Contoh Soal PPPK Penyuluh Pertanian 2022 dan Jawabannya

Contoh Soal PPPK Penyuluh Pertanian 2022
Contoh Soal PPPK Penyuluh Pertanian 2022

Haidunia.com – Contoh soal PPPK penyuluh pertanian yang kami sampaikan beserta pembahasannya tentu sangat penting dipelajari bagi Anda calon peserta seleksi ASN-PPPK 2022 yang akan dilaksanakan tidak lama lagi. Kami tim haidunia.com turut mendukung Anda dengan menghadirkan soal PPPK penyuluh pertanian.

Contoh soal PPPK penyuluh pertanian dan jawabannya yang kami bawakan pasti akan akan sangat bermanfaat. Apalagi bagi Anda yang telah lama mengabdi sebagai tenaga honorer K2 sebagai tenaga penyuluh pertanian, baik bertugas di Kementerian Pertanian (Kementan) maupun bertugas di kantor pemerintah daerah.

Read More

Apa yang kami sajikan dalam contoh soal PPPK penyuluh pertanian berikut ini merupakan bagian dari soal-soal penyuluh pertanian yang pernah keluar dalam contoh soal tes formasi CPNS 2021. Selain itu juga kami dasarkan pada kisi-kisi yang tercantum dalam surat edaran Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan reformasi Birokrasi mengenai kisi-kisi soal CPNS dan PPPK.

Alur Pendaftaran Tenaga Teknis Penyuluh Pertanian

Informasi mengenai pembukaan formasi calon P3K tenaga teknis penyuluh pertanian seelelngkapnya tentunya bisa Anda dapatkan melalui laman sscasn. Di sini kami hanya ingin mengingatkan kembali mengenai alur pendaftarannya.

Perhatikan alur pendaftaran tenaga teknis dalam bagan berikut!

tahapan seleksi tenaga teknis PPPK penyuluh pertanian
Tahapan Seleksi Tenaga Teknis PPPK Penyuluh Pertanian

Sampai dengan materi ini disusun, informasi mengenai kapan mulai waktu pendaftaran belum tertera pada laman sscasn. Pada laman resmi tersebut baru mencantumkan nama formasi AHLI PERTAMA-PENYULUH PERTANIAN lengkap dengan instansi yang membutuhkan SDM P3K penyuluh pertanian.

Sehingga bagi Anda yang berkeinginan kuat untuk menjadi seorang penyuluh pertanian silahkan untuk memonitor perkembangan informasi ini di laman resmi BKN; https://sscasn.bkn.go.id/. Pada laman tersebut akan di update mengenai jadwal pendaftaran, persyaratan dan juga jumlah formasi yang dibutuhkan pada setiap instansi.

Jumlah Formasi P3K Penyuluh Pertanian

Mengenai jumlah formasi tenaga teknis P3K penyuluh pertanian 2022 bisa langsung saja Anda cek ke https://sscasn.bkn.go.id/. Banyak sekali instansi yang membuka formasi tenaga teknis PPPK penyuluh pertanian.

Formasi P3K Penyuluh Pertanian 2022
Formasi P3K Penyuluh Pertanian 2022

Sebagai contoh, di atas kami tunjukkan formasi P3K penyuluh pertanian yang dibutuhkan Pemerintah Kabupaten Aceh untuk Ahli Pertama-Penyuluh Pertanian sebanyak 8 formasi. Adapun latar belakang pendidikan yang disyaratkan adalah S1 Petanian, S1 Sosial Ekonomi Pertanian, dan S1 ilmu Pertanian.

Silahkan Anda yang memenuhi formasi tersebut dapat segera mempersiapkan diri. Dan tidak ada salahnya mulai hari ini langsung mempelajari contoh soal tes penyuluh pertanian yang kami bawakan.

Materi Kompetensi Teknis P3K Penyuluh Pertanian

Materi kompetensi teknis P3K penyuluh pertanian sebagaimana juga materi tes untuk formasi yang lain, tentunya akan melalui serangkaian proses dalam penyusunannya. Sampai akhirnya terbentuk satu paket soal yang kemudian diintegrasikan melalui Computer Assisted Test (CAT).

Sebagaimana disebutkan dalam Peraturan BKN Nomor 11 tahun 2019 tentang Penyusunan Soal Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) atau kompetensi teknis untuk PPPK, maka seleksi kompetensi teknis ditujukan untuk menilai kesesuaian antara kompetensi bidang yang dimiliki oleh calon pelamar dengan standar kompetensi bidang sesuai kebutuhan jabatan.

Bagi Anda yang telah mengabdi sebagai tenaga honorer penyuluh pertanian, tentunya materi kompetensi teknis penyuluh pertanian sudah tidak asing lagi. Kemudian sesuai peraturan yang sudah kita sebutkan di atas, materi tes kompetensi teknis tersebut akan melalui tahapan;

  1. perencanaan soal
  2. penyusunan kisi-kisi soal
  3. pembuatan soal
  4. penelaahan soal
Baca Juga:  Pentingnya Kejujuran Bagi Anak, Pahamkan Pakai Langkah Ini!

Setelah proses penelaahan soal dengan hasil yang valid dan reliabel, maka soal tes kompetensi teknis siap diintegrasikan dengan sistem CAT. Tentunya Anda tidak perlu memusingkan urusan proses penyusunan soal ini. Karena yang terpenting bagi Anda adalah menguasai materi tes kompetensi teknis penyuluh pertanian.

Untuk itu penting sekali bagi Anda untuk mengetahui kisi-kisi materi tes kompetensi teknis untuk penyuluh pertanian. Dan jangan lupa, saya ingatkan lagi, bahwa Anda hanya akan mengikuti seleksi tes kompetensi teknis  jika telah lolos tes administrasi yang disyaratkan.

Bagi Anda yang ingin mengetahui materi tes seleksi kompetensi teknis penyuluh pertanian, jumlah soal dan passing grade nya bisa merujuk ke Permenpan-RB Nomor 24 tahun 2019 tentang Nilai Ambang Batas.

Pertanyaan Tentang Penyuluhan Pertanian

Pertanyaan tentang penyuluhan pertanian dalam soal kompetensi teknis tidak akan terlepas dari kisi-kisi materi tes SKB penyuluh pertanian pada seleksi SPNS 2021. Anda bisa dapatkan kisi-kisi tes seleksi kompetensi teknis dari  Surat Menpan-RB Nomor; B/750/ M.SM.01.00/2020 tentang materi pokok seleksi kompetensi bidang (SKB) CPNS dengan CAT.

Dalam surat tersebut dicantumkan lampiran yang berisi kisi-kisi soal untuk setiap formasi ASN yang dibuka. Termasuk juga Permenpan yang mengatur tugas dan tanggung jawab setiap jabatan.

Kisi-kisi soal SKB penyuluh pertanian
Permenpan yang mengatur kisi-kisi soal tes SKB Penyuluh Pertanian

Kisi-kisi materi penyuluh pertanian pemula dan terampil bisa kita rujuk dari Permenpan Nomor PER/02/MENPAN/2/2008. Tabel berikut adalah kisi-kisi tes penyuluh pertanian pemula dan terampil:

Nama Jabatan Fungsional Materi Pokok
Penyuluh Pertanian Pemula
  • program penyuluh pertanian
  • penyusunan materi dan penggunaan media
  • metode penyuluh pertanian
  • penyusunan materi
  • prinsip evaluasi program penyuluh pertanian
  • prinsip kelembagaan penyuluh pertanian
  • prinsip pengelolaan ketenagaan penyuluh pertanian
  • regulasi/kebijakan penyuluh pertanian
  • pertanian secara umum
Penyuluh Pertanian Terampil
  • program penyuluh pertanian
  • penyusunan materi dan penggunaan media
  • metode penyuluh pertanian
  • menyusun materi penyuluh pertanian
  • prinsip evaluasi kegiatan penyuluh pertanian
  • prinsip kelembagaan penyuluh pertanian
  • pertanian secara umum

Contoh Soal PPPK Penyuluh Pertanian dan Jawabannya

Contoh soal PPPK penyuluh pertanian  yang kami bawakan disertai pembahasan secara langsung. Sehingga memudahkan Anda dalam mempelajari. Begitu juga kami secara sengaja tidak menyajikan dalam format contoh soal tes p3k penyuluh pertanian, karena kami merasa akan lebih efektif jika Anda mempelajarinya secara langsung dari laman ini.

PETUNJUK:

Soal pppk penyuluh pertanian ini terdiri dari 15 soal pilihan ganda. Bacalah dengan seksama dan cobalah menjawab secara mandiri sebelum membaca kunci jawaban!

Soal PPPK penyuluh pertanian no (1) 
Administrasi penyuluhan adalah salah satu bentuk pemberdayaan kepada masyarakat. Berikut adalah sasaran dari pemberdayaan tersebut adalah ….

A. Petani
B. Penyuluh
C. Kontak tani
D. Sejawat
E. Pemerintahan Desa

Jawaban: A
Sumber daya manusia (SDM) yang menjadi sasaran utama pemberdayaan adalah petani.

Soal PPPK penyuluh pertanian no (2) 
Dalam arti luas kegiatan administrasi mencakup kegiatan/operasi tentang ….

A. Merencanakan
B. melaksanakan
C. Mengorganisir
D. merencanakan, melaksanakan, dan mengorganisir
E. Monitoring

Jawaban: D
Ditinjau dari pengertiannya, administrasi merupakan proses merencanakan, melaksanakan, dan mengorganisir.

Soal PPPK penyuluh pertanian no (3) 
Dalam konteks penyuluhan, di bawah ini yang merupakan bentuk dukungan administrasi personalian adalah ….

A. Perbaikan sarana yang dibutuhkan penyuluh
B. Penyediaan dana untuk kelancaran tugas penyuluhan
C. Adanya sistem pelaporan dan evaluasi yang baik
D. Pemberian kesempatan berpartisipasi dalam pengambilan keputusan
E. Menerima pengaduan kondisi di lapangan

Baca Juga:  Soal Kompetensi Teknis P3K Guru SD 2022 dan Jawabannya

Jawaban: D
Salah satu upaya administrasi personalia penyuluhan pertanian adalah setiap staf penyuluhan harus diberi kesempatan untuk berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan.

Soal PPPK penyuluh pertanian no (4) 
Salah satu peran kelompok adalah sebagai kelas untuk saling belajar. Oleh karena itu, kelompok tani bisa diartikan sebagai ….

A. Tempat kerjasama di antara sesama petani, antar kelompok tani dan pihak lain
B. Wadah saling belajar bagi anggota sampai timbul kemandirian berusaha tani
C. Alat komunikasi antar anggota, pengurus, penyuluh, serta bank dan KUD
D. Wadah usaha tani yang dilaksanakan oleh masing-masing anggota kelompok tani
E. Bagian dari organisasi pemerintah untuk pembinaan petani

Jawaban: B
Kelompok tani adalah wadah belajar mengajar bagi anggotanya guna meningkatkan pengetahuan, ketrampilan, dan sikap, sehingga tumbuh kemandirian anggota dalam berusaha tani merupakan peran kelompok tani sebagai kelas belajar.

Soal PPPK penyuluh pertanian no (5) 
Pernyataan yang benar terkait dengan Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) adalah ….

A. Organisasi KTNA hanya berskala wilayah kecamatan dan kabupaten/kota
B. Semua kontak tani/ketua kelompok tani menjadi anggota KTNA
C. Merupakan organisasi formal perwakilan petani
D. Wadah bermusyawarah petani-nelayan serta mitra pemerintah
E. Menyediakan bibit dan pupuk

Jawaban: D
Fungsi KTNA adalah sebagai wadah musyawarah petani-nelayan serta mitra pemerintah dalam menyelesaikan permasalahan petani nelayan di wilayahnya

Soal PPPK penyuluh pertanian no (6)
Pengertian rembug paripurna dalam kegiatan KTNA adalah ….

A. Pertemuan seluruh anggota KTNA tingkat wilayah untuk menetapkan pengurus harian
B. Pertemuan seluruh pengurus harian ditambah utusan/wakil petani-nelayan untuk membahas masalah umum
C. Pertemuan antara pengurus harian ditambah dengan beberapa KTNA lainnya untuk menetapkan ketua KTNA dan ahli andalan
D. Pertemuan pengurus harian KTNA untuk membahas kepentingan petani nelayan di wilayah yang bersangkutan
E. Pertemuan pengurus untuk membahas masalah khusus

Jawaban: B
Pertemuan lengkap seluruh pengurus harian ditambah utusan/wakil petani-nelayan dari tingkat di bawahnya yang membahas masalah umum kegiatan KTNA termasuk kategori rembug paripurna.

Soal PPPK penyuluh pertanian no (7)
Berikut ini upaya yang dilakukan KTNA dalam rangka penataan dan perbaikan organisasi, kecuali ….

A. Pemilihan KTNA secara demokratis dan transparan
B. Menetapkan jumlah KTNA dari setiap desa
C. Mengatur pelaksanaan hak dan kewajiban anggota
D. Melibatkan pemerintah dalam proses pemilihan KTNA
E. Melalukan sosialisasi pengurus secara rutin

Jawaban: A
Penguatan organisasi dengan cara pemilihan KTNA secara demokratis dan transparan termasuk upaya yang dilakukan untuk peningkatan peran KTNA.

Soal PPPK penyuluh pertanian no (8)
Berikut ini yang termasuk teknis administrasi Balai Penyuluhan Pertanian (BPP), kecuali ….

A. Wilayah kerja yang mencakup 1-2 wilayah kecamatan
B. Terdiri dari beberapa wilayah binaan
C. Wilayah binaan dikenal sebagai wilayah kerja penyuluhan pertanian (WKPP)
D. Setiap WKPP dilayani oleh 2 orang petugas penyuluh lapangan (PPL)
E. Wilayah binaan mencakup satu atau beberapa desa

Jawaban: A
Yang bukan merupakan teknis administrasi BPP adalah wilayah kerja BPP mencakup 1-2 wilayah kecamatan.

Soal PPPK penyuluh pertanian no (9)
Salah satu fungsi komisi penyuluhan pertanian provinsi adalah ….

(A) Melakukan kerjasama antara peneliti, penyuluh pertanian, kontak tani, dan pelaku agribisnis

(B) Membuat demplot, pengembangan model usaha tani, kemitraan agribisnis, dan ketahanan pangan

(C) Menyiapkan penyelenggaraan pendidikan, dan pelatihan sumberdaya manusia bagi aparat pertanian teknis fungsional

Baca Juga:  Soal Teknis P3K Guru SD 2022 dan Jawabannya

(D) Menyediakan dan menyebarkan informasi teknologi

(E) Menyiapkan pasar bagi petani

Jawaban: C
Menyiapkan penyelenggaraan pendidikan, dan pelatihan sumberdaya manusia bagi aparat pertanian teknis fungsional merupakan fungsi komisi penyuluhan pertanian propinsi

Soal PPPK penyuluh pertanian no (10)
Penyuluh dapat memilih alternatif perubahan yang paling tepat dengan melihat kelayakan teknis, faktor ekonomi dan sosial. Pernyataan tersebut merupakan peran penyuluh sebagai ….

A. Guru
B. Penasehat
C. Penganalisis
D. Organisator
E. Peneliti

Jawaban: B
Sebagai penasehat seorang penyuluh dapat memilih alternatif perubahan yang paling tepat dilihat dari kelayakan teknis, dan dengan mempertimbangkan faktor ekonomi dan sosial.

Soal PPPK penyuluh pertanian no (11)
Pernyataan berikut merupakan faktor pengikat upaya penumbuhan kelompok, kecuali adanya ….

A. Kepemimpinan kelompok
B. Kesamaan dalam kehidupan sosial
C. Saling percaya mempercayai antara sesama anggota
D. Kesamaan kondisi sumberdaya manusia dalam berusaha tani-nelayan
E. Kesamaan kondisi ekonomi suatu desa

Jawaban: A
Kelompok tani pada kondisi sosial yang masih paternalistik lebih mudah diikat dengan adanya kepemimpinan kelompok yang kuat.

Soal PPPK penyuluh pertanian no (12)
Di bawah ini yang merupakan tugas tambahan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dalam membantu petugas Penyuluh Pertanian Spesialis (PPS), kecuali ….

A. Mengambil dan mengumpulkan data untuk penyusunan program penyuluhan
B. Mengolah dan menganalisis data untuk penyusunan program penyuluhan
C. Meningkatkan swakarya dan kemandirian petani
D. Pembuatan demplot, kaji widia, dan penulisan ilmiah
E. menyusun Anggaran penyuluhan dan anggaran program strategis

Jawaban: A
Mengambil dan mengumpulkan data untuk penyusunan program penyuluhan merupakan tugas PPL yang langsung memberikan pelayanan pada petani.

Soal PPPK penyuluh pertanian no (13)
Tugas seorang generalis ketika bekerjasama dengan seorang spesialis adalah ….

A. Mengintegrasikan berbagai pengetahuan khusus menjadi rekomendasi yang praktis
B. Menjadikan perencana program penyuluhan yang dapat dipecahkan oleh spesialisasi mereka
C. Menjadikan generalis sadar akan perkembangan bidang keahlian mereka
D. Menjalin hubungan yang baik dengan kelompok sasaran untuk menjamin bahwa
informasi yang dibuat sesuai dengan keperluan audiens
E. Memberikan penugasan melalui ceramah, penelitian, dan latihan yang sistematis

Jawaban: A
Termasuk tugas seorang generalis bila bekerjasama dengan spesialis dengan merekomendasikan hal-hal bersifat praktis.

Soal PPPK penyuluh pertanian no (14)
Sumberdaya manusia merupakan faktor yang sangat menentukan keberhasilan usaha perbaikan pembangunan pertanian. Berikut merupakan faktor-faktor yang perlu diperbaiki untuk menunjang sektor pertanian yang mandiri dan berdaulat, kecuali ….

A. Organisasi dan manajemen
B. Sumberdaya alam
C. Sarana dan prasarana pendukung
D. Komitmen pada pembangunan pertanian yang lebih baik
E. Penguatan Pemerintahan Desa

Jawaban: D
Komitmen pada pembangunan pertanian yang lebih baik merupakan faktor-faktor yang perlu diperbaiki untuk menunjang sektor pertanian yang mandiri dan berdaulat

Soal PPPK penyuluh pertanian no (15)
Menuangkan arah kebijakan penyuluhan pertanian, merupakan tugas jabatan penyuluh yang bergolongan ….

A. I
B. II
C. III
D. IV
E. V

Jawaban: D
Golongan IV merupakan fungsi penyuluh untuk menuangkan arah kebiijakan penyuluhan pertanian.

Contoh soal PPPK penyuluh pertanian dan jawabannya yang kami sajikan di atas semoga benar-benar dapat membantu manambah referensi belajar Anda dalam mempersiapkan diri mengikuti tes kompetensi teknis ASN-PPPK Penyuluh pertanian 2022. Demikian, salam sukses untuk Anda!

About Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 comments