Sering Bayar Pakai Digital Wallet? Ini 5 Tips Aman saat Bertransaksi

  • Whatsapp
Tips Aman saat Bertransaksi
Haidunia Aplikasi Transaksi Digital

Sering Bayar Pakai Digital Wallet? Ini 5 Tips Aman saat Bertransaksi – Dompet digital hadir untuk memudahkan siapa saja dalam bertransaksi. Baik itu saat makan di restoran, belanja online sampai belanja dengan cicilan. Banyak merchant yang juga mengandalkan metode pembayaran ini karena tergolong aman.

Dilansir dari website teknologi di KubikTekno.com jumlah aplikasi digital wallet di Indonesia sampai saat ini mencapai belasan bahkan puluhan. Setiap orang di Indonesia pun rutin mengisi saldo atau memanfaatkan fitur pay later.

Read More

Kamu yang juga pengguna digital wallet, harus tahu bagaimana cara agar transaksi tetap aman.

Tips Aman untuk Transaksi dengan Aplikasi Digital Wallet

Bagi para merchant, pembayaran dengan digital wallet lebih praktis. Karena artinya merchant tidak perlu mempersiapkan uang tunai untuk kembalian. Merchant jadi lebih aman karena tidak menyimpan uang tunai dalam jumlah banyak.

Namun berbeda dengan para konsumen yang harus membayar dengan dompet digital. Tingkat keamanan yang tepat saat transaksi atau kapanpun itu harus diperhatikan.

Tips Aman saat Bertransaksi
Banyak orang menyukai transaksi dengan dompet digital karena kemudahannya.

Bayangkan saja jika smartphone kamu hilang dan pencuri menggunakannya untuk mengajukan pinjaman hingga belasan atau puluhan juta. Tentu akan sangat berbahaya bukan?

Nah, supaya kamu bisa tetap aman bertransaksi, beberapa tips berikut ini perlu diikuti.

Baca Juga:  Begini Cara Cek Transaksi Terakhir Telkomsel dengan Mudah dan Cepat!

1. Pastikan Memasang Sistem Keamanan

Pencegahan pencurian dana dari dompet digital bisa memanfaatkan sistem keamanan yang telah disediakan dari ponsel dan juga aplikasinya sendiri. Khusus untuk smartphone, kamu bisa menggunakan pin atau password.

Pada aplikasi biasanya sudah langsung terpasang PIN untuk setiap kali transaksi. Ada juga yang menggunakan fingerprint. Sistem ini sangat membantu untuk menjaga keamanan pengguna dompet digital.

Satu hal yang harus diperhatikan soal penggunaan password adalah jangan sampai orang lain mengetahuinya. Pastikan kamu tidak menggunakan password ini di muka umum.

2. Pisahkan Email yang Digunakan

Membuat dompet digital membutuhkan email. Kamu harus memisahkan email yang digunakan untuk dompet digital dan kebutuhan lainnya. Sehingga jika ada email mencurigakan kamu bisa segera mengetahuinya.

Pisahkan email untuk kebutuhan pribadi, usaha atau urusan kantor. Apabila muncul pemberitahuan soal transaksi pun Anda tidak akan merasa bingung. Cukup buat beberapa email dan membukanya di satu smartphone.

Cara ini cukup ampuh untuk menghindari serangan phising yang kini marak terjadi. Sehingga data penting yang tersimpan tidak mudah untuk diretas karena kamu membuka email yang berisi malware.

3. Mengaktifkan Two  Factor Authentication

Sampai saat ini sistem keamanan yang terjamin adalah Two Factor Authentication. Sistem ini cukup aman dan juga jauh lebih aman dibandingkan hanya dalam bentuk password.

Setiap kali ada yang mencoba login di perangkat lain, maka akan muncul pemberitahuan di smartphone milikmu. Baik langsung melalui sms dengan kode verifikasi atau dari email.

Jika kamu merasa curiga akan aktivitas yang dianggap aneh maka kamu bisa menolak akses login tersebut. Dengan begitu tidak sembarang orang bisa mengakses aplikasi digital wallet.

Baca Juga:  Inilah Daftar Smartphone 5G Termurah Terbaik di Indonesia 2021

4. Rutin Mengganti PIN

Semua dompet digital mengharuskan penggunanya membuat PIN selain fingerprint. Sistem keamanan ini sangat penting untuk rutin diperbaharui. Layaknya PIN ATM, kamu harus sering menggantinya sehingga tidak mudah untuk dilacak.

Penggantian ini bisa dalam kurun waktu yang acak sehingga tidak mudah diamati perubahannya oleh hacker. Jangan lupa untuk menggunakan kombinasi angka yang unik.

Jangan menggunakan tanggal lahir atau nomor yang mudah ditebak. Kamu bisa mengganti PIN ini setiap tiga bulan sekali jika jumlah transaksi yang dilakukan cukup sering. Ingat juga kode PIN yang telah diganti tersebut.

5. Jangan Percaya Nomor Tidak Dikenal

Saat ini begitu marak sms atau chat WA dari nomor yang memiliki modus penipuan dengan berbagai alasan. Kamu tentunya harus berhati-hati dengan nomor yang mengatasnamakan bank, kerabat atau bahkan orang tua.

Perlu lebih kritis dalam menanggapi hal tersebut sehingga tidak terkena penipuan. Apalagi jika kamu harus memberikan PIN dompet digital atau mentransfer uang dalam jumlah tertentu untuk suatu alasan.

Selalu hubungi nomor dari customer service aplikasi yang resmi atau nomor resmi lainnya. Dengan begitu informasi yang kamu dapatkan akan jauh lebih akurat.

Kesimpulan

Selalu berhati-hati dalam transaksi sangatlah penting. Apalagi sekarang semua proses transaksi jauh lebih mudah, kamu tidak bisa sembarangan dalam transfer. Itulah tadi tips aman saat bertransaksi yang dapat kamu perhatikan supaya pengalaman bertransaksi onlinemu berhasil dan sukses.

 

Related posts