Soal TPS UTBK 2020 Pdf dan Pembahasannya (Kode Naskah: 520)

Soal TPS UTBK 2020 Pdf dan Pembahasannya
Soal TPS UTBK 2020 Pdf dan Pembahasannya

Soal TPS UTBK 2020 Pdf dan Pembahasannya – Hallo calon mahasiswa baru 2022. Pasti kalian sedang giat belajar untuk persiapan menghadapi seleksi UTBK-SBMPTN 2022 kan? Jika iya, maka sekarang adalah waktu yang pas jika kalian mengakses laman ini.

Soal TPS UTBK 2020 Pdf dan Pembahasannya ini merupakan bagian dari paket soal Tes Bakat Skolastik (TPS) yang telah diujikan pada UTBK-SBMPT 2020. Khusus pada laman ini, kami hanya akan berbagi soal TPS asli tahun 2020 dan pembahasannya untuk sub tes Pemahaman Bacaan dan Menulis (PBM) dengan Kode Naskah: 520.

Read More

Setelah membahas soal PBM UTBK 2020, artikel kami selanjutnya akan membahas soal Penalaran Umum UTBK 2020, soal PK UTBK 2020, dan soal PPU UTBK 2020. Namun sebelum membahas itu semua, mari kita fokus dulu kr materi tes UTBK khususnya untuk sub tes Pemahaman Bacaan dan Menulis (PBM).

Materi Tes UTBK

Materi tes UTBK pastinya sudah kalian ketahui. Termasuk materi sub tes Pemahaman Bacaan dan Menulis (PBM) yang sedikit akan kita ulas di laman ini.

Saat ini kalian pun boleh membayangkan sudah menjadi mahasiswa baru (MaBa) dengan mengenakan jas almamater berwarna kebesaran kampus impiannya masing-masing. Tapi ingat, saat ini masih banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum semua itu menjadi kenyataan.

Okey, materi tes UTBK dari tahun ke tahun selalu dirilis oleh laman ltmpt.ac.id secara resmi. Termasuk untuk periode UTBK-SBMPTN tahun 2022, materi tesnya juga sudah disosialisasikan. Materi UTBK 2022 sebagaimana dirilis dalam informasi resmi LTMPT,  terdiri dari 3 kelompok materi, yaitu:

(1) Tes Potensi Skolastik (TPS)

Tes Potensi Skolastik (TPS) ditujukan untuk;

“TPS mengukur kemampuan kognitif yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Dalam TPS yang akan diuji adalah Kemampuan Penalaran Umum (PU), Kemampuan Kuantitatif (PK), Pengetahuan dan Pemahaman Umum (PPU), serta kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis (PBM). Kemampuan kuantitatif  akan mencakup pengetahuan dan penguasaan matematika dasar.”

(2) Tes Bahasa Inggris

Tes bahasa Inggris ditujukan untuk:

“Mengukur kemampuan bahasa Inggris yang diperlukan untuk mendukung pembelajaran di perguruan tinggi.”

(3) Tes Kompetensi Akademik (TKA)

Tes kemampuan akademik (TKA) ditujukan untuk:

“Mengukur pengetahuan dan pemahaman keilmuan yang diajarkan di sekolah dan diperlukan untuk seseorang dapat berhasil dalam menempuh pendidikan tinggi. TKA juga mengukur kemampuan kognitif yang terkait langsung dengan konen mata pelajaran yang dipelajari di sekolah. Penekanan tes adalah pada Higher Order Thinking Skills (HOTS).”

Setiap peserta tes UTBK-SBMPTN 2022 akan mengikuti tes sesuai dengan kelompok ujian nya masing-masing,  yang mana kelompok ujiannya juga terbagi ke dalam tiga kategori:

(1) Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek) akan mengikuti tes  meliputi materi ujian TPS, Bahasa Inggris, dan TKA Saintek (Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi). Dengan alokasi waktu: 195 menit.

(2) Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum) akan mengikuti tes meliputi materi ujian TPS, Bahasa Inggris, dan TKA Soshum (Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi). Dengan alokasi waktu: 195 menit

(3) Kelompok Ujian Campuran (Saintek dan Soshum) meliputi materi ujian TPS, Bahasa Inggris, TKA Saintek, dan TKA Soshum. Dengan alokasi waktu: 285 menit.

Hanya saja, pada pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2020 terdapat sedikit pengecualian. Hal ini karena kondisi di seluruh wilayah Indonesia masih mengalami pandemi covid-19. Sehingga pihak LTMPT sebagai panitia penyelenggara memutuskan hanya melaksanakan ujian TPS saja.

Kebijakan Materi Soal TPS UTBK 2020

Tentunya kebijakan pelaksanaan tes UTBK-SBMPTN tahun 2020 bisa membuat beban persiapan para peserta di tahun itu lebih ringan. Karena seluruh peserta hanya fokus mengikuti tes TPS saja,  terkecuali jika kampus yang dipilih menghendaki adanya materi tes tambahan, maka hal itu menjadi kebijakan masin-masing kampus.

Adapun materi soal TPS UTBK 2020 yang diujikan terdiri dari 4 (empat) sub tes, yaitu:

(1) Kemampuan Penalaran Umum (PU)
(2) Kemampuan Pengetahuan Kuantitatif (PK)
(3) Pengetahuan dan Pemahaman Umum (PPU)
(4) Pemahaman Bacaan dan Menulis (PBM)

Okey, pada kesempatan kali ini, sementara kita akan fokus membahas materi Pemahaman Bacaan dan Menulis (PBM) ya!

Materi PBM UTBK

Materi PBM UTBK terdiri dari beberapa sub materi. Tentunya semua materi sudah kalian pelajari bersama para bapak/ibu guru di sekolah. Adapun materi PBM mencakup materi pemahaman terhadap teknik penulisan, pemahaman isi bacaan, dan penalaran kebahasaan.

Jika kita rinci lagi, sub materi tersebut terdiri dari:

  1. Kepaduan Wacana
  2. Kalimat Efektif
  3. Ide Pokok
  4. Ejaan Konjungsi
  5. Makna Kata
  6. Bentuk Kata
  7. Kalimat Majemuk
  8. Simpulan

Untuk mengetahui sub materi mana yang dirasa paling sulit oleh para peserta tes UTBK-SBMPTN tahun lalu, maka sudah dilakukan beberapa survei untuk mengetahui tingkat kesulitan masing-masing sub tes. Hasil survei diperoleh dari responden yang saat ini sudah menjadi mahasiswa baru.

Ternyata hasil survei menunjukkan bahwa sebagian besar peserta thun lalu mengalami kesulitan dalam mengerjakan sub materi:

  • Ejaan
  • PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Berbahasa Indonesia)
  • Tanda baca & serapan

Oleh karenanya, kalian perlu mengatur strategi sukses UTBK. Silahkan untuk persiapan UTBK dan strategi suksesnya kalian bisa mengunjungi artikel kami sebelumnya pada laman;  Syarat Mengikuti UTBK 2022, Strategi Sukses UTBK 2022, dan laman Persiapan SBMPTN 2022 Paling Praktis.

Soal PBM UTBK 2020

Soal PBM UTBK 2020 ber-kode Naskah: 520 yang akan kami bahas ini terdiri dari 4 (empat) teks, dengan rincian sebagai berikut:

  • Teks 1: untuk menjawab soal no. 1 sampai dengan no. 5
  • Teks 2: untuk menjawab soal no. 6 sampai no. 11
  • Teks 3: untuk menjawab soal no. 12 sampai no. 17
  • Teks 4: untuk menjawab soal 18 sampai 20.

 

Soal TPS UTBK 2020 Pdf dan Pembahasannya
Soal TPS UTBK 2020 Pdf dan Pembahasannya

Bagi kalian yang menghendaki untuk memiliki Soal TPS UTBK 2020 dalam bentuk pdf dan disertai pembahasan nya, silahkan nanti bisa di download soal tps utbk 2020 pdf dan pembahasannya melalui link yang kami bagikan di akhir pembahasan.

Soal TPS UTBK 2020 Teks 1

Soal TPS UTBK 2020 teks 1 digunakan untuk menjawab soal no. 1 sampai no. 5. Silahkan kalian baca dengan seksama sehingga dapat dengan mudah menentukan jawaban yang paling tepat dari 5 pilihan jawaban yang disajikan!

Teks berikut untuk soal no. 1 sampai no. 5

(1) Sebuah studi menunjukkan bahwa anak yang dibiasakan mendengarkan cerita sejak dini dan dikenalkan dengan kebiasaan membaca memiliki perkembangan jaringan otak yang lebih awal. (2) Sebaliknya, anak yang tidak dikenalkan dengan kebiasaan membaca memiliki perkembangan yang kurang pada jaringan tersebut. (3) Anak-anak balita dengan orang tua yang rutin membacakan buku untuk mereka mengalami perbedaan perilaku dan prestasi akademik dengan anak-anak dengan orang tua yang cenderung pasif dalam membacakan buku.

 

(4) Menurut sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Pediatrics menemukan perbedaan yang juga terjadi pada aktivitas otak anak. (5) Peneliti mengamati perubahan aktivitas otak anak-anak usia 3 sampai 5 tahun yang mendengarkan orang tua mereka membacakan buku melalui scanner otak yang disebut functional magnetic resonance imaging (FMRI). (6) Orang tua menjawab pertanyaan tentang berapa banyak mereka membacakan cerita untuk anak-anak serta seberapa sering melakukan komunikasi. (7) Para peneliti melihat bahwa ketika anak-anak sedang mendengarkan orang tua bercerita, sejumlah daerah di bagian kiri otak menjadi lebih aktif. (8) Ini adalah daerah yang terlibat dalam memahami arti kata, konsep, dan memori. (9) Wilayah otak ini juga menjadi aktif ketika anak-anak bercerita atau membaca. (10) Pada studi ini menunjukkan bahwa perkembangan daerah ini dimulai pada usia yang sangat muda. (11) Yang lebih menarik adalah bagaimana aktivitas otak di wilayah ini lebih sibuk pada anak-anak yang orang tuanya gemar membaca. (12) Membaca buku untuk anak membantu pertumbuhan neuron di daerah ini yang akan menguntungkan anak di masa depan dalam hal kebiasaan membaca. 

Soal TPS UTBK 2020 Pdf dan Pembahasannya nomor (1)
Apa judul yang tepat untuk teks tersebut?

A. Pengenalan Kebiasaan Membaca Sejak Dini
B. Balita dan Kebiasaan Mendengarkan Cerita
C. Pembiasaan Anak Mendengarkan Cerita
D. Peningkatan Kinerja Otak melalui Membaca
E. Peran Orangtua dalam Membacakan Cerita

Jawaban: A
Judul  adalah kalimat singkat untuk menggambarkan isi pembahasan. Melalui judul tersebut kita sudah dapat memprediksi apa yang diuraikan dalam teks.

Judul yang sesuai dan menggambarkan keseluruhan teks bacaan di atas Pengenalan Kebiasaan Membaca Sejak Dini.

Soal TPS UTBK 2020 Pdf dan Pembahasannya nomor (2)
Kalimat manakah yang TIDAK efektif dalam teks 2

A. 1 dan 7
B. 2 dan 8
C. 3 dan 9
D. 4 dan 10
E. 5 dan 12

Jawaban: D
Syarat kalimat efektif:

  • Kebakuan struktur;
  • Ejaan yang benar;
  • Tidak ambigu/jelas;
  • Tidak pleonastis/kehematan kata

Ketidakefektifan teks 2 tersebut pada kalimat ke-4 dan ke-10. Hal ini karena kedua kalimat tersebut tidak memenuhi unsur kebakuan struktur.

Pada kalimat (4) penggunaan kata menurut menyebabkan kalimat tersebut tidak mempunyai pola S (subjek) kalimat. Kata menurut dihilangkan, sehingga fungsi subjek (S) kalimat tersebut muncul/tidak hilang.

Pada kalimat (10), penggunaan kata pada menyebabkan kalimat tersebut juga tidak mempunyai pola S (subjek) kalimat. Kata pada dihilangkan, sehingga fungsi subjek (S) kalimat tersebut muncul/tidak hilang.

Soal TPS UTBK 2020 Pdf dan Pembahasannya nomor (3)
Bagaimana hubungan isi antarparagraf dalam teks 1?

A. Paragraf ke-2 memaparkan simpulan penelitian yang dibahas pada paragraf ke-1

B. Paragraf ke-2 merinci temuan penelitian yang dipaparkan pada paragraf ke-1

C. Paragraf ke-2 memaparkan perbedaan perilaku yang dibahas pada paragraf ke-1

D. Paragraf ke-1 memaparkan penelitian terhadap balita yang diuraikan pada paragraf ke-2

E. Paragraf ke-1 memaparkan hasil penelitian yang diuraikan pada paragraf ke-2

Jawaban: B

Related posts