Contoh Soal AKM Numerasi Matematika SMA dari Tahun 2020

Contoh Soal AKM Numerasi SMA – Contoh soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) Numerasi SMA yang kami bahas dalam artikel kali ini diolah dari bank soal AKM Pusmenjar (Pusat Asesmen dan Pembelajaran) Kemendikbud. Sehingga jika anda menghendaki untuk merujuk langsung sumber tersebut bisa ke link Pusmenjar.

Contoh Soal AKM Numerasi SMA sebelumnya juga sudah kami sampaikan pada artikel contoh soal AKM SMA literasi dan numerasi untuk level 6 (kelas 11 dan 12). Silahkan anda bisa membuka link contoh soal AKM SMA tersebut. Nah, pada bahasan kali ini kita akan fokus untuk membahas contoh soal AKM numerasi SMA.

Sekarang mari kita simak contoh-contoh soal AKM numerasi yang disajikan berikut ini.

Contoh Soal AKM Numerasi SMA

Contoh soal AKM numerasi SMA yang akan kita bahas kali ini antara lain akan mengukur kompetensi Trigonometri, Dimensi Tiga, Aljabar Persamaan & Pertidaksamaan, Aljabar Relasi & Fungsi, Pola Bilangan, dan Data & Ketidakpastian.

Numerasi Trigonometri

Contoh Soal AKM Numerasi Trigonometri (1)

Dengan menggunakan perbandingan trigonometri dapat diukur tinggi helikopter dengan bagian atas gedung. Seorang pengamat berdiri 120 m di depan gedung. Jika tinggi gedung adalah h dan jarak helikopter dengan bagian atas gedung adalah t, maka nilai h dan t (tinggi pengamat diabaikan) adalah ….

\[\]

catatan:

$$(\sqrt{2}=1,41;\sqrt{3}=1,73)$$

A t = 51,8 meter dan h = 68,2 meter
B t = 50,8 meter dan h = 69,2 meter
C t = 50,8 meter dan h = 70,2 meter
D t = 49,8 meter dan h = 70,2 meter
E t = 48,8 meter dan h = 71,2 meter

Contoh Soal AKM Numerasi Trigonometri (2)

soal akm numerasi SMA Trigonometri

Andi bermain di pinggir sebuah danau di sekitar lokasi tempat tinggalnya. Andi berkeinginan mengukur lebar danau tersebut dengan cara mengamati sebuah pohon yang berada persis di depannya yang tepat di pinggir danau. Kemudian Andi berjalan sejauh 160 meter dan melihat kembali pohon yang pertama kali dilihat tersebut. Ia mengukur besar sudut pandangnya terhadap pohon tersebut yang ternyata besarnya 600. Lebar danau yang akan Andi ukur adalah ….

A 80 meter
B 120 meter
C 160 meter
D 160 √2) meter
E 160 √3) meter

Contoh Soal AKM Numerasi Trigonometri (3)

contoh soal akm numerasi

Mengukur tinggi sebuah gedung dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi keterbatasan jarak gedung ke tempat pemantauan adalah dengan menggunakan dua tempat pemantauan. Amir melakukan dengan cara memantau ini dengan sudut pantau (elevasi) 45o kemudian berjalan mendekati Gedung sejauh 80 meter dan mengukur kembali dengan sudut pantau (elevasi) 60o. Jika tinggi Amir 160 cm, maka tinggi gedung tersebut adalah .…

A 109,6 meter
B 111,2 meter
C 126,9 meter
D 128,5 meter
E 191,2 meter

Contoh Soal AKM Numerasi Trigonometri 3

akm numerasi trigonometri

Karina dan Hardianto ingin mengukur tinggi sebuah gedung dengan cara mereka berdua berdiri di lain tempat. Hardianto di sebelah Barat dan Karina di sebelah Selatan. Hardianto melihat puncak gedung dengan sudut elevasi 45o dan Karina dengan sudut elevasi 30o. Jika jarak antar keduanya 200 meter dan tinggi keduanya 160 cm, maka tinggi gedung tersebut adalah ….

A 346 meter
B 282 meter
C 173 meter
D 141 meter
E 100 meter

Contoh Soal AKM Numerasi Trigonometri (4)

soal akm trigonometri

Beni ingin mengukur lebar danau yang baru saja dikeruk karena terjadi pendangkalan dan banyak ditumbuhi eceng gondok. Sketsa yang dibuat Beni seperti pada gambar. Saat dilakukan perhitungan Beni ragu atas hasil yang diperoleh, karena ukuran lebar danau tidak masuk logikanya.

Ternyata setelah diukur ulang bersama temannya, sudut yang tadinya 45°seharusnya adalah 40°. Perbandingan lebar danau seharusnya dengan lebar danau yang diperoleh dari pengukuran awal adalah ….

A Tangen 40/ tangen 45
B Tangen 45/tangen 40
C Sin 40/ sin 45
D Sin 45/ sin 40
E Tan 40/ sin 45

Numerasi Dimensi Tiga

Pada bagian ini kompetensi yang akan diukur adalah kemampuan siswa dalam menghitung volume dan luas permukaan limas segi-n, kerucut dan bola. Beberapa tipe soalnya disajikan sebagaimana berikut ini.

Bacalah dengan seksama teks mengenai menghemat air berikut ini, kemudian jawablah Selesaikan contoh-contoh soal AKM Numerasi yang disajikan.

Soal AKM hemat Air

Salah satu kebutuhan pokok sehari-hari makhluk hidup di dunia ini yang tidak dapat terpisahkan adalah air. Tidak hanya penting bagi manusia, air merupakan bagian yang penting bagi makhluk hidup baik hewan dan tumbuhan. Jadi bukan hal yang baru jika kehidupan yang ada di dunia ini dapat terus berlangsung karena tersedianya air yang cukup. Dalam usaha mempertahankan kelangsungan hidupnya, manusia berupaya mengadakan air yang cukup bagi dirinya sendiri.

Air adalah sumber daya alam yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Sebagai manusia yang akan selalu menggantungkan diri pada air kita memang sudah seharusnya untuk menjaganya. Meskipun air ini adalah sumber daya yang terbarukan, namun untuk air bersih ternyata sumber daya ini tidak bisa diperbarui. Keberadaan air bersih yang terus menyusut tiap tahunnya ini akhirnya harus membuat kita ekstra waspada akan stok atau persediaannya. Untuk menjaga stok atau persediaan air bersih ini dengan baik Anda mau tak mau memang harus melakukan penghematan.

Baca Juga:  Mengenal PUEBI, Apa Bedanya dengan EYD? Ini Dia Jawabanya

Tahukah kalian bahwa pada 2025 sebanyak 321 juta jiwa penduduk Indonesia diprediksi akan sulit mendapatkan air bersih? (Forum Air Dunia II/World Water Forum di Den Haag, Maret, 2000). Kebutuhan air tidak hanya untuk menjaga kesehatan diri, namun beberapa kegiatan sehari-hari seperti mencuci, memasak, membersihkan diri juga membutuhkan air dalam penggunaannya.

Tidak bisa dibayangkan bukan, apabila persediaan air menipis sedangkan hampir seluruh kegiatan kita sehari -hari membutuhkan air. HEMATLAH AIR dari sekarang salah satunya dengan menggunakan Keran Aerator, karena kita bisa menghemat air sampai 43 liter.

Setelah kita membaca mengenai pentingnya menghemat air, sekarang kita perlu mempelajari beberapa soal AKM numerasi yang melibatkan air dalam kehidupan sehari-hari. Perhatikanlah gambar-gambar yang disajikan dalam soal kemudian cobalah untuk menjawab pertanyaanya!

Contoh Soal AKM Numerasi Dimensi Tiga (1)

numerasi dimensi tiga

Sebuah wadah berbentuk prisma segi -enam beraturan dengan Panjang sisi alasnya 10 cm dan tingginya 5 cm. Wadah tersebut akan digunakan untuk mencetak bata (Paving Block) dari hasil adonan campuran air, semen, dan pasir dengan perbandingan 4 : 1 : 5 artinya setiap 4 liter air akan di campur dengan semen 1 liter dan pasir 5 liter. Jika air yang digunakan untuk membuat Paving Bock senilai dengan air hasil penghematan pengunaan keran aerator maka banyak paving blok maksimal yang dapat dicetak adalah ….

A 82 buah
B 88 buah
C 92 buah
D 96 buah
E 100 buah

Contoh Soal AKM Numerasi Dimensi Tiga (2)

Perhatikan gambar berikut!

Numerasi dimensi tiga

Sebuah wadah berbentuk prisma segi-enam beraturan dengan panjang sisi alasnya 6 cm dan tingginya 18 cm. Jika wadah tersebut digunakan untuk menampung air hasil penghematan dari pengunaan pancuran dibandingkan dengan gayung pada sekali mandi, maka banyak wadah minimum dengan bentuk sama yang dibutuhkan adalah ….

A 82 buah
B 88 buah
C 92 buah
D 96 buah
E 100 buah

Contoh Soal AKM Numerasi Dimensi Tiga (3)

numerasi dimensi tiga

Makanan tradisional yaitu bacang umumnya berbentuk limas segitiga beraturan. Misal Bacang tersebut akan dibuat dengan ukuran sisi alasnya 6 cm dan tinggi 10 cm. Jika campuran untuk membuat bacang tersebut salah satunya adalah beras yang dicampur air dengan perbandingan 1 : 3 yang artinya 1 liter beras dicampur 3 liter air.

Seorang pedagang akan membuat bacang dengan menggunakan air yang senilai dengan hasil penghematan dari menutup kebocoran keran air per hari, maka banyak bacang maksimum yang dapat dibuat dengan bentuk sama adalah ….

A 1.145
B 1.440
C 1.445
D 1.540
E 1.926

Contoh Soal AKM Numerasi Dimensi Tiga (4)

gayung

Andi menggunakan gayung dengan bentuk setengah bola yang berdiameter 14 cm untuk mandi. Andai air yang digunakan Andi untuk mandi senilai dengan penghematan air dari mencuci sayur atau piring dalam bak cuci piring maka banyak cidukan gayung maksimal yang dapat digunakan Andi untuk mandi adalah ….

A 21 cidukan
B 19 cidukan
C 18 cidukan
D 10 cidukan
E 9 cidukan

Andi mandi menggunakan gayung dengan bentuk setengah bola yang berdiameter 16 cm. Perkiraan perbandingan volume gayung yang Andi pakai untuk mandi dengan air hasil penghematan menggosok gigi dengan mematikan kran air adalah ….

A 1 : 4
B 1: 6
C 1:10
D 2:13
E 1:8

Contoh Soal AKM Numerasi Dimensi Tiga (5)

es krim

Sebuah perusahaan es krim akan membuat es krim dari bahan-bahan tertentu yang dicampur dengan air. Es krim yang sudah jadi diisikan ke dalam wadah berbentuk kerucut dan sebagian ada yang menonjol keluar sehingga berbentuk setengah bola seperti pada gambar, Jika bahan-bahan dan air berbanding 3 : 1 yang artinya setiap 1 liter air akan dicampur dengan 3 liter bahan-bahan lainnya, maka banyak es krim yang dapat dibuat dengan memanfaatkan air penghematan menutup keran yang bocor perhari adalah ….

A 1.667 cup es krim
B 833 cup es krim
C 830 cup es krim
D 417 cup es krim
E 415 cup es krim

Contoh Soal AKM Numerasi Dimensi Tiga (6)

Perhatikan gambar berikut!

gentong

Ani menampung air dengan wadah berbentuk kerucut terpancung seperti pada gambar. Perbandingan volum wadah berbentuk seperti pada gambar dengan air hasil penghematan mandi tidak menggunakan gayung tetapi menggunakan shower adalah .…

A 4:13
B 1: 3
C 2:7
D 2:9
E 1:6

Contoh Soal AKM Numerasi Dimensi Tiga (7)

Perhatikan gambar berikut!

mangkok

Mangkok berbentuk kerucut terpancung seperti pada gambar digunakan untuk menampung air. Jika air yang ditampung adalah air dari penghematan mencuci pakaian selama setahun, Jika x adalah mangkok maka banyak mangkok yang bisa digunakan adalah ….

A 1023 < x < 3052
B 1020 < x < 3050
C 1020 < x < 3052
D 1023 < x < 3050
E 1013 < x < 3025
Baca Juga:  Sekolah Dasar Terdekat Masih Jadi Pilihan Pasangan Millenial

Contoh Soal AKM Numerasi Dimensi Tiga (8)

Perhatikan gambar berikut!

kukusan

Ani akan membuat nasi tumpeng yang dikukus dengan menggunakan tempat berbentuk kerucut seperti pada gambar. Campuran air untuk mengukus berasnya adalah 1 : 1 artinya 1 liter beras dicampur 1 liter air. Jika air yang digunakan untuk membuat tumpeng senilai dengan air hasil penghematan jika Ani mematikan keran air saat gosok gigi selama 4 hari, maka banyak maksimal nasi tumpeng yang dapat dibuat adalah .…

A  2 buah
B 3 buah
C 5 buah
D 10 buah
E 12 buah

Numerasi Aljabar

Dalam bagian ini kita akan mempelajari contoh-contoh soal AKM numerasi aljabar. Adapun kompetensi yang akan diukur adalah kemampuan siswa dalam menyelesaikan persamaan dan pertaksamaan kuadrat, sistem persamaan linear dua atau tiga variable dalam kehidupan sehari-hari.

Teks Soal AKM Numerasi Aljabar

Bacalah dengan seksama teks berikut kemudian cobalah untuk menjawab beberapa pertanyaan yang disajikan.

Bu Siti mendapat tugas dari sekolah untuk menyiapkan paket hadiah untuk siswanya yang berprestasi di sekolahnya. Bu Siti ingin membeli alat-alat tulis sebagai hadiahnya. Alat-alat tulis yang ingin dibeli berupa buku tulis, bolpoin, dan penghapus. Pada setiap pembelian alat tulis, pembeli dikenakan pajak sebesar 10%. Berkaitan dengan tugas tersebut, Bu Siti melihat beberapa paket alat tulis yang dijual di toko Rejeki dan toko Makmur seperti pada gambar berikut.

Buku Tulis

Contoh Soal AKM Numerasi Aljabar (1):

Bu Siti membeli tiga paket alat tulis yang berisi lebih dari dua macam alat tulis (alat tulis tersebut boleh berupa buku, bolpoin, atau penghapus) baik itu di toko Rejeki maupun di toko Makmur. Matriks yang sesuai untuk ketiga paket tersebut adalah ….

Jawaban:

Contoh Soal AKM Numerasi Aljabar 2 (Pilihan Ganda):

Berdasarkan harga tiap paket yang tersedia di toko Rejeki dan toko Makmur carilah masing-masing harga dari setiap alat tulis baik penghapus, buku tulis maupun bolpoin, bu Siti menarik kesimpulan bahwa …

A Harga sebuah buku tulis di toko Rejeki lebih mahal dari toko Makmur.
B Harga sebuah buku tulis di toko Rejeki lebih murah dari toko Makmur.
C Harga sebuah penghapus di toko Rejeki sama dengan di toko Makmur.
D Harga sebuah penghapus di toko Rejeki lebih murah dari toko Makmur.
E Harga sebuah bolpoin di toko Rejeki lebih murah dari toko Makmur.

Contoh Soal AKM Numerasi Aljabar 3 (Pilihan Ganda):

Bu Siti ingin membuat 6 bungkus hadiah dengan tiap bungkus terdiri dari 3 macam alat tulis dan jumlah tiap-tiap alat tulisnya sama. Supaya pembelian hadiah dengan dana termurah, sebaiknya paket alat tulis yang dibeli bu Siti adalah ….

A 2 paket Hemat + 3 paket Sedang
B 2 paket Lengkap + 6 paket Murah
C 3 paket Murah + 2 paket Besar
D 3 paket Ekonomis + 5 paket Murah
E 6 paket Murah + 3 paket Besar

Pertanyaan 3 (Pilihan Ganda Kompleks):

Bu Siti ingin membuat 5 paket hadiah dengan tiap paket hadiah berisi paling sedikit dua macam alat tulis. Kelima paket yang akan dibuat, isinya tidak harus sama. Jika bu Siti memiliki dana sebesar Rp125.000,00 dan menginginkan setiap paket hadiah harus ada penghapus dan bolpoin, maka paket yang dapat dibeli adalah ….

Ο 1 paket Sedang + 1 paket Hemat
Ο 1 paket Ekonomi + 1 paket Sedang
Ο 1 paket Hemat + 3 paket Murah
Ο 1 paket Ekonomi + 5 paket Murah
Ο 1 paket lengkap + 2 paket murah

Contoh Soal AKM Numerasi Aljabar 4 (Pilihan Ganda Kompleks):

Berdasarkan paket-paket alat tulis yang dijual di toko Rejeki dan toko Makmur, Bu Siti mengatakan bahwa harga sebuah bolpoin di toko Makmur lebih murah Rp550,00 dibanding harga di toko Rejeki.Benarkah pernyataan bu Siti?

Ο

Benar

Ο

Salah

Numerasi Relasi Fungsi

Contoh soal AKM numerasi yang disajikan pada bagian ini ditujukan untuk mengukur kompetensi siswa dalam hal memahami barisan Aritmetika dan geometri, termasuk Pola Bilangan.

Bacalah dengan seksama semua teks yang disajikan kemudian jawablah soal pertanyaan yang diajukan dengan benar!

Contoh Soal AKM Numerasi Aritmetika

Ady sedang menjumlahkan nomor-nomor pada halaman buku yang terdiri dari 20 halaman. Jumlah yang ia dapatkan adalah 224. Ternyata terjadi kekeliruan, yaitu ada satu halaman yang dihitung dua kali.

Jika buku dimulai dari halaman 1 sampai 20, maka halaman yang dihitung dua kali adalah ….

A 8
B 10
C 14
D 15

Contoh Soal AKM Numerasi Pola Bilangan

Anita, seorang seniman muda dari Sumatera berencana membuat pameran tunggal untuk menunjukkan rancangan karyanya yang disusun dari tumpukan bola-bola tanah.

Bola- bola tersebut dibuat dari campuran tanah liat dan recycle sampah yang dapat didaur ulang. Polanya seperti gambar berikut.

pola bilangan

Untuk memenuhi ruangan yang disediakan, Anita akan membuat 10 susunan bola tersebut.

Pertanyaan (1): Berapakah banyak bola tanah yang harus disediakan? (Asumsi ada penambahan 10% bola tanah untuk persediaan/penggantian bola tanah yang rusak selama masa pameran disetiap susunan bola)

A 285 bola tanah.
B 300 bola tanah
C 314 bola tanah.
D 320 bola tanah.
E 350 bola tanah.
Baca Juga:  30 Contoh Soal SKB Guru PPPK 2021 Komptensi Pedagogik CPNS

Pertanyaan (2): Anita akan mewarnai susunan bola tanah tersebut dengan 1 bola warna kuning dan sisanya warna merah (di setiap susunan) dan banyak cat kuning yang dibutuhkan adalah 1 kaleng.

Jika dianggap banyak cat merah yang dibutuhkan mempunyai proporsi yang sama, ujilah beberapa pernyataan berikut. (Asumsi bola tanah yang dihitung hanya yang akan disusun di ruang pameran, yang cadangan tidak perlu dicat)

Pernyataan

Benar

Salah

Banyak bola tanah yang akan dicat merah adalah 303.    
Banyak cat merah yang dibutuhkan adalah 28 kaleng.    

Contoh Soal AKM Numerasi fungsi kuadrat dan grafiknya

Sistem penyelenggaraan telekomunikasi di Indonesia terbagi menjadi jaringan tetap (kabel dan nirkabel) dan jaringan bergerak (selular). Dalam perkembangannya, telah terjadi pergeseran pada sektor telekomunikasi di Indonesia.

Awalnya masyarakat Indonesia menggunakan jaringan telekomunikasi yang berbasis pada kabel. Namun mobilitas yang tinggi serta kebutuhan akan akses informasi yang cepat dan akurat telah menggeser pilihan moda telekomunikasi yang digunakan masyarakat Indonesia.

Dari tahun 2000 sampai 2007, banyak pengguna telepon seluler f(x) (dalam juta) dapat dimodelkan oleh persamaan f(x) = 1,3×2 + 1,6x + 3,7 dengan x = 0 merepresentasikan tahun 2000. Grafik berikut menunjukkan pertumbuhan pengguna telepon seluler, nirkabel dan kabel di Indonesia (dalam pembulatan puluhan juta terdekat).

FUNGSI KUADRAT

Pertanyaan (1) : Banyak pengguna telepon seluler di Indonesia pada tahun 2005 adalah ….

A 60.100.000 pengguna
B 57.100.000 pengguna
C 49.100.000 pengguna
D 45.200.000 pengguna
E 44.200.000 pengguna

Pertanyaan (2): Banyak pengguna telepon seluler di Indonesia akan mencapai angka 78,6 juta pada tahun ….

A 2006
B 2007
C 2008
D 2009
E 2010

Pertanyaan (3): Berdasarkan grafik di atas, bagaimanakah kebenaran pernyataan-pernyataan berikut?

Pernyataan

Benar Salah
Banyak pengguna telepon seluler akan terus bertambah menjadi 302,2 juta pada tahun 2015.    
Grafik pertambahan penduduk di Indonesia yang terjangkit virus Corona Covid-19, diprediksib bentuknya menyerupai grafik pertumbuhan pengguna telepon seluler di Indonesia di atas.    
Pertambahan pengguna telepon seluler di Indonesia diperkirakan akan melambat setelah tahun 2007.    

Pertanyaan (4): Jika dikaitkan antara jumlah penduduk di Indonesia dan grafik banyak pengguna telepon seluler di atas, apa pendapat Anda tentang pernyataan-pernyataan berikut?

Pernyataan

Benar Salah
Berdasarkan data sensus penduduk pada tahun 2010, jumlah penduduk Indonesia sebanyak 242.524.123 jiwa. Jika dikaitkan dengan grafik banyak pengguna telepon seluler di Indonesia pada tahun 2010, menunjukkan bahwa lebih dari 50% penduduk Indonesia sebagai pengguna telepon seluler.    
Berdasarkan data jumlah penduduk Indonesia pada tahun 2019 sebanyak 268.07.600 jiwa. Jika dikaitkan dengan grafik banyak pengguna telepon seluler di Indonesia pada tahun 2019, menunjukkan bahwa lebih dari 75% penduduk Indonesia sebagai pengguna telepon seluler.    
Jika melihat grafik pertambahan pengguna telepon seluler di Indonesia setelah tahun 2007, maka 50% penduduk Indonesia mempunyai lebih dari satu telepon seluler    

Numerasi Data & Ketidakpastian

Contoh soal AKM numerasi yang disajikan disini ditujukan untuk mengukur kompetensi siswa dalam menentukan dan menggunakan ukuran penyebaran data, termasuk diantaranya adalah jangkauan, simpangan dan variansi.

Bacalah teks dengan seksama kemudian coalah untuk menjawab pertanyaan yang disajikan!

Pemusatan data

Pertanyaan (1): Dengan melihat grafik harga emas di atas tentukanlah pernyataan di bawah ini bernilai benar atau salah!

Pernyataan

Benar Salah
Harga emas pada tanggal 17 Mei adalah Rp595.000,00.    
Harga emas pernah mencapai Rp605.000,00.    
Perbedaan harga emas di awal dan akhir bulan Mei adalah lebih dari Rp15.000,00.    
Secara umum harga emas pada bulan Mei adalah menurun.    

Pertanyaan (2) :Berdasarkan grafik harga emas di atas, tentukan kebenaran pernyataan berikut!

Pernyataan Benar Salah
Harga emas selalu meningkat dalam bulan Mei 2019.    
Pada akhir bulan Mei 2019, harga emas lebih tinggi bila dibandingkan pada awal bulan Mei 2019.    
Laju kenaikan harga emas mulai tanggal 28 Mei hingga 31 Mei adalah positif.    
Laju kenaikan harga emas mulai tanggal 28 Mei hingga 31 Mei adalah yang tertinggi selama bulan Mei 2019.    

Pertanyaan (3): Berdasarkan grafik harga emas di atas, Andi menyatakan bahwa investasi emas adalah investasi yang menguntungkan. Apakah Anda setuju dengan pernyataan Andi?Serta jelaskan alasannya!

Demikian bahasan kita mengenai contoh soal AKM numerasi SMA dengan berbagai macam kompetensi yang hendak diukur dan variasi tipe-tipe jawabannya.Tentunya anda bisa merujuk langsung kepada contoh-contoh soal AKM numerasi lainnya yang disampaikan melalui laman resmi Pusmenjar Kemendikbud.

Demikian, semoga contoh soal AKM numerasi yang kami sajikan disini bisa menambah referensi anda. Salam!

You May Also Like

About the Author: Ageng Triyono

Edutech Enthusiast|Curriculum Researcher & Developer|Independent Learner of History|Founder Kontenpositif.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *