Contoh Soal HOTS SMP Matematika, IPA, Bahasa Indonesia & Inggris

contoh soal hots SMP

Contoh Soal HOTS SMP – Contoh soal HOTS SMP yang kami sajikan dalam bahasan kita kali ini meliputi mata pelajaran Matematika, Fisika, Biologi, Bahasa Inggris & bahasa Indonesia lengkap dengan analisis jawabannya.

Pada artikel sebelumnya kami juga telah menyajikan contoh soal HOTS SD. Bagi anda yang memiliki kepentingan terhadap soal HOTS SD bisa juga langsung merujuk ke link: https://www.haidunia.com/contoh-soal-hots-sd/

Pada artikel kali ini kita kan membahas contoh soal HOTS SMP lengkap untuk semua mapel beserta dengan analisisi kompetensi dasar dan juga analisis jawbannya.

Selamat menyimak!

Contoh Soal HOTS Bahasa Indonesia

Mata Pelajaran/ jenjang Bahasa Indonesia/ SMP-MTs
Kelas/Kurikulum VII / 2013
Kompetensi Dasar 3.6  Menelaah  struktur  dan  aspek  kebahasaan  teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu dan cara membuat (cara memainkan alat musik/tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah, dan lain-lain) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar.
Materi Teks prosedur
Indikator Soal Disajikan sebuah teks prosedur, peserta didik dapat menilai ketepatan sebuah program terkait dengan isi teks.
Level Kognitif Penalaran (L3)
Bentuk Soal Uraian

Rumusan Butir Soal

Cermati teks berikut!

Kuman penyakit sangat mudah ditularkan melalui tangan. Pada saat makan, kuman dapat dengan cepat masuk ke dalam tubuh yang bisa menimbulkan penyakit. Tangan terkadang terlihat bersih secara kasat mata, tetapi tetap mengandung kuman. Sabun dapat membersihkan kotoran dan membunuh kuman. Tanpa sabun, kotoran dan kuman masih tertinggal di tangan. Berikut langkah Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS):

  1. Basahi seluruh tangan dengan air bersih mengalir;
  2. Gosok sabun ke telapak, punggung tangan, dan sela jari;
  3. Bersihkan bagian bawah kuku-kuku;
  4. Bilas tangan dengan air bersih mengalir;
  5. Keringkan tangan dengan handuk/tisu atau keringkan dengan diangin-anginkan. Sumber: p2ptm.kemkes.go.id

Pertanyaan

Sebuah sekolah mengadakan program mencuci tangan dengan menyediakan air yang disediakan dalam baskom, satu handuk kecil, dan sabun di depan tiap kelas. Apakah program tersebut efektif bagi kesehatan peserta didik? Berikan alasanmu dengan mengaitkan isi teks!

Pedoman Penskoran

Jawaban Skor
Jika peserta didik hanya menjawab “Tidak efektif“ 1
Jika peserta didik dapat menyebutkan alasan “Sebab mencuci tangan lebihefektif  (lebih  bersih)  bila  menggunakan  air  yang  mengalir  daripada menggunakan air dalam baskom“ atau mencuci tangan dengan air yang mengalir bisa mengurangi kuman 1
Skor maksimum 2

Penjelasan:

Soal ini termasuk HOTS karena jawaban tidak terdapat secara eksplisit ditemukan pada teks sehingga peserta didik harus menafsirkan isi teks terlebih dahulu.

Mata Pelajaran/ Jenjang Bahasa Indonesia/SMP-MTs 
Kelas/Kurikulum VII/2013
Kompetensi Dasar 3.8. Menelaah struktur, kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi yang berupa buku pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan.
Materi Teks laporan hasil observasi
Indikator Soal Disajikan sebuah kutipan teks hasil observasi, peserta didik dapat :

1) menentukan ketepatan informasi sesuai dengan teks

2) memprediksi kejadian berdasarkaan isi teks

3) mengomentari pernyataan terkait dengan isi teks

Level Kognitif Penalaran (L3)
Bentuk Soal Pilihan, Jawaban Singkat, Uraian

Rumusan Butir Soal

sampah

Ecobrick merupakan salah satu metode untuk meminimalisis sampah dengan media botol plastik yang diisi dengan sampah plastik hingga padat. Dengan menggunakan 1 botol plastik ukuran 600 ml dapat diisi sekitar 250 gram sampah plastik atau sama dengan 2500 plastik bungkus mie instan. Dengan ecobrick sampah plastik tidak perlu dibuang atau dibakar.

Ide pembuatan ecobrick berasal dari keprihatinan terhadap permasalahan sampah plastik. Berdasarkan penelitian yang dilakukan University of Georgia, pada tahun 2010 ada 275 juta ton sampah plastik yang dihasilkan di seluruh dunia.

Sekitar 4,8-12,7 juta ton diantaranya terbuang dan mencemari laut. Indonesia merupakan negara dengan jumlah pencemaran sampah plastik ke laut terbesar kedua di dunia setelah China.

Bungkus mie instan merupakan salah satu penyumbang sampah plastik terbesar. Menurut survey World Instant Noodles Association (WINA) tahun 2018, Indonesia menempati peringkat kedua dalam mengonsumsi mie instan terbesar di dunia setelah China, yaitu sebanyak 12620 juta porsi selama tahun 2017.

Ecobrick dapat diartikan sebagai bata ramah lingkungan, berasal dari kata ecology yang berarti ekologi ( ilmu tentang hubungan makhluk hidup dan lingkungan) dan brick yang berarti bata.

Botol-botol hasil ecobrick dapat disusun, dirangkai, dan disatukan sedemikian rupa dengan bantuan perekat berupa lem kaca, menjadi produk furnitur sederhana seperti bangku, kursi ataupun meja, bahkan juga dapat digunakan sebagai dinding suatu bangunan.

Mengomentari tentang ecobrick, seorang aktivis lingkungan mengatakan ecobrick suatu solusi sederhana yang menyelamatkan dunia.

Soal Memilih

Apakah pernyataan di bawah ini sesuai dengan isi bacaan? Beri tanda (v) untuk tiap pertanyaan pada kolom yang sesuai.

No Pernyataan Ya Tidak Tidak ada informasi
1. Sampah plastik yang dihasilkan China 2 kali lipat dari Indonesia
2. Hasil penelitian University of Georgia tahun 2010 menunjukkan pencemaran laut terbesar oleh sampah plastik terjadi di China
3. Mie instan merupakan makanan favorit di China dan Indonesia
4. Ecobrick sangat sesuai diterapkan di negara yang menghadapi masalah sampah plastic
5. Ecobrick tidak mempunyai nilai tambah ekonomis
6. Botol ecobrick hanya dapat diisi dengan bungkus mie Instan
Kunci Jawaban
Pernyataan Ya Tidak Tidak ada informasi Skor
1. Sampah plastik yang dihasilkan China 2 kali lipat dari Indonesia v 1
2. Hasil penelitian University of Georgia tahun 2010  menunjukkan  pencemaran  laut terbesar oleh sampah plastik terjadi di China V 1
3. Mie instan merupakan makanan favorit di China dan Indonesia V 1
4. Ecobrick sangat sesuai diterapkan di negara yang menghadapi masalah sampah plastik v 1
5. Ecobrick tidak mempunyai nilai tambah ekonomis v 1
6. Botol ecobrick hanya dapat diisi dengan bungkus mie instan v 1
Skor Maksimum 6
Kemungkinan Jawaban Skor
Laut bebas sampah plastik

Laut bersih

Atau jawaban lain yang semakna

1

Soal Uraian

Setujukah kamu dengan pendapat aktivis lingkungan yang menyatakan bahwa ecobrick merupakan solusi sederhana yang menyelamatkan dunia? Jelaskan alasanmu!

Ο Setuju

Ο Tidak setuju

Alasan:
Kemungkinan Jawaban Skor
Setuju dan Alasan

Memberikan alasan-alasan mendukung, seperti bahan, alat, cara sederhana untuk membuat ecobrick; murah, mudah membuatnya, atau alasan lain yang semakna.

1
Tidak Setuju dan Alasan

Memberikan alasan-alasan tidak mendukung, seperti membutuhkan waktu yang cukup lama, membutuhkan keterampilan khusus untuk membuat sampah- sampah plastik tersebut menjadi produk furnitur/ dinding suatu bangunan, atau alasan lain yang semakna

1
Skor Maksimum 1

Contoh Soal HOTS SMP Matematika

Mata Pelajaran/ Jenjang Matematika/ SMP-MTs
Kelas/Kurikulum VII / 2013
Kompetensi Dasar 3.2 Menjelaskan dan melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi
Materi Operasi hitung bilangan bulat
Indikator Soal Diberikan gambar papan sasaran panahan dalam olah raga yang terdiri atas lima lingkaran warna beserta skornya dan 2 orang atlet berlomba memperebutkan juara, peserta didik dapat menentukan kondisi sehingga atlet peringkat kedua bisa menjadi juara.
Level Kognitif Penalaran (L3)
Bentuk Soal Pilihan Ganda

Rumusan Butir Soal

Dalam pertandingan olahraga panahan, skor perolehan dihitung berdasarkan papan sasaran seperti pada gambar berikut:

soal hots matematika SMP

Pada babak final Tono dan Sahrul diberi kesempatan memanah 10 kali. Setelah memanah sebanyak 9 kali diperoleh hasil sebagai berikut:

Atlet Warna
Biru Kuning Merah Hijau Ungu
Tono 1 2 2 3 1
Sahrul 2 1 1 3 2

Sahrul bertanya kepada Andri, temannya yang dikenal pintar, bagaimana agar ia dapat memenangkan pertandingan pada kesempatan memanah ke-10? Bila Andri dapat memberi pernyataan yang benar, manakah pernyataan tersebut?

A. Panah Sahrul mengenai sasaran lingkaran biru, sedangkan panah Tono mengenai sasaran lingkaran kuning

B. Panah Sahrul mengenai sasaran lingkaran biru, sedangkan panah Tono mengenai sasaran lingkaran merah

C. Panah Sahrul mengenai sasaran lingkaran merah, sedangkan panah Tono mengenai sasaran lingkaran kuning

D. Panah Sahrul mengenai sasaran lingkaran merah, sedangkan panah Tono mengenai sasaran lingkaran hijau

Kunci : B

Penjelasan:

Soal ini termasuk HOTS karena untuk bisa menjawab pertanyaan, peserta didik harus terlebih dahulu menganalisis berbagai kemungkinan hasil yang diperoleh sehingga dapat memprediksi dengan tepat.

Berikut pembahasannya:

Perolehan setelah 9 kali kesempatan memanah adalah:

Skor Tono = (1 × 5) + (2 × 4) + (2 × 3) + (3 × 2) + (1 × 1)

=5+8+6+6+1=26

Skor Sahrul = (2 × 5) + (1 × 4) + (1 × 3) + (3 × 2) + (2 × 1)

=10+4+3+6+2=25

Pilihan jawaban A. Jika pada kesempatan memanah ke 10, Sahrul mengenai sasaran lingkaran biru dan Tono mengenai sasaran lingkaran kuning, perolehan skor akhir mereka adalah sebagai berikut:

Skor akhir Sahrul =25+5=30
Skor akhir Tono =26+4=30

Dengan skor akhir tersebut, mereka seri (tidak ada yang menang maupun kalah).

Pilihan jawaban B. Jika pada kesempatan memanah ke 10, Sahrul mengenai sasaran lingkaran biru dan Tono mengenai sasaran lingkaran merah, perolehan skor akhir mereka adalah sebagai berikut:

Skor akhir Sahrul =25+5=30
Skor akhir Tono =26+3=29
Dengan skor akhir tersebut, Sahrul memenangkan pertandingan.

Pilihan jawaban C. Jika pada kesempatan memanah ke 10, Sahrul mengenai sasaran lingkaran merah dan Tono mengenai sasaran lingkaran kuning, perolehan skor akhir mereka adalah sebagai berikut:

Skor akhir Sahrul =25+3=28
Skor akhir Tono =26+4=30
Dengan skor akhir tersebut, Tono memenangkan pertandingan.

Pilihan jawaban D. Jika pada kesempatan memanah ke 10, Sahrul mengenai sasaran lingkaran merah dan Tono mengenai sasaran lingkaran hijau, perolehan skor akhir mereka adalah sebagai berikut:

Skor akhir Sahrul =25+3=28
Skor akhir Tono =26+2=28

Dengan skor akhir tersebut, mereka seri (tidak ada yang menang maupun kalah).

Mata Pelajaran/ Jenjang Matematika/ SMP-MTs
Kelas/Kurikulum VIII/2013
Kompetensi Dasar 4.9 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan aritmetika sosial  (penjualan,  pembelian,  potongan,  keuntungan, kerugian, bunga tunggal, presentase, bruto, netto, tara)
Materi Aritmetika sosial (Potongan harga/diskon)
Indikator Soal Diberikan stimulus berkenaan dengan pembelian beberapa barang dengan harga tertentu dan beberapa jenis potongan harga/diskon, peserta didik dapat melakukan analisis dan perbandingan untuk menentukan jenis barang dan potongan harga yang dipilih.
Level Kognitif Penalaran (L3)
Bentuk Soal Pilihan Ganda

Rumusan Butir Soal

Pada suatu siang, Ani dan ketiga temannya sedang merencanakan membeli menu makan siang mereka melalui aplikasi pemesanan online. Menu yang kemungkinan akan dipilih adalah sebagai berikut:

soal hots mtk bakso

Untuk menghemat pengeluaran, Ani ingin memanfaatkan kupon potongan harga yang ia miliki. Ada dua kupon yakni:

soal hots matematika kupon

Dengan ketentuan kupon hanya boleh dipakai salah satu saja, jenis makanan dan kupon manakah yang sebaiknya dipilih oleh Ani beserta teman-temannya?

A. Membeli mie goreng dengan memanfaatkan kupon 1

B. Membeli mie goreng dengan memanfaatkan kupon 2

C. Membeli bakso dengan memanfaatkan kupon 1

D. Membeli bakso dengan memanfaatkan kupon 2

Kunci: B

Penjelasan:

Soal ini termasuk HOTS karena untuk bisa menjawab perntanyaan, peserta didik harus terlebih dahulu menganalisis dan membandingkan berbagai kemungkinan pilihan jenis makanan dan kupon diskon yang dapat dipilih, untuk kemudian menentukan pilihan yang dirasa paling tepat.

Kemungkinan 1

Membeli mie goreng dengan kupon 1

Total harga mie goreng tanpa potongan = 4 × Rp15.000,00 = Rp60.000,00.

Karena melewati batas minimum pembelian, maka pembelian mie tersebut berhak mendapatkan potongan harga 40%.

Potongan harga = 40% × Rp60.000,00 = Rp24.000,00.

Namun, karena potongan harga melewati maksimal potongan harga, hanya akan dikenakan potongan maksimal sebesar Rp15.000,00

Harga setelah potongan = Rp60.000,00 – Rp15.000,00 = Rp45.000,00

Kemungkinan 2

Membeli mie goreng dengan kupon 2

Total harga mie goreng tanpa potongan = 4 × Rp15.000,00 = Rp60.000,00.

Karena masih termasuk minimum pembelian, pembelian mie tersebut berhak mendapatkan potongan harga 30%.

Potongan harga = 30% × Rp60.000,00 = Rp18.000,00.

Harga setelah potongan = Rp60.000,00 – Rp18.000,00 = Rp42.000,00

Kemungkinan 3

Membeli bakso dengan kupon 1

Total harga bakso tanpa potongan = 4 × Rp18.000,00 = Rp72.000,00.

Karena melewati batas minimum pembelian, pembelian mie tersebut berhak mendapatkan potongan harga 40%.

Potongan harga = 40% × Rp72.000,00 = Rp28.800,00.

Namun, karena potongan harga melewati maksimal potongan harga, hanya akan dikenakan potongan maksimal sebesar Rp15.000,00

Harga setelah potongan = Rp72.000,00 – Rp15.000,00 = Rp57.000,00

Kemungkinan 4

Membeli mie bakso dengan kupon 2

Total harga bakso tanpa potongan = 4 × Rp18.000,00 = Rp72.000,00.

Karena melewati batas minimum pembelian, pembelian mie tersebut berhak mendapatkan potongan harga 30%.

Potongan harga = 30% × Rp72.000,00 = Rp24.000,00.

Harga setelah potongan = Rp72.000,00 – Rp24.000,00 = Rp48.000,00

Pengeluaran terkecil ketika membeli mie goreng dengan kupon 2.

Jadi, sebaiknya Ani beserta ketiga temannya membeli mie goreng untuk menu makan siang mereka dengan memanfaatkan kupon 2

 

Contoh Soal HOTS SMP Ilmu Pengetahuan Alam (Fisika)

Mata Pelajaran/ Jenjang IPA- Fisika / SMP/MTs
Kelas/Kurikulum VII / 2013
Kompetensi Dasar 4.3  Menyajikan hasil penyelidikan atau pemecahan masalah tentang manfaat penggunaan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
Materi Pesawat Sederhana
Indikator Soal Disajikan ilustrasi kegiatan mengangkat suatu benda ke atas ketinggian tertentu dengan menggunakan bidang miring lengkap dengan nilai berat benda, panjang bidang miring, dan ketinggiannya, peserta didik dapat menentukan cara yang dapat dilakukan untuk mengangkat benda tersebut jika salah satu besarannya berubah.
Level Kognitif Penalaran (L3)
Bentuk Soal Pilihan Ganda

Rumusan Butir Soal :

Dua orang pegawai toko gula setiap hari harus bekerja mendorong bersama-sama menaikkan peti-peti berisi gula dengan berat masing-masing 900 N ke atas mobil pick up.

Untuk memudahkan pekerjaannya, pegawai tersebut menggunakan bidang miring seperti pada Gambar (1).

Gambar (1)

Karena permintaan pengiriman semakin besar, pemilik toko mengganti mobil pikap lamanya dengan truk baru yang lebih besar, namun para pegawai tersebut menjadi kesulitan untuk menaikkan peti-peti gulanya karena tinggi bak truk yang lebih tinggi dibandingkan mobil yang lama seperti ditunjukkan pada Gambar (2)

soal hots fisika

Cara yang dapat dilakukan pemilik toko agar lebih mudah menaikkan peti-peti gulanya ke atas bak truk barunya adalah….

A. mengurangi berat peti-peti gula yang semula 900 N menjadi 750 N

B. dua pegawai semua ditambah satu pegawai lagi dengan gaya dorong 65 N

C. mengganti dua pegawai semula dengan pegawai lain yang gaya dorongnya 150 N dan 125 N

D. mengganti papan lintasan bidang miring dengan papan yang panjangnya 320 cm

Kunci Jawaban : D

Penjelasan:

Soal di atas termasuk HOTS, karena untuk menjawab masalah pada soal peserta didik harus memahami konsep materi pesawat sederhana, bidang miring khusunya.

Peserta didik dituntut berpikir kritis menganalisis ketika diberikan kondisi baru atau kondisi yang tidak biasa dengan melakukan penghitungan besaran-besaran dalam kondisi baru tersebut. Kemudian menentukan cara yang dapat dilakukan agar dapat menyesuaikan dengan kondisi baru tersebut berdasarkan besaran-besaran yang telah dihitung.

Contoh Soal HOTS SMP Ilmu Pengetahuan Alam (Biologi)

Mata Pelajaran/ Jenjang IPA- Biologi / SMP/MTs
Kelas/Kurikulum VII / 2013
Kompetensi Dasar 3.7  Menganalisis interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya  serta  dinamika  populasi  akibat interaksi tersebut
Materi Interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya
Indikator Soal Disajikan deskripsi dan gambar kasus penurunan populasi organisme  tertentu,  peserta  didik  dapat  menjelaskan keterkaitan  penurunan  populasi  organisme  dengan perubahan populasi organisme yang lain
Level Kognitif Penalaran (L3)
Bentuk Soal Pilihan Ganda

Rumusan Butir Soal

Kelelawar merupakan salah satu ordo mamalia yang dapat terbang. Satwa ini ternyata sangat mudah dijumpai di kebun durian pada saat pohon durian mulai berbunga.

Beberapa tahun terakhir populasi kelelawar di kebun durian Pak Andi mulai berkurang karena sering diburu dan sebagian habitatnya rusak. Populasi kelelawar yang menurun ternyata berdampak terhadap penurunan produksi buah durian di kebun Pak Andi seperti digambarkan pada grafik berikut.

contoh soal hots biologi smp

Indikasi kemungkinan penyebab penurunan produksi buah durian di kebun durian pak Andi adalah ….

A. penyerbukan bunga durian tidak berlangsung optimal karena jumlah kelelawar yang membantu penyerbukan berkurang

B. buah durian tidak berkembang karena dimakan oleh hama serangga yang meningkat karena penurunan populasi kelelawar

C. penurunan populasi kelelawar menyebabkan penurunan populasi burung pengisap madu meningkat sehingga bunga durian rusak

D. buah durian yang masih muda mudah terserang oleh penyakit yang dibawa oleh kelelawar

Kunci Jawaban : A

Penjelasan:

Konteks pada stimulus soal di atas mengandung permasalahan tentang interaksi antara kelelawar dan pohon durian.

Soal ini termasuk HOTS karena stimulus sudah kontekstual, kasus yang banyak terjadi di kebun-kebun durian yang banyak terdapat di Indonesia dan soal mengukur tentang kemampuan memprediksi indikasi penyebab penurunan produksi buah durian di kebun Pak Andi.

Hasil analisis pada kasus tersebut, kelelawar ternyata menjadi perantara untuk proses penyerbukan karena hewan tersebut muncul pada saat buah durian berbunga karena mencium bau bunga durian.

Pada saat jumlah populasi kelelawar menurun, produksi buah durian juga menurun karena hewan yang membantu penyerbukan juga menurun, sehingga ada indikasi keterkaitan antara produksi buah durian dengan jumlah kelelawar yang menurun di daerah tersebut.

Contoh Soal HOTS SMP Bahasa Inggris

Mata Pelajaran/ Jenjang Bahasa Inggris/ SMP-MTS
Kelas/Kurikulum IX / 2013
Kompetensi Dasar 3.7 membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks naratif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait fairy tales, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya.

4.7 menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks naratif, lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait fairy tales.

Lingkup Materi Fungsi Sosial (1), Struktur Teks (2, 4), Unsur kebahasaan (3)
Materi – Tujuan/Fungsi/Pesan (1)

–  Plot, Alur pikiran (2)

– Referensi makna (3)

– Rincian Peristiwa (4)

Indikator Disajikan teks naratif berupa fairy tales (200-250 kata), peserta didik dapat :

–  menyimpulkan pesan moral dari teks (1);

–  menganalisis plot/alur pikiran yang tersirat pada teks (2);

–  menyimpulkan kata yang sesuai untuk menggambarkan sifat tokoh pada teks (3);

–  menyimpulkan  beberapa  pernyataan terkait rincian peristiwa adalah benar atau salah dari teks (4).

Level Kognitif Penalaran (L3)
Bentuk Soal Pilihan Ganda (1) (2), Uraian (3), True False (TF) (4)

Rumusan Butir Soal

Once upon a time, there was a man named Towjatuwa lived in Papua. His wife was pregnant. When his wife was about to give birth, he brought her to a midwife in his village. The midwife said that she needed a particular herb plant that grows on the river bank since she couldn’t deliver the baby normally.

Towjatuwa went to the Tami river to find herb plant. While he was busy searching for it, he heard a voice behind him. He was surprised when he saw a giant crocodile with sharp teeth was staring at him. He was about to run away; surprisingly, the crocodile greeted him.

The giant crocodile introduced himself as Watuwe. He asked what Towjatuwa is looking for. Towjatuwa told the giant crocodile his story. The crocodile promised to help him. On the day of the labor, the crocodile came and helped his wife. A healthy baby boy was born and named as Narrowa.

Later on, the crocodile told him that the baby boy would grow as a great hunter and asked Towjatuwa to remember one important thing. It is forbidden for his son to kill or eat crocodiles since a crocodile had helped him to be born. Towjatuwa agreed. Years later, his son and his descendants have fulfilled the agreement and protect all the crocodiles in Tami river.

Adapted from http://papuanews.org/folktales-papua-moral-lessons/

Pertanyaan 1

What can you learn from the story as a student?

A. Return the favor to people who are kind to you.

B. Never take something without any permission from the owner.

C. Avoid rivers for playing due to any crocodiles

D. Keep the rivers clean for our environment

Kunci jawaban: A

Pembahasan:

Soal tersebut mengukur kompetensi peserta didik dalam lingkup materi Fungsi Sosial dengan penalaran untuk menyimpulkan pesan moral dari teks naratif. Untuk menemukan jawaban yang tepat, peserta didik harus memahami terlebih dahulu keseluruhan isi dan jalan cerita dari teks, kemudian membuat kesimpulan pesan moral apa yang didapat setelah membacanya.

Hal ini yang menjadikan soal ini termasuk level kognitif penalaran (L3) sebab jawaban tak langsung ditemukan serta merta dalam teks, melainkan perlu pemahaman, analisis, dan keterampilan menyimpulkan.

Pertanyaan 2

Which one is the most possible happen if Towjatuwa broke his promise to the magical crocodile?

A. He will lose his new-born son because the baby eaten by the crocodile.

B. The Tami river are polluted because his son doesn’t keep the cleanliness.

C. The crocodiles population on Tami River will decrease due to the hunting.

D. No one can approach Tami River because the crocodile was angry.

Kunci Jawaban: C

Pembahasan:

Soal ini mengukur kompetensi peserta didik dalam lingkup materi struktur teks dengan memprediksi plot/alur pikiran tersirat pada teks naratif.

Level kognitif soal ini termasuk penalaran (L3) karena untuk menemukan jawaban yang tepat, peserta didik harus dapat menyimpulkan dan menganalisis keterkaitan makna antarbagian dalam teks lalu menentukan plot tersirat yang paling mungkin terjadi apabila Towja tuwa ingkar pada janjinya dengan Buaya Ajaib.

Karena si Buaya Ajaib meminta agar anak keturunan Towjatuwa tidak membunuh dan menjadikan buaya di Sungai Tami sebagai bahan makanan, maka plot cerita yang paling mungkin terjadi setelahnya adalah jumlah populasi buaya yang makin menurun karena diburu oleh anak dan keturunan Towjatuwa.

Pertanyaan 3

In your opinion, what kind of person Towjatuwa is? Explain your answer with evidence!

Answer Score
Peserta didik hanya menyebutkan sifat yang berupa adjective tanpa disertai alasan.

Seperti Towjatuwa is a trustworthy man, atau jawaban lainnya yang logis.

1
Peserta didik menyebutkan sifat dan juga alasannya berdasar teks.

Seperti: Towjatuwa is a thrustworthy man because he keep his promise to the Magical Crocodile to disallow his son killing and eating any crocodiles in Tami river.

Dapat juga jawaban logis lainnya.

2
Peserta didik tidak menjawab atau jawaban tidak logis atau berdasar teks

Pembahasan:

Soal ini menuntut peserta didik dapat menggunakan penalaran untuk menyimpulkan sifat salah satu tokoh dalam teks naratif setelah membaca keseluruhan isi teks.

Selain mengukur kompetensi peserta didik dalam lingkup materi Unsur Kebahasaan dalam materi Referensi Makna, peserta didik juga diminta untuk memberikan alas an mengapa kosakata tersebut yang dipilih untuk menggambarkan sifat tokoh.

Pertanyaan 4

Number Statements True False
1 Towjatuwa loved his wife V
2 Towjatuwa lived in a remote area. V
3 Towjatuwa wasn’t scared by the crocodile. V
4 The crocodile gave him the herbs V
5 The adult Towjatuwa’s son can hunt all wild animals easily. V
6 The Tami Rivers will stay dangerous with the crocodiles because no one may allowed to kill them. V

Pembahasan:

Soal ini mengukur kemampuan menalar peserta didik dengan menentukan pernyataan-pernyataan yang merupakan hasil simpulan dari teks benar atau salah. Peserta didik baru akan dapat menentukan jawaban benar atau salah ketika sudah membaca keseluruhan dan memahami tiap detil peristiwa dalam teks.

Demikian bahasan kita kali ini mengenai contoh soal HOTS untuk jenjang SMP. Semoga bisa membantu bapak/ ibu guru yang sedang membutuhkan referensi contoh soal HOTS SMP ini.

Salam!

Baca Juga:  Contoh Soal HOTS Matematika SMP dan Analisis Pembahasannya

You May Also Like

About the Author: Ageng Triyono

Curriculum Researcher & Developer | Guru Kampung | Penulis Lepas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *