Jurusan Kuliah IPS yang Jarang Diminati Tapi Menjanjikan Nguli

Jurusan Kuliah IPS yang Jarang Diminati Tapi Menjanjikan Nguli atau Kerja – Hallo adek-adek para pejuang UTBK. Mungkin kalian semua sedang giat belajar agar bisa sukses menembus PTN, baik melalui jalur SNMPTN maupun jalur UTBK-SBMPTN. Tapi apakah semua dari kalian sudah menentukan jurusan yang akan diambil saat kuliah nanti?

Jurusan kuliah IPS yang jarang diminati tapi menjanjikan nguli atau kerja ini sengaja kakak share agar kalian lebih mantap lagi dalam menetapkan tujuan dan cita-citanya memilih jurusan. Jangan sampai ada di antara kalian yang merasa salah jurusan di kemudian hari.

Ya, bagi kalian yang anak soshum tentunya tepat sekali jika sudah membuka laman ini. Kakak akan berbagi informasi mengenai jurusan kuliah IPS yang menjanjikan prospek pekerjaan bagus di masa depan. Atau istilahnya jurusan yang kurang diminati tapi menjanjikan nguli.

Tapi sebelum membahas jurusan IPS yang sepi peminat tapi peluang kerja besar, kakak juga kan membahas jurusan kuliah IPS yang menjadi favorit dan tingkat keketatannya selalu tinggi di setiap angkatan. Simak ya Dek!

Jurusan Kuliah IPS yang Menjanjikan Pekerjaan

Jurusan kuliah IPS yang menjanjikan pekerjaan bisa kalian incar dari sekarang, dan jangan lupa mempersiapkannya untuk UTBK. Tapi yang tidak kalah penting adalah mencari referensi sebanyak mungkin tentang prospek kerja yang di dapatkan nantinya.

Memilih jurusan kuliah bukanlah perkara mudah. Jauh hari sebelum pendaftaran, seseorang harus menentukan pilihan jurusan sesuai bakat, minat dan prospek masa depan yang ingin dicapai. Jika semasa SMA berada pada kelas IPS, pilihan jurusan ini bisa dipertimbangkan. Simak selengkapnya beberapa jurusan kuliah anak IPS  dengan gaji tinggi berikut.

Akuntansi, Kuliah Jurusan IPS yang Menjamin Masa Depan

Akuntansi merupakan kuliah jurusan IPS yang menjamin masa depan di dunia revolusi industri 4.0. Karena pastinya semua perusahaan, baik perusahaan konvensional maupun perusahaan digital membutuhkan SDM lulusan akuntansi.

Tentunya bagi anak Soshum, mendengar pilihan jurusan akuntansi sudah tidak asing lagi di telinga. Mahasiswa lulusan akuntansi sering diasumsikan sebagai calon pegawai bank. Tentu tidak sepenuhnya benar, karena jurusan akuntansi tidak hanya berfokus untuk mencetak lulusan sebagai pegawai perbankan.

Secara umum, jurusan akuntansi mempelajari seluk-beluk penyusunan laporan utamanya keuangan. Selain itu, mahasiswa akan dibekali dengan pengetahuan seputar evaluasi anggaran, audit, perencanaan dan konsultasi serta analisa laporan. Masih banyak lagi materi yang akan dipelajari pada jurusan ini, tentunya akan menyenangkan jika sebelumnya menyukai dunia berhitung selama masa sekolah.

Baca Juga:  Pengertian Modul Menurut Ahli, Isi dan Langkah Menyusunnya

Prospek kerja lulusan akuntansi sudah tidak diragukan lagi. Bisa dikatakan, semua bidang pekerjaan di dunia memerlukan staf akuntansi. Lapangan pekerjaan yang selalu ada membuat jurusan ini selalu ramai peminat. Selain bekerja sebagai akuntan, bidang lain yang bisa digeluti adalah HRD sebuah perusahaan, dosen, pemeriksa keuangan, dan manajer keuangan.

Hubungan Internasional, Jurusan IPS untuk Calon Diplomat 

Hubungan internasional atau biasa disingkat HI adalah salah satu jurusan paling bergengsi pada setiap universitas. Jurusan kuliah anak ips dengan gaji tinggi ini mendalami pemahaman seputar upaya suatu negara menghadapi tantangan internasional. Mahasiswa dituntut berpikir kritis dalam setiap materi, seperti ketidakseimbangan perdagangan dunia, isu keamanan dan masalah lingkungan global.

Selain teori, mahasiswa jurusan HI juga menjalani simulasi rapat (pertemuan) tingkat tinggi misalnya sidang PBB. Cakupan ilmu yang harus dikuasai beragam, yaitu organisasi internasional, keuangan internasional, HAM, hingga konflik etnik yang terjadi ditengah masyarakat. Maka, diperlukan kemampuan bahasa Inggris dan bahasa asing yang baik selama kuliah jurusan ini.

Setelah menamatkan kuliah jurusan hubungan internasional, lapangan pekerjaan yang bisa dimasuki antara lain Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia sebagai seorang diplomat. Pilihan karir lain yang bisa dijadikan pilihan adalah eksportir, politisi, konsultan imigran, tata usaha perdagangan luar negeri, atau wartawan internasional.

Ilmu Komunikasi, Jaminan Gaji Tinggi

Biasa disebut Ilkom adalah salah satu jurusan kuliah anak IPS dengan gaji tinggi. Jurusan yang memiliki peminat yang selalu ramai ini bisa mengantarkan lulusannya menjajal berbagai bidang pekerjaan. Diantaranya lembaga pemerintahan sebagai seorang public relation, bidang periklanan, pemasaran hingga penyiaran dan masih banyak lagi.

Banyaknya pilihan pekerjaan yang bisa dilakukan oleh lulusan jurusan ilmu komunikasi bukan semata-mata tanpa usaha. Sebagai seorang mahasiswa jurusan tersebut, akan dibekali banyak sekali materi mulai dari cara berkomunikasi antar individu hingga public, desain grafis dan periklanan, fotografi dan sinematografi, jurnalistik hingga politik.

Tidak hanya dibekali teori saja, nantinya mahasiswa jurusan ilmu komunikasi juga melakukan banyak praktek, tidak terkecuali bidang bisnis dan kewirausahaan. Diharapkan lulusan tidak hanya mengandalkan bidang pekerjaan yang telah ada. Namun lebih dari itu, bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru dengan ilmu komunikasi bisnis yang didapatkan.

Jurusan Kuliah IPS yang Jarang Diminati Tapi Menjanjikan Nguli

Jurusan kuliah IPS yang jarang diminati tapi menjanjikan nguli ini perlu kalian jadikan alternatif. Kalian tidak usah khawatir dengan kata ‘nguli’ yang kami bawakan. Tenang saja, dengan memilih jurusan yang kami rekomendasikan kalian tetap bekerja kantoran dan berdasi!

Baca Juga:  Cara Membuat Game Pembelajaran Online Gratis, Mudah dan Seru!

Macam-macam jurusan kuliah IPS berikut ini umumnya sepi peminat, karena tidak menjadi yang terfavorit di kampus masing-masing. Tapi ternyata jurusan kuliah IPS yang jarang diminati tapi menjanjikan nguli ini sangat menjanjikan karena sedikitnya para pakar di bidang tersebut. Simak ya, kiranya jurusan apa saja yang dimaksud!

Kriminologi, Masih Sedikit Ahlinya

Mendengar jurusan kuliah IPS yang satu ini, jangan berpikiran negatif terlebih dahulu. Jurusan kriminologi tidak seperti bayangan yang selama ini disalahpahami masyarakat. Sebaliknya, mahasiswa jurusan ini akan diajari tentang ilmu yang membahas seluk-beluk tindakan kriminal. Misalnya faktor pendorong tindak kejahatan dan faktor-faktor lain yang melingkupinya.

Kriminolog Jurusan Kuliah IPS yang Jarang Diminati Tapi Menjanjikan Nguli
Kriminolog, Jurusan Kuliah IPS yang Jarang Diminati Tapi Menjanjikan Nguli

Jurusan ini sangat cocok bagi orang yang menyukai dunia detektif dan investigasi. Berbekal keprihatinan karena peningkatan jumlah kejahatan dan modus tindak kejahatan yang semakin beragam, siswa memilih jurusan kriminologi untuk kuliah. Tidak hanya mempelajari bidang kriminologi lingkup nasional, untuk tambahan wawasan jurusan ini juga mencakup pembahasan skala global secara empiris.

Jangan kaget jika nantinya materi yang akan dipelajari sangat beragam dan luas. Contohnya ilmu sosiologi, psikologi, politik, hukum, antropologi hingga jurnalistik. Mahasiswa kriminologi biasanya akan ditempatkan pada beberapa posisi seperti detektif atau analisis intelijen. Lembaga kepolisian negara biasanya juga memerlukan lulusan ini untuk menempati posisi staf identifikasi serta rekam jejak kepolisian.

Pariwisata, Industri Kreatif yang Terus Berkembang

Pilihan dari  jurusan kuliah anak IPS dengan gaji tinggi adalah pariwisata. Menjadi peringkat kedua paling diminati setelah hubungan internasional pada setiap universitas negeri maupun swasta. Bagaimana tidak, selain materi kuliah yang menarik dan jauh dari kata bosan, lulusan jurusan pariwisata tergolong memiliki masa depan cerah.

Semakin maju dan berkembangnya sektor pariwisata nasional maupun internasional turut mendongkrak permintaan tenaga kerja kompeten di bidang serupa. Secara umum, materi perkuliahan yang akan didapat seputar manajemen dan strategi pengelolaan pariwisata yang tepat. Selain itu, ada pula materi sumber daya pariwisata, pembangunan kawasan wisata, dan manajemen perhotelan.

Beberapa pilihan karir yang bisa dijajal lulusan pariwisata adalah staf maskapai penerbangan, pramugara dan pramugari. Selain itu, ada juga kesempatan berkarir sebagai pemandu wisata (tour guide) hingga penyedia jasa event planner. Namun, bagi yang ingin berwirausaha bisa mencoba memulai bisnis tour and travel, event organizer hingga bisnis hotel/penginapan dan kuliner.

Demikian beberapa jurusan kuliah anak ips dengan gaji tinggi yang bisa dijadikan pilihan oleh calon mahasiswa baru. Setiap jurusan memiliki keunikan. Pilih jurusan yang disenangi agar tidak merasa terbebani selama kuliah. Perolehan gaji tinggi sejatinya bergantung pada standar setiap orang, maka hal ini tidak bisa dijadikan patokan ukuran kesuksesan.

Baca Juga:  Ketidaktahuan yang Ditertawakan

Aktuaria, Siap Bergaji Tinggi

Daftar jurusan kuliah anak ips dengan gaji tinggi kedua yakni Aktuaria. Sebagian orang mungkin masih asing dengan jurusan kuliah yang satu ini. Karena jarang didengar, bukan berarti jurusan ini patut disepelekan. Aktuaria sebenarnya merupakan jurusan yang mempelajari berbagai ilmu tentang pengelolaan risiko keuangan di masa akan datang.

Bagi yang menyukai matematika, jurusan ini perlu dijadikan pilihan. Selain itu, sebagai mahasiswa jurusan aktuaria akan mempelajari materi lain berkaitan dengan statistik, ilmu probabilitas, keuangan hingga pemrograman. Prospek kerja lulusan aktuaria lumayan berpeluang besar, karena saat ini jumlah aktuaris Indonesia masih kurang separuh dari jumlah yang dibutuhkan.

Untuk menjadi seorang aktuaris, selesai kuliah dan dinyatakan lulus harus terlebih dahulu mengikuti tes ujian. Seperti halnya bidang kesehatan, seorang aktuaris membutuhkan ujian profesi aktuaris untuk dapat diakui. Ujian profesi ini dilakukan oleh Persatuan Aktuaris Indonesia.

Bisnis Fashion, Sederhana Tapi Bikin Kaya

Daftar ketiga jurusan kuliah anak ips yang bisa dijadikan referensi adalah jurusan bisnis fashion. Terdengar masih asing untuk beberapa kalangan dan mungkin sedikit tidak percaya ada jurusan kuliah semacam ini. Nyatanya, jurusan bisnis fashion saat ini menjadi salah satu jurusan paling diminati oleh banyak calon mahasiswa baru.

Perkembangan dunia fashion yang tidak ada matinya berbanding lurus dengan peningkatan permintaan tenaga kerja pada bidang serupa. Selain prospek kerja yang terjamin dengan benefit yang besar, selama berkuliah akan jauh dari kata bosan. Hal ini karena jurusan fashion lebih mengedepankan praktek daripada teori.

Lulusan jurusan fashion biasanya bekerja pada bidang fashion stylist, designer, wirausaha fashion ataupun seorang visual merchandiser. Mahasiswa jurusan bisnis fashion akan mempelajari banyak hal seputar cara mengatur bisnis fashion yang baik dan benar. Serta kemampuan analisa perilaku konsumen terhadap tren fashion yang sedang digemari.

Demikian bahasan kita tentang jurusan kuliah IPS yang jarang diminati tapi menjanjikan nguli ini. Tentunya kalian bisa kulik lebih dalam mengenai macam-macam jurusan kuliah IPS ataupun kuliah jurusan IPS yang menjamin masa depan. Oke, saya tunggu sukses kalian menembus jurusan impian!

You May Also Like

About the Author: Ageng Triyono

Edutech Enthusiast|Curriculum Researcher & Developer|Independent Learner of History|Founder Kontenpositif.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *