Contoh Soal Wawasan Kebangsaan (50 Tes CPNS 2023 dan Pembahasan Pdf)

Contoh soal wawasan kebangsaan
Contoh Soal Wawasan Kebangsaan

Haidunia.com – Contoh soal wawasan kebangsaan yang kami sajikan akan sangat mendukung kelulusan Anda yang hendak mengikuti tes seleksi CPNS pada tahun 2023 ini. Mengingat Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) selalu menjadi bagian tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) maka diperlukan keseriusan untuk mempelajari materi di laman ini.

Contoh soal wawasan kebangsaan CPNS 2023 pastinya akan sangat membantu Anda melewati SKD yang menjadi syarat agar Anda dapat mengikuti sesi tes selanjutnya, yaitu Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Soal TWK dan Pembahasan pada laman ini akan lebih runut lagi dipelajari jika Anda dahului terlebih dengan membuka materi TWK CPNS 2023.

Read More

Contoh soal wawasan kebangsaan pada tahun-tahun seleksi CPNS sebelumnya memuat beberapa sub materi. Di antaranya materi: (1) nasionalisme; (2) integritas; (3) bela negara; (4) pilar negara, dan; (5) bahasa Indonesia.

Contoh soal wawasan kebangsaan dan jawabannya yang kami sajikan akan sangat memperkaya referensi belajar Anda. Mengingat materi-materi yang bersesuaian dengan tes wawasan kebangsaan cakupannya sangat luas. Jadi contoh soal TWK dari kami ini akan sangat bermanfaat, terlebih bagi Anda yang baru pertama kali akan mengikuti tes wawasan kebangsaan.

Contoh Soal Wawasan Kebangsaan

Contoh soal wawasan kebangsaan yang kami kembangkan berdasarkan kisi-kisi yang ada dalam peraturan Kemenpan RB Nomor 23 Tahun 2019 tentang Materi SKD CPNS dan nilai ambang batasnya. Kami berencana mengembangkan 50 soal tes wawasan kebangsaan yang akan memuat ke dalam dua laman.

Soal wawasan kebangsaan pada bagian ini sudah didasarkan pada kisi-kisi di dalam Permen-PANRB nomor 23 tahun 2019. Jika tidak ada revisi maka kemungkinan tipe-tipe soal soal TWK CPNS yang diujikan pada tahun ini memiliki tipe soal yang relatif sama dengan soal-soal tes CPNS sebelumnya.

Perlu kami ingatkan bahwasanya pertanyaan-pertanyaan mengenai wawasan kebangsaan yang berkaitan dengan situasi Indonesia terkini juga adakalanya muncul. Maka Anda perlu memperkaya pengetahuan wawasan kebangsaan dengan mengikuti berita TV ataupun membaca jurnal-jurnal ilmiah.

Pada kesempatan kali ini, soal wawasan kebangsaan dan jawabannya yang kami uraikan terdiri dari soal wawasan kebangsaan Pancasila, tes wawasan kebangsaan nasionalisme, integritas, dan bela negara. Jika pembahasan pada laman ini tidak tuntas, maka akan kami lanjutkan pada laman lain yang kami posting setelah ini.

Dan kepada para pembaca budiman kami ucapkan selamat mempelajari contoh soal TWK dan pembahasannya dari kami.

Soal Wawasan Kebangsaan Pancasila

Contoh soal (1)
Pancasila sebagai dasar negara pada hakikatnya telah menjadikan bangsa Indonesia ber-Pancasila dalam tiga perkara atau tiga asas, yaitu ….

(A) Ketuhanan, kemanusiaan, persatuan
(B) Kemanusiaan, persatuan, kerakyatan
(C) Persatuan, kerakyatan, keadilan
(D) Kerakyatan, keadilan, kebudayaan
(E) Kebudayaan, religius, kenegaraan

Jawaban: E

  • Asas Kebudayaan, secara Yuridis Pancasila telah dimiliki oleh bangsa Indonesia dalam hal adat istiadat.
  • Asas Religius, toleransi beragama yang didasarkan pada nilai-nilai religius telah mengakar kuat dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia
  • Asas Kenegaraan, karena Pancasila merupakan jati diri bangsa dan disahkan menjadi dasar negara, maka secara langsung bangsa Indonesia ber-Pancasila sebagai asas kenegaraan

Contoh soal (2)
Nilai–nilai yang terkandung di dalam Pancasila harus mampu mencerminkan kondisi objektif yang sedang berkembang di masyarakat. Pernyataan tersebut merupakan wujud nilai Pancasila dari dimensi ….

(A) Realitas
(B) Integritas
(C) Idealitas
(D) Fleksibilitas
(E) Kualitas

Jawaban: (A) 
Nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila dapat dirumuskan ke dalam beberapa dimensi nilai. Adapun nilai atau kekuatan dari Pancasila yang harus mampu mencerminkan kondisi objektif masyarakat yang terus berkembang termasuk ke dalam dimensi realitas.

Baca Juga:  Contoh Soal Tes Wawasan Kebangsaan dan Pembahasannya Pdf

Contoh soal (3)
Ideologi secara umum adalah kumpulan gagasan, ide, keyakinan, serta kepercayaan yang bersifat sistematis yang mengarahkan tingkah laku seseorang dalam berbagai bidang kehidupan. Sebagai ideologi Pancasila termasuk ideologi terbuka, karena ….

(A) Nilai-nilai Pancasila dihasilkan oleh pemikiran anak bangsa
(B) Cita-cita besar di dalam Pancasila dirumuskan melalui perjuangan
(C) Pancasila disepakati menjadi ideologi penguasa negara dan rakyatnya
(D) Sila Pancasila menyatakan penguasa bertanggungjawab kepada rakyat
(E) Terbuka untuk terjadinya revolusi pemerintahan

Jawaban: D
Ciri-ciri ideologi terbuka adalah:

  1. Nilai-nilai dan cita-cita digali dari kekayaan adat istiadat, budaya dan religius masyarakat
  2. Menerima reformasi
  3. Penguasa bertanggungjawab pada masyarakat sebagai pengemban amanat rakyat

Dengan demikian jawaban yang tepat adalah D.

Contoh soal (4)
Paham kekeluargaan yang menjiwai perilaku di dalam proses terbentuknya persatuan dan kesatuan bangsa dapat diartikan sebagai ….

(A) rasa saling ketergantungan satu sama lain di dalam kehidupan bermasyarakat
(B) Kehendak bersama untuk berkehidupan kebangsaan di bawah satu komando
(C) Cinta akan tanah air dan bangsa yang didasari rasa kebersamaan
(D) Bentuk kerjasama secara permanen dalam suatu pemerintahan
(E) Gotong royong dan saling meringankan beban saudara sebangsa

Jawaban: A
Paham kekeluargaan diawali oleh adanya kesadaran saling membutuhkan atau saling ketergantungan satu-sama lain. Hal ini yang kemudian menjadi cikal bakal persatuan dan kesatuan antar bangsa.

Contoh soal (5)
Melemahnya kepercayaan kaum muda Indonesia terhadap ideologi Pancasila dapat berakibat pada ….

(A) Mulai diterimanya nilai-nilai Barat seperti LGBT
(B) Meningkatkan tindak kejahatan anak muda
(C) Terancamnya persatuan dan kesatuan bangsa
(D) Bertambahnya kasus korupsi oleh kepala daerah yang berusia muda
(E) Keadilan hukum yang memihak para anak pejabat

Jawaban: C
Dampak yang paling signifikan dari melemahnya kepercayaan rakyat (pemuda) Indonesia terhadap ideologi Pancasila adalah terancamnya rasa persatuan dan kesatuan.

Dampak ini dipandang paling berbahaya untuk kelangsungan hidup bersama dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), karena hilangnya rasa persatuan dapat menjadikan negara terpecah belah dan bahkan dapat menjadi sebab bubarnya suatu negara di masa mendatang.

Soal Tes Wawasan Kebangsaan Materi Nasionalisme

Contoh soal no (6)
Proses terjadinya suatu negara dapat melalui proses yang bersifat separatis, artinya ….

(A) Suatu wilayah memisahkan diri dari negara induknya dan menjadi negara berdaulat

(B) Suatu wilayah negara diserahkan pada negara lain

(C) Suatu wilayah negara terbentuk karena rakyatnya menginginkan negara yang merdeka

(D) Suatu wilayah yang tidak bertuan dan mendirikan negara berdaulat

(E) Suatu negara berdiri dalam suatu negara yang berdaulat

Jawaban: (A) 
Terbentuknya suatu negara dapat terjadi melalui proses praktik sparatisme, yaitu suatu wilayah negara memisahkan diri dari negara yang semula menguasainya, kemudian menyatakan kemerdekaannya. Contohnya adalah Timor-timur yang memisahkan diri dari NKRI pada tahun 1999.

Contoh soal no (7)
Salah satu wujud nasionalisme adalah mencintai produk dalam negeri. Namun kenyataanya pemerintah Indonesia masih terus mengimpor kendaraan dari Jepang dengan alasan karena lebih murah dibandingkan memproduksi sendiri. Faktor yang melandasi perdagangan tersebut adalah ….

(A) Perbedaan sumber daya manusia
(B) Perbedaan selera konsumsi masyarakat
(C) Penghematan biaya produksi/efisiensi
(D) Perbedaan penggunaan bahan baku produksi
(E) Kerja sama kawasan negara tetangga

Jawaban: (C)
Beberapa faktor pendorong kerjasama internasional antara lain:

  • Perbedaan sumber daya alam
  • Perbedaan selera
  • Penghematan biaya produksi (efisiensi)
  • Perbedaan teknologi

Kerjasama internasional yang didorong oleh alasan penghematan biaya produksi/efisensi dilakukan apabila suatu negara dapat membeli barang hasil luar negeri dengan harga yang lebih murah dibandingkan jika barang tersebut diproduksi sendiri di dalam negeri.

Contoh soal no (8)
Hakikat dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah negara yang terbentuk atas ….

Baca Juga:  10 Alasan Mengapa Kamu Harus Memilih Jurusan Manajemen

(A) Semangat nasionalisme
(B) Suatu nasib dan cita-cita
(C) Kepercayaan bersama
(D) Semangat perjuangan
(E) Semangat persatuan dan kesatuan

Jawaban: (A) 
Hakikat dari Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara yang terbentuk atas semangat nasionalisme dan kebangsaan. Hal ini yang mendasari “nasionalisme” dijadikan sebagai sila pertama oleh Bung Karno, namun kemudian dilakukan perubahan.

Contoh soal no (9)
Presiden memiliki kewenangan membuat perjanjian internasional dengan negara lain setelah mendapatkan pertimbangan dan persetujuan dari ….

(A) Majelis Permusyawaratan Rakyat
(B) Dewan Perwakilan Rakyat
(C) Mahkamah Agung
(D) Menteri Luar Negeri
(E) Menteri Dalam Negeri

Jawaban: (B) 
Pasal 11 ayat (1) UUD 1945 berbunyi “presiden dengan persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat menyatakan perang, membuat perdamaian dan perjanjian dengan negara lain.”

Berdasarkan bunyi pasal tersebut dapat kita pahami bahwa pengajuan perjanjian internasional menjadi kewenangan presiden dengan persetujuan DPR.

Contoh soal no (10)
Secara langsung nasionalisme yang diajarkan di Indonesia merujuk pada paham ….

(A) Paham Chauvinisme
(B) Paham Fragmentarisme
(C) Paham Eklektif
(D) Paham Patriotisme
(E) Paham Kulturalisme

 Jawaban: (D) 
Secara umum rasa nasionalisme dibentuk oleh hal-hal yang bersifat non politis. Adapun semangat nasionalisme Indonesia bangkit sejak munculnya pergerakan nasional sebagaimana diperlihatkan oleh para pahlawan. Sehingga dasar pembangun semangat nasionalisme di Indonesia berakar pada semangat patriotisme.

Soal TWK Integritas

Contoh soal no (11)
Perilaku korupsi merupakan bentuk pengingkaran terhadap salah satu kewajiban warga negara Indonesia, yaitu ….

(A) Taat hukum dan Undang-Undang
(B) Menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran
(C) Ikut serta dalam menjaga nama baik bangsa
(D) Menjunjung hukum dan pemerintahan
(E) Menjunjung kesetaraan dalam peradilan

Jawaban: (D)
Dalam pasal 27 ayat (1) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dijelaskan bahwa setiap warga negara Indonesia memiliki kewajiban menjunjung tinggi hukum dan pemerintahan. Salah satu wujud implementasinya adalah dengan tidak melakukan tindak pidana korupsi.

Maka jika korupsi dilakukan termasuk kegiatan melanggar hukum di dalam pemerintahan, yang sekaligus merupakan tindakan pengingkaran terhadap kewajibannya sebagai warga negara Indonesia.

Contoh soal no (12)
Masyarakat Indonesia tersebar dari Sabang sampai Merauke. Pernyataan tersebut menunjukkan adanya persamaan ….

(A) nasib
(B) cita-cita
(C) budaya
(D) tempat tinggal
(E) asal keturunan

Jawaban: D
Pernyataan “Masyarakat Indonesia tersebar dari Sabang sampai Merauke” menunjukkan adanya persamaan tempat tinggal.

Contoh soal no (13)
Sikap Anda terhadap rekan satu kantor yang baru saja bergabung dengan latar belakang bahasa daerah yang berbeda-beda adalah ….

(A) Mengajarkan bahasa daerah ke rekan tersebut dengan segera
(B) Terus berbicara dengan bahasa daerah
(C) Berbicara dengan menggunakan bahasa Indonesia
(D) Menganggap rekan yang baru bisa berbahasa daerah seperti kita
(E) Sesekali gunakan bahasa asing yang sama-sama bisa dipahami

Jawaban: (C)
Sikap yang bijaksana adalah menggunakan bahasa Indonesia, karena bahasa Indonesia berkedudukan sebagai bahasa persatuan.

Bahasa Indonesia dapat di pahami oleh seluruh masyarakat Indonesia. Selain itu, menggunakan bahasa Indonesia merupakan wujud rasa cinta terhadap tanah air.

Contoh soal no (14)
Di bawah ini contoh perilaku yang menunjukan sikap menghargai perbedaan suku bangsa adalah ….

(A) Mengajak suku bangsa lain mengikuti upacara adat
(B) Melaksanakan kontes keunggulan dari masing-masing suku
(C) Mendorong terjadinya perkawinan antar suku di Indonesia
(D) Membentuk organisasi kedaerahan di tingkat mahasiswa
(E) Memberikan bantuan kemanusiaan untuk salah satu suku di pedalaman

Jawaban: (E) 
Perilaku yang menunjukan sikap menghargai perbedaan suku bangsa, yaitu tolong-menolong dengan suku bangsa lain.

Contoh soal no (15)
Sebagai warga negara Indonesia dan sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) Anda harus siap ditempatkan di lembaga yang diisi oleh SDM dengan beragam latar belakang suku. Sikap Anda terhadap rekan kerja ….

Baca Juga:  Kumpulan Soal TWK dan Pembahasan Pdf (Contoh Tes CPNS 2023)

(A) Sesekali menonjolkan kebudayaan daerah sendiri
(B) Bergaul dengan seluruh rekan kerja yang satu daerah
(C) Menghargai dan menghormati setiap perbedaan budaya dari rekan kerja
(D) Menumbuhkan semangat kedaerahan dalam aktivitas bekerja
(E) Mendorong terwujudnya satu kebiasaan di kantor

Jawaban: (C) 
Setiap budaya yang ada di Indonesia dianggap sebagai kekayaan budaya nasional. Salah satu upaya untuk menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan di dalam dunia kerja yang berbasis budaya adalah dengan mencintai budaya daerah sendiri dengan tetap menghargai setiap perbedaan budaya yang dimiliki oleh rekan-rekan kerja.

Soal soal TWK Bela Negara

Contoh soal no (16)
Keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) menjadi kewajiban bagi….

(A) Seluruh warga negara Indonesia
(B) Seluruh aparat pemerintah
(C) Seluruh aparat keamanan
(D) Seluruh pegawai negara
(E) Seluruh polisi dan TNI

Jawaban: (A)
Menjaga keutuhan dan keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merupakan kewajiban seluruh warga negara Indonesia sebagimana tercantum di dalam pasal 27 ayat (3) dan pasal 30 ayat (1) UUD 1945, yaitu untuk ikut serta dalam upaya bela negara serta mengupayakan keutuhan, keamanan, dan pertahanan NKRI.

Contoh soal no (17)

Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk republik yang harus dipertahankan dan dijaga keamanannya sampai kapanpun itu. Pernyataan tersebut terdapat dalam UUD 1945 pasal ….

(A) 1 ayat 1
(B) 2 ayat 1
(C) 3 ayat 1
(D) 4 ayat 1
(E) 5 ayat 1

Jawaban: (A) 
Pasal 1 ayat 1 UUD 1945 menyebutkan: “Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk republik”.

Contoh soal no (18)
Usaha pertahanan keamanan negara dilaksanakan melalui sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta oleh TNI dan Kepolisian sebagai kekuatan utama dan rakyat sebagai kekuatan pendukung. Pernyataan tersebut sesuai dengan UUD 1945 pasal ….

(A) 30 ayat 2
(B) 31 ayat 2
(C) 32 ayat 2
(D) 33 ayat 2
(E) 34 ayat 2

Jawaban: A
Usaha pertahanan keamanan negara dilaksanakan melalui sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta oleh TNI dan Kepolisian sebagai kekuatan utama dan rakyat sebagai kekuatan pendukung tercantum di dalam UUD 1945 pasal 30 ayat 2.

Contoh soal no (19)
Bentuk implementasi dari tujuan negara untuk ikut melaksanakan ketertiban dunia adalah ….

(A) Indonesia mengirimkan Kontingen Garuda ke negara konflik
(B) Bekerjasama dengan Rusia dalam urusan pertahanan keamanan
(C) Prajurit TNI selalu melakukan pengawasan di setiap wilayah perbatasan Indonesia
(D) Memberikan dukungan moral kepada Rakyat Irak saat diserang oleh Amerika Serikat
(E) Mendukung  Kemerdekaan negara Palestina atas pendudukan Israel

Jawaban: (A)
Indonesia ikut serta melaksanakan ketertiban dunia terimplementasi dengan cara memberikan bantuan kemanusiaan kepada negara yang sedang berkonflik, di antaranya: mengirimkan Kontingen Garuda, tim kesehatan, dan membantu negara-negara yang sedang mengalami bencana.

Contoh soal no (20)
Perhatikan cerita berikut!
Pemerintah Kabupaten X mengadakan pelatihan menjahit gratis untuk Ibu- ibu rumah tangga. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan perempuan. Diharapkan melalui pelatihan ini akan menambah penghasilan keluarga.

Kegiatan yang diselenggarakan tersebut sesuai ketentuan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 terutama pasal ….

(A) Pasal 30 ayat (1)
(B) Pasal 31 ayat (1)
(C) Pasal 32 ayat (1)
(D) Pasal 33 ayat (2)
(E) Pasal 34 ayat (2)

Jawaban: (E)
Pemerintah mengadakan kegiatan berupa pelatihan keterampilan bagi masyarakat merupakan bentuk usaha dalam bidang kesejahteraan sosial sebagaimana diamanatkan di dalam pasal 34 ayat (2) UUD 1945 yang berbunyi: “Negara mengembangkan sistem jaminan sosial bagi seluruh rakyat dan memberdayakan masyarakat yang lemah dan tidak mampu sesuai dengan martabat kemanusiaan”.

Contoh soal wawasan kebangsaan beserta pembahasannya akan kami lanjutkan kembali pada laman dan postingan selanjutnya dengan judul Tes Wawasan Kebangsaan dan Jawabannya. Semoga contoh soal TWK dan pembahasannya yang kami sajikan di atas dapat dijadikan referensi belajar Anda lebih lanjut. Salam sukses!

About Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *