Just The Way You Are

Posted on

Deany Januarta Putra – Motivasi

haidunia.com – Pernah rasanya kita dihina di kelas, di lingkungan rumah, di sekolah. Dasar gendut, dasar jelek, tukang tidur!. Setelah itu kita kembali ke kamar dan melihat diri kita sendiri di kaca “Ah… memang benar aku gendut, jelek dan lain sebagainya” Esok hari ketika kita berangkat ke kelas, kita berpura-pura seakan tidak terjadi apa-apa. Memasang muka enjoy dengan berjalan santai. padahal tidak, di dalam diri kita perasaan takut menghampiri. Takut akan dicerca, dihina dan lain sebagainya. Mengapa kita harus merasa tidak enak?

sumber : lenteradoa.com

Memang ada banyak cara bagaimana orang lain melihat diri kita. Apakah itu masalah? Hal itu akan  menjadi masalah kepada orang lain ketika hal tersebut menjadi masalah kepada diri  kita.  Titik   masalahnya   kembali  ke  diri  kita  masing – masing.  Mungkin  bayangan ketakutan  yang  kita  miliki yaitu kita akan sendirian atau tidak mempunyai teman. Takut tidak bisa menjadi  apa  yang orang lain ingin lihat dari diri kita. Takut tidak bisa menjadi apa yang akan  orang  suka  dari  diri  kita. Takut  tidak bisa menjadi apa yang akan orang terima dari diri kita.

Tetapi apakah  dengan  hal  seperti  itu  kita hancur.  Malah  sebaliknya, kita harus sangat bersyukur. Kenapa…? Karena apabila, orang lain tidak menyukai kita, lalu  siapa?  Apabila, orang lain tidak menerima kita, lalu siapa? Karena merekalah orang yang memperhatikan kita. Merekalah orang yang peduli dengan  kita.  Tetapi  bagaimana  kita  menyikapi sikap tersebut apakah kita menyikapinya harus dengan  tangan  terkepal  atau  dengan  senyum simpul.

Perlu kita ketahui bahwa di dalam hidup ada beberapa hal tak terkontrol yang tidak bisa dirubah, dan kita harus hidup dengannya.  Ada juga saat dimana kita jatuh dan kita merasakan seperti tidak mempunyai kekuatan untuk bangun. Dan pilihannya adalah kita menyerah atau terus berjalan, percaya dengan apa yang orang lain katakan atau percaya pada diri kita sendiri. Kenyataannya, mereka yang menghina kita atau bahkan merendahkan kita ternyata menyukai kita. Hanya saja mereka memberikan kasih sayang dengan cara yang BERBEDA. Dan yang harus kita lakukan adalah bersikap biasa. Tidak perlu kita berpura-pura menjadi apa yang mereka inginkan atau yang ingin mereka harap. Yang harus kita lakukan adalah menjadi diri kita apa adanya. Seperti lirik musisi terkenal Bruno Mars

BACA:  Membantu Murid Mengenali Diri dan Menggali Potensi

“cause you’re amazing Just The Way You Are”  

Karena kamu hebat, kamu apa adanya. Begitulah yang ingin diharapkan dari kutipan lirik tersebut. Kita hebat ketika kita menjadi diri kita yang biasa di dalam pergaulan. Bukan berpura-pura menjadi orang lain.  Oleh karena itu, dalam pergaulan sehari-hari, kita harus bersikap biasa karena orang lain tidak peduli apa kita gendut, jelek, pendek, tinggi, gagap, dan lain sebagainya. Tetapi mereka melihat bagaimana kita bersikap dan bertingkah laku, mereka melihat siapa kita.

Oleh: Deany Januarta Putra

One thought on “Just The Way You Are

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *