Sholawat Syifa atau Tibil Qulub, Teks Bacaan, Manfaat dan Arti Lengkap

sholawat syifa

Sholawat Syifa – Sholawat syifa atau tibbil qulub adalah sholawat yang dapat menentramkan hati dan jiwa bagi siapa saja yang melantunkannya. Lirik bacaan sholawat syifa atau tibil qulub pun sangat mudah dihafal karena pendek dan nada lantunannya enak.

Membaca sholawat adalah anjuran bagi kaum Muslimin yang mengaku cinta Nabi Muhammad SAW, bahkan Allah dan Malaikat saja bersholawat atas Nabi Muhammad SAW, maka sudah sepatutnya dan selayaknya kita sebagai umatnya agar selalu bersholawat kepada beliau.

Lafadz sholawat yang beredar sekarang ini sangat banyak jenis dan ragamnya, masing-masing memiliki keutamaan dan faedah tersendiri.

Salah satu sholawat yang sangat terkenal di masyarakat Indonesia adalah sholawat syifa atau yang lebih dikenal dengan sholawat tibil qulub. Sesuai namanya bahwa sholawat ini bermakna menyembuhkan atau menentramkan hati.

Selain itu sholawat ini juga dikenal dengan nama sholawat nurul abshor yang artinya cahaya mata hati.

Manfaat dan Keutamaan Sholawat Syifa (Tibbil Qulub)

sholawat syifa

Secara umum sholawat tibbil qulub ini bila dibaca berapapun bilangan bacaanya dengan izin Allah akan berdampak kesehatan jasmani dan rohani bagi pembacanya, dan dengan izin Allah pula disembuhkan dari berbagai macam penyakit.

Oleh karenanya PBNU pernah memberikan instruksi kepada seluruh kaum Muslim di indonesia unuk memperbanyak membaca sholawat tibil qulub (syifa) di masa pandemi seperti sekarang ini, dengan harapan Allah segera mengangkat wabah yang telah melanda Indonesia bahkan dunia.

Sedangkan sholawat tibil qulub apabila dibaca secara khusus faedahnya berbeda-beda tergantung kyai atau ulama yang memberikan ijazah. Adapun tatacara sholawat syifa secara khusus memiliki keistimewaan tersendiri.

Sebagaimana dikutip dalam kitab Sa’adah ad-daraini fi as-shalat ‘ala sayyid al-kaunaini karangan Syekh Yusuf bin Isma’il mengatakan bahwa sholawat ini bisa menyembuhkan penyakit lahir dan batin. Apabila dibaca sebanyak 2000 kali maka dapat menyembuhkan penyakit. Menurut pendapat lain dibaca sebanyak 400 kali insyaAllah dengan izin Allah akan sembuh.

Baca Juga:  Cara Berlangganan K Vision Bromo, Beragam Paket Menarik Ada Disini!

Teks Bacaan Sholawat Syifa (Tibbil Qulub)

Dibawah ini adalah teks bacaan sholawat tibil quub lengkap dengan teks bahasa arab, latin beserta artinya.

اللّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ القُلُوبِ وَدَوَائِهَا وَعَافِيَةِ الأَبْدَانِ وَشِفَائِهَا وَنُورِ الأَبْصَارِ وَضِيَائِهَا , وَعَلَى الِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

Allahumma sholli ‘ala sayyidina Muhammadin thibbil quluubi wa dawaa’ihaa, wa ‘aafiyatil abdaani wa syifaa’ihaa wa nuuril abshori wa diyaaihaa, wa ‘ala aalihi wa sohbibi wa sallim.

Artinya:

Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad SAW sang penyembuh hati dan obatnya, memberikan kesehatan badan dan mengobatinya, menjadi cahaya mata hati dan sinarnya, dan juga kepada keluarga dan sahabat beliau, dan mudah-mudahan Engkau memberikan keselamatan. 

Video sholawat tibil qulub dibawah ini adalah sholawat yang dilantunkan oleh Alma dari grup musik Esbeye, selamat menikmati.

You May Also Like

About the Author: Akhmad Saikuddin

Hanya seorang manusia biasa yang ingin beramal luar biasa | and just another #PK (Pejuang Keluarga) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *