Tes Karakteristik Pribadi (TKP); Kriteria & Contoh Soal CPNS PPPK 2021

tes karakteristik pribadi (TKP)

Tes Karakteristik Pribadi (TKP) – Halaman ini menyajikan pengertian dari tes karakteristik pribadi, kriteria yang diukur, tips cara mengerjakan TKP, contoh soal dan jawabannya.

Tes karakteristik pribadi (TKP) dewasa ini selalu digunakan sebagai intrumen untuk melaksanakan seleksi CPNS.

Dalam seleksi tersebut tes karakteristik pribadi dikelompokkan ke dalam tes kemampuan dasar (TKD) bersama tes intelegensi umum (TIU) dan tes wawasan kebangsaan (TWK).

Bagi Anda yang akan mengikuti seleksi tes CPNS 2021 ada baiknya mengenal lebih dalam mengenai tes karakteristik pribadi ini dan beberapa hal yang terkait.

Pengertian Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Pengertian tes karakteristik pribadi (TKP) bisa kita tinjau dari pengertian kepribadian. Kepribadian diartikan oleh Gordon W. Allport sebagai suatu organisasi yang dinamis dari sistem psiko-fisik individu yang menentukan tingkah laku dan pemikiran individu secara khas.

Pelaksanaan tes kepribadian adalah untuk mengukur trait (kecenderungan umum individu untuk merespon dengan cara tertentu), kualitas, atau perilaku yang menunjukkan individualitas seseorang.

Tes Karakteristik Pribadi merupakan tes kepribadian (personality test) untuk menaksir sifat-sifat (traits), karakteristik pekerja yang cenderung konsisten dan bertahan lama.

Sehingga tes kepribadian akan berhubungan dengan jenis karir yang dipilih seseorang dan bagaimana mereka berfungsi dalam pekerjaan tersebut.

Seseorang dengan karakteristik tertentu akan memilih pekerjaan tertentu, dan pribadinya akan berfungsi dengan baik dalam pekerjaan tersebut dibanding pada bidang pekerjaan yang lain.

Dalam konteks pelaksanaan seleksi tes CPNS, hasil tes karakteristik pribadi akan digunakan sebagai dasar informasi untuk mengambil keputusan panitia seleksi.

Informasi individu yang digali melalui suatu tes karakteristik pribadi  dapat dijadikan sebagai prediktor yang meramalkan performa seseorang dalam menjalankan tugas sesuai jabatannya.

Dengan kata lain tes karakteristik pribadi bertujuan untuk mengungkap kekuatan dan kelemahan dari beberapa karakter yang dimiliki calon pegawai.

Oleh karenanya pilihan jawaban yang disajikan di setiap soal mengarahkan peserta tes seleksi untuk memilih sejujurnya sesuai hati nurani, dan semua jawaban memiliki skor (tidak ada skor nol)

Passing Grade Tes Karakteristik Pribadi

Tes Karakteristik Pribadi (TKP) adalah salah satu komponen Tes Kemampuan Dasar (TKD) yang memegang peranan penting dalam seleksi CPNS. T

Jika mengacu pada Permen PAN-RB No 24 tahun 2019, nilai ambang batas atau passing grade TKP adalah 126 (seratus dua puluh enam) dari total skor 175.

Penjelasannya sebagai berikut:

Seleksi Kompetensi Dasar terdiri dari 3 (tiga) materi soal yaitu;

(1) Tes Karakteristik Pribadi (TKP),
(2) Tes Intelegensia Umum (TIU), dan
(3) Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Jumlah soal keseluruhan adalah 100 (seratus) terdiri dari soal TKP 35 (tiga puluh lima) butir soal, soal TIU 35 (tiga puluh lima) butir soal, dan soal TWK 30 (tiga puluh) butir soal.

Penilaian untuk materi soal TIU dan TWK apabila menjawab benar nilainya 5 (lima) dan apabila salah atau tidak menjawab nilainya 0 (nol).

Penilaian untuk materi soal TKP apabila menjawab nilai terendah 1 (satu) dan nilai tertinggi 5 (lima) serta tidak menjawab nilainya 0 (nol).

Dengan demikian, nilai kumulatif maksimal adalah 500 (lima ratus) terdiri dari: nilai maksimal untuk TKP: 175 (seratus tujuh puluh lima), TIU: 175 (seratus tujuh puluh lima), dan TWK: 150 (seratus lima puluh).

Dari penjelasan di atas, maka soal TKP sebanyak 35 soal dari keseluruhan 100 soal TKD akan menyumbang passing grade sebesar 72%.

Nilai passing grade yang tinggi tersebut menunjukkan pentingnya peranan TKP dalam pelaksanaan seleksi CPNS.

Kriteria TKP CPNS 2021

Tes Karakteristik Pribadi (TKP) akan memprediksi 11 kriteria kepribadian seseorang apakah memenuhi standar kualitas yang dibutuhkan.

Baca Juga:  20 Soal SKB Guru SD PPPK CPNS Kisi-kisi Kompetensi Pedagogik 2021

Kualifikasi yang dibutuhkan seorang CPNS adalah sebagai berikut;

1. lntegritas Diri

Kriteria ini menguji kepribadian peserta seleksi CPNS berkaitan dengan kualitas moral, kejujuran, dan integritas dirinya.

Seorang CPNS diharapkan memiliki kualitas moral yang baik dalam menjaga integritasnya sebagai abdi negara dan pelayan masyarakat.

2. Semangat Berprestasi

Kriteria ini bertujuan untuk memprediksi semangat calon aparatur sipil negara (ASN) apakah memiliki keinginan kuat untuk meraih prestasi, dan menunjukkan kemampuan terbaik yang dimilikinya.

Peserta seleksi CPNS yang diharapkan adalah yang memiliki semangat berprestasi tinggi serta  berkeinginan memajukan lembaga tempatnya mengabdi.

3. Kreativitas dan lnovasi

Kriteria ini untuk memprediksi kreativitas dan kemampuan CPNS dalam berinovasi.

CPNS yang diharapkan adalah dengan tingkat kreativitas tinggi, dan kemampuan inovasi yang solutif terhadap sebuah permasalahan.

 4. Orientasi pada Pelayanan

Kriteria ini orientasi pada layanan bertujuan untuk memprediksi kualitas pelayanan kepada masyarakat yang dapat diberikan oleh CPNS.

Peserta seleksi CPNS yang diharapkan telah memiliki orientasi pelayanan yang baik, dan sesuai  dengan semangat reformasi birokrasi.

5. Orientasi kepada Orang Lain

Kriteria ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan CPNS dalam berinteraksi atau berkomunikasi dengan orang lain.

Peserta seleksi CPNS yang diharapkan memiliki kemampuan komunikasi yang luwes saat memberikan pelayanan maupun saat berinteraksi di muka umum.

6. Kemampuan Beradaptasi

Kriteria ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pribadi peserta seleksi dalam beradaptasi dengan lingkungan baru. Peserta seleksi CPNS yang berkualitas diharapkan memiliki kemampuan beradaptasi yang baik, terutama berkaitan dengan tempat kerja dan rekan kerja baru.

7. Kemampuan Mengendalikan Diri

Kriteria ini untuk memprediksi kemampuan CPNS mengendalikan diri saat menghadapi situasi yang tidak terduga.

Peserta seleksi CPNS yang diharapkan telah memiliki kemampuan mengendalikan diri saat menghadapi tekanan dalam bekerja, sehingga selalu memberikan kinerja terbaik dalam kondisi apa pun.

8. Kemampuan Bekerja Mandiri dan Tuntas

Kriteria ini untuk memprediksi kemampuan CPNS dalam menyelesaikan pekerjaan, dan rasa tanggung jawab pribadinya.

Peserta seleksi CPNS yang diharapkan telah memiliki kemampuan untuk bekerja mandiri sesuai tugas, dan fungsi yang menjadi tanggung jawabnya.

9. Kemauan dan Kemampuan Belajar Berkelanjutan

Kriteria ini untuk memprediksi kemauan dan kemampuan CPNS dalam meningkatkan kualitas dirinya sesuai tuntutan perubahan.

Peserta seleksi CPNS yang diharapkan telah memiliki kemauan dan kemampuan untuk terus belajar dan meningkatkan kualitas dirinya, sehingga menciptakan kinerja sesuai tuntutan jaman.

10. Kemampuan Bekerja Sama dalam Kelompok

Kriteria ini untuk memprediksi kualitas pribadi CPNS saat bekerja sama dalam suatu kelompok kerja.

Peserta seleksi CPNS yang diharapkan telah memiliki kemampuan bekerja sama dalam kelompok dan memberikan kualitas yang maksimal sebagai individu, dan bagian dari sebuah kelompok.

11. Kemampuan Menggerakkan dan Mengoordininasikan Orang lain

Kriteria ini untuk memprediksi CPNS dalam menggerakkan dan mengoordinasikan orang lain.

Peserta seleksi CPNS yang diharapkan telah memiliki kemampuan dan kualitas untuk menjadi pemimpin dalam sebuah tim, dan mengoordinasikan tim agar tercipta kinerja yang optimal.

Contoh Soal TKP CPNS dan Jawabannya

Contoh soal TKP CPNS dan jawabannya yang kami sajikan berikut bisa menjadi gambaran bagi Anda, terutama yang masih asing dengan soal-soal TKP.

Contoh soal TKP CPNS ini telah kami lengkapi dengan analisis jawabannya. Silahkan Anda pejarai dengan seksama.

1. Saya ditugaskan untuk memimpin suatu proyek di kantor dengan deadline yang sangat singkat.

Rekan kerja saya menunjukkan sikap tidak peduli terhadap tugas dalam proyek tersebut.

Sikap saya adalah  ….

A. Bekerja sendiri menyelesaikan tugas

B. Memberi peringatan pada rekan kerja saya dan mengancam akan mengeluarkan mereka yang tidak serius dalam

C. Melaporkan pada atasan agar mereka mendapat

D. Membagi tugas sesuai dengan porsi masing-masing secara adil dan tetap memotivasi mereka untuk menyelesaikan

E. Memberikan nasihat pada mereka agar mau menyelesaikan

Pembahasan:

Segi penilaian ini digunakan untuk melihat kemampuan dalam memimpin, menggerakkan, dan mengoordinasi orang lain dengan bijak dan baik.

Pahamilah bahwa ketertiban dan keteraturan bisa ditegakkan dengan adanya kedisiplinan dan ketegasan.

Jawaban dan Poin Nilai:

Pilihan Jawaban Poin Nilai
D 5
E 4
B 3
A 2
C 1

2. Ketika menjalankan tugas sebagai tim pembuat soal-soal ulangan akhir sekolah, saya mendapat teguran atas kesalahan yang sebenarnya bukan hanya saya yang melakukannya.

Baca Juga:  Unduh Soal Pedagogik P3K 2021 Pdf ini! Biar Lulus PPPK Tahap 1!

Reaksi saya terhadap teguran dari kepala sekolah adalah ….

A. Membantah dengan tegas agar kepala sekolah tidak lagi semena-mena.

B. Pasrah dan diam saja takut memperkeruh

C. Menerima teguran tersebut sebagai masukan ke depan agar lebih baik dan mengadukan guru yang lain yang juga bersalah.

D. Membantah dan mengadukan guru lain yang juga bersalah agar mereka juga dapat belajar dari kejadian

E. Menerima teguran tersebut dan mencoba menjadikannya pelajaran berharga tanpa perlu mengadukan guru lain yang juga terlibat.

Pembahasan:

Soal ini untuk mengetahui kemampuan calon pegawai dalam bekerja secara berkelompok, memberikan hasil optimal terhadap pekerjaan yang harus

Jawaban dan Poin Nilai:

Pilihan Jawaban Poin Nilai
E 5
C 4
A 3
D 2
B 1

3. Ketika dalam perjalanan ke sekolah, motor yang Anda kendarai tiba-tiba mogok.

Padahal, 10 menit lagi Anda harus sampai di sekolah karena akan mengikuti ujian. Hanya ada pas polisi terdekat dan bengkel motor yang kebetulan sudah buka.

Angkot biasanya lama datang, sedangkan ada dua orang tukang  becak yang mangkal di sekitar tempat mogoknya motor Anda.

Hal yang Anda lakukan adalah ….

A. Mencari bengkel terdekat, kemudian naik becak ke sekolah.
B. Menitipkan motor ke pas polisi terdekat, kemudian meminta teman sekolah menjemput di
C. Membawa motor ke bengkel dan meminta secepat mungkin
D. Menitipkan motor ke pos polisi terdekat terdekat, kemudian memilih ke sekolah dengan naik
E. Memutuskan tidak mengikuti

Pembahasan:

Soal ini memprediksi sikap seseorang dalam mengendalikan diri, dan kemampuan memberikan solusi terhadap permasalahan yang tak terduga, sehingga dapat tetap bekerja secara baik dalam kondisi apa pun.

Jawaban dan Poin Nilai:

Pilihan Jawaban Poin Nilai
D 5
B 4
A 3
C 2
E 1

4. Atasan saya mendadak menugaskan dinas ke luar kota saat hari Iibur, padahaI saya sudah berjanji kepada keluarga saya akan mengajak berlibur.

Sikap saya adalah ….

A. Menolak tugas atasan dengan berpura-pura

B. Langsung melaksanakan tugas dari atasan, tanpa mempedulikan janji pada

C. Menjelaskan kepada keluarga bahwa atasan memberikan tugas mendadak yang harus dilaksanakan, sehingga dengan terpaksa menunda rencana liburan.

D. Meminta izin pada atasan untuk berlibur terlebih dahulu kemudian baru berangkat dinas ke luar kota.

E. Berpura-pura menerima tugas dari atasan tetapi secara diam-diam pergi berlibur bersama

Pembahasan:

Soal ini untuk memprediksi  kepedulian Anda terhadap waktu. Termasuk seperti apa kebiasaan menyelesaikan pekerjaan sesuai target tanpa menundanya. Sekaligus mengukur kemampuan Anda memanfaatkan waktu luang.

Jawaban dan Poin Nilai:

Pilihan Jawaban Poin Nilai
C 5
E 4
B 3
A 2
D 1

5.  Kegiatan job training mengharuskan saya untuk tinggal selama beberapa hari  di asrama yang  disediakan oleh panitia.

Saya ditempatkan di satu kamar dengan rekan yang kebetulan belum saya kenal.

Sikap saya adalah ….

A. Langsung protes dan minta ditempatkan sendiri dalam
B. Mengajukan keberatan, tetapi tetap menerima aturan dari kegiatan job training.
C. Menerima aturan kegiatan job training dan berusaha mengenal serta memahami rekan
D. Pasrah menerima aturan kegiatan job
E. Mengajukan keberatan dan minta ditempatkan dengan rekan yang sudah dikenal

Pembahasan:

Tujuan dari soal ini untuk mengetahui kemampuan dalam beradaptasi dengan lingkungan dan rekan kerja baru. Semakin mudah seorang pegawai beradaptasi di lingkungan baru akan berpengaruh terhadap

Jawaban dan Poin Nilai:

Pilihan Jawaban Poin Nilai
C 5
B 4
D 3
E 2
A 1

6. Tentang perubahan program kerja di kantor, pendapat saya adalah ….

A. Perubahan adalah hal yang lumrah
B. Pegawai sebaiknya tidak boleh menciptakan perubahan
C. Setiap pegawai dalam kantor harus terbiasa dengan perubahan
D. Menjaga stabilitas dengan sebisa mungkin menghindari perubahan
E. Bersikap tak peduli terhadap perubahan

Pembahasan:

Soal ini menilai tentang kemampuan seorang calon pegawai dalam bekerja secara berkelanjutan menanggapi perubahan dengan tetap bekerja secara optimal

Jawaban dan Poin Nilai:

Pilihan Jawaban Poin Nilai
B 5
C 4
A 3
D 2
E 1

7. Sahabat dekat  berencana melakukan kecurangan presensi kehadiran dengan  meminta teman lain memalsukan tanda-tangan. tetapi dia sendiri tidak berangkat kuliah.

Makan saya akan ….

A. Menegur dan mengingatkan sahabat saya
B. Diam saja  karena  khawatir  merusak persahabatan
C. Melaporkan kejadian itu pada dosen yang mengajar.
D. Menanyakan ke sahabat kenapa melakukan hal itu.
E. Membiarkan dan menganggap perbuatannya dilakukan karena kepepet.

Baca Juga:  Pengertian Lembar Kerja Siswa (LKS) yang Valid, Praktis & Efektif

Pembahasan:

Segi penilaian dalam soal ini adalah tentang integritas, moral, dan kejujuran. Semakin pegawai memiliki integritas yang baik maka dia bisa diandalkan dan dipercaya.

Jawaban dan Poin Nilai:

Pilihan Jawaban Poin Nilai
A 5
D 4
E 3
B 2
C 1

8. Jika atasan akan memberikan bonus yang besarnya sesuai dengan kinerja pegawainya pada bulan ini.

Sebagai pekerja, saya akan ….

A. Bekerja sesuai kemampuan
B. Bekerja keras dengan meminta bantuan orang lain agar target kerja tercapai
C. Bekerja seperti biasa karena Tuhan yang mengatur rezeki kita
D. Berusaha sekuat tenaga dengan cara yang benar agar mendapat bonus tinggi.
E. Berusaha keras menyelesaikan tugas dengan cara kompetisi.

Pembahasan:

Tujuan dari soal ini untuk mengetahui semangat berprestasi calon pegawai dan kemauannya bekerja untuk memajukan instansi.

Jawaban dan Poin Nilai:

Pilihan Jawaban Poin Nilai
D 5
E 4
A 3
B 2
C 1

9. Salah seorang teman yang harusnya bertugas piket mendadak pingsan karena memaksakan diri tetap bekerja dalam keadaan sakit.

Saat itu, saya juga sedang mengerjakan tugas-tugas saya. Saya diminta menggantikannya.

Sikap saya adalah ….

A. Meninggalkan tugas dan langsung menggantikan teman bertugas piket.
B. Menyelesaikan tugas terlebih dahulu baru setelah itu menggantikan tugas piket
C. Bersikap acuh karena merasa bukan tanggung jawabnya.
D. Menunggu teman sadar dari pingsannya kemudian memintanya bertugas kembali
E. Menunggu teman lain menggantikan tugas di meja piket

Pembahasan:

Segi penilaian dalam soal ini adalah orientasi kepada orang lain dan pelayanan, kebiasaan untuk tetap bertanggung jawab, dan memberikan kontribusi terbaik dalam tim kerja.

Jawaban dan Poin Nilai:

Pilihan Jawaban Poin Nilai
A 5
B 4
E 3
D 2
C 1

10. Di kantor tempat saya bekerja, saya adalah pegawai yang selalu datang paling awal dibanding rekan kerja.

Hal yang saya lakukan setelah tiba di kantor adalah ….

A. Membuka internet dan mencari berita
B. Santai di luar ruangan untuk sekadar menikmati udara
C. Menyelesaikan pekerjaan yang tertunda
D. Mengajak ngobrol ketika sudah ada rekan kerja yang hadir
E. Membuat rencana kerja

Pembahasan:

Tujuan dari soal ini adalah untuk mengetahui tingkat kepedulian terhadap waktu dan bagaimana menyelesaikan pekerjaannya dengan memanfaatkan waktu sebaik mungkin.

Jawaban dan Poin Nilai:

Pilihan Jawaban Poin Nilai
E 5
C 4
A 3
B 2
D 1

Jika contoh soal TKP CPNS di atas dirasa masih cukup sulit untuk Anda pecahkan dengan tepat, berikut kami berikan tips cara menjawab soal TKP dengan cepat dan tepat.

Cara Menjawab Soal TKP dengan Cepat & Tepat

Cara menjawab soal TKP berikut ini bisa Anda terapkan pada saat Anda mengerjakan soal seleksi tes CPNS.

Semoga tips ini bisa memudahkan jalan Anda, setidaknya untuk lolos passing grade yang dipersyaratkan.

Berikut tips yang bisa Anda praktekkan;

(1) Pilihlah jawaban yang menurut Anda paling sesuai dengan kepentingan negara

(2) Hindari jawaban yang tampak lebih mengutamakan kepentingan pribadi dan golongan

(3) Hindari jawaban yang lebih menonjolkan kemampuan diri seorang

(4) Pilihlah jawaban yang membangun karakter positif dan dilogika

(5) Pilihlah jawaban yang paling menunjukkan kejujuran dan kepercayaan diri Anda.

Demikian pembahasan kita mengenai tes karakteristik pribadi (TKP) yang mana kita telah membahas pengertian, passing grade TKP, karakteristik TKP, contoh soal TKP dan jawabnya, serta tips cara mengerjakan soal TKP dengen cepat dan tepat.

Semoga materi tes karakteristik pribadi yang kami bawakan di halaman ini benar-benar memberikan dampak positif bagi kesuksesan Anda. Salam!

You May Also Like

About the Author: Ageng Triyono

Edutech Enthusiast|Curriculum Researcher & Developer|Independent Learner of History|Founder Kontenpositif.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *