Beberapa Rekomendasi Pilihan Produk Dana Pensiun

Dana pensiun bisa mulai dipersiapkan sejak saat ini meskipun masa produktif untuk bekerja masih lama dan usia masih muda. Hal ini dilakukan karena lama masa pensiun tidak menentu dan tidak akan ada penghasilan tetap lagi setelah pensiun. Sehingga sejak sekarang Anda bisa mulai mempertimbangkan produk dana pensiun dan mulai untuk melirik contoh dari produk dana pensiun.

Beberapa Contoh dari Produk Dana Pensiun yang Direkomendasikan

produk dana pensiun

Mungkin sebagian dari pekerja kerap mendengarkan istilah ‘pensiun dini’. Istilah tersebut merujuk pada keputusan mengajukan pensiun di saat usia masih muda yakni di bawah 40 tahun. Pensiun dini bisa karena permintaan sendiri atau mengalami cacat total yang sudah tidak memungkinkan lagi untuk bekerja. Melihat fenomena tersebut, maka menyiapkan dana pensiun sangat diperlukan.

Dana pensiun bisa dipersiapkan dengan memilih salah satu produk yang disesuaikan dengan finansial dan kebutuhan masa depan. Bagi orang yang bekerja di perusahaan biasanya akan mendapatkan alokasi berupa jaminan pensiun. Sementara untuk pekerja freelancer atau pengusaha benar-benar harus menyiapkan dananya untuk pensiun dengan serius.

Berikut beberapa produk yang bisa dipilih untuk menyiapkan dana pensiun :

  1. Investasi emas

Harga emas cenderung stabil dan tidak terpengaruh oleh inflasi. Selain itu, nilai emas selalu mengalami kenaikan setiap tahun. Itulah alasan mengapa investasi emas kerap dipilih oleh banyak pekerja sebagai produk untuk menyiapkan dana pensiun. Menabung emas tidak membutuhkan banyak spekulasi dan resiko seperti ketika menabung saham.

Pembukaan tabungan emas juga tidak termasuk sulit karena sebagian besar Bank sudah memiliki program tabungan emas. Selain menabung di Bank, para pekerja juga bisa menabung emas di Pegadaian maupun Antam yang merupakan lembaga resmi atas penjualan emas yang ada di Indonesia.

Baca Juga:  Bacaan Sholawat Adrikni, Teks Arab & Latin, Arti Lengkap dan Manfaat
  1. Mengikuti program dana pensiun dari lembaga keuangan

Produk dana pensiun ini juga banyak dipilih oleh para pekerja karena saat ini sudah banyak sekali lembaga keuangan seperti asuransi jiwa atau Bank yang menyediakan layanan untuk individu berupa tabungan pensiun. Program dana pensiun yang disediakan biasanya berupa tabungan investasi.

Dengan mengikuti program tersebut, para pekerja hanya membayar kepada pihak lembaga keuangan dengan jumlah nominal yang sama di setiap bulan. Kemudian dana yang diterima oleh nasabah nantinya adalah hasil investasi yang sudah dikembangkan. Maka dari itu jumlah nominalnya tergantung dengan keberhasilan investasi yang dilakukan oleh para pekerja.

  1. Tabungan berjangka

Menyiapkan dana pensiun tdiak hanya bisa dilakukan melalui investasi emas dan mengikuti program iuran pensiun yang disediakan oleh Bank saja. Para pekerja juga bisa menyiapkan dana pensiun dengan melakukan penyimpanan uang melalui tabungan berjangka. Dengan tabungan ini, nasabah melakukan penyetoran uang di waktu tertentu sesuai ketentuan.

Bunga yang didapatkan dari tabungan berjangka lebih besar daripada tabungan biasa dan lebih sedikit daripada produk deposito. Menariknya, setoran awal untuk tabungan berjangka tidak memerlukan nominal dalam jumlah besar. Sehingga contoh dari produk dana pensiun ini bisa dijadikan opsi untuk melakukan penyimpanan dana pensiun.

Beberapa produk dana pensiun di atas merupakan produk yang paling unggul sehingga banyak para pekerja yang menginvestasikan uangnya dengan salah satu produk tersebut. Menyiapkan dana pensiun sejak sekarang adalah tindakan yang tepat mengingat masa pensiun yang tidak menentu dan kondisi fisik yang tidak bisa diperkirakan, terutama jika kondisi cacat total tidak dapat bekerja lagi.

You May Also Like

About the Author: Akhmad Saikuddin

Penikmat kopi | Penggemar teknologi | #PejuangKeluarga |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *