Cara Instal Magisk Dengan dan Tanpa TWRP, Cepat & Mudah!

Cara Instal Magisk Dengan dan Tanpa TWRP – Magisk merupakan aplikasi root android yang kini populer digunakan. Cara install magisk tidak seperti menginstall aplikasi pada umumnya. Pengguna juga tidak akan dapat menemukan aplikasi Magisk Root ini di Google Play. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan berikut ini:

Mengenal Fungsi dan Kelebihan Magisk

Magisk merupakan aplikasi root android yang memungkinkan pengguna untuk melakukan modifikasi sistem android. Misalnya untuk menghapus aplikasi bawaan yang tidak bisa dihapus lewat pengaturan. Bisa pula untuk mengubah interface bawaan dengan yang lebih keren, atau melakukan overlock untuk meningkatkan kinerja android.

Magisk sendiri memiliki sistem kerja rooting yang yang berbeda dengan aplikasi root lainnya. Magisk tidak melakukan pengubahan sistem partisi android. Namun, melakukan duplikasi sistem. Misalkan berkas boot.img pada sistem android di duplikasi menjadi magisk.img.

Sistem rooting tersebut memungkinkan Magisk untuk menyembunyikan kondisi root. Jadi aplikasi perbankan sekalipun dapat dipasang dan dijalankan dengan baik. Selain itu, pengguna juga dapat melakukan update OTA dan tetap memiliki akses root. Aksesnya tidak akan hilang setelah proses update dilakukan.

Langkah Menginstall Magisk Menggunakan TWRP

Cara Instal Magisk Dengan dan Tanpa TWRP

Terdapat beberapa cara instal magisk yang bisa dilakukan, salah satunya menggunakan aplikasi TWRP. Cara ini merupakan cara dengan tingkat keberhasilan paling tinggi. Syaratnya, pengguna telah memiliki aplikasi TWRP yang terpasang pada smartphone android yang digunakan. Berikut langkah instalasinya:

1. Download File Zip Module Magisk Root

Langkah pertama adalah mengunduh file Zip Magisk Root. Pengguna bisa mengunduhnya langsung melalui laman resmi Magisk atau melalui situs terpercaya lainnya yang menyediakan file module aplikasi Magisk Root.

Baca Juga:  3 Opsi Cara Menjadikan Video menjadi Nada Dering dengan Mudah!

Terdapat beberapa jenis file Magisk yang bisa diunduh. Misalnya file zip module magisk root, file apk magisk manager, serta file Magisk Uninstaller. Versi module magisk root yang bisa diunduh juga bermacam-macam.

Untuk melakukan pemasangan aplikasi Magisk Root, unduhlah file Zip Module Magisk Root. Untuk versi module magisk root, pilih versi mana saja yang pengguna inginkan. Ingat, pilih file Magisk dengan ekstensi zip ya.

2. Jalankan TWRP

Seperti disebutkan sebelumnya, aplikasi TWRP harus sudah terpasang dalam ponsel sebelum pengguna melakukan pemasangan Magisk. Jika belum, pasang terlebih dahulu aplikasi tersebut. Selanjutnya jalankan aplikasi TWRP yang telah terpasang.

Perlu diperhatikan bahwa tidak semua perangkat android mendukung pemasangan Magisk. Jadi untuk berjaga-jaga jika terjadi bootloop, sebaiknya backup terlebih dahulu semua data ponsel android yang digunakan. Jadi data tetap aman meskipun terjadi kegagalan flashing.

3. Pasang Module Magisk

Setelah membuka aplikasi TWRP, pilih menu ‘install’ yang terdapat pada halaman menu utama aplikasi. Selanjutnya, pilih berkas Magisk berekstensi zip yang sebelumnya sudah di download. Pastikan memilih file zip Magisk yang benar agar flashing berjalan lancar.

Lakukan konfirmasi untuk melakukan flash dengan mengetuk opsi ‘Swip to confirm Flash’. Pengguna bisa menemukannya pada menu di bagian kiri bawah layar aplikasi. Selanjutnya, tunggu jalannya proses flashing hingga selesai dengan sabar.

4. Reboot System

Notifikasi ‘Done’ akan muncul ketika proses flashing selesai dijalankan. Untuk mengakhiri proses instalasi ini, lakukan reboot system. Pengguna cukup mengetuk opsi ‘reboot system’ yang terletak di bagian kanan bawah layar aplikasi TWRP.

Setelah ponsel hidup kembali, pengguna akan menemukan shortcut aplikasi Magisk pada halaman utama ponsel. Selanjutnya, jalankan aplikasi tersebut untuk mulai melakukan pengubahan sistem seperti yang diinginkan.

Untuk memaksimalkan kinerja aplikasi, setujui semua perijinan yang diminta aplikasi. Jangan lupa untuk menyembunyikan status root yang merupakan kelebihan Magist. Dengan demikian ponsel tidak akan terdeteksi telah di root.

Langkah Menginstall Magisk Tanpa TWRP

Cara instal magisk juga bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi Magisk Manager. Cara ini memiliki beberapa kelebihan. Namun kurang direkomendasikan untuk pemula, karna tingkat keberhasilannya lebih rendah dibanding jika melakukan pemasangan Magisk menggunakan aplikasi TWRP.

Jika tertarik untuk mencoba, berikut langkah-langkah instalasinya:

1. Download File Apk Magisk Manager

Jika belum melakukan pemasangan aplikasi magisk manager, unduhlah file installer Magisk Manager yang berekstensi apk. Pilihlah versi aplikasi Magisk Manager yang pengguna inginkan. Penulis sarankan untuk mengunduh versi terbaru yang tentunya lebih update.

Jangan lupa untuk memindahkan kedua file yang telah pengguna download ini pada internal storage ponsel android yang akan di-flash. Apalagi jika pengguna mengunduhnya menggunakan perangkat lain. Selain memudahkan, ini juga akan mempercepat proses instalasi.

2. Pasang dan Jalankan Magisk Manager

Jalankan file apk Magisk Manager yang telah diunduh untuk melakukan pemasangan Magisk Manager dalam ponsel android pengguna. Setelah proses pemasangan selesai, buka aplikasi tersebut untuk mulai melakukan instalasi module Magisk Root.

Magisk manager merupakan aplikasi serupa TWRP. Jadi pengguna bisa menambahkan module baru Xposed Framework. Dengan demikian pengguna bisa memasang module-module mods, termasuk  Magisk Root dalam perangkat menggunakan Magisk manager. Selanjutnya, pengguna juga dapat melakukan root atau pengaturan sistem seperti yang dapat dilakukan melalui TWRP.

Setujui semua izin akses fungsional yang diminta aplikasi. Ini diperlukan agar Magisk Manager memiliki kewenangan untuk dapat meletakkan file dalam folder direktori yang seharusnya. Dengan demikian Magisk Manager dapat melakukan semua fungsinya dengan baik.

3. Pasang Module Magisk Root

Langkah cara instal Magisk selanjutnya adalah melakukan pemasangan module root Magisk. Ketika menjalankan aplikasi Magisk Manager, secara otomatis aplikasi ini akan memeriksa apakah Magisk Root sudah terinstall pada ponsel atau belum. Juga memeriksa apakah ada versi Magist yang lebih baru dari Magisk yang telah terpasang.

Jika belum terpasang, akan muncul banyak pilihan module Magisk Root yang bisa pengguna pilih dalam layar aplikasi. Tekan opsi ‘Install’ pada versi module yang dipilih. Selanjutnya akan muncul kotak dialog berisi pilihan instalasi yang akan dilakukan.

Pengguna akan diberi 3 pilihan. Pertama, untuk mendownload file zip modulenya saja. Kedua, melakukan instalasi menggunakan boot image. Ketiga, melakukan instalasi secara langsung. Direkomendasikan untuk melakukan instalasi secara langsung.

Pilih opsi ‘Direct Install’ pada kotak dialog yang muncul. Secara otomatis sistem akan mendownload dan menjalankan proses flashing Magisk. Tunggulah hingga semua proses selesai dilaksanakan.

4. Reboot System

Setelah proses flashing selesai dilakukan, ketuk opsi reboot yang terdapat dalam menu aplikasi Magisk Manager untuk mengakhiri proses instalasi Magisk. Reboot diperlukan agar Magisk bisa sepenuhnya aktif dalam ponsel android yang digunakan.

Tunggu hingga smartphone android tersebut hidup kembali. Selanjutnya pengguna bisa mulai melakukan pengubahan pada sistem android ponsel menggunakan Magisk. Jangan lupa untuk menyembunyikan status root. Dengan demikian aplikasi seperti perbankan sekalipun tetap dapat berjalan dengan baik dalam ponsel.

Demikian langkah cara instal magisk, baik menggunakan aplikasi TWRP ataupun Magis Manager. Keduanya dapat dilakukan dengan cukup mudah, namun untuk tingkat keberhasilan TWRP diklaim lebih baik oleh pengguna. Root sendiri memiliki kelebihan dan kekurangan, pastikan pengguna memahaminya sebelum melakukan flashing.

Baca Juga:  Begini Cara Memperbarui GB WA (GBWhatsApp) yang Telah Kadaluarsa

You May Also Like

About the Author: Akhmad Saikuddin

Penikmat kopi | Penggemar teknologi | #PejuangKeluarga |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *