikuti pola tersebut. Artinya Anda diminta memilih satu gambar yang berbeda dari empat gambar lainnya yang disajikan oleh soal.

2. Tipe Soal Figural Analogi

Tipe soal figural analogi umumnya terdiri atas tes perbandingan gambar, tes hubungan dan konsistensi logis, dan variasi tes gambar yang lain. Tipe soal figural analogi tujuannya untuk mencari pasangan gambar dari gambar yang dibandingkan, atau bisa juga peserta dimana menemukan suatu hubungan dua atau lebih gambar yang konsisten, sehingga diperoleh suatu pola tertentu.

3. Tipe Soal Figural Serial

Tipe soal figural serial ini meminta para peserta tes untuk mengamati pola dari beberapa gambar dan menentukan lanjutan dari gambar-gambar tersebut. Lanjutan gambar tersebut haruslah logis dan konsisten dari gambar-gambar sebelumnya.

4. Tipe soal Figural Jaring-jaring

Tipe Soal figural Jaring-jaring ini akan meminta para peserta untuk menyusun bentuk, yaitu menentukan kemungkinan gambar tiga dimensi yang berbentuk dari suatu jaring-jaring bangun ruang yang terbuka.

Dalam menyelesaikan soal tes ini, Anda harus dapat menyesuaikan setiap bagian atau sisi dari jaring-jaring atau gambar dua dimensi dengan gambar tiga dimensi yang ada pada pilihan jawaban.

4. Tipe Soal Figural Pencerminan

Tipe soal figural pencerminan merupakan tes menentukan bayangan suatu gambar. Dengan tes ini Anda akan diuji kemampuan dalam menganalisis bayangan sari suatu gambar.

Dalam soal Anda diminta untuk memilih satu dari lima pilihan gambar yang merupakan bayangan dari gambar soal. Oleh karena itu kecermatan, ketelitian dan ketepatan memilih gambar yang sesuai soal sangat diperlukan.

5. Tipe Soal Figural Rotasi

Dalam tipe soal figural rotasi ini akan diberikan suatu gambar, lalu peserta diminta mencari gambar yang serupa dari pilihan yang diberikan. Pilihan gambar tersebut akan diputar dengan derajat tertentu. Selain gambar diputar, biasanya ada juga bagian kecil dari gambar yang diubah untuk membuat kita terjebak.

Materi SKD CPNS 2021

Soal figural CPNS merupakan bagian dari materi Tes Intelegensi Umum (TIU). Dimana materi TIU sendiri adalah salah satu instrumen dari soal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Berdasarkan Permen-PANRB Nomor 17 Tahun 2021 tentang Penyetaraan Jabatan Administrasi Ke Dalam Jabatan Fungsional, disebutkan dalam pasal 35:

(1) SKD akan dilaksanakan menggunakan sistem CAT yang diselenggarakan oleh BKN.

(2) SKD dilakukan untuk menilai kesesuaian antara kompetensi yang dimiliki oleh
pelamar dengan standar kompetensi dasar PNS.

(3) SKD meliputi:
a. tes wawasan kebangsaan;
b. tes intelegensia umum; dan
c. tes karakteristik pribadi.

Sebagai mana telah kita singgung di awal, bahwasanya soal figural CPNS termasuk dalam Tes Intelegensia Umum (TIU). Untuk lebih memahami mengenai Materi TIU, akan kami uraikan ringkasan materi TIU sesuai Permen-PANRB.

Materi Tes Intelegensia Umum (TIU) CPNS 2021

Materi Tes Intelegensia Umum (TIU) CPNS 2021 tercantum dalam pasal 37 Permen-PANRB Nomor 27 Tahun 2021. Dijelaskan bahwasanya TIU bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan;

a. Kemampuan verbal, yang meliputi;
(1) analogi;
(2) silogisme;
(3) analitis

b. Kemampuan numerik, yang meliputi:
(1) berhitung;
(2) deret angka;
(3) perbandingan kuantitatif;
(4) soal cerita

c. Kemampuan figural, yang meliputi:
(1) analogi
(2) ketidaksamaan
(3) serial

Tipe Soal Figural Dalam SKD

Tipe soal figural yang akan diujikan dalam SKD CPNS terdiri dari dari tipe soal analogi, ketidaksamaan, dan serial. Hal tersebut berdasarkan pasal 37 Permen-PANRB. Adapun tujuan masing-masing tipe soal tersebut diujikan dalam SKD CPNS adalah untuk mengukur kemampuan calon ASN dalam hal:

Tipe soal Tujuan diujikan
Analogi, Mengukur kemampuan individu dalam bernalar melalui perbandingan dua gambar yang memiliki hubungan tertentu kemudian menggunakan konsep hubungan tersebut pada situasi lain;
Ketidaksamaan Mengukur kemampuan individu untuk melihat perbedaan beberapa gambar; dan
Serial Mengukur kemampuan individu dalam melihat pola hubungan dalam bentuk gambar.

Soal Figural CPNS 2021 dan Jawabannya

Soal figural CPNS 2021 dan jawabannya ini hanya akan membahas tipe soal yang akan keluar dalam TIU, sebagaimana ditentukan untuk SKD pada CPNS tahun ini. Seperti penjelasan di atas, bahwa soal SKD CPNS untuk soal figural akan berisi tipe soal ketaksamaan, analogi, dan serial.

Dalam laman ini kami sajikan 20 butir soal yang memuat ketiga tipe soal figural CPNS tersebut. Silakan Anda pelajari dengan seksama, dan semoga dapat memberikan manfaat yang baik bagi kesuksesan Anda.

Soal Figural CPNS Tipe Ketaksamaan

Soal figural CPNS tipe ketaksamaan pada bagian ini terdiri dari 6 soal, yaitu soal nomor 1-6.
Petunjuk: Berikut adalah lima gambar yang mempunyai kesamaan atau pola yang sama. Di antara lima gambar tersebut, terdapat satu gambar yang tidak sama atau tidak mengikuti pola. Temukan gambar tersebut!

soal figural cpns nomor 1-6
Soal Figural CPNS 2021 nomor 1-6 Tipe Ketaksamaan

Kunci Jawaban Nomor 1 – 6

Pembahasan nomor 1
Pada semua gambar nampak bahwa dua buah garis lurus yang memotong bidang datar tidak saling tegak lurus, kecuali gambar B yang garisnya tegak lurus. Jawaban: B

Pembahasan nomor 2
Semua gambar memperlihatkan bahwa empat lingkaran terpisah, kecuali gambar D yang saling berdekatan. Jawaban: D

Pembahasan nomor 3
Salah satu sudut segitiga menyentuh pada garis lingkaran dalam, kecuali gambar D yang segitiganya berada di tengah-tengah lingkaran. Jawaban: D

Pembahasan nomor 4
Pergerakan anak panah mengikuti arah jaru  jam, kecuali pada gambar A yang justru berlawanan. Jawaban: A

Pembahasan nomor 5
Semua gambar bulan sabit kecil berwarna abu-abu berada di atas bulan sabit besar berwarna hitam, kecuali gambar B yang sebaliknya yaitu bulan sabit kecil berwarna hitam dan bulan sabit besar berwarna bau-abu. Jawaban: B

Pembahasan nomor 6
Banyaknya ruangan yang dibagi oleh garis-garis jumlahnya genap, kecuali C. Pada gambar C ada 9 ruangan, artinya C ganjil. Jawaban: C

Soal Figural CPNS Tipe Analogi

Soal figural analogi pada bagian ini terdiri dari 6 soal, yaitu soal nomor 7 -12.
Petunjuk: Perhatikan pasangan gambar pertama. Selanjutnya tentukan pasangan gambar kedua agar mempunyai perbandingan yang tepat dengan gambar pertama.

Soal figural CPNS Soal Nomor 7 -12 Materi Analogi
Soal figural CPNS Soal Nomor 7 -12 Tipe Analogi

Pembahasan nomor 7
Pada setiap gambar terdapat 4 kotak yang berisi bangun datar. Posisi letak bangun datar tidak berubah, yang berubah adalah bangun datar itu sendiri.

  • Segitiga menjadi segiempat
  • Segiempat menjadi segi lima
  • Segi lima menjadi segi enam
  • Segi enam menjadi segi tujuh

Jawaban: E

Pembahasan nomor 8
Bagian luarnya bertambah satu sisi, yaitu segiempat menjadi segi lima. Sedangkan bintang didalamnya berkurang satu, yaitu dari tujuh menjadi enam. Sehingga jawabannya adalah C, segitiga menjadi segiempat, jumlah bintang berkurang satu menjadi lima. Perhatikan juga bahwa gambar kedua tidak memiliki warna. Jawaban: C

Pembahasan nomor 9
Gambar persegi dihubungkan dengan persegi, sedangkan gambar segitiga seharusnya juga dihubungkan dengan gambar segitiga. Jadi jawaban yang tepat adalah jawaban B (gambar segitiga). Jawaban: B

Pembahasan nomor 10
Gambar berikutnya mengecil secara proporsional. Jawaban: B

Pembahasan nomor 11
Gambar berikutnya mengikuti hubungan dicerminkan secara vertikal. Jawaban: B

Pembahasan nomor 12
Analogi tersebut merupakan hubungan rotasi. Gambar dirotasi 90 derajat berlawanan arah jarum jam. Jawaban: C

Soal Figural CPNS Tipe Serial

Soal figural CPNS tipe serial terdiri dari 8 nomor, yaitu nomor 13-20.
Di antara pilihan jawaban terdapat gambar yang memiliki hubungan dengan pola seri gambar dalam soal. Hubungan tersebut bisa berupa hubungan susunan gambarnya, deret/serinya, maupun ketetapan polanya.

Pilihlah salah satu jawaban yang paling sesuai sebagai seri berikutnya.

Sola figural CPNS Soal Nomor 13 -20 Materi Seri Gambar
Sola figural CPNS Soal Nomor 13 -20 Tipe Serial

 

Pembahasan nomor 13

Arah kepala panah akan berlawanan arah pada gambar berikutnya. Posisi panah juga semakin menurun sedikit kebawah. Sehingga gambar yang ditanyakan adalah jawaban B.

Pembahasan nomor 14

Panah hitam berputar 45 derajat berlawanan arah jarum jam dan warnanya tetap. Panah putih berputar 45 derajat searah jarum jam, warnanya berubah (putih – hitam -putih – hitam). Jawaban: D

Pembahasan nomor 15

Bangun yang terletak di dalam akan menjadi bangun yang terletak di luar pada bangun selanjutnya. Bangun selanjutnya terdiri dari bangun luar berupa lingkaran. Jawaban C

Pembahasan nomor 16

Bangun paling kecil yang terletak di dalam akan menjadi bangun yang terletak di luar pada bangun selanjutnya. Posisinya selalu bergerak 1 langkah searah jarum jam. Bangun paling kecil yang terletak di dalam mempunyai bentuk yang berbeda dengan bangun yang terletak di luar. Jawaban: E

Pembahasan nomor 17

Panah berputar 90 derajat berlawanan arah jarum jam. Bangun paling dalam selalu selang-seling (putih – hitam – putih hitam). Bangun di tepi selalu bertambah 1-2-3-4, warnanya selang-seling (hitam-putih-hitam-putih). Jawaban: B

Pembahasan soal nomor 18

  • Bangun sisi luar: belah ketupat-elips-belah ketupat-elips- belah ketupat
  • Bangun paling dalam: bintang
  • Bangun ditengah lingkaran dengan komposisi warna hitam dan putih selalu berubah. Jawaban: B

Pembahasan soal nomor 19

Bangun dalam rotasi 90 derajat berlawanan arah jarum jam. Perhatikan juga dua segitiga yang selalu berubah warna dan posisi panah yang menempel – tidak menempel – menempel. Jawaban: A

Pembahasan soal nomor 20

  • Baris 1 saling dicerminkan
  • Baris 2 juga saling dicerminkan menghasilkan bangun pada pilihan jawaban C.

Demikian pembahasan kita mengenai contoh soal figural CPNS 2021 dan jawabannya. Tentunya kami berharap apa yang kami sampaikan dapat menjadi bekal persiapan Anda mengikuti tes seleksi CPNS. Untuk lebih menguatkan lagi pemahaman Anda mengenai tes figural CPNS, kami sarankan Anda berkunjung ke link: Contoh Soal Figural CPNS Pdf; Tes Kemampuan TIU 2021 yang mana telah kami posting di laman haidunia.com pada kesempatan yang lalu. Selamat belajar, semoga Anda menjadi ASN tahun ini! Aamiin.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

4 comments