Contoh Soal Manajerial P3K Guru PPPK 2021 Terbaru!

contoh soal manajerial P3K
contoh soal manajerial P3K

Contoh Soal Manajerial P3K  – Hallo sobat calon ASN PPPK! Pastinya Anda sudah menunggu-nunggu kapan tiba waktunya pelaksanaan tes seleksi kompetensi II atau III. Nah, tepat sekali jika Anda membuka laman ini. Karena kami akan berbagi informasi mengenai soal manajerial P3K guru yang keluar pada pelaksanaan seleksi kompetensi I pada tanggal 13-18 September 2021.

Contoh Soal Manajerial P3K  guru SD yang kami sajikan disusun berdasarkan pengalaman para peserta seleksi kompetensi I. Soal Manajerial PPPK kami dapatkan dari FR yang dibagikan melalui group telegram maupun  wawancara langsung dengan peserta.  Oiya, kami ucapkan selamat bagi Anda yang telah dinyatakan lulus pada tanggal 08 Oktober 2021 yang lalu ya!

Read More

Selain contoh soal manajerial p3k dan jawabannya yang kami sajikan di laman haidunia.com ini, Anda juga dapat download soal manajerial P3K guru SD yang telah banyak telah banyak dipublikasikan sebelumnya.

Sebelum Anda download contoh soal manajerial P3K 2021 Pdf yang kami berikan melalui link di akhir pembahasan, ada baiknya kita bahas beberapa hal yang bisa memperkuat informasi Anda mengenai pelaksanaan tes kompetensi manajerial. Sehingga dengan materi contoh soal manajerial P3K 2021 Pdf yang kami bagikan, Anda benar-benar sudah siap untuk bersaing dengan para tenaga honorer lain.

Mengenal Kompetensi ASN

Pengertian kompetensi sendiri disebutkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 100 tahun 2000, yaitu;

Kompetensi adalah kemampuan dan karakteristik yang dimiliki oleh seorang pegawai negeri sipil atau yang sekarang disebut aparatur sipil negara (ASN), berupa pengetahuan, keterampilan dan sikap perilaku yang diperlukan dalam pelaksanaan tugas jabatannya.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014, kompetensi yang dimaksud adalah:

(a) Kompetensi Teknis

Kompetensi teknis diukur dari tingkat dan spesialisasi pendidikan, pelatihan teknis fungsional, dan pengalaman kerja secara teknis

(b) Kompetensi Manajerial

Kompetensi manajerial diukur dari tingkat pendidikan, pelatihan struktural atau manajemen dan pengalaman kepemimpinan.

(c) Kompetensi Sosial Kultural

Kompetensi sosial kultural diukur dari pengalaman kerja berkaitan dengan masyarakat majemuk dalam hal agama, suku dan budaya sehingga memiliki wawasan kebangsaan.

Sedangkan Peraturan Pemerintah Nomor 11 tahun 2017 menjelaskan definisi kompetensi manajerial sebagai pengetahuan, keterampilan, dan sikap atau perilaku yang dapat diamati, diukur, dikembangkan untuk memimpin dan atau mengelola unit organisasi.

Materi Tes Kompetensi Manajerial

Materi tes kompetensi manajerial tentunya kan berhubungan dengan tugas-tugas yang dibebankan kepada ASN jika nantinya duduk di jabatan manajerial. Dalam beberapa kesempatan sosialisasi tentunya sudah disampaikan oleh pihak Badan Kepegawaian Nasional (BKN) mengenai kisi-kisi soal P3K 2021 untuk semua soal tes kompetensi yang akan diujikan.

Sebagian materi sosialisasi dari BKN saya capture seperti di bawah ini.

materi tes kompetensi manajerial PPPK 2021
Materi Tes Kompetensi Manajerial PPPK 2021

Tes kompetensi manajerial akan mengukur calon PPPK dalam hal pengetahuan, keterampilan dan sikap/perilaku dalam berorganisasi dari sisi:

  1. Integritas
  2. Kerjasama
  3. Orientasi pada hasil
  4. Komunikasi
  5. Pelayanan publik
  6. Pengembangan diri dan orang lain
  7. Pengambilan keputusan
  8. Mengelola perubahan

Jumlah Soal Tes Kompetensi Manajerial

Soal tes kompetensi manajerial akan diintegrasikan menggunakan sistem computer asseted test (CAT), termasuk juga untuk pelaksanaan tes wawancara. Jenis soal tes kompetensi teknis, kompetensi manajerial dan tes kompetensi sosio kultural akan digunakan jenis soal pilihan ganda (PG).

Adapun jumlah pilihan jawaban masing-masing tes tersebut cukup beragam. Namun sebelum kita ulas mengenai jumlah pilihan jawaban dan aturan skoringnya untuk setiap sub tes tersebut, mari perhatikan tabel berikut untuk mengetahui jumlah masing-masing butir soal sub tes dan alokasi waktu yang disediakan oleh sistem CAT.

Perhatikan tabel berikut!

Sub Tes

Jumlah Soal Alokasi Waktu
Kompetensi Teknis

100

100 menit

Kompetensi Manajerial

25

40 menit

Kompetensi Sosio Kultural

20

Tes Wawancara

10

10 menit

Jumlah Pilihan Jawaban dan Skoringnya

Jumlah pilihan jawaban dan skoringnya tiap sub tes memiliki perbedaan;

Kompetensi Teknis

Jumlah soal kompetensi teknis P3K 100 butir soal pilihan ganda. Setiap soal memiliki 5 pilihan jawaban. Jawaban benar diberikan skor 5 dan jawaban salah diberikan skor 0. Sehingga jumlah skor maksimal yang dapat Anda peroleh adalah 500.

Kompetensi Manajerial

Jumlah soal kompetensi manajerial adalah 25 butir soal pilihan ganda dengan 4 pilihan jawaban. Setiap pilihan jawaban memiliki skor 1-4. Jawaban terbaik akan diberikan skor 4 dan jawaban dengan skor terkecil adalah 1. Jika Anda dapat menjawab seluruh soal dengan skor maksimal maka akan mendapatkan skor 100.

Kompetensi Sosio Kultural

Jumlah soal kompetensi sosio kultural adalah 20 butir soal pilihan ganda dengan 5 pilihan jawaban. Masing-masing pilihan jawaban akan memiliki skor 1-5. Jawaban terbaik akan diberikan skor 5 dan 1 sebagai skor yang terendah.  Jadi, jika Anda dapat menjawab seluruh pertanyaan dengan maksimal akan mendapatkan skor 100.

Tes Wawancara

Tes wawancara terdiri dari 10 nomor pilihan ganda dan akan diintegrasikan melalui sistem CAT. Setiap soal terdiri dari 4 pilihan jawaban yang mana setiap jawaban memiliki skor antara 1-4.  Jawaban terbaik akan diberikan skor 4 dan 1 untuk skor jawaban terendah.

Passing Grade Tes Kompetensi P3K 2021

Pasing grade tes kompetensi PPPK 2021 yang terbaru diatur dalam keputusan Menpan Nomor 1169  Tahun 2021. Melalui keputusan tersebut maka diadakan beberapa penyesuaian kembali setelah pelaksanaan tes seleksi kompetensi I menyisakan banyak formasi tidak terisi. Adapun hasilnya telah diumumkan kemarin pada 08 Oktober 2021.

Beberapa penyesuaian tersebut adalah sebagai berikut:

(1) Pasisng grade kategori pertama adalah sesuai ketentuan sebelumnya yang diatur dalam Keputusan Menpan RB Nomor 1127 Tahun 2021.

(2) Passing grade kategori kedua sebagai berikut:

  • nilai ambang batas untuk tes seleksi kompetensi manajerial dan sosial kultural yang berdasarkan ketentuan sebelumnya 130 diturunkan menjadi 110
  • nilai ambang batas tes wawancara yang menurut ketentuan sebelumnya sebesar 24 diturunkan menjadi 20

Catatan: passing grade kategori kedua ini hanya diperuntukkan bagi peserta dengan usia paling rendah 50 tahun saat mendaftar ulang.

(3) Passing grade kategori ketiga sebagai berikut:

  • nilai ambang batas seleksi kompetensi teknis sebagaimana terlampir dalam surat keputusan
  • nilai ambang batas kompetensi manajerial dan sosio kultural sebesar 130
  • dan seleksi wawancara sebesar 24.

Catatan: nilai ambang batas kategori ketiga ini berlaku jika setelah diberlakukan nilai ambang batas kategori pertama dan kedua namun masih terdapat formasi yang belum terisi.

Contoh Soal Manajerial P3K Guru 

Contoh soal manajerial P3K guru dan jawabannya ini disusun berdasarkan pengalaman para peserta tes seleksi kompetensi I. Dalam pembahasan kali ini, telah kami lengkapi dengan skoring jawaban. Sehingga memudahkan Anda dalam belajar. Silahkan Anda pelajari dengan seksama.

Contoh Soal Manajerial P3K (1)
Beberapa pegawai hendak mengundurkan diri dengan alasan tidak dapat mengembangkan diri di lembaga yang Anda pimpin. Bahkan termasuk di antaranya adalah pegawai yang menurut Anda berprestasi. Sementara sampai saat ini belum tersedia alokasi anggaran untuk pengembangan diri pegawai. Sikap Anda ….

a. Mengarahkan mereka untuk mengikuti seminar gratis
b. Memberikan mereka kesempatan mengikuti pelatihan
c. Memberikan pembekalan secukupnya sesuai pengalaman
d. Meminta anggaran untuk memfasilitasi pengembangan diri mereka

Jawaban: 3-2-4-1

Contoh Soal Manajerial P3K (2)
Anda adalah pengawas sekolah. Suatu hari setelah melakukan supervisi, kepala sekolah memberikan sebuah amplop yang tentunya berisi uang saku sebagaimana umumnya dilakukan oleh beberapa sekolah yang Anda supervisi. Sikap Anda ….

a. Menerima amplop tersebut karena sudah umum dilakukan
b. Mengembalikan amplop tersebut secara halus
c. Menolak secara tegas segala macam bentuk gratifikasi
d. Menolak karena bertentangan dengan nilai-nilai integritas

Jawaban: 1-3-4-2  

Contoh Soal Manajerial P3K (3)
Suatu hari anda dimarahi oleh kepala sekolah karena terlambat menyerahkan laporan kegiatan. Sementara keterlambatan itu terjadi karena adanya kerusakan printer yang Anda gunakan. Sikap Anda ….

a. Meminta maaf dan berjanji tidak akan terlambat lagi
b. Minta maaf dan menjelaskan sebab keterlambatan tersebut
c. Menjelaskan bahwa printer di ruang guru perlu diganti
d. Tidak dapat menerima perlakuan kepala sekolah tersebut

Jawaban: 3-4-2-1

Contoh Soal Manajerial P3K (4)
Sudah seharusnya sebuah lembaga pendidikan swasta yang telah maju pesat memiliki kepekaan terhadap keperluan dan permasalahan para pegawainya. Salah satunya adalah kurangnya kesejahteraan sehingga mengurangi konsentrasi para pegawai. Menurut Anda seharusnya ….

a. Lembaga pendidikan perlu memberikan gaji yang lebih besar kepada pegawai
b. Lembaga pendidikan memberikan bonus bagi pegawai berprestasi
c. Lembaga pendidikan mendirikan koperasi simpan-pinjam bagi pegawai
d. Memberikan akses untuk pegawai berbisnis di lingkungan sekolah

Jawaban: 4-3-2-1

Contoh Soal Manajerial P3K (5)
Anda sedang mengurus pencairan dana PIP (Program Indonesia Pintar) di salah satu bank. Di saat mengantri Anda mendapati seorang kakek berumur sekitar 70 tahun ikut dalam antrian. Saat kakek tersebut meminta dilayani terlebih dahulu, sikap Anda ….

a. Minta maaf dan tetap meminta sang kakek untuk antri
b. Minta maaf dan mempersilakan sang kakek beristirahat di kursi yang tersedia
c. Mempersilakan sang kakek agar dilayani terlebih dahulu
d. Mempersilakan sang kakek menggunakan nomor antrian dari saya

Jawaban: 1-2-3-4

Contoh Soal Manajerial P3K (6)
Teman yang sedang membantu Anda mengerjakan tugas tampak tidak bersemangat. Sikap Anda ….

a. Menanyakan hal yang membuatnya tidak bersemangat
b. Mengamati dan mencari tahu akar permasalahannya
c. Menyemangati teman untuk mengerjakannya
d. Meminta agar tugas tersebut dapat diselesaikan tepat waktu

Jawaban: 2-3-4-1

Contoh Soal Manajerial P3K (7)
Air dari PDAM akhir-akhir ini sering mati padahal dimusim penghujan Sehingga keperluan sanitasi di kantor juga terganggu. Sikap Anda sebagai pimpinan ….

a. Mengajukan protes kepada pihak PDAM
b. Meminta bantuan suplai air dari sumur warga dekat kantor
c. Membeli air galon untuk kebutuhan sanitasi kantor
d. Menampung air hujan untuk kebutuhan sanitasi kantor

Jawaban: 1-3-2-4

Contoh Soal Manajerial P3K (8)
Salah satu calon wali murid menanyakan prosedur pendaftaran murid baru secara online. Padahal Anda sedang sangat sibuk. Sikap Anda yang tepat ….

a. Tetap menjelaskan secara pelan-pelan dengan bahasa yang mudah dipahami

b. Menjelaskan dengan sabar sembari berjalan menuju tempat kesibukan Anda

c. Meminta tim PPDB untuk menjelaskan kepada calon wali murid tersebut

d. Mengarahkan calon wali murid tersebut menuju ke meja piket agar dilayani

Jawaban: 4-3-2-1

Contoh Soal Manajerial P3K (9)
Tempat penugasan Anda jauh dari fasilitas umum. Seperti fasilitas transportasi, kesehatan dan sebagainya. Sikap Anda ….

a. Saya akan mencoba untuk bertahan semampunya untuk mengabdi di situ

b. Mencari tempat tinggal dekat fasilitas umum meskipun jauh dari tempat kerja

c. Mencari cara agar dapat menikmati kehidupan sebagaimana pegawai yang lain

d. Menerima hal tersebut sebagai resiko dari pengabdian yang harus ditempuh

Jawaban: 3-1-2-4

Contoh Soal Manajerial P3K (10)
Setiap ASN dituntut memiliki kemampuan pengambilan keputusan yang baik sehingga menghasilkan keputusan yang bermutu. Pendapat Anda ….

a. Cara pengambilan keputusan yang baik akan menghasilkan keputusan yang bermutu

b. Semakin mahir dalam menentukan keputusan yang bermutu akan  meningkatkan kualitas keputusan

c. Mutu keputusan yang semakin meningkat akan semakin meyakinkan orang lain

d. Profesionalisme dari pengambil keputusan semakin meningkat seiring dengan mutu keputusan yang semakin baik

Jawaban: 3-4-2-1

Contoh Soal Manajerial P3K (11)
Sehubungan dengan pemberlakuan kurikulum 2013 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, mata pelajaran TIK tidak lagi diajarkan di sekolah khususnya pada satuan pendidikan non-kejuruan. Maka konsekuensinya menurut saya adalah ….

a. Seluruh guru harus memiliki kompetensi TIK dan mengintegrasikannya dalam pembelajaran.

b. Perubahan tersebut dapat mengurangi penguasaan murid dalam bidang IT

c. Pemanfaatan IT dalam pembelajaran tidak lagi menjadi penentu mutu pendidikan

d. Masing-masing guru semakin sulit untuk memiliki kemampuan yang sama di bidang IT

Jawaban: 4-1-2-3

Contoh Soal Manajerial P3K (12)
Tujuan jalinan hubungan kerjasama antara sekolah dan orang tua peserta didik adalah ….

a. Saling membantu dan saling isi mengisi kepentingan pendidikan
b. Bantuan keuangan dan sarana prasarana sekolah
c. Program pencegahan perbuatan menyimpang dari murid
d. Bersama-sama membuat rencana yang baik untuk sang anak

Jawaban: 4-1-2-3

Contoh Soal Manajerial P3K (13)
Beberapa pendekatan yang bisa dilakukan untuk menjamin hubungan sekolah dengan masyarakat tumbuh dengan baik adalah ….

a. Mengadakan open house untuk menjaring pendaftaran PPDB
b. Mengundang tokoh masyarakat untuk menjadi pembicara
c. Melaksanakan pembelajaran realistik memanfaatkan lingkungan sekitar
d. Melaksanakan market day untuk warga sekolah

Jawaban: 1-3-2-4

Contoh Soal Manajerial P3K (14)
Salah satu bentuk kerjasama antar guru bisa dilaksanakan dalam suatu wadah asosiasi atau perkumpulan. Menurut Anda hal itu berfungsi ….

a. sarana saling berkomunikasi
b. sarana saling belajar
c. sarana bertukar pikiran
d. sarana meningkatkan kinerja

Jawaban: 1-3-2-4

Contoh Soal Manajerial P3K (15)
Tujuan supervisi pendidikan yang paling penting bagi Anda sebagai guru adalah ….

a. Mengetahui hasil evaluasi
b. Mengetahui jalannya KBM
c. Memberi motivasi kerja
d. Memperbaiki kesalahan yang dibuat guru

Jawaban:  3-2-1-4

Demikian pembahasan kita mengenai contoh soal manajerial P3K guru 2021 dan jawabannya. Agar persiapan Anda lebih matang silahkan mempelajari lebih lanjut soal PPPK mmanajerial pada laman  Soal Manajerial P3K Guru SD, Contoh Soal Kompetensi Manajerial Guru PPPK, Soal Manajerial P3K Guru SD 2021, Contoh Soal Try Out PPPK 2021. Terakhir, kami doakan semoga Anda berhasil di masa depan! Aamiin!

Related posts